Monday, January 14, 2019

Ini Dia 5 Tempat Makan Kuliner Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba

January 14, 2019 10



"Tempat makan yang rekomended di sini di mana, ya?" 

"Tempat makan apa nih maunya? Yang khas daerah atau yang populer?" 

"Yang khas sini dong. Mumpung lagi jalan-jalan masa nggak nyobain makanan khasnya."

"Hmm.. ada beberapa sih. Besok deh kuajak jalan, ya."

Bagi sebagian orang, percakapan seperti ini pastinya tak asing kita temui saat bertemu dengan kenalan atau teman yang datang dari luar daerah kita. Memang selain tempat wisata dan oleh-oleh, tempat makan biasanya menjadi tujuan bagi mereka yang berkunjung ke tempat baru. Pastinya ada kepuasan tersendiri jika kita bisa menikmati langsung sebuah makanan khas di daerahnya.


Banjarmasin sendiri sebagai salah satu kota di Kalimantan Selatan tentunya juga memiliki beberapa menu khas Banjar yang kerap dijadikan rekomendasi bagi para pengunjung kota ini. Menunya ya nggak jauh-jauh lah dari soto, nasi kuning, lontong dan ikan bakar  yang memang sudah menjadi makanan khas Banjar. Tempat-tempat makan yang menyediakan menu-menu ini juga bertebaran di berbagai sudut kota. Lalu tempat makan apa saja yang menjadi rekomendasi jika kita sedang berada di Banjarmasin? Yukbaca postingan ini sampai selesai.

Soto Banjar Bang Amat

Jika kita bicara tentang makanan khas Banjar, maka mungkin jawaban yang paling sering keluar adalah Soto Banjar. Ya, masakan berkuah yang satu ini memang bisa dibilang primadonanya masakan khas Kalimantan Selatan. Rasa gurih perpaduan dari bumbu dan rempah-rempah membuat Soto Banjar sangat kaya rasa. Dan berbeda dengan soto-soto daerah lain, Soto Banjar disajikan dengan ketupat.

Di Banjarmasin sendiri pastinya cukup banyak restoran atau warung makan yang menyediakan menu Soto Banjar. Namun jika ingin menikmati sensasi makan soto di pinggir sungai dan diiringi alunan musik tradisional, makan teman-teman bisa mengunjungi Soto Banjar Bang Amat yang berlokasi di Jalan Banua Anyar No. 6. Soto Banjar yang satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Selain menyediakan soto sebagai menu utamanya, ada juga sate ayam yang kerap dijadikan menu pendamping saat makan soto. Satu porsi Soto Banjar di tempat makan ini bisa kita nikmati mulai dari Rp. 22.000,00.

Lontong Orari

Sumber : https://travel.kompas.com
Tempat makan kedua yang kerap menjadi rekomendasi kuliner di kota Banjarmasin adalah Lontong Orari yang berlokasi di Jalan Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Meski sebenarnya lontong di Banjarmasin termasuk dalam menu sarapan, namun untuk Lontong Orari malah lebih asyik dinikmati malam hari. Mungkin ini karena Lontong Orari ini dulunya merupakan tempat kumpul-kumpulnya anak muda komunitas Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI). Hmm, tahun berapa ya itu kira-kira?

Lontong Orari ini sendiri seporsinya terdiri atas lontong yang berbentuk segitiga, kuah lontong yang gurih dan lauk pauk berupa telur, ayam atau ikan haruan (gabus) plus sambal masak habang. Nah, untuk satu porsinya, Lontong Orari bisa dinikmati dengan harga kurang lebih Rp. 30.000,00.

Nasi Kuning Cempaka

Menu lain yang menjadi hidangan khas Banjar adalah nasi kuning. Menu ini umumnya disajikan saat sarapan dengan lauk yang beraneka ragam. Nah, salah satu warung makan nasi kuning yang cukup kondang dan legendaris di Banjarmasin adalah Nasi Kuning Cempaka. Nasi Kuning Cempaka ini memiliki berlokasi di Jalan Pasar Baru.
Dalam penyajiannya, Nasi Kuning Cempaka dibungkus dengan daun pisang. Lauknya sendiri bisa berupa telur, ayam, ikan haruan dan dendeng sapi dengan bumbu masak habang. Satu porsi Nasi Kuning Cempaka bisa kita nikmati dengan harga mulai dari Rp. 10.000,00.


Rumah Makan Fauzan


Dalam kesehariannya, rata-rata orang Banjar sangat menyukai menu ikan bakar untuk makan siang mereka. Karena itu tentunya juga tak afdol rasanya jika ke Banjarmasin tanpa mencicipi menu ikan bakar yang disajikan di warung-warung yang menyediakannya. Bagi teman-teman yang ingin mencicipi menu ikan bakar khas Banjarmasin bisa datang ke Rumah Makan Fauzan. Rumah Makan Fauzan ini memiliki 3 cabang yakni di Jl. Gatot Subroto No. 38, Jl. Sultan Adam dan di Jl. A. Yani km 11 yang kebetulan tak jauh dari tempat tinggal saya sekarang. Biasanya sih saat jam makan siang rumah makan ini akan ramai didatangi pengunjung yang rata-rata pegawai kantoran.

Di Rumah Makan Fauzan ini kita bisa menikmati aneka ikan bakar seperti Nila, Patin, Haruan, bahkan Udang Galah. Selain itu di rumah makan ini juga menyediakan aneka sayuran dan tentunya sambal untuk melengkapi makan kita. Pengunjung tinggal menyebutkan ingin memesan menu apa dan nantinya menu tersebut akan diantarkan ke meja kita. Nah, untuk menikmati makan siang di Rumah Makan Fauzan ini kita harus siap merogoh kocek minimal Rp. 50.000,00 yang pastinya sebanding dengan kelezatan makanan yang dihidangkan.


Mie Bancir Agus Sasirangan

Nama Mie Bancir mungkin masih terdengar asing bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Mie ini merupakan salah satu sajian khas Banjarmasin yang berupa mie kuning/mie merah dengan sedikit kuah sop ala Banjar dan diberi toping telur di atasnya. Disebut Mie Bancir karena kuah dari Mie ini tidak sebanyak sop biasanya.

