Friday, December 7, 2018



Setelah melahirkan, umumnya wanita mengalami masa nifas selama kurang lebih 40 hari. Anehnya, untuk saya, setelah masa 40 hari usai, tiba-tiba muncul lagi flek darah. Mulanya saya mengira itu darah haid. Namun saya lihat darah yang keluar sedikit dan berincit-rincit kalau kata orang Banjar. Kadang hari ini muncul, besoknya tidak, lalu lusa muncul lagi. Penasaran, saya pun mencari referensi lain seputar darah nifas. Dari hasil bertanya pada om Google, saya jadi tahu rupanya nifas bisa berlangsung hingga lebih dari 40 hari.

Anehnya, hingga hampir 3 bulan setelah melahirkan, lagi-lagi saya mendapati flek darah yang hanya berlangsung selama 1 hari atau juga berselang hari. Pikiran jelek mulai menghantui saya. Apa jahitannya terbuka ya? tanya saya dalam hati. Tak ingin penasaran, akhirnya saya putuskan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan saya saat hamil dulu perihal keluarnya darah ini. Bersama suami, saya pun menyambangi rumah sakit tempat dokter sepulang jam kerja.

"Rahim kamu kayaknya tipis makanya pendarahan," begitu kata dokter tersebut setelah mendengar keluhan saya. Saya agak bingung dengan penjelasan beliau. Melihat kebingungan saya, beliau pun meminta saya pindah ke ranjang periksa untuk dilakukan USG transvaginal.

Baca juga : Belajar Menjadi Orang Tua


"Tuh, lihat itu rahim kamu. Karena kamu menyusui dia jadi pendarahan," Dokter memberi penjelasan pada saya.

"Ada hubungannya ya, Dok, menyusui dengan pendarahan itu?"

"Iya dong."

"Trus gimana caranya biar saya nggak pendarahan lagi?" tanya saya akhirnya.

"KB. Kamu belum KB kan?" dokter balik bertanya pada saya.

Saya  menggelengkan kepala. Memang kala itu saya masih galau untuk ber-KB meski sejak setelah melahirkan ibu saya sudah menyarankannya. Alasannya apalagi kalau bukan takut berpengaruh pada hormon.

"Nah, saran saya kamu mulai KB. Terserah aja KB-nya mau yang mana. Tapi kalau kamu menyusui sebaiknya pilih yang tidak mengganggu produksi ASI. Bisa spiral atau KB 3 bulan."

Saya diam sejenak, masih ragu apakah akan langsung ber-KB sesuai saran dokter atau menunda kembali hingga beberapa waktu. Pada akhirnya kami pun memutuskan untuk pulang dulu ke rumah.

Memilih suntik KB 3 bulan

Setelah beberapa waktu berpikir, akhirnya saya putuskan untuk mengambil KB suntik 3 bulan. Saat itu, usia Yumna sudah memasuki 6 bulan dan saya masih belum memdapat haid. Suntik KB sendiri adalah kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestogen (progestin) yang serupa dengan hormon alami wanita, yaitu progesteron, yang nantinya bisa menghentikan proses ovulasi. Untuk mendapatkan suntik KB ini saya hanya perlu mendatangi bidan untuk disuntik dengan biaya Rp. 30.000,- saja. Kenapa saya akhirnya memilih suntik KB? Ya karena saya masih ngeri kalau harus pasang spiral sedangkan untuk disiplin mengonsumsi pil KB juga rasanya sulit.

Nah, menurut situs alodokter.com sendiri, beberapa kelebihan dari suntik KB 3 bulan antara lain:
  • Pengguna tidak perlu berinteraksi dengan obat-obatan lain.
  • KB suntik 3 bulan relatif aman untuk ibu menyusui
  • Bermanfaat bagi wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen.
  • Tidak perlu repot mengingat untuk mengonsumsi pil kontrasepsi setiap hari.
  • Tidak perlu berhitung lebih dulu saat berhubungan seksual. Bergantung jenisnya, suntikan dapat bertahan hingga 8–13 minggu.
  • Jika ingin berhenti, tidak perlu repot harus ke dokter. Cukup hentikan saja pemakaiannya.
  • Dapat mengurangi risiko timbulnya kanker ovarium dan kanker rahim.
Setelah disuntik, bidan kemudian memberi tahu beberapa efek samping yang mungkin akan saya rasakan setelah menggunakan KB Suntik ini. Mulai dari pusing, mual dan kemungkinan perubahan siklus haid. Saya sendiri sebelum memutuskan untuk menggunakan KB suntik 3 bulan sempat bertanya kepada beberapa teman yang menggunakannya. Ada yang haid terus-menerus, sakit kepala dan berat badannya bertambah. Lalu bagaimana dengan saya?

