Cetak Paper Bag untuk Acara Ulang Tahun Anak



"Bulan ini Yumna ulang tahun, kan?" tanya ibu saya saat menginap di rumah.

"Iya," jawab saya pendek.

"Mau ngadain selamatankah? Sekalian syukuran rumah," kata ibu saya lagi, mengingatkan kalau selama tinggal di rumah sekarang kami belum mengadakan syukuran sama sekali. 

Saya diam sejenak. Wacana syukuran ini sebenarnya sudah berulang kali keluar dari mulut ibu saya. Namun hingga dekat harinya saya masih galau memutuskannya. Alasannya karena kondisi rumah kami yang belum benar-benar oke. "Nanti deh diomongin dulu sama abahnya, Ma," kata saya akhirnya.

Desember memang merupakan bulan yang istimewa bagi saya. Di bulan ini, beberapa orang terdekat saya. Yang pertama adalah adik saya, lalu suami, dan terakhir putri saya yang lahir 2 tahun lalu. Dalam keluarga saya sendiri, sebenarnya tak pernah ada perayaan khusus saat ada yang berulang tahun. Paling ya cuma makan-makan keluarga saja. Namun semenjak memiliki cucu, kayaknya ibu saya bersemangat sekali mengadakan syukuran untuk ulang tahun cucunya. Seperti tahun lalu, saat Yumna berusia 1 tahun, ibu mengadakan syukuran kecil-kecilan dengan mengundang beberapa tetangga dekat rumah.

Baca juga : 4 Tanda Si Kecil Siap Toilet Training


Bicara tentang acara ulang tahun anak sendiri, jika memang akan mengadakannya, tentunya saya harus mempersiapkan beberapa hal terkait acara tersebut. Mulai dari tema acara, dekorasi ruangan, kue, makanan, dan berbagai printilan lainnya. Kalau berkaca dari tahun lalu sih ya sebenarnya cukup syukuran biasa saja nggak pakai ribet. Namun untuk tahun ini kayaknya saya ingin membagikan goodie bag bagi para tamu yang datang.

Goodie bag sendiri biasanya berisi suvenir atau aneka snack dan cemilan yang akan dibagikan kepada anak-anak seusai acara. Bahan pembungkusnya bisa bermacam-macam. Ada yang menggunakan pembungkus plastik, paper bag, hingga tas dari kain. Ini pastinya tergantung dari budget yang dimiliki orang tua. Saya pribadi kalau harus memilih kayaknya bakal memilih paper bag atau tas kain ketimbang plastik. Alasannya karena selain penggunaan plastik tidak ramah lingkungan, paper bag atau tas kain biasanya masih bisa digunakan kembali.



Dalam memilih paper bag yang akan digunakan sebagai goodie bag, entah itu untuk acara ulang tahun ataupun acara lainnya, tentunya memerlukan pertimbangan tersendiri. Kalau untuk saya sendiri, beberapa pertimbangan tersebut antara lain:

Desain paper bag disesuaikan dengan tema acara
Dalam menentukan desain paper bag yang ingin dipakai, sebaiknya kita menyesuaikan dengan tema acara. Acara ulang tahun anak pastinya beda dong dengan acara gathering, misalnya. Kalau untuk acara ulang tahun, desain dan warna ceria kayaknya cocok digunakan.

Jenis bahan yang dipilih untuk paper bag
Untuk bahan yang akan digunakan, sebaiknya pilih yang agak tebal agar goodie bag tersebut cukup kuat dalam menampung beban dan tentunya bisa digunakan kembali

Memilih percetakan yang terpercaya
Pastikan percetakan yang kita pilih untuk cetak paper bag benar-benar memberikan hasil yang memuaskan. Untuk itu, pastinya kita harus melakukan survey terlebih dahulu agar tak kecewa di kemudian hari.

Baca juga : Berbelanja Perlengkapan Bayi di Banjarmasin

Uprint.Id sebagai Pilihan Cetak Paper Bag 

 


Tapi nih, kadang-kadang kita malas atau tak punya waktu untuk melakukan survey percetakan ini. Kayak saya nih yang setiap harinya bekerja. Belum tentu ada waktu untuk mampir ke beberapa percetakan di Banjarmasin untuk survey harga. Belum lagi urusan bensin dan panas-panasannya. Bikin malas dong, ya. Hihi.

Untungnya sekarang sudah ada percetakan online yang bisa jadi alternatif untuk mencetak paper bag yang saya inginkan. Salah satunya adalah Uprint.Id. Dengan memesan paper bag di Uprint.Id, saya hanya perlu duduk di depan komputer, melakukan pemesanan, dan menunggu barang tiba di tempat saya. 

Uprint.id sendiri adalah sebuah perusahaan percetakan berbasis online dari Indonesia dengan fasilitas lengkap. Dulunya perusahaan ini bernama Pusatpercetakan.com. Sejak pertama kali didirikan, Pusatpercetakan.com telah berkiprah di dunia percetakan Indonesia selama kurang lebih lima tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, Pusatpercetakan.com memutuskan untuk melakukan perubahan citra dan mengganti namanya menjadi Uprint.Id.

Lalu apa saja alasan yang membuat saya memilih Uprint.Id? Berikut alasannya:

  • Uprint.Id memiliki fasilitas produksi yang lengkap dari cetak digital, hingga offset printing (cetak, laminasi, serta finishing) dan berada dalam satu area yang sama sehingga kualitas hasil produksi dapat lebih terjaga
  • Uprint.Id menyediakan aneka macam jasa cetak online mulai dari cetak kartu nama, cetak paperbag, undangan, cetak kalender, hingga box makanan. Selain itu, Uprint.Id juga menyediakan jasa desain on the web untuk beberapa produk seperti undangan, kalender
  • Uprint.Id telah menjalin kerja sama dengan berbagai brand besar seperti Traveloka, Sociolla, Hotel Mulia dan banyak nama lainnya yang pastinya membuktikan kalau jasa mereka benar-benar terpercaya. 
Nah, bagi teman-teman yang juga ingin mencetak paper bag, kartu nama, kalender, hingga undangan pernikahan bisa langsung cus ke website Uprint.Id yaa.