Mie Bancir sendiri sekarang semakin populer sejak Agus Sasirangan yang merupakan runner up Master Chef Season 1 membuka warung Mie Bancir olahannya di Jl. Hasan Basri tahun 2014 yang lalu. Dengan kepopulerannya sebagai finalis Master Chef, pastinya sangat menarik perhatian pengunjung. Nah, untuk saat ini Agus sudah membuka beberapa cabang dari Mie Bancirnya ini termasuk di Duta Mal Banjarmasin.

Untuk varian menunya sendiri ada beberapa macam di antaramya Mie Bancir Original, Mie Bancir Ayam Bapukah, Mie Bancir Sosis, Mie Bancir Padas dan Mie Bancir Ceker Ayam. Satu porsi Mie Bancir ini bisa kita nikmati mulai dari Rp. 23.000,00.



Nah, bagi teman-teman yang berencana ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat ini ya. Pesan tiketnya bisa melalui pegi-pegi yang menyediakan jasa pembelian tiket pesawat, kerata api hingga pemesanan hotel. Apa? Harga tiket pesawat domestik mahal? Yah, mari kita semua berdoa semoga ada kebijakan baru sehingga harga tiket pesawat bisa kembali murah. Kalau mahal terus kan nanti malah banyak yang nggak bisa travelling dan akhirnya sektor wisata kita jadi sepi. Heu..

Wednesday, January 9, 2019

#AksiFlashBunda Siap Hadapi Anak Aktif Gak Takut Lebam

January 09, 2019 9




Hari itu, saya mengajak Yumna menginap di rumah neneknya. Kebetulan malamnya saya ada janji dengan beberapa teman blogger dan rasanya terlalu jauh jika saya harus pergi dari rumah sendiri. Lepas magrib saya pun bersiap. Mengenakan pakaian sesuai dresscode sementara Yumna bermain-main di buffet kecil depan cermin. Ibu saya sendiri juga berada di kamar yang sama untuk mengawasi Yumna.

"Yumna, hati-hati. Nanti jatuh," begitu pesan saya ketika melihat Yumna berusaha menaiki buffet.

Namanya balita, dilarang bukannya berhenti eh malah semakin semangat dong dia naik buffet-nya. Hingga akhirnya ketika saya berpaling sedikit terdengar suara jatuh dan tangisan Yumna. Bergegas saya kembali ke kamar untuk melihat kondisi Yumna. Saat saya tiba, tampak Yumna sudah tertelungkup di lantai sementara ibu saya berusaha mengangkatnya.

Baca juga : Grow Happy : Tak Hanya Sehat dan Tercukupi Nutrisinya, Anak Juga Perlu Tumbuh Bahagia untuk Masa Depannya


"Baru juga mama mau nangkap dianya sudah jatuh," kata ibu saya kemudian.

Segera saya mendekati Yumna. "Duh bibirnya berdarah," kata saya dalam hati. Saya pun memeluk Yumna dan berusaha menghentikan tangisan plus luka di bibirnya. Alhamdulillah tak lama kemudian Yumna mau berhenti menangis dan tertidur di ayunannya. Sekarang setiap kali ditanya soal bibir, Yumna akan menunjuk bibirnya sambil berkata kalau ada luka di situ. Heu.

***

Memiliki anak berusia 2 tahun seperti Yumna memang harus siap direpotkan dengan segala kelincahannya. Selain doyan panjat-memanjat, Yumna juga kerap melakukan aksi koprol dan loncat-loncat. Untuk urusan jatuh sendiri, pastinya tak hanya satu kali Yumna terjatuh saat sedang menaiki sesuatu atau saat berlari.

Kali lain, lagi-lagi saat di rumah neneknya, Yumna sukses jatuh jungkir balik dari sebuah kursi. Untungnya saat itu posisi jatuhnya termasuk aman dan tanahnya tidak keras sehingga saat saya periksa anggota tubuhnya, tak ada tanda luka atau lebam yang perlu dikhawatirkan.


Lebam, Si Biru yang Bikin Cenut-cenut

sumber : www.healthline.com

Bicara soal lebam, pastinya kita cukup familiar dengan si biru yang satu ini. Lebam atau memar biasanya muncul saat tubuh kita terbentur sesuatu. Kayak saya nih yang lumayan sering kena lebam karena kebentur meja atau lemari. Pernah juga lebam karena jatuh dari motor yang sukses bikin susah jalan. Namun ada pula lebam yang tiba-tiba muncul begitu saja di permukaan kulit ketika bangun tidur. Kalau yang begini, kadang orang tua kita akan mengaitkannya dengan hal mistis seperti dihisap jin. Heu.

Menurut wikipedia, memar atau lebam adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit. Memar atau lebam ini ditimbulkan oleh trauma seperti tumbukan benda tumpul dan menimbulkan rasa sakit walaupun pada umumnya tidak berbahaya.

Luka lebam sendiri bermacam-macam tingkatannya. Ada yang terbilang ringan karena cuma meninggalkan jejak warna dan ada juga yang sampai bikin bengkak dan pastinya jadi nyeri. Biasanya nih, saat kita mengalami luka memar atau lebam terjadi perubahan warna dari kulit yang lebam tersebut. Urutannya adalah sebagai berikut

Merah 
Warna ini akan muncul sesaat setelah tubuh kita mengalami benturan. Setelahnnya, kita pun akan menyadari bagian tubuh yang terbentur menjadi sedikit bengkak dan terasa nyeri ketika disentuh.

Kebiruan hingga ungu gelap
Setelah 1 hingga 2 hari, warna merah akan berubah menjadi kebiruan hingga ungu gelap. Hal ini disebabkan oleh minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, hemoglobin yang berwarna merah akan berubah menjadi biru.

Hijau pucat
Memasuki hari keenam, warna kebiruan akan memudar dan berganti menjadi hijau pucat. Hal ini menandakan bahwa hemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang berlangsung.

Kuning kecoklatan
Setelah 1 minggu, warna hijau pucat akan menjadi kuning kecoklatan. Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan memar. Memar tidak akan berubah warna lagi, melainkan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna asli kulit.