Baca juga : 4 Tanda Si Kecil Siap Toilet Training


Alhamdulillah selama menggunakan KB suntik 3 bulan saya tidak merasakan keluhan seperti mual, pusing ataupun kenaikan berat badan. Namun, untuk siklus haid ternyata mengalami perubahan. Jadi beberapa waktu setelah suntik KB ternyata saya haid. Kaget dong karena saya mulanya mengira kalau sudah suntik KB saya tidak akan mendapat haid. Logika saya tidak ovulasi = tidak haid. Saya pun bertanya kepada bidan dan ternyata kata beliau hal tersebut normal saja.

Haid yang saya alami sendiri pasca suntik KB termasuk normal yakni 5-7 hari. Hanya saja jadwal haidnya ini agak tidak teratur. Kadang 1 bulan sekali kadang 2 bulan baru haid lagi dan jujur ini agak membuat saya khawatir. Meski begitu, saya tetap melanjutkan suntik KB 3 bulan ini hingga usia Yumna 1 tahun.

Berhenti Suntik KB dan Hamil lagi

Setelah kurang lebih 6 bulan berlangganan dengan suntik KB, akhirnya setelah ulang tahun Yumna yang pertama saya putuskan untuk berhenti ber-KB. Ada 2 alasan kenapa saya akhirnya memutuskan untuk berhenti ini. Pertama, karena saya mau program anak kedua dan katanya kalau KB suntik itu nunggu masa subur kembali lumayan lama. Alasan kedua, saya agak takut jika terlalu lama tidak haid setelah suntik KB akan menimbulkan penyakit di tubuh saya.

Nah awalnya saya mengira perlu waktu 1 tahun untuk saya bisa haid kembali secara normal. Nyatanya hanya selang 4 bulan saya mendapat haid lagi. Karena sudah tidak menggunakan KB, otomatis sistem kalender menjadi andalan saya dan suami. Sebenarnya sih teman saya sempat menyarankan menggunakan pil yang bisa digunakan setelah berhubungan yang bisa mencegah kehamilan. Namun entah kenapa saya selalu urung membeli pil tersebut.

Namanya sistem kalender, kadang ada khilaf-khilaf sedikit pastinya. Dan akhirnya 4 bulan setelah mendapat haid saya mendapati haid saya telat. Satu dua hari saya biarkan saja. Memasuki hari ke tujuh telat, saya akhirnya memutuskan membeli 2 buah test pack. Dan benar saja. Dua garis merah langsung muncul begitu saya melakukan tes.

Saat ini, kehamilan saya sudah memasuki trimester kedua. Alhamdulillah selama awal masa kehamilan saya tidak mengalami keluhan berarti selain mual-mual setelah makan. Kalau tidak ada halangan, insyaAllah bayinya akan lahir sekitar akhir Mei 2019. Mohon doanya ya teman-teman semoga kehamilan kedua saya ini berjalan lancar.

Tuesday, December 4, 2018





Bicara soal alat musik, salah satu alat musik yang paling membuat saya penasaran adalah gitar. Di mata saya, mereka yang bisa memainkan gitar itu terlihat keren dan memiliki musikalitas yang tinggi. Selain itu, gitar merupakan satu dari sekian banyak alat musik yang memiliki kemampuan penghasil nada-nada yang paling kompleks dibandingkan alat musik lainnya.

Dalam perkembangannya, gitar terbagi menjadi dua macam yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Gitar akustik adalah jenis gitar di mana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik. (wikipedia)

Sedangkan gitar listrik adalah adalah sejenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Jadi bisa dibilang gitar listrik secara prinsip hampir sama dengan gitar akustik, hanya saja untuk menghasilkan suara yang bagus gitar listrik harus di colok di mekanisme speaker terlebih dahulu.

Baca juga : Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas? Yuk Lihat Perbandingannya




Bagi seorang pemula sendiri, gitar yang paling cocok digunakan untuk belajar adalah gitar akustik.

Selain mudah dimainkan, gitar akustik juga memiliki harga yang terjangkau. Bagi yang hendak membeli gitar akustik namun bingung mengenai gitar yang mana yang sebaiknya di beli, berikut rekomendasi gitar akustik terbaik dengan harga yang terjangkau:

1. Cowboy Akustik Folk Guitar

sumber : canadianbestseller.com

Gitar ini merupakan gitar keluaran Cowboy bertipe Steel Folding atau folk yang dijamin kuat dengan penggunaan senar String antikarat. Bagian badan dari gitar ini terbuat dari kayu basswood sementara bagian fingerboard nya seperti biasa, terbuat dari kayu mahoni yang terkenal kokoh. Bagi kalian yang mencari gitar yang kokoh dan tahan lama, gitar ini bisa menjadi pilihan. Cowboy Folk di jual di harga sekitar 830 ribuan.