Alamat :
Jl. Swadaya Raya no 1762, Jelambar
Jakarta Barat 11460
Telepon :
(021) 569-56789
Simpati / Whatsapp :
0812 12345 290



45 Comments

  1. Wah jd desainnya bisa custom gitu ya mbak? keren ya

    ReplyDelete
  2. Asyik jadi bisa bikin/pesan paperbag sesuai keinginan (desainnya).

    ReplyDelete
  3. Lucu banget Yumna :) Kalau aku biasanya tiap ada acara goodie bagnya DIY sendiri, hihihi. Bener-bener low budget ya aku :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap, mbak. Kalau saya nggak jago soal diy diy an. Heu

      Delete
  4. Sekarang mau cetak paper bag semakin gampang ya, sudah ada yang online... nggak perlu wara wiri ke percetakan tinggal pesan sesuai keinginan. Uprint.Id memang bisa diandalkan

    ReplyDelete
  5. Kalau pas lagi ketemu sama paper bag yang lucu dan unik saya suka koleksi, seneng aja gitu mom.
    Eh ternyata kita bisa buat desain sendiri ya di Uprint, wah makin seru nih, mau coba bikin ah

    ReplyDelete
  6. Aku demen nih kalau memberi bingkisan yg beda dr lainnya. Seneng ya sekarang ada uprint jd memudahkan kreatifitas kita juga

    ReplyDelete
  7. Hari gini..mudah sekali ya mau cetak paper bag, tinggal klik, pesan dan tunggu barangnya datang. Ini lokasinya dekat tempat saya...

    ReplyDelete
  8. Ternyata kalau kita kreatif itu dana buat acara2 gitu lebih terjangkau yaa..
    Udah gitu namanya bisa di cetak di U print aja ya :)

    ReplyDelete
  9. Pakai paper bag kesannya lebih ekslusif ya mba. Apalagi jika desainnya bisa di custom oleh U Print. Tinggal terima beres deh.

    ReplyDelete
  10. Wah ngomongin soal ulang tahun. Jadi ngingetin saya kalau 2 bulan lagi anak saya berulang tahun yang ke 3. Tapi belun ada rencana pakai acara syukuran atau tidak. Tapi saya setuju banget kalau paper bag bagusnya hindari yang berbahan plastik ya dan ternyata tempat cetak paper bag ini deket ama kantor suami hihihi

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu nih kalau paer bag ini juga bisa di cetak sendiri sesuai keinginan ya. Keren banget. Pas banget rencana ada ultah anak aku juga mau ah pesan di Uprint.id. Aku tadi udah nyimak dan bagus bagus cetakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kliennya juga memang yang keren-keren sih

      Delete
  12. Bagus mbak
    Saya pun apa apa sebisa mungkin menekan budget tapi anak tetap happy dan yang datang juga bahagia

    ReplyDelete
  13. Wah sekarang mau cetak jadi gampang karena ada percetakan online Uprint.Id ya mbak, apalagi bisa custom design segala.

    ReplyDelete
  14. Wuow.. Ad percetakan online gini ya mb antung. Bentar lg anakq ulang tahun nih. Kyknya bakal kepoin ini jg deh. Soalnya pst g bs keluar2 rmh februari nanti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nggak ribet jadinya kalau mau cetak-cetak. Heu

      Delete
  15. Kalau paper bag nya bisa ala sendiri bagus banget nih, jadi punya keunikan yah via uprint

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau ada uprint setelah baca postingan ini. Kalau aku saat ini pengen banget buat atau bikin paperbag dari kertas koran bekas.

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalau ada uprint setelah baca postingan ini. Kalau aku saat ini pengen banget buat atau bikin paperbag dari kertas koran bekas.

    ReplyDelete
  18. Aku suka ngumpulin paper bag dari goodiebag nih. Sayang kalo dibuang karena kertasnya tebal ya

    ReplyDelete
  19. baruu aja tadi pagi nikirin ini juga kalo kalo naufal minta ulangtahun nya nanti dirayain hehehe

    iya enK emang klobpake paperbag mbak..

    ReplyDelete
  20. Lucu lucu ya sekarang souvenir buat hari ulang tahun anak. Paper bag yang juga ramah lingkungan bisa jadi alternatif pengganti plastik, reusable pulak. Motifnya juga suka lucu-lucu bangeet..

    ReplyDelete
  21. Boleh juga nih buat tempat souvenir kalau ada acara ya mba. Kalau harga relatif murah gak ya.

    ReplyDelete
  22. Pas banget nih anakku Februari ultah hehehe. Wajib disimpen nih kontaknya. Bkar bisa print berbagai paperbag lucuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sebentar lagi dong yaa. Ibunya pasti semangat banget

      Delete
  23. Pas banget mbaa. Anaku sebulan lagi umurnya setahun dan rencana pengen syukuran dan ngasih goodie bag ke sepupu sepupunya. Bener juga ya dibanding pakai plastik ga ramah lingkungan mending pake paper bag aja. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mbak. Kesannya juga jadi lebih eksklusif kalau pakai goodie bag

      Delete
  24. Yang di foto itu cakep mbak. Glowing warna bintangnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post