Monday, March 26, 2018

Berbelanja Perlengkapan Bayi di Banjarmasin

berbelanja perlengkapan bayi di banjarmasin

Apa perlengkapan yang perlu dibeli sebelum melahirkan? 

Bagi mereka yang baru pertama kali mempersiapkan kelahiran, pertanyaan ini pastilah akan muncul di trimester akhir kehamilan. Baju apa yang sebaiknya dibeli? Modelnya seperti apa? Perlukah membeli ini? Perlukah membeli itu? Setidaknya itulah pertanyaan yang saya lontarkan kepada beberapa teman sebelum saya melahirkan. Tak hanya teman, internet juga menjadi salah satu rujukan saya untuk mencari tahu apa saja perlengkapan yang harus dibeli jelang kelahiran ini.

Dua bulan sebelum masa melahirkan, saya pun mulai berbelanja. Saat itu saya putuskan membeli perlengkapan bayi secara mencicil. Misal bulan ini membeli baju untuk bayi, bulan depan membeli peralatan mandinya, berikutnya pakaian untuk saya sendiri setelah melahirkan dan seterusnya hingga jelang hari kelahiran.

Nah, karena masih belum pengalaman, saya dengan santainya membeli sedikit sekali pakaian untuk calon bayi saya nanti. Kalau calon ibu lain saking semangatnya mungkin membeli baju anaknya selusin, nah saya cuma 3 potong. Baju 3 potong, celana panjang 3 potong, celana pendek 3 potong, bahkan bedong bayi juga cuma beli 3 potong. Intinya saya minimalis sekali berbelanja pakaian untuk calon bayi saya.

Baca juga : Belajar Menjadi Orang Tua

Setelah melahirkan, barulah terlihat efek dari belanja minimalis ini. Yumna yang waktu itu memakai popok kain kehabisan kain bedong dan popok. Pakaian harian juga kurang banyak. Mau tak mau ayahnya membeli lagi sekian potong pakaian dan popok untuk Yumna. Untungnya untuk urusan bedong, sebelum melahirkan adik saya sempat menghibahkan bedok milik anaknya yang tidak terpakai, jadi kami tak perlu membeli bedong tambahan.

Efek lain dari minimalisnya saya berbelanja ini adalah saat akikah Yumna tidak memiliki gaun cantik untuk dikenakan. Setelah melahirkan, saya ternyata tidak bisa keluar rumah. Belanja online pun tidak terpikirkan kala itu. Padahal ponsel selalu ada di tangan saya. Namun karena fokus saya kala itu adalah berjuang memberi ASI untuk Yumna hingga tak terpikirkan belanja pakaian bayi secara online.

Akhirnya saat akikah, Yumna hanya mengenakan pakaian yang diberikan salah satu neneknya. Padahal dalam bayangan saya Yumna yang mengenakan baju cantik dengan headband bayi di kepalanya.

Baca juga : Saat Bayi 1 Tahun Menolak Minum ASI Perah

Bicara tentang membeli perlengkapan bayi, di kota saya sendiri ada cukup banyak toko perlengkapan bayi yang bisa disambangi. Mulai dari toko besar layaknya shopping center, hingga toko-toko kecil yang bermunculan di pinggir jalan. Setelah melahirkan, biasanya saya akan berbelanja di toko perlengkapan bayi jika ada barang untuk Yumna yang ingin dibeli atau membeli hadiah untuk teman yang baru melahirkan. Nah, kemana sajakah saya biasanya membeli perlengkapan bayi ini? Berikut adalah tempat-tempat yang pernah saya kunjungi:


Alan Babykids
Alan Babykids merupakan salah satu toko perlengkapan bayi yang cukup terkenal di Banjarmasin. Berlokasi di jalan S. Parman, toko dengan 2 lantai ini menyediakan aneka perlengkapan bayi dari A sampai Z.

Di lantai 1 kita bisa memilih aneka pakaian dan aksesoris untuk bayi, perlengkapan menyusui, aneka gendongan, hingga peralatan MPASI.  Naik ke lantai 2, kita akan menemukan berbagai stroller, baby walker, pushwalker, box bayi dan berbagai mainan untuk anak-anak kita.

Kalau kata saya sih, Alan Babykids ini merupakan one stop shopping. Tempatnya besar, parkir luas dan barangnya lengkap.  Di tempat ini juga tersedia kafe yang mungkin diperuntukkan bagi para ayah yang bosan menunggu istrinya berbelanja. Hehe.