2. Yamaha APXT2 


Gitar akustik Yamaha ini cenderung memiliki ukuran kecil sehingga mudah di bawa kemana-mana. Gitar ini sendiri sangat cocok untuk mereka yang hobi melakukan perjalanan sebagai teman untuk menghibur diri dari kekosongan. Yang menjadi keunggulan dari gitar ini adalah sistem Pickup nya yang berbasis ART dan Active preamp yang membuat kualitas suara yang dihasilkan gitar ini terasa lebih bagus dan stereo. Mid-boost EQ dan Chromatic Tuner nya juga menjadi salah satu aspek pendukung untuk mempertajam suara yang dihasilkan dari gitar ini. Yamaha APXT2 di jual di angka sekitar 1,7 jutaan

3. Yamaha Silent Guitar SLG200S 

 

 


Yamaha memang menjadi salah satu brand yang memiliki harga gitar akustik murah berkualitas. Di deretan rekomendasi selanjutnya adalah Yamaha Silent Guitar. Yang menjadi daya jual utama dari gitar ini, sesuai namanya Silent Guitar, gitar ini bisa didengarkan melalui headset atau amplifier sehingga selama proses belajar bermain, kalian tidak harus mengganggu orang lain saat belajar karena memang suara yang dihasilkan oleh gitar ini hanya keluar melalui speaker atau headphone yang terpasang. Untuk harganya sendiri Yamaha Silent Guitar berada di angka 7 jutaan.

4. Cort SFX-Me-OP


Rekomendasi gitar akustik selanjutnya adalah Cort SFX Me-OP. Jika kalian mencari gitar akustik dengan kayu yang berkualitas tinggi, maka gitar ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Gitar akustik keluaran Cort ini menggunakan jenis kayu Spruce pada bagian permukaan, sementara pada bagian belakang dan sisinya menggunakan bahan kayu Mahoni. Yang menarik dari penggunaan kayu Spruce dari gitar ini adalah kayu jenis ini di klaim mampu meredam gangguan pada gitar jauh lebih baik dari pada kayu jenis bassword yang umum digunakan di gitar akustik.

Demikian sedikit referensi tentang gitar akustik yang berkualitas namun dengan harga yang cukup terjangkau. Jika kalian ingin mengetahui harga gitar akustik murah berkualitas, kalian bisa langsung mengunjungi toko-toko gitar terdekat atau membeli secara online di toko online kepercayaan anda.




Sunday, December 2, 2018

Maret 2013



Hari masih gelap, jelang azan subuh. Saya memacu motor membelah jalanan kota Banjarmasin menuju sebuah masjid Sultan Suriansyah yang terletak beberapa kilometer adari rumah orang tua. Setiba di depan masjid Sultan Suriansyah, 2 teman saya sudah menunggu bersama 2 orang lainnya. Mereka adalah Boim Lebon dan istri, yang datang ke Banjarmasin untuk mengisi acara kepenulisan. Nah, sebelum acara dimulai, kami menyempatkan diri mengajak keduanya mengunjungi tempat wisata yang ada di Banjarmasin.

"Kita salat Subuh di sini dulu, ya." kata Mas Boim begitu adzan Subuh berkumandang. Kami pun segera menuju tempat wudhu yang sudah disediakan dan ikut salat subuh berjamaah. Ini adalah pertama kalinya saya menunaikan salat di masjid tertua di Kalimantan Selatan tersebut.

Usai menjalankan kewajiban salat, kami langsung menuju dermaga yang ada di depan masjid. Sebuah klotok sudah menunggu kami untuk berangkat. Seorang teman berbaik hati mencarikan klotok saat kami salat. Saat itu biaya sewanya sekitar 200 ribu rupiah untuk membawa kami menuju Pasar Terapung dan Pulau Kembang.

Baca juga : Berwisata ke Amanah Borneo Park


Dua puluh menit perjalanan, akhirnya kami tiba di lokasi Pasar Terapung di Muara Kuin. Kabut masih sedikit menyelimuti lokasi tersebut. Selain kami, beberapa klotok wisata juga tampak berada di lokasi yang sama dengan kami. Ada yang yang sibuk mengambil foto, ada juga yang berinteraksi dengan pedagang yang ada di Pasar Terapung.