Baca juga : Mengenal Penyakit TB pada Bayi dan Anak

#AksiFlash Bunda mengatasi Lebam

Sebagai seorang ibu, saya pastinya harus siap dan memiliki #AksiFlashBunda dalam menghadapi kondisi-kondisi tak terduga seperti jatuh dan lebam ini. Untuk luka lebam, sebenarnya dia akan sembuh sendiri selama 2 hingga 4 minggu tergantung tingkat luka lebam tersebut. Namun kita juga bisa lho mempercepat proses penyembuhan dengan melakukan beberapa cara, yakni:

  • Mengompres bagian tubuh yang terbentur dengan es
Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi lebam adalah dengan mengompres bagian tubuh yang terbentur dengan es. Suhu dingin akan meredakan proses pembengkakan dan peradangan. Selain itu, es juga membantu meminimalkan jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil ke jaringan sekitar. Perlu diingat jangan menempelkan langsung es ke kulit dan disarankan untuk membungkus es dengan handuk terlebih dahulu. Lalu, kompres luka memar selama 20 sampai 30 menit.

  • Mengangkat bagian tubuh yang mengalami memar
Setelah luka memar terjadi, kita bisa mencoba untuk memposisikan bagian tubuh yang memar lebih tinggi dari dada. Misalnya, bila memar terjadi di kaki, kita bisa duduk atau tidur dengan menyangga area memar dengan bantal. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi aliran darah ke area yang memar sehingga meredakan pembengkakan.

  • Mengompres dengan air hangat
Setelah sekitar dua hari mengompres memar dengan es, kita bisa mengganti kompres dengan air hangat. Suhu panas dapat memperlancar aliran darah, sekaligus mempercepat perubahan warna kulit kambali seperti semula. Caranya gunakan kain yang sudah direndam air hangat. Lalu, kompres bagian tubuh yang mengalami luka memar selama 10 menit. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari secara rutin.

  • Menggunakan Heparin sodium
Nah, selain cara-cara tersebut, kita jkuga bisa mempercepat proses penyembuhan lebam atau memar dengan menggunakan obat oles dalam bentuk salep ataupun gel yang mengandung heparin. Heparin sodium diekstrak dari dua sumber protein hewani, yaitu porcine yang berasal dari mucosa babi dan bovine yang berasal dari mucosa sapi. Heparin ini bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Baca juga : 4 Tanda Si Kecil Siap Toilet Training

Thromboflash Obat Oles untuk Luka Lebam


Bagi para Bunda yang ingin menggunakan obat oles untuk mengatasi memar/lebam, sekarang sudah ada obat oles Thromboflash untuk luka dalam/memar/lebam. Thromboflash diproduksi oleh Fahrenheit dengan bahan aktifnya adalah HEPARIN SODIUM 200 IU. Tak hanya itu, Heparin yang terkandung di dalamnya diambil dari bovine yang berasal dari mucosa sapi, yang membuat Thromboflash sudah bersertifikasi halal sehingga aman dan nyaman digunakan.


Cara penggunaan Thromboflash ini sangat mudah yakni cukup dioleskan tipis-tipis 2-3 kali sehari pada luka lebam. Bisa juga dioleskan pada sepotong kain kasa lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Namun harus diingat jangan pernah mengoleskan obat ini pada luka terbuka dan area sensitif seperti mata, yaa.

Dengan manfaat yang dimilikinya, menjadikan Thromboflash wajib ada di kotak P3K di rumah kita dan menjadi sahabat keluarga. Thromboflash ini memiliki 2 ukuran kemasan yakni 10 gr dengan harga sekitar 30 ribuan dan kemasan 20 gr dengan harga sekitar 50 ribuan. Dengan adanya Thromboflash ini, pastinya Bunda jadi gak takut lebam lagi dong yaa:)


Sunday, January 6, 2019

[Review] Pensil Alis Otomatis Purbasari Ultra Smooth Brow Liner

January 06, 2019 30



Sejak mengenal dunia peralisan (dan nyaris tak bisa lepas dari produknya), saya jadi lumayan gemar mencoba beberapa merk dan jenis produk alis yang ada di pasaran. Mulai dari yang paling umum digunakan seperti pensil alis, jenis eyebrow cream dan juga jenis serbuk. Tentunya ketiga jenis produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah kali ini saya akan mereview satu lagi produk pensil alis lokal yang baru saya beli beberapa waktu lalu, yakni Purbasari Ultra Smooth Brow Liner. Saya mengetahui produk terbaru Purbasari ini saat menonton channel youtube-nya Hai Ariani. Awalnya sih saya sempat ragu apakah harus membeli produk ini atau tidak mengingat Wardah Eyebrow Kit saya masih cukup banyak isinya. Tapi karena penasaran akhirnya saya beli juga produk pensil alis seharga Rp. 42.000,00 ini. Berikut review saya akan produk ini.

Baca juga : [Review] Wardah Eyebrow Kit

Kemasan


Purbasari Ultra Smooth Brow Liner merupakan salah satu produk pensil alis otomatis dari series Hydra yang diluncurkan Purbasari beberapa waktu lalu. Produknya dikemas dengan karton hitam glossy dengan gambar mata pada bagian depan serta keterangan produk dan cara pemakaian pada bagian belakang. Produk ini sendiri memiliki 2 pilihan warna yakni soft black dan natural brown.

Untuk produknya sendiri juga dikemas dengan warna hitam yang elegan dengan nama produk pada badannya dan memiki 2 sisi. Sisi pertama berupa produk pensil alis yang bisa diputar dan memiliki ujung segitiga. Adapun sisi kedua merupakan spoolie yang berfungsi untuk merapikan alis kita.

Kandungan


Kandungan dari Purbasari Ultra Smooth Brow Liner ini antara lain:
Hydrogenated Palm Kernel Oil, Polyethylene, Syntetic Japan Wax, Boron Nitride, Caprilic/Capric Triglyceride, Quaternium-18 Bentonite, VP/Eicosene Copolymer, Phenoxyethanol, Caprylyl Glicol
May contain : Black Iron Oxide (CI77499), Yellow Iron Oxide (CI77492),
Red Iron Oxide (CI77491)


Warna dan Tekstur 


Saat membeli produk pensil alis otomatis ini, saya memilih warna natural brown karena biasanya kalau warna hitam akan menghasilkan alis yang terlalu gelap dan salah-salah jadi seperti Sinchan. Nah, begitu saya coba warnanya di punggung tangan dan juga alis, ternyata pensil alis ini warnanya tidak coklat seperti yang saya kira, namun lebih mendekati abu-abu.