Dunia Bayi
Dunia Bayi awalnya menempati sebuah los di daerah Pasar Sudimampir Banjarmasin. Tak lama toko ini kemudian membuka cabang di jalan Kuripan dekat dengan lokasi kantor saya. Dunia Bayi bisa dibilang toko perlengkapan bayi yang paling sering saya kunjungi. Alasannya tentu saka karena lokasinya yang dekat dengan kantor saya dan harga barang-barangnya yang tergolong murah.

Di sini kita bisa membeli aneka pakaian untuk bayi baru lahir, aksesoris untuk bayi, peralatan menyusui dan MPASI, stroller, popok bayi dan beberapa mainan. Selain di Kuripan, Dunia Bayi juga memiliki cabang di jalan Cempaka yang merupakan pindahan dari toko di Pasar Sudimampir.

Rainbow Babykids Shop
Raibow Baby Shop terletak di jalan A. Yani km 4,5 samping UIN Antasari Banjarmasin. Toko bayi ini juga baru saja memindahkan lokasinya ke tempat yang lebih besar. Selain menyediakan aneka perlengkapan dan pakaian bayi, toko ini juga menyediakan beberapa produk MPASI untuk bayi seperti biskuit bayi, ASI Booster untuk ibu menyusui. Oh ya, di toko ini kita bisa memiliki kartu member dan mendapat potongan harga jika menjadi membernya.




Victory Babykids
Saya mampir ke Victory Babykids saat akan mencari biskuit untuk MPASI Yumna saat usianya 7 bulan. Selain menyediakan ragam produk MPASI, Victory Baby Shop juga menyediakan berbagai pompa ASI, peralatan MPASI dan tentunya juga aneka pakaian bayi. Victory Baby Shop sendiri berlokasi di jalan Veteran no. 11 - 15 Banjarmasin.

Pasar
Pasar menjadi pilihan jika hanya ingin membeli perlengkapan berupa pakaian bayi. Ada banyak toko kecil yang menjual pakaian bayi di pasar. Saya sendiri kadang berbelanja pakaian bayi secara spontan saja kalau berada di pasar. Seperti beberapa waktu lalu, tanpa sengaja saya melihat sebuah legging bayi lucu di sebuah toko di pasar Kuripan. Tanpa banyak pertimbangan saya membelinya untuk Yumna. Padahal kalau dipikir-pikir saat itu saya sedang tidak ada anggaran belanja pakaian bayi. Heu.

Itulah dia beberapa tempat yang kerap saya kunjungi jika ingin berbelanja aneka perlengkapan bayi. Semoga bermanfaat :)

48 comments:

  1. kalau k etoko bayi itu suak suak lihat yg lucu2 dari produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Suka tergoda kalau lihat produk bayi yang lucu

      Delete
  2. kalau saya dulu pertama kali anak saya lahir, jarang baget belanja kebutuhan bayi, karena byk menerima lungsuran dan pemberian, syukurnya semua baju lungsuran termasuk kain kain printilan masih bersih dan bagus..hehe :),tapi mmg paling ga nahan masuk ke toko bayi adalah liat brg yang unyu unyuk semua hahahah..*kekep dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah mengandalkan baju pemberian orang-orang akhirnya, mbak. Heuheu dasar emaknya rada pelit

      Delete
  3. Wah lengkap banget! Makasih banyak mbak atas infonya, bakal bermanfaat buat teman-teman saya di Banjarmasin.

    ReplyDelete
  4. Dulu pas tinggal di Bjm, familiar banget denger nama toko alan. Buat beli baju anak, kata temenku. Tapi nggak pernah juga singgah ke sana akhirnya kalau pas urusan ngebeliin kado buat anaknya teman ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Toko alan ini terkenal banget kalau di sini

      Delete
  5. Wah ternyata banyak jg ya toko perlengkapan bayi yg bagus di banjarmasin.
    Tapi sebenarnya kyknya jarang jg deh nemu gaun cantik yg pas ukurannya utk bayi baru lahir. Biasanya sih kegedean. Makanya buat dandan paling pilih motif baju bayi yg lucu aja hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya, mbak. Mungkin harus bikin atau nunggu anaknya gedean dulu biar bisa pakai gaun cantik

      Delete
  6. aku menghindari datang ke toko bayi kalau belum tujuh bulan ke atas, takut laper mata hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu-lucu banget ya mbak soalnya pernak pernik bayinya. Heu

      Delete
  7. mantap, bayi dimanjakan dengan banyak pilihan kebutuhannya :)

    ReplyDelete
  8. Belanja perlengkapan bayi memang salah satu hal yang bikin bahagia mbak. Sampai diriku pernah over budget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Memang kadang susah direm ya belanja buat bayi ini