Sayangnya tak cukup banyak pedagang yang kami temui hari itu. Mungkin karena kami datang agak siang, hingga hanya tinggal beberapa yang bertahan. Atau bisa juga para pedagang tersebut berada di Pasar Terapung yang berlokasi di tengah kota Banjarmasin.

September 2018

Pagi itu saya dan suami berjalan beriringan di sepanjang siring Tendean. Yumna yang baru bisa berjalan tampak bersemangat berlari-lari di depan kami. Kadang ia berhenti di dekat pagar untuk melihat klotok-klotok yang lewat di sungai Martapura. "Dadah otok," begitu katanya tiap kali ada klotok yang melaju. Sementara di sisi jalan, tampak beberapa pedagang kaki lima menjajakan barang jualan mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, Siring Tendean bisa dibilang menjadi tempat berkumpulnya orang Banjar di akhir pekan. Di tempat ini, biasanya ratusan orang berkumpul untuk menghabiskan minggu pagi mereka. Ada yang sekadar jalan-jalan pagi sambil menikmati pemandangan sungai. Ada yang menikmati wisata susur sungai dengan naik klotok yang disediakan di dermaga. Ada pula yang berfoto ria bersama patung Bekantan yang ada di sisi lain siring.

Sumber: kalsel.procal.co

Selain beberapa hal di atas, salah satu hal menarik lain yang ada di Siring Tendean adalah adanya Pasar Terapung. Ya. Pasar Terapung yang sejak dulu menjadi ikon wisata kota Banjarmasin kini tak hanya ditemui di Muara Kuin, namun juga di tengah kota Banjarmasin. Sejak beberapa tahun yang lalu, Pemerintah Kota Banjarmasin berinisiatif membuat Pasar Terapung di salah satu dermaga siring pada hari Sabtu dan Minggu. Hal ini tentunya dilakukan untuk tetap melestarikan budaya Pasar Terapung yang sudah menjadi bagian dari Wonderful Indonesia.



Bagi mereka yang mengunjungi siring, tentunya takkan melewatkan sensasi belanja di Pasar Terapung ini. Kita cukup turun ke dermaga dan memilih barang yang ingin dibeli. Biasanya barang yang dijual oleh para acil ini adalah sayur dan buah-buahan. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sensasi makan di atas dermaga kayu yang juga dipenuhi penjual kue. Di dermaga ini, kita bisa memesan kuliner khas Banjar seperti soto Banjar, lontong, ketupat Kandangan, laksa, dan tentunya aneka kue tradisional. Jangan lupa makannya antri ya biar tidak terjatuh ke sungai. Hehe. 




Sebagai sebuah kota industri, saya senang sekali saat ini pemerintah kota semakin menggalakkan adanya objek-objek wisata yang ada di Banjarmasin baik itu yang sudah mengakar maupun objek wisata baru. Dengan begini pastinya warga kota Banjarmasin tak lagi kekurangan piknik. Nah, teman-teman yang memiliki objek wisata keren di daerahnya ayo ikutan juga lomba Wonderful Indonesia Blog Competition agar semakin banyak yang tahu keindahan negeri kita. Informasi lengkap bisa klik banner di bawah atau link berikut https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3.




Saturday, December 1, 2018



"Mas, kalau mau ke XXI lewat mana, ya?" tanya saya siang itu pada salah satu petugas yang berada di lantai 4 Duta Mall Banjarmasin.

Bukan tanpa alasan kenapa saya sampai harus bertanya perihal lokasi ini. Karena meski jaraknya hanya selemparan batu dari kantor, saya terbilang jarang mengunjungi satu-satunya mall di Banjarmasin ini. Tambahan lagi studio XXI rupanya sudah pindah lokasi di lantai 5, jadi wajar dong kalau saya agak bingung.

"Naik tangga belok kanan, Mbak," jawab petugas tersebut pada saya. Tanpa banyak bertanya saya langsung menuju tangga eskalator yang dimaksud. Begitu tiba di lokasi teater XXI, saya sukses dibuat terpana. Keren banget euy sekarang tempatnya. Lebih luas dan lebih bagus interiornya. Mungkin itu alasan kenapa XXI lagi-lagi menaikkan harga tiket nontonnya dari Rp. 55.000 menjadi Rp. 60.000 di weekdays. Harga yang terbilang mahal namun tetap harus diterima penonton karena mereka satu-satunya bioskop di Banjarmasin.