Untuk teksturnya sendiri cukup keras. Bagi beberapa orang termasuk saya, tekstur keras seperti ini sangat disukai karena lebih memudahkan dalam membentuk alis. Nah, sayangnya untuk bagian ujung pensil yang berbentuk segitiga saya kadang masih agak kesulitan menggunakannya untuk membingkai alis.


Baca juga : [Review] QL Eyebrow Cream

Cara pemakaian dan Hasil Akhir

Untuk menggunakan pensil alis otomatis ini, pertama-tama rapikan dulu rambut alis kita dengan menggunakan spoolie yang ada di salah satu sisi produk. Kemudian bingkai alis dengan pensil dan isi bagian dalamnya. Setelah itu, rapikan kembali hasilnya dengan menggunakan spoolie.

Hasil akhir dari produk ini menghasilkan alis yang terlihat natural dan seperti berserat dan saya menyukainya. Sedangkan untuk ketahanannya sendiri, Purbasari Ultra Smooth Brow Liner ini bisa bertahan kurang lebih 8 jam kalau tidak kena air.



Kesimpulan akhir yang bisa saya buat untuk produk pensil alis dari Purbasari ini antara lain:

Kelebihan :
  • Warna natural
  • Mudah diaplikasikan
  • Sistem putar membuat tak perlu meraut lagi
Kekurangan

  • Ujungnya yang berbentuk segitiga membuat agak sedikit tricky dalam menggunakannya
Nilai akhir : 3,5/5

Monday, December 31, 2018

Hal-hal yang Terjadi Tahun 2018

December 31, 2018 27

Tak terasa akhir tahun sudah di depan mata lagi. Biasanya nih di akhir tahun ini ada 2 hal yang kerap dilakukan para orang-orang. Pertama membuat ringkasan apa saja yang terjadi tahun yang sedang dijalanani, dan yang kedua membuat resolusi untuk tahun mendatang.

Saya sendiri di akhir tahun 2017 lalu sempat membuat beberapa resolusi untuk tahun 2018. Well, kalau boleh jujur sih dari beberapa resolusi yang saya tulis, cuma 1 yang berhasil tercapai. Nah, berkaca dari hal ini, alih-alih membuat resolusi untuk tahun 2019, kali ini saya ingin menuliskan hal-hal yang terjadi dalam hidup saya selama tahun 2018 ini.

Baca juga : Resolusi Tahun 2018

Pindah Rumah

Tahun ini, tepat di awal Ramadan saya dan suami memutuskan untuk pindah dari rumah ibu saya dan menempati rumah kami sendiri. Ini sejujurnya lebih cepat dari rencana saya untuk pindah di akhir tahun 2018. Rumahnya pun kala itu belum benar-benar siap ditempati karena suami dan mertua menggarap penambahan dapurnya berdua saja. 

Alhamdulillah selama 6 bulan tinggal di rumah baru, saya sudah mulai merasa nyaman tinggal di lingkungan ini. Yah, meski pastinya ada saja kekurangan tinggal di komplek perumahan baru seperti jalan yang masih gersang, tetangga yang masih sedikit, serta masih sulitnya mencari makan di luar mengingat lokasi perumahan kami ini ada di pinggiran kota bahkan bisa dibilang desa lengkap dengan persawahannya. Heu. 


Yumna Pindah ke Daycare

Salah satu konsekuensi dari kepindahan kami ke rumah yang sekarang adalah mau tak mau Yumna juga harus pindah ke Daycare. Sebelumnya, Yumna kami titipkan di rumah keluarga jauh yang letaknya di antara rumah ibu saya dan kantor. Berhubung sekarang kami tinggal di luar kota, akan sangat melelahkan jika harus bolak-balik menjemput Yumna di rumah ibu asuhnya tersebut. 

Saya pun mulai mencari beberapa tempat penitipan yang lokasinya searah dengan rumah kami. Sempat ada 3 pilihan, namun akhirnya saya memilih daycare yang letaknya tak jauh dari kantor tempat saya bekerja. Keputusan saya memilih daycare yang sekarang selain karena lokasinya, juga jadwal masuknya yang tidak mengikuti jadwal libur sekolah. Di daycare barunya ini, Yumna mendapat jatah makan siang dan dijemput pukul 17.30 setiap harinya. 


Kembali ke Bioskop setelah Hiatus 3 Tahun

Setelah menikah hampir 3 tahun yang lalu, saya resmi meninggalkan dunia perbioskopan. Waktu itu alasannya karena harga tiket nonton di XXI Banjarmasin yang mahal dan Yumna yang masih kecil dan tak bisa ditinggal. Selain itu suami juga tak terlalu setuju kalau saya ajak nonton. Namun akhirnya setelah 2 tahun saya pun kembali ke bioskop. Si Doel the Movie merupakan film pertama yang saya tonton bersama ibu dan rekan kantor setelah hiatus sekian tahun. 

Salah satu alasan mengapa akhirnya saya mau nonton lagi adalah karena harga tiketnya murah. Lha, katanya harga tiket nonton di xxi Banjarmasin itu mahal sekali? Iya, tapi sekarang sudah ada aplikasi pesan tiket nonton semacam tix.id yang kerap memberikan promo buy 1 get 1 di hari tertentu atau saat premiere sebuah film. Nah, berhubung teman-teman di kantor rata-rata menggunakan aplikasi ini, saya pun jadinya kerap nebeng tiket sama mereka. Yah, lumayan ngirit jadinya meski tentunya jangan sering-sering juga nontonnya. Heu. 


Hamil Anak Kedua

Sekitar akhir bulan Agustus lalu, saya mendapati garis dua pada 2 buah testpack yang saya beli sepulang kerja. Saat itu, lepas 4 7 bulan dari berhentinya saya menggunakan KB suntik per 3 bulan. Sejujurnya ini agak di luar rencana mengingat saya baru ingin punya anak lagi setelah Yumna berusia 3 tahun. Tapi salah saya sendiri dong ya, kenapa berhenti pakai KB dan tidak ngecek kalender dengan benar. Heu. 

Alhamdulillah selama kehamilan kedua ini tidak cukup banyak keluhan yang saya alami. Saya hanya merasakan sedikit mual dan nggak enak makan selama 4 bulan terakhir. Tapi namanya umur nggak bisa bohong, ya. Di kehamilan kedua ini saya merasa badan benar-benar rengkot kata orang banjar dan jadinya harus sering mendatangi tukang urut. 


