[FBBKolaborasi] Ngeblog Zaman Now

Ngeblog Zaman Now


Beberapa tahun lalu, saat saya mulai ngeblog, tak pernah terpikirkan kalau urusan diary online ini bisa menghasilkan uang. Blog yang dulunya dikenal sebagai tempat curhat kini menjelma menjadi media penyebar informasi dan bahkan juga promosi. Saya yang dulu menulis sesuka hati pun kini mulai belajar lagi untuk bisa lebih baik. Mulai dari cara membuat konten, SEO dan berbagai hal lain yang membuat saya layak disebut blogger profesional.

Saya sendiri mulai berkenalan dengan dunia blog selepas masa kuliah. Sebuah warnet menjadi saksi bagaimana saya membuat blog saya untuk pertama kalinya. Jujur saya lupa apa nama blog tersebut. Saya bahkan lupa mengisinya selama beberapa waktu. Hingga kemudian saya berpindah platform lain dan cukup aktif di dalamnya. Sekarang, saya bersyukur karena hingga hari ini bisa tetap aktif ngeblog bahkan mendapat rezeki dari blog. 

Seiring dengan reputasinya yang semakin meningkat, dunia blog sekarang juga semakin banyak dilirik orang. Sebagai blogger lawas namun gitu-gitu aja prestasinya saya tentunya senang dengan hal ini. Ini menandakan semakin banyaknya orang yang melek dengan dunia menulis dan mulai belajar menggelutinya. Secara tidak langsung, ini juga bisa meningkatkan tingkat literasi di negara kita.


Bicara tentang perkembangan blog sendiri, tentunya adanya sedikit perbedaan antara ngeblog di awal-awal kemunculannya dengan ngeblog di zaman now. Seperti yang saya tulis sebelumnya, blog saat ini bukan lagi rumah pribadi yang isinya berupa keluh kesah pemiliknya, namun sudah menjelma menjadi media informasi. Nah, sebagai media informasi ada beberapa hal yang bisa dibilang menjadi ciri khas blog zaman now, diantaranya adalah:

Kontennya informatif

Beberapa tahun lalu, blog lebih dikenal sebagai diary online yang me jadi. Nah, untuk zaman now, blog lebih banyak memuat tulisan-tulisan yang mengandung informasi bagi pembacanya. Jikapun tulisannya curhat, maka pasti ada info menarik yang diberikan entah itu berupa tips dalam menghadapi sesuatu atau promosi produk dalam rangka lomba atau tulisan berbayar. 

Memiliki target audience

Jika dulu para blogger menulis tanpa memikirkan pembacanya, maka sekarang dikenal sebutan target audience. Target audience ini mengacu pada sasaran pembaca yang ingin kita dapatkan lewat tulisan di blog.  Ada yang targetnya adalah mereka yang mencari produk kecantikan, ada juga yang targetnya para ibu-ibu dengan kesehariab mereka dan berbagai target pembaca lainnya. Karena itulah saat ini ada cukup banyak blog dengan niche khusus seperti travelling, parenting, financial dan berbagai niche lainnya sesuai dengan target audience yang ingin didapatkannya. 

Mengandung riset

Terkait dengan fungsinya sebagai media informasi, blog zaman now juga biasanya mengandung riset di dalamnya. Ini terutama jika tulisan di blog tersebut diikutkan dalam sebuah lomba yang menuntut pesertanya untuk memasukkan data dan referensi dari berbagai sumber.

Tampilan visual menarik

Bicara soal tampilan visual, blog zaman now juga pastinya semakin berbenah. Jika dulu para blogger mungkin kerap menghiasi blognya dengan printilan seperti music box bagi pembacanya, nah untuk zaman now tampilan blog diusahakan lebih clean dan rapi. Bahkan dalam memilih template, diusahakan yang seramah mungkin dengan google dan SEO sehingga memudahkan pencarian di internet. Pun dalam soal tulisan, blog zaman now juga seolah diwajibkan memiliki foto-foto penunjang yang nyaman dilihat.