      Delete
  9. JAdi ingat pernah beli baju anak karena lihat produk bayi bagu2 :p
    Asik nih di Banjarmasin banyak banget toko perlegkapan yang keren. Jadi sangat terbantu ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Apalagi tokonya juga punya akun instagram jadi gampang ngecek barang yang mau dibeli

      Delete
  10. Entah kenapa baju2 bayik yang ukurannya kecil harganya lebih mahal daripada gamis emaknya yang ukurannya lebuaar.... Masih misterius di kepalaku mba :D
    Kalo di Banjarmasin lumayan banyak pilihannya ya, kalo di sini kurang, hiks, ujung2nya emak ng-olshop lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaa. Mungkin karena ukurannya yang kecil itu. Hihi

      Delete
  11. Klo lg hamil, kegiatan belanja perlengkapan bayi jadi favirit bgt. Busa ilangin stress akan bersalin dan ilangin rasa sakit di hamil tua hehehe

    ReplyDelete
  12. Aku cuma pernah ke Alan :D itupun karena kalian juga waktu itu. Hihi
    *maklum belum jadi emak-emak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan kan jadinya sudah ada pengalaman, rim. Hehe

      Delete
  13. Sama mba. Aku juga nyicil beli baju anak pas hamil dulu. Ternyata nggak salah, soalnya kado lahiran rata-rata ya ngasih baju. :D

    Dari toko diatas aku pernah belanja di Alam sama pasar (Sudimampir).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ngasih baju kayaknya memang paling aman kalau buat bayi

      Delete
  14. Aku biasanya ke toko Mahkota yang di S.Parman dekat BRI. Di sana produknya lumayan bagus juga lho. Gak seramai Alan. Aku gak suka keramaian soalnya. Hehe. Kalau gak ke pasar Cemara di Kayutangi. Lumayan lengkap juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kawan ulun ada jua ka madahi toko ini cuma belum tesinggahi. Heu. Paling sering ya dunia bayi sih

      Delete
  15. Wahh aku cuma pernah ke rainbow sama alan. Bebi butiq katanya bagus juga mba. Tp aku belom pernah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebi butik sudah tutup beberapa waktu lalu, ruli

      Delete
  16. Wah, noted nih referensinya ya mba. Biar jadi bekal buat nanti. Cielah nikah aja belum hahahaha

    Baju bayi itu lucu-lucu mba, menggemaskan duh aku biasanya gak tahan kalo liat. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi yang baju jalan-jalan atau pestanya. Lucu banget

      Delete
  17. Alan andalankuuu~ Kalo ke Alan, yang betah dan keranjingan justru emaknya, padahal yang dibeli mainan buat anak-anaknya. Hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puas banget ya kalau belanja di alan secara banyak banget barangnya

      Delete
  18. Ada banyak pilihan ya untuk belanja pakaian bayi di Banjarmasin. Tapi yang paling terkenal sampai ke Hulu Sungai ya Alan itu. Gak salah kalau dibilang sebagai one stop shopping. Artikelnya sangat bermanfaat bagi calon mommy yang lagi nyari baju dan peralatan bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh. Kayaknya memang jadi pilihan pertama buibu kalau belanja perlengkapan bayi

      Delete
  19. liat perlengkapan bayi jd diingatkan lagi program anak kedtiganya jadi atau ngga >< masih maju mundur

    ReplyDelete
  20. Mbak, waktu Sulungku bayi, aku tinggal di Langkat, Sumatera Utara..Jadi pernak-pernik bayi banyakan Bapaknya yang beli pas dinas ke Jakarta hahah...Telaten banget dia juga milihnya.
    Tapi lihat artikel ini saya jadi mupeng sama perlengkapan bayi hihhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih murah dan banyak di jakarta ya, mbak soalnya perlengkapan bayinya

      Delete
  21. Zaman anak pertama saya kalap, pas anak kedua malah sampai kekurangan, wkwkwkwk. Efek anak perempuan kali ya, barangnya lucu2 jadi semua2 pengen dibeli. Pas anak laki-laki kok mboseni, gitu2 aja modelnya, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Namanya anak perempuan banyak banget aksesorisnya

      Delete
  22. Ipar ulun rancak belanja di Alan jua, Ka.

    ReplyDelete
  23. jadi inget nih...blum belanja sama sekali kebutuhan bayi..mmg mencicil itu perlu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Biar nggak kerampokan. Hehe

      Delete
  24. kalo aku lebih suka belanja perlengkapan bayi via online mba, lebih praktis hehe. beli pospak aja juga di shopee, lebih murah daripada di supermarket, free ongkir juga hihi. aku biasanya beli di shopee "fawzia.babyshop" mbak, mayan murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang belanja online memang lebih praktis yaa

      Delete