"Nanti ulun temui di depan, Kak," kata salah satu rekan kerja ketika saya menanyakan lokasi mereka. Ya, hari itu saya dan beberapa rekan kerja janjian untuk nonton Fantastic Beasts The Crimes of Grindelwald. Bagi para pecinta Harry Potter, pastinya tidak asing dengan judul Fantastic Beasts ini. Bisa dibilang kehadiran film Fantastic Beasts and Where to Find Them di tahun 2016 merupakan obat rindu yang cukup mujarab usai kisah Harry Potter berakhir. Melalui film tersebut kita diajak kembali ke dunia sihir ala Harry Potter dengan setting tahun 20-an dengan tokoh Newt Scamander.

Nah, sebelum menonton filmnya sendiri, saya sempat membaca reaksi singkat orang-orang yang sudah menonton film ini. Dan agak kaget sih ternyata banyak juga yang kecewa dengan seri kedua Fantastic Beasts ini. Ceritanya nggak fokus dan plot amburadul menjadi sorotan utama yang dibahas para reviewer ini. Saya jadi penasaran dong karena yang bikin cerita tante J.K Rowling sendiri. Apa benar sejelek itu filmnya? Berikut review saya tentang film ini.

Plot


Fantastic Beasts The Crimes of Grindelwald dimulai dengan cerita kaburnya Grindelwald saat akan dipindahkan dari Amerika ke London. Ia kemudian mengumpulkan pengikutnya dan membangun basecamp di Paris. Di London sendiri, Newt yang mendapat larangan pergi ke luar negeri pasca kepergiannya ke Amerika diminta Dumbledore untuk menemukan Credence yang dikira sudah meninggal. Dumbledore kemudian memberikan alamat seorang temannya yang tinggal di Paris seandainya Newt memerlukan tempat persembunyian.

Mulanya Newt menolak untuk mencari Credence karena tidak ingin terlibat dengan urusan Credence. Namun begitu mengetahui kalau Tina Goldstein juga sedang berada di Paris untuk mencari Credence, Newt akhirnya berubah pikiran. Ditemani Jacob yang kini berpacaran dengan Queenie, Newt pun pergi menuju Paris.

Di Paris sendiri Credence tinggal di sebuah arena sirkus dan berteman dengan Nagini, seorang wanita yang bisa berubah menjadi ular saat tidur. Credence yang penasaran dengan jati dirinya kemudian melarikan diri dari sirkus dan menemui wanita yang diduga sebagai pengasuhnya saat bayi. Sayangnya sebelum berhasil mendapatkan petunjuk tentang orang tuanya, si pengasuh sudah dibunuh oleh anak buah Grindelwald.

Di tengah kebingungan Credence (dan tentunya juga penonton), petunjuk baru pun ditemukan. Asal-usul Credence akan diketahui di sebuah pemakaman di Paris. Namun bukannya menemui titik terang, urusan malah tambah rumit karena ternyata petunjuk itu adalah jebakan dari Grindelwald yang sedang mengumpulkan orang-orang yang ingin bergabung dengannya, termasuk juga Credence. Lalu siapakah sebenarnya Credence? Dan kenapa Grindelwald begitu menginginkan dirinya?

Pendapat tentang film


Sebagai penonton awam, sebenarnya saya masih cukup bisa menikmati film ini baik itu alur cerita maupun visual efeknya yang memang keren. Mungkin satu-satunya masalah dari film ini adalah ketidakjelasan tokoh utama cerita dan apa yang mau diceritakan. Apakah ini kisah tentang Newt Scamander, Grindelwald, Dumbledore, atau malah Credence si Obscurus?

Jika dibandingkan dengan film pertamanya, memang kehadiran Newt di film ini seolah tersisihkan. Tidak seperti di film pertama yang memang berisi tentang petualangan Newt, film Fantastic Beasts The Crimes of Grindelwald ini terbilang kompleks dan memiliki banyak cerita yang pada akhirnya menimbulkan banyak pertanyaan baru. Tambahan lagi kita  juga tidak memiliki panduan layaknya film Harry Potter yang terbagi menjadi 7 buku.

Oya, bicara tentang sosok Dumbledore yang diperankan oleh Jude Law. Asli deh saya masih susah percaya kalau Dumbledore muda seganteng dan se-stylish itu. Hihi. Maklumlah ya selama ini kan sosoknya identik sebagai kakek tua dengan kacamata bulan sabit dan jubah. Lalu tentang akting sendiri, menurut saya Jude Law cukup berhasil membawakan sosok Dumbledore muda.


Sebagai sebuah film yang katanya akan dibuat sebanyak 5 (atau 7?) seri, saya cukup yakin kalau tante Rowling akan membuat cerita yang tak kalah bagus dari Harry Potter. Dan berhubung ending film kedua ini sungguh mengejutkan, mari menunggu dengan sabar untuk seri selanjutnya. Hehe.