Pindah Divisi

Sekitar akhir bulan Oktober lalu, saya menerima memo dari atasan perihal pemindahan posisi saya dari bidang perencanaan ke bagian database. Ini adalah mutasi pertama saya setelah kurang lebih 4 tahun bekerja. Divisi Database ini masih satu departemen dengan divisi yang sebelumnya, namun tentunya job-nya berbeda.

Jika di bagian saya sebelumnya pekerjaannya tergantung pada permintaan entah itu pelanggan atau divisi/departemen lain, nah bagian database ini tugas saya adalah melakukan input data pelanggan yang mana bisa dibilang pekerjaan yang sangat rutin. Ini membuat saya sempat kesulitan membagi waktu antara ngeblog dengan kerjaan kantor. Maklum, hingga saat ini saya masih lebih sering ngeblog di kantor ketimbang di rumah. Heu.


Membaca Lebih Banyak

Tahun lalu, capaian target membaca buku saya bisa dibilang mengenaskan. Kurang dari 10 buku kalau tidak salah. Sebagai seorang yang ngakunya suka membaca ini jelas sangat mengecewakan. Karena itu sejak awal tahun saya sudah menjadikan membaca lebih banyak sebagai resolusi tahun 2018 dan alhamdulillah tercapai. Hingga akhir bulan ini, total ada 31 buku yang berhasil saya tuntaskan. 

Keberhasilan membaca lebih banyak buku bisa dibilang tak lepas dari adanya perpustakaan digital macam ijakarta atau ipusnas yang menyediakan berbagai macam buku untuk dibaca di ponsel. Berhubung saya saat jni memang mengurangi belanja buku karena kebanyakan tidak dibaca, maka hampir separuh buku yang saya baca di tahun 2018 saya baca via ponsel, sisanya saya pinjam atau koleksi pribadi.

So, itulah dia beberapa hal yang terjadi pada saya dan keluarga di tahun 2018 ini. Soal resolusi 2019, pastinya saya memilikinya dan yang jelas sih salah satunya adalah menyelesaikan resolusi yang tidak tercapai. Hihi. Kalau teman-teman, bagaimana nih perjalanan tahun 2018-nya?


Saturday, December 29, 2018

Grow Happy : Tak Hanya Sehat dan Tercukupi Nutrisinya, Anak Juga Perlu Tumbuh Bahagia untuk Masa Depannya

December 29, 2018 20



"Ma, Ma, bangun. Main," begitu kata Yumna pada saya yang baru merebahkan badan. Tangannya menarik-narik baju saya memaksa untuk bangun. Saya yang aslinya ingin leyeh-leyeh mau tak mau bangun dan mengikuti langkahnya menuju ruangan belakang rumah kami. Ia pun mulai membongkar-bongkar kotak mainannya, dan tak lama Yumna sudah asyik dengan mainannya tersebut.

Bagi para ibu, pastinya tak asing dengan kejadian di atas. Saat kita sedang ingin menikmati me time atau melakukan sebuah pekerjaan si Kecil tiba-tiba mengajak kita bermain bersamanya. Kadang kita benar-benar menemani mereka bermain, kadang pula sambil disela melakukan pekerjaan lain, entah itu memasak, mengetik atau main ponsel.

Nah, belakangan saya baru tahu kalau keterlibatan penuh orang tua saat bersama anak sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan kebahagiaan anak, selain juga faktor nutrisi pastinya. Setidaknya itulah ilmu yang saya dapatkan saat mengikuti workshop parenting bertema Grow Happy yang diadakan Lactogrow beberapa waktu yang lalu.

Rabu pagi 28 November, dengan diiringi hujan, saya bersama suami berangkat menuju Kordinat Cafe tempat acara dilaksanakan. Sebelumnya, terlebih dahulu kami mengantarkan Yumna ke daycare tempat sehari-hari ia dititipkan. Begitu saya tiba, tampak beberapa teman sesama blogger dari Female Blogger of Banjarmasin sudah berkumpul bersama. Saya segera bergabung dengan para ibu ber-dresscode putih biru tersebut. Berhubung acara belum mulai, kami pun menggunakan kesempatan ini untuk berfoto ria.

Setelah menunggu kurag lebih 1 jam, acara pun dimulai. Ternyata ternyata tak hanya blogger wanita, namun beberapa rekan media dan jurnalis pria juga diundang untuk mengikuti acara ini. "Wah, menarik pastinya," kata saya dalam hati saat mengetahui hal ini. Acara hari itu sendiri dipandu oleh MC Dini dan pastinya diisi oleh para narasumber yang kompeten, yakni Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow, Psikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC dan Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K).

Salah Persepsi Orang Tua tentang Kebahagiaan Anak



Sebagai seorang ibu, pastinya saya melakukan berbagai upaya agar Yumna bisa tumbuh dengan baik. Mulai dari memberikan ASI eksklusif dan dilanjutkan hingga usianya 21 bulan, menyiapkan MPASI rumahan, dan tentunya memberinya stimulasi agar tumbuh kembang fisiknya bisa optimal. Nah, rupanya ada satu hal yang kurang saya perhatikan dalam proses tumbuh kembang Yumna, yakni rasa bahagia yang ia rasakan.

Mbak Pramudita sendiri dalam sesinya memaparkan hasil studi yang dilakukan oleh Nestle Lactogrow di tahun 2018, yang mengungkapkan bahwa saat menilai karakteristik kebahagiaan anak, kebanyakan orang tua hanya memperhatikan ciri-ciri fisik. Padahal menurut Myers dan Diener (2018), kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja, namun lebih kepada rasa nyaman, aman dan diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.  Ada juga orang tua yang merasa bahagia jika bisa memenuhi semua keinginan anaknya. Padahal ternyata anak merasa bahagia kalau ditemani orang tuanya.

Bagi saya sendiri, salah satu indikasi kalau Yumna bahagia adalah seringnya dia tertawa saat bersama saya dan suami. Saat saya menjemputnya seusai kerja, dia akan bersemangat menyambut saya. Saat kami bermain, dia akan tertawa senang. Saat kami membelikannya barang atau makanan, dia akan bersemangat menerimanya. Nah, yang jadi pertanyaan saya adalah kalau anak nangis karena tantrum apakah bisa dibilang tidak bahagia? Ah, saya jadi menyesal tidak menanyakan hal ini pada para narasumber.