Itulah dia sedikit bahasan saya tentang dunia ngeblog di zaman now. Bulan Oktober ini sendiri rupanya merupakan bulannya para blogger. Di bulan ini, setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional ini sendiri muncul sejak diadakannya Pesta Blogger 2007 saat Muhammad Nuh yang saat itu menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika membuka acara tersebut. Nah, untuk memperingati Hari Blogger Nasional ini, komunitas Female Blogger of Banjarmasin mengangkat tema tersebut dalam #FBBKolaborasi bulan Oktober.

Post a Comment

31 Comments

  1. Mba, kadang aku suka ngebayangin ngeblog zaman old kalo pas baca2 tulisan mba Windi dan semisalnya, kayanya lebih seru zaman dulu ngeblognya, "ikhlas" gitu kesannya... Bener-bener hanya yang suka nulis yang punya blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Mbak Fika. Blog jaman dulu berasa lebih "ikhlas" dan lebih "clean".

      Btw, saya sampai sekarang masih menulis sesuka hati, hahhah. Semoga dengan bergabung di FBB, saya bisa termotivasi untuk menjadi blogger pro juga XD

      Delete
    2. Aku juga hahaha (ikutan). Sekarang ini lagi berusaha kembali menulis sesuka hati. Makanya blognya lagi mandeg ini :(

      Delete
    3. Iya. Sekarang karena tuntutan profesi jadinya nggak bisa full curhat. Heu

      Delete
  2. Betul mbak.. kalo karena udah mulai ngetrend lagi, memang harus ada perubahan terutama jika kita ingin blog kita dibaca orang lain. Dulu saya juga bodo amat tentang SEO, kualitas konten dll, cuma ya gitu.. hahaha.. jarang ada yang mampir ngasih komentar apalagi sekedar baca. Hahaha.. berasa tulisannya ya saya baca sendiri. Dulu saya pikir SEO itu yang selalu berhubungan dengan Monetize, tapi ternyata untuk membuat Blog kita bisa dianggap informatifpun juga harus mengenal SEO. Eaaalaaaah.. ternyata banyak PR, kalo informasi yang kita tulis kita targetkan untuk dibaca orang lain. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Ngeblog ternyata nggak semudah yang dikira yaa jadinya

      Delete
  3. Bener banget mba sekarang curhat pun dibayar ya, semoga tetap enjoy btw udah follback blog saya belum? Tfs

    ReplyDelete
  4. Ngeblog zaman now, menurut saya, jauh lebih berfaedah karena tidak sekadar berisi curhatan ala ala abg kayak saya dulu hahaha. Sumpah, saya sudah enggan membaca blog zaman dulu itu ... urusan rebutan tepat wudhu saja ditulis di blog :D hehehe. Tapi pun blog lama tidak akan saya hapus, itu menjadi ukuran bagaimana perkembangan penulisan saya serta ide dan kontennya. :D

    ReplyDelete
  5. hahaha bener, dulu nulis di blog asal semau gue mau nulis. Dan setelah mulai dapat endorse dan kerjasama sono sini, banyak hal mulai dipertimbangkan, dan sedikit matrek sekarang. duh gusti. Semoga konsisten saja dan tak terlalu mikirin komersial. hehehe

    ReplyDelete
  6. Zaman now, meski tidak ada aturan baku buat ngeblog tapi lebih baik memang diisi tulisan-tulisan bermanfaat. Biar tanpa terasa ada amal jariyah di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, wati. Menulis yang bermanfaat pastinya jadi amal jariyah yaa

      Delete
  7. Lalu, siapa yang jadi target audiencenya ayanapunya.com ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya sih targetnya emak-emak pekerja kayak saya juga tapi kok jarang nemu ide buat tulisannya. He

      Delete
  8. Iya mayoritas blogger sekarang udah tambah kreatif dengan menghidupkan blog dengan tambahan animasi dan struktur yang baik. tapi gimana cara menyeleraskan antara tampilan dan loading blog ya mas??