Thursday, November 29, 2018



Hingga saat ini, keberadaan rumah bagi sebuah keluarga masih menjadi hal penting bagi keluarga di Indonesia. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, kadang rumah juga menjadi sarana investasi pemiliknya. Sayangnya, urusan membeli properti ini tidak semudah membeli barang kebutuhan lainnya. Pasalnya, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi dan beragam pertimbangan.

Misalnya saja saat dihadapkan pada pilihan membeli rumah baru atau rumah bekas. Baik rumah baru atau rumah bekas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam hal ini, calon pembeli harus teliti dalam menentukan dua pilihan tersebut.

Nah, untuk memudahkan mereka yang galau memilih diantara kedua pilihan ini, portal properti global Lamudi.co.id akan membahas untung-rugi dari rumah baru dan rumah bekas yang akan anda beli.

Baca juga : Kisah Seprai Favorit Keluarga
 

Keuntungan Beli Rumah Baru

Rumah baru di sini pastinya berarti bangunannya yang baru dan masih bagus tanpa adanya kerusakan seperti halnya hunian secondary. Dalam hal ini, para pengembang hunian baru selalu menyajikan desain kekinian atau desain yang sedang tren saat ini.

Selain dalam desain kekinian, biasanya di proyek-proyek hunian baru, para pengembang menampilkan promo-promo menarik baik dari cicilan pembayaran hingga memberikan bonus-bonus seperti elektronik (TV, AC, atau kulkas), kanopi di atas carport, atau cashback dengan nominal besar.

Kekurangan Beli Rumah Baru

Harga rumah dijual khususnya untuk bangunan baru biasanya dibanderol dengan harga jual rumah lebih mahal dibanding rumah bekas. Dan jika kawasan tersebut diketahui memiliki permintaan yang sangat tinggi, harganya pasti akan lebih mahal.

Sedangkan untuk harga rumah baru dengan banderolan murah atau harga sekelas rumah subsidi pemerintah, biasanya lokasi proyeknya berada di wilayah yang jauh dari keramaian kota atau wilayah yang sedang dalam perkembangan.

Perumahan baru rata-rata juga diisi oleh pemukim-pemukim baru yang kurang mengetahui seluk-beluk kawasan. Untuk itu diperlukan orientasi mengenal kawasan sebelum menempatinya agar tidak kesulitan dalam mencari kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Perubahan Setelah Pindah Rumah

Keuntungan Beli Rumah Bekas

Biasanya nih, alasan utama yang membuat pencari properti membeli rumah bekas adalah soal harga hunian yang dapat ditawar (dinego), hingga mendapatkan harga yang tepat sesuai atau bahkan dibawah budget pengeluaran. Selain itu, fasilitas di sekitar rumah bekas pun biasanya sudah tersedia seperti sekolah, kesehatan, dan transportasi umum. 

Bagi para pencari properti yang ingin tempat bermukimnya berdekatan dengan perkotaan atau kawasan ramai aktivitas masyarakat, akan sangat mudah menemukan rumah bekas dibanding rumah baru. Rata-rata tipe rumah ini pun berdekatan dengan fasilitas-fasilitas penunjang kehidupan para pemukimnya seperti sekolah, puskesmas atau rumah sakit, pasar, dan fasilitas transportasi umum.

Kekurangan Beli Rumah Bekas

Dari labelnya yang merupakan 'bekas', kekurangan utama dari rumah ini adalah dari kualitas bangunan yang menurun sehingga memerlukan renovasi yang mengeluarkan sejumlah biaya.

Jadi untuk para pencari rumah second, harus jeli dalam melihat titik-titik kerusakan dari bangunan sebelum di beli. Hal tersebut guna mengurangi budget renovasi rumah dan jangan sampai dana renovasi tersebut senilai atau lebih mahal dari sebuah unit rumah baru.


Itulah dia beberapa perbandingan keuntungan dan kelebihan membeli rumah baru atau rumah bekas. Semoga bermanfaat :) 

Tuesday, November 27, 2018



Saat ini, internet adalah salah satu kebutuhan penting yang harus diperhatikan ketika jalan-jalan, baik itu dalam maupun luar negeri. Salah satu negara tetangga yang menjadi destinasi favorit orang Indonesia adalah Singapura. Nah, meski di Singapura tersedia banyak koneksi WiFi, tetapi tidak semua tempat memiliki akses terbuka untuk publik. Sementara kita tidak akan pernah tahu, WiFi mana yang bebas untuk publik dan mana yang tidak.