Menurut Psikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC sendiri, anak yang tumbuh bahagia akan memiliki beberapa kelebihan yang bisa berpengaruh pada berpengaruh pada keberhasilan pendidikan, kesuksesan karir dan hal penting lainnya, yakni:

  • Anak yang bahagia akan memiliki kesadaran diri yang lebih baik
  • Anak yang bahagia memiliki manajemen diri yang baik
  • Anak yang bahagia memiliki kesadaran sosial yang lebih baik
  • Anak yang bahagia memiliki kemampuan sosial yang lebih baik
  • Anak yang bahagia memiliki kemampuan mengambil keputusan yang lebih baik

Setelah memaparkan tentang kelebihan dari anak yang tumbuh bahagia, PSikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC juga menjabarkan hal-hal yang harus diingat saat kita bersama anak. Intinya sih saat kita bersama anak, pastikan kita benar-benar berada bersama mereka, tidak terdistraksi oleh hal lain seperti ponsel, misalnya.

Selain itu, pastikan juga kita melakukan eye to eye contact saat bersama anak. Saat anak berbicara, kita mendengarkan dengan seksama. Saat mereka memanggil, kita juga sebaiknya segera menyahut. Ini pastinya akan membuat anak merasa dirinya penting dan dihargai. Ah, ini PR banget nih buat saya dan suami.

Orang Tua yang Bahagia Membesarkan Anak yang Bahagia

Tak hanya berbicara tentang membesarkan anak yang bahagia,  Psikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC juga menekankan pentingnya orang tua agar bisa bahagia lebih dahulu. Seperti yang kita tahu, saat ini para ibu kerap menghadapi tekanan sosial terkait pilihan-pilihan yang dibuatnya. Mom war silih berganti bermunculan. Mulai dari ibu bekerja vs tidak bekerja, bayi ASI vs tidak ASI dan berbagai masalah lainnya. Hal ini pastinya berpengaruh pada kondisi psikolog ibu yang berpengaruh pada kebahagiaannya.


Psikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC sendiri menjabarkan ada 4 hormon yang bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Keempat hormon tersebut adalah Dopamine, Serotonin, Oksitosin dan Endorphin. Untuk bisa lebih bahagia, tentunya kita harus meningkatkan hormon-hormon tersebut seperti banyak berolahraga, membantu orang lain, bercengkerama dengan orang yang dikasihi, hingga melakukan perayaan terkait pencapaian kita.




Pentingnya Kesehatan Pencernaan Buah Hati Demi Masa Depannya


Sesi terakhir dari acara hari itu adalah pemaparan tentang pentingnya kesehatan buah hati bagi masa depannya oleh Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K). Seperti yang kita tahu, dalam 1000 hari pertamanya, seorang anak akan menjalani masa yang disebut sebagai golden age yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Di masa golden age yang dimulai dari awal kehamilan hingga usia anak 2 tahun ini, orang tua dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak mulai dari memberikan ASI hingga usianya 2 tahun dan juga makanan yang bergizi.

Dalam penjelasannya, dr. Ariani menyebutkan kalau anak yang mengkonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat dan dapat menyerap nutrisi dengan baik, sehingga anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik yang dapat menunjangnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tentang saluran pencernaan sendiri, saya jadi ingat ketika beberapa waktu lalu Yumna putri saya sempat mengalami sembelit. Selama beberapa hari dia selalu kesulitan saat akan BAB, bahkan pernah sampai nangis-nangis karena sudah ngeden-ngeden BAB tak kunjung keluar. Saat berhasil keluar, BAB-nya juga ukurannya besar seperti orang dewasa. Duh, sedih banget saya melihatnya. Ini mungkin disebabkan oleh menu makan Yumna yang sepertinya kurang serat dan kurang minum beberapa minggu terakhir :(

Melalui acara workshop Lactogrow kemain, saya jadi tahu kalau dalam urusan sistem pencenaan ini, sangat berhubungan dengan organ yang bernama usus. Usus merupakan organ tubuh yang kompleks karena memiliki 60-70 % sel imun, memiliki 100 trilyun bakteri "microbiota usus" dan juga 100 juta neuros. Mikrobiota dalam usus sendiri sebaiknya harus dijaga dalam kondisi seimbang yakni 85% bakteri baik (komensal) dan 15% bakteri jahat (patogenik). Nah, jika jumlah perbandingan bakteri baik dan bakteri jahat ini tak seimbang, pastinya akan menganggu sistem pencernaan kita.

Bakteri baik yang ada di usus sendiri memiliki beberapa fungsi, antara lain:
  • Memproduksi biosurfaktan yang bisa menghambat bakteri menempel
  • Memproduksi bakteriosin & hydrogen peroksida yang bisa menghambat dan membunuh bakteri
  • Memperbaiki kerusakan sel usus

Nestle Lactogrow, susu pertumbuhan untuk membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia

 

Untuk bisa membentuk saluran cerna yang sehat, kita harus menjaga keseimbangan mikrobiota usus. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:
  • Konsumsi makanan bernutrisi lengkap dan bervariasi
  • Konsumsi makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur
Probiotik sendiri adalah suatu mikroorganisme hidup yang jika diberikan dalam jumlah yang sesuai dan adekuat maka akan memberikan manfaat kesehatan. Beberapa makanan yang mengandung probiotik ini adalah kimchi, yoghurt, asinan kubis, kombucha, acar, kefir, miso, keju, tempe, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Selain dari bahan makanan alami seperti yang saya sebutkan di atas, kita juga bisa melengkapi kebutuhan si kecil akan probiotik melalui susu pertumbuhan yang diberikan setelah usia anak 1 tahun. Salah satu susu pertumbuhan adalah Nestle Lactogrow, yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus reuteri, Asam Linoleat (Omega 6), Asam Linolenat (Omega 3), minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral yang memiliki varian rasa plain, vanila dan madu. Nestle Lactogrow ini diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Centre, Switzerland untuk membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia.


***
Menjadi orang tua katanya merupakan proses belajar seumur hidup. Karena itu penting bagi kita sebagai orang tua untuk terus menggali ilmu tentang parenting. Sebagai ibu saya sendiri sangat senang mengikuti workshop dari Lactogrow ini dan insyaAllah ilmunya sangat bermanfaat bagi kita semua.