    ReplyDelete
  9. ngeblog jaman old itu suka2 banget tp aku hepi hihihi

    ReplyDelete
  10. Ah, teringat dulu warnet juga jadi saksi aku ngedit blog sampe bego karena ndak ngerti kode kode cantik itu huhu :(

    btw, selamat hari blogger ya :)
    salam,
    Simatakodok.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. blogger jaman now selain mau nulis, harus bisa liat blog ini dari sisi bisnis mbak.. setuju banget sama poin-poin yang ditulis. semangat terus mbak ngeblognya! :D

    ReplyDelete
  12. Dulu blog itu merupakan me time murni buatku, enak bisa curhat dan berbagi apa saja hal-hal yang baru saja aku tahu.

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat pertama kali ngeblog cuma karena bikin bikin puisi dan ingin dibaca oleh orang banyak heheh. Yang dulunya curhatan pribadi eh sekarang udah mulai tertarik bikin konten yang dilirik audience, berasa tantangan sendiri ngeblog zaman now heheh

    ReplyDelete
  14. Wah, dr kuliah udh ngeblog.. Senpai di fbb banget emg mb antung ini. *salam hormat.. Grak. Hihi

    ReplyDelete
  15. qqiqiqiq, ngakak baca yang tampilan blog pakai musik box, saya juga dulu pernah pasang, tapi malah bikin lelet.

    Zaman old rasanya semua lebih fokus ke penampilan blog ketimbang ngisi blog :)

    ReplyDelete
  16. Terima kasih tipsnya mbak. Bermanfaat sekali. Jadi semangat pengen makin rajin optimalisasi dan belajar. Kalo dulu ga terlalu peduli sama isi blog. Kalo sekarang, selain curhat, berupaya nulis yang lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Waah iyaa sebentar lagi hari blogger. Awal ngeblog dulu alay banget, kangen pacar aja nulisnya 1500 kata hahaaah.. lebih berfaedah ngeblog yg sekarang :)

    ReplyDelete
  18. Dulu blogku isinya curhatanku semua mbak. Kalo dibaca sekarang aku malah malu sama diri sendiri. Jadi kuhapus saja. Hehehe. Ngeblog zaman now tuh keren ya karena sebagai media informasi.

    ReplyDelete
  19. Aku baru mulai ngeblog tahun 2012 mba. Itu pun hasil nekat browsing-browsing aja karena sama sekali nggak punya teman atau kenalan yang bisa ngajarin ngeblog. Awalnya juga cuma untuk curhat dan dokumentasi sendiri. Sekarang lebih untuk sarana berbagi informasi. Cumaaaa.. PR terbesar masih seputaran SEO juga hahahha. Kayaknya masih jauh nih untuk jadi blogger pro.

    ReplyDelete
  20. Iya banget, dulu blog isinya curhat. Mana ngerti bisa ngehasilin duit. Desain juga alay banget pakai lagu, rintik hujan, dan widget yang bikin berat waktu ngebuka, haha.

    ReplyDelete
  21. aq baru tahu bulan oktober ini dan tepatnya tgl 27 adalah hari blogger nasional, nubie banget aq mbak... semoga bisa lebih rajin ngeblog, thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  22. Mbak..aku ngeblog pertama karena kebingungan mau berkegiatan apa lantaran anak-anak sudah sampai siang sekolahnya. Jadilah karena suka nulis, ngeblog jadi pilihan. Alhamdulillah bisa produktif dari rumah dan tambah bayak teman juga wawasan

    ReplyDelete
  23. Awal ngeblog juga dulu cuma iseng isinya cerpen semua bgt masuk komunitas baru deh dpt ilmu baru.. jd semangat utk nulis yg lain

    ReplyDelete
  24. Ngeblog jaman now berbeda sekali dengan ngeblog jaman dulu hehe tp itu menurut saya sih. Tapi sekarang banyak tulisan yang berfaedah diblog. Tp saya merindukan temen ngeblog jaman dulu ��

    ReplyDelete