Jika kondisinya seperti ini, maka pilihan paling mudah untuk terus terhubung dengan internet adalah dengan membeli kartu SIM turis. Ini adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan sinyal kuat dengan koneksi internet stabil. Dengan kartu SIM lokal, kita akan mendapatkan layanan paripurna dari provider telepon seluler di negara tetangga.

Ada beberapa pilihan kartu SIM Singapore yang bisa dipilih untuk liburan. Kalau teman-teman masih bingung, inilah beberapa operator yang paling banyak digunakan turis dan bisa dengan mudah dibeli di Traveloka.

Baca juga : Tampil Beda, OPPO Find X Hadir Dengan Kamera Geser

Java MiFi (Traveler SIM Asia)

sumber : javamilk.com

Kartu ini berlaku selama 8 hari dengan kuota 4GB data pada jaringan 4G. Selain itu kita juga akan dapat koneksi 2G tanpa batas selama berada di Singapura. Dengan harga mulai Rp 375 ribu, kartu SIM Singapore ini bisa dibeli di Traveloka dan diambil di Indonesia. Sebelum berangkat ke Singapura, kartu ini sudah bisa dipasang di ponsel. Sehingga ketika sampai di negara tetangga, internet sudah bisa langsung aktif sejak berada di bandara.

Singtel Hi! Tourist SIM Card

Pilihan favorit kartu SIM Singapore berikutnya adalah Singtel Hi! Kartu ini berlaku selama 7 hari dengan kuota 14GB data lokal dan 10GB data media sosial. Selain itu teman-teman juga akan dapat tambahan 2GB data roaming + 3000 menit panggilan lokal serta 90 menit panggilan internasional. Kita juga akan dapat bonus 5000 SMS yang bisa digunakan selama sepekan. Hanya dengan harga mulai Rp 290 ribu, teman-teman sudah bisa mendapatkan semua paket di atas. Namun untuk pengambilan, kita harus melakukannya di Singapura.

Baca juga : 5 Motor Listrik Terpopuler Di Indonesia 

M1 Tourist SIM Card


Budget terbatas buat kuota internet? Beli saja M1 Tourist SIM Card. Kartu SIM Singapore ini berlaku selama 7 hari dengan isi 100 GB data lokal. Selain itu kta juga akan dapat 500 menit panggilan lokal dan 20 menit panggilan internasional. Harganya sangat terjangkau. Mulai Rp 125 ribu, kita sudah bisa mendapatkan kuota yang melimpah. Kartu ini bisa dibeli di Traveloka, namun perlu dicatat teman-teman baru bisa menggunakannya di Singapura karena hanya bisa diambil di sana.

Cara Beli Kartu SIM Singapore di Traveloka


Mungkin teman-teman ada yang bertanya, bagaimana cara membeli kartu SIM Singapore lewat Traveloka? Mudah sekali. Kita hanya perlu masuk ke aplikasi Traveloka dan pilih International Data. Dari sini kita bisa memilih SIM Card Prabayar dan pilih negara Singapura. Setelah itu kita bisa memilih paket yang paling cocok dengan budget dan kebutuhan. Lalu lakukan pembayaran, dan kartu SIM Singapore pun sudah di tangan.

Jangan lupa cek ukuran kartu ponsel agar tidak salah memilih ukuran ketika membeli kartu SIM. Jangan lupa pula untuk mengisi data pengambil kartu SIM, karena selain kita sendiri, pengambilan kartu juga bisa dilakukan orang lain dengan mencantumkan nomor paspor pengambil.

Kalau sudah begini, internetan di Singapura pun pastinya jadi lancar, bukan?

Tuesday, November 20, 2018


Beberapa minggu yang lalu, pembicaraan grup wa alumni kampus saya dipenuhi dengan obrolan seputar penerimaan CPNS. Mulai dari lowongan yang dibuka, dinas mana saja yang menyediakan formasi untuk jurusan yang kami miliki, hingga tentunya tes CPNS itu sendiri. Maklumlah tahun ini merupakan kesempatan terakhir bagi rata-rata dari kami untuk mengikuti seleksi CPNS. Jadi wajar dong teman-teman semakin bersemangat mengikutinya.

Selama bertahun-tahun, PNS mungkin berada di deretan teratas lowongan pekerjaan yang dinanti-nanti para pemuda di Indonesia. Setiap kali lowongannya dibuka, ribuan bahkan mungkin jutaan pelamar berbondong-bondong mendaftarkan diri. Label abdi negara dengan jaminan hari tua konon menjadi daya tarik utama dari pekerjaan tersebut. Apalagi sekarang tunjangan PNS juga lumayan banget. Karena itu tak heran jika ada yang rela menunggu bertahun-tahun sebagai tenaga honor untuk kemudian bisa diangkat menjadi PNS atau sekarang lebih sering disebut ASN.