Monday, December 17, 2018

Tempat Beli Jok Mobil dan Aksesorisnya yang Murah dan Pilihannya Lengkap

December 17, 2018 36


"Komplek kita ini banyak juga ya, Mas yang punya mobil," kata saya pada suami di sela-sela obrolan kami beberapa waktu yang lalu. Seperti yang pernah saya ceritakan, saya dan suami sekarang tinggal di sebuah komplek perumahan bersubsidi yang rata-rata penghuninya adalah pasangan muda.

"Yah, mungkin bagi mereka nggak apa-apa rumah kecil asal punya mobil. Mau kemana-mana jadinya enak," jawab suami.

Saya cuma manggut-manggut mendengar jawaban suami. Ada benarnya juga sih jawabannya. Sekarang ini, mobil memang bisa dibilang salah satu kebutuhan sekunder bagi banyak orang. Entah keberadaannya semata-mata sebagai gaya hidup, atau memang sangat diperlukan. Namun memang tak bisa dipungkiri, keberadaan mobil bisa sangat membantu saat keluarga ingin liburan atau melakukan perjalanan jauh. Yah, setidaknya nggak perlu repot mikirin transport kan, ya.

Saya sendiri hingga saat ini masih belum memiliki mobil. Namun pastinya saya juga berharap untuk bisa memilikinya beberapa tahun mendatang. Untuk urusan mobil ini, dalam soal perawatannya, selain hal yang bersifat teknis seperti mesin mobil dan printilannya, interior dalam mobil juga termasuk bagian yang harus diperhatikan. Nah, salah satu interior mobil yang biasanya mendapat perhatian khusus adalah jok mobil. Ini karena jok adalah bagian dari mobil yang paling sering digunakan (diduduki).


Oleh sebab itu, menjaga kebersihan dan menghindarkannya dari bau tak sedap adalah sebuah keharusan. Dengan begitu, kita bisa merasa lebih nyaman saat berkendara. Begitu juga penumpang akan merasa betah ketika berada di dalam mobil. Coba bayangkan apabila mobil berbau tidak sedap atau joknya terlihat kotor dan tak terawat. Sudah pasti kita sebagai pemiliknya ataupun penumpang yang ikut akan merasakan ketidaknyamanan. Bahkan mungkin merasa tidak betah berlama-lama di dalam mobil.

Baca juga : Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas? Yuk Lihat Perbandingannya

Aneka Pilihan Sarung Jok Mobil di Bukalapak


Berbicara soal jok, saya teringat pada toko online Bukalapak yang baru-baru ini saya kunjungi karena tertarik dengan berbagai macam variasi sarung (cover) jok yang mereka tawarkan. Dari foto yang saya lihat, tampak sarung (cover) jok untuk berbagai macam mobil terlihat sangat menarik dan keren. Saya pikir, ini bisa jadi alternatif terbaik untuk mempercantik interior mobil atau untuk membuat mobil agar terlihat sedikit berbeda.

Selain itu, sarung jok ini bisa juga dijadikan sebagai pelindung untuk memperpanjang masa pakai jok agar nantinya, ketika akan dijual dalam kondisi second, harga mobil bisa tetap tinggi. Karena salah satu fungsi dari sarung jok bisa dimanfaatkan untuk melindungi jok aslinya agar tidak mudah kotor atau bernoda, tidak mudah rusak, serta akan membuat warna jok asli tetap terjaga dan tidak mudah pudar serta kusam.

Setelah saya telusuri lebih jauh, ternyata ada banyak sekali macam-macam sarung jok yang rata-rata terbuat dari bahan kulit sintetis berkualitas dengan jahitan yang rapi menggunakan metode double stitch, sehingga kesannya lebih kuat. Begitu juga dengan hasilnya yang tampak ngepres dan pas sehingga tidak terkesan longgar dan mudah kedodoran.


Baca juga : Rekomendasi Harga Gitar Akustik Murah Berkualitas Terbaik Untuk Belajar

Dari informasi yang diberikan, rata-rata sarung jok yang mereka tawarkan, yang terbuat dari bahan sintetis seperti semi kulit tipe Oskar, lengkap mulai dari job paling depan hingga paling belakang. Rata-rata harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan menurut saya sih relatif murah.

Contohnya, sarung jok mobil Avanza Veloz untuk tahun 2016-2017 dari pelapak bernama Garuda Jok menawarkan harga hanya Rp 779.900. Sebuah harga yang tentu saja cukup terjangkau apabila kita melihat manfaat serta kualitas cover jok yang mereka tawarkan.

Selain untuk Avanza, sebenarnya tersedia juga cover jok untuk berbagai merk dan tipe mobil mulai dari Honda Mobilio, Jazz, BR-V, Freed, Brio, Toyota Innova, Fortuner, Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Rush, Mitsubishi Expander, Pajero Sport, dan macam-macam tipe mobil Suzuki.



Selain cover jok, saya juga tertarik dengan beberapa items yang ada di halaman kategori spare part mobil. Salah satu yang membuat saya agar tertarik dan ingin berbagi informasi adalah, karpet mobil. Ketika saya mengunjungi toko online Bukalapak pada awal bulan Desember 2018, saya melihat macam-macam karpet mobil untuk berbagai merk dan tipe dijual dengan diskon rata-rata 20% lebih. Seperti karpet Mobilio untuk 3 baris yang dijual dengan harga satu juta setelah diskon jadi Rp750.000 saja.

Selain itu, masih ada beberapa karpet untuk mobil lainnya mulai dari Pajero Dakar maupun Pajero Sport yang diskon hingga 28%, lalu ada juga karpet untuk mobil Suzuki S Cross yang juga diskon 28%, karpet Toyota Yaris 2009-2015 di diskon 35% sehingga harganya hanya tinggal Rp650.000. Lalu ada juga karpet untuk New Rush 2018, juga terdiri atas 3 baris dengan bagasi di diskon 25%.

Jadi buat teman-teman yang saat ini mungkin sedang mencari karpet ataupun jok mobil, entah itu untuk merek-merek mobil yang terasa sebutkan diatas ataupun merek lain seperti Wuling misalnya, kamu bisa langsung mendatangi olshop Bukalapak dengan mengklik link yang telah saya berikan di atas. Semoga bermanfaat

Friday, December 7, 2018

Cetak Paper Bag untuk Acara Ulang Tahun Anak

December 07, 2018 39


"Bulan ini Yumna ulang tahun, kan?" tanya ibu saya saat menginap di rumah.

