Siap Lawan Tanda Penuaan Kulit dengan Scarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum

review scarlett retinol serum dan niacinamide serum


Sebagai seorang wanita pekerja, kegiatan saya sehari-hari adalah berhadapan dengan layar komputer untuk melakukan input data survey calon pelanggan di perusahaan tempat saya bekerja. Dalam sehari bisa dibilang saya menghabiskan lebih dari 8 jam di depan komputer. Dengan durasi sepanjang itu, jelas sekali memberikan beberapa efek yang tidak baik untuk kesehatan mata dan juga wajah saya akibat dari sinar biru yang keluar dari layar komputer. Tambahan lagi saya juga bekerja di ruang ber-AC yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. 

Seperti yang kita ketahui bersama, semakin bertambah usia, kulit kita juga semakin berkurang kekenyalannya. Di usia 20-an, saya santai saja tidak menggunakan produk apapun untuk wajah dan hanya mengandalkan pembersih wajah serta bedak. Apa itu sunscreen? Saya tidak tahu karena memang di masa saya remaja informasi tentang perawatan kulit tidak semudah sekarang didapatkan. Jadi beruntunglah anak-anak generasi Z dan alpha yang sekarang bisa dengan mudah mendapat berbagai informasi dan produk untuk merawat kulitnya.

Begitu memasuki usia 30-an, saya sadar kalau kondisi kulit saya tidaklah sesuai harapan saya. Wajah saya masih mulus sih namun belang dan memiliki beberapa flek hitam sebagai akibat tidak rutin menggunakan sunscreen. Dan sekarang di usia pertengahan 30-an tanda-tanda penuaan kulit mulai semakin terlihat di wajah saya. Wah kalau sudah begini tentunya saya harus melakukan usaha dong untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah ini. 

Bicara tentang penuaan kulit, umumnya ada beberapa tanda-tanda penuaan yang muncul di usia 30 hingga 40-an diantaranya:
  • Kulit menjadi kusam karena kemampuan kulit untuk beregenerasi