Saya sendiri pastinya juga pernah mengikuti tes CPNS. Empat kali kalau tidak salah. Ada yang tingkat kementerian ada juga yang dari provinsi dan kota. Saat itu, seleksi penerimaan CPNS masih menggunakan sistem LJK alias Lembar Jawaban Komputer. Kelemahan sistem ini pastinya ada pada tingkat keamanannya yang terbilang rendah. Saya ingat dulu saat mengikuti tes beberapa peserta yang sudah selesai mengerjakan soal mengirimkan jawaban kepada peserta lain yang masih mengerjakan soal di dalam ruangan. Tak hanya itu, sistem tes dengan LJK ini hasilnya juga rentan dengan manipulasi sehingga kadang muncul nama-nama yang katanya merupakan titipan dari pihak tertentu. Ups.

Baca juga : Pentingnya Public Speaking untuk Semua Orang

CAT BKN, inovasi seleksi CPNS yang diakui Bank Dunia



Untuk mengurangi terjadinya kecurangan dalam seleksi CPNS, BKN kemudian melakukan perubahan dalam sistem seleksi CPNS. Sejak tahun 2013 tes tidak lagi menggunakan Lembar Jawaban Komputer, namun langsung menggunakan komputernya yang kerap disebut CAT (Computer Assisted Test) BKN. Nah, dalam CAT BKN ini, para peserta kini tak perlu lagi mengerjakan soal lewat lembaran kertas, namun cukup duduk di depan komputer dan mengerjakan soal yang diberikan pada mereka. Soalnya pun berbeda untuk tiap peserta. Jadi kalau ada yang mau nyontek dipastikan gigit jari. Heu. Ah sayang sekali saya tidak sempat merasakan sistem CAT ini.

Dengan digunakannya sistem CAT BKN ini, pastinya proses seleksi CPNS menjadi lebih transparan dibanding sebelumnya. Ini karena hasil dari tes tersebut sudah bisa langsung diketahui peserta setelah mereka menyelesaikan soal yang diberikan. Jadi peserta tes tak perlu menunggu kepastian hasil tes selama berbulan-bulan dan bisa langsung move on jika nilai yang mereka dapatkan tidak mencapai passing grade yang ditetapkan.

Bank Dunia sendiri baru-baru ini menetapkan CAT BKN sebagai produk unggul Indonesia. Dalam Global Report: Public Sector Performance yang dirilis Bank Dunia pada Oktober 2018 kemarin, Computer Assisted Test (CAT BKN) dinobatkan sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management yang berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Indonesia.

Terpilihnya CAT BKN sebagai produk unggul Indonesia tentunya bukan tanpa alasan. Menurut Edwin Ariadharna yang merupakan Perwakilan World Bank Indonesia, terpilihnya CAT BKN mewakili Indonesia karena keberhasilan CAT dalam menghadirkan kepercayaan publik terhadap proses rekrutmen CPNS yang berjalan secara transparan, adil, dan akuntabel. Menurut beliau, sistem CAT berkontribusi terhadap penjaringan SDM CPNS yang memang lolos karena kualitas kompetensi individunya, dan otomatis berdampak pada penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan.

Selain itu, CAT BKN juga memenuhi 4 empat unsur utama sebagai produk inovasi di sektor publik, yakni

1) Aspek political leadership,
CAT BKN diawali oleh inisiasi Kepala BKN pada tahun 2010 dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS. Tahun 2014 Wakil Presiden kemudian menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS diberlakukan bagi seluruh Instansi Pemerintah Pusat.

2) Aspek Teknologi
BKN telah melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security).

3) Aspek Transparansi
Dalam praktiknya, rekrutmen CPNS dengan sistem CAT ini berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time).

4) Aspek Kapasitas Institusi
Dalam beberapa kali penyelenggaraan tes CPNS, BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.

Secara pribadi saya pastinya bangga dong dengan pencapaian yang diraih oleh CAT BKN ini. Apalagi memang sistem CAT BKN sudah terbukti dalam membantu pemerintah menemukan pegawai-pegawai dengan kualifikasi yang mumpuni dan sesuai dengan bidangnya. Tak hanya itu, sistem CAT BKN juga bisa membantu menaikkan citra PNS menjadi pegawai yang bersih dan bebas dari KKN. Ada yang setuju dengan saya?