"Iya," jawab saya pendek.

"Mau ngadain selamatankah? Sekalian syukuran rumah," kata ibu saya lagi, mengingatkan kalau selama tinggal di rumah sekarang kami belum mengadakan syukuran sama sekali. 

Saya diam sejenak. Wacana syukuran ini sebenarnya sudah berulang kali keluar dari mulut ibu saya. Namun hingga dekat harinya saya masih galau memutuskannya. Alasannya karena kondisi rumah kami yang belum benar-benar oke. "Nanti deh diomongin dulu sama abahnya, Ma," kata saya akhirnya.

Desember memang merupakan bulan yang istimewa bagi saya. Di bulan ini, beberapa orang terdekat saya. Yang pertama adalah adik saya, lalu suami, dan terakhir putri saya yang lahir 2 tahun lalu. Dalam keluarga saya sendiri, sebenarnya tak pernah ada perayaan khusus saat ada yang berulang tahun. Paling ya cuma makan-makan keluarga saja. Namun semenjak memiliki cucu, kayaknya ibu saya bersemangat sekali mengadakan syukuran untuk ulang tahun cucunya. Seperti tahun lalu, saat Yumna berusia 1 tahun, ibu mengadakan syukuran kecil-kecilan dengan mengundang beberapa tetangga dekat rumah.

Baca juga : 4 Tanda Si Kecil Siap Toilet Training


Bicara tentang acara ulang tahun anak sendiri, jika memang akan mengadakannya, tentunya saya harus mempersiapkan beberapa hal terkait acara tersebut. Mulai dari tema acara, dekorasi ruangan, kue, makanan, dan berbagai printilan lainnya. Kalau berkaca dari tahun lalu sih ya sebenarnya cukup syukuran biasa saja nggak pakai ribet. Namun untuk tahun ini kayaknya saya ingin membagikan goodie bag bagi para tamu yang datang.

Goodie bag sendiri biasanya berisi suvenir atau aneka snack dan cemilan yang akan dibagikan kepada anak-anak seusai acara. Bahan pembungkusnya bisa bermacam-macam. Ada yang menggunakan pembungkus plastik, paper bag, hingga tas dari kain. Ini pastinya tergantung dari budget yang dimiliki orang tua. Saya pribadi kalau harus memilih kayaknya bakal memilih paper bag atau tas kain ketimbang plastik. Alasannya karena selain penggunaan plastik tidak ramah lingkungan, paper bag atau tas kain biasanya masih bisa digunakan kembali.



Dalam memilih paper bag yang akan digunakan sebagai goodie bag, entah itu untuk acara ulang tahun ataupun acara lainnya, tentunya memerlukan pertimbangan tersendiri. Kalau untuk saya sendiri, beberapa pertimbangan tersebut antara lain:

Desain paper bag disesuaikan dengan tema acara
Dalam menentukan desain paper bag yang ingin dipakai, sebaiknya kita menyesuaikan dengan tema acara. Acara ulang tahun anak pastinya beda dong dengan acara gathering, misalnya. Kalau untuk acara ulang tahun, desain dan warna ceria kayaknya cocok digunakan.

Jenis bahan yang dipilih untuk paper bag
Untuk bahan yang akan digunakan, sebaiknya pilih yang agak tebal agar goodie bag tersebut cukup kuat dalam menampung beban dan tentunya bisa digunakan kembali

Memilih percetakan yang terpercaya
Pastikan percetakan yang kita pilih untuk cetak paper bag benar-benar memberikan hasil yang memuaskan. Untuk itu, pastinya kita harus melakukan survey terlebih dahulu agar tak kecewa di kemudian hari.

Baca juga : Berbelanja Perlengkapan Bayi di Banjarmasin

Uprint.Id sebagai Pilihan Cetak Paper Bag 

 


Tapi nih, kadang-kadang kita malas atau tak punya waktu untuk melakukan survey percetakan ini. Kayak saya nih yang setiap harinya bekerja. Belum tentu ada waktu untuk mampir ke beberapa percetakan di Banjarmasin untuk survey harga. Belum lagi urusan bensin dan panas-panasannya. Bikin malas dong, ya. Hihi.

Untungnya sekarang sudah ada percetakan online yang bisa jadi alternatif untuk mencetak paper bag yang saya inginkan. Salah satunya adalah Uprint.Id. Dengan memesan paper bag di Uprint.Id, saya hanya perlu duduk di depan komputer, melakukan pemesanan, dan menunggu barang tiba di tempat saya. 

Uprint.id sendiri adalah sebuah perusahaan percetakan berbasis online dari Indonesia dengan fasilitas lengkap. Dulunya perusahaan ini bernama Pusatpercetakan.com. Sejak pertama kali didirikan, Pusatpercetakan.com telah berkiprah di dunia percetakan Indonesia selama kurang lebih lima tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, Pusatpercetakan.com memutuskan untuk melakukan perubahan citra dan mengganti namanya menjadi Uprint.Id.

Lalu apa saja alasan yang membuat saya memilih Uprint.Id? Berikut alasannya:

  • Uprint.Id memiliki fasilitas produksi yang lengkap dari cetak digital, hingga offset printing (cetak, laminasi, serta finishing) dan berada dalam satu area yang sama sehingga kualitas hasil produksi dapat lebih terjaga
  • Uprint.Id menyediakan aneka macam jasa cetak online mulai dari cetak kartu nama, cetak paperbag, undangan, cetak kalender, hingga box makanan. Selain itu, Uprint.Id juga menyediakan jasa desain on the web untuk beberapa produk seperti undangan, kalender
  • Uprint.Id telah menjalin kerja sama dengan berbagai brand besar seperti Traveloka, Sociolla, Hotel Mulia dan banyak nama lainnya yang pastinya membuktikan kalau jasa mereka benar-benar terpercaya. 
Nah, bagi teman-teman yang juga ingin mencetak paper bag, kartu nama, kalender, hingga undangan pernikahan bisa langsung cus ke website Uprint.Id yaa.

Alamat :
Jl. Swadaya Raya no 1762, Jelambar
Jakarta Barat 11460
Telepon :
(021) 569-56789
Simpati / Whatsapp :
0812 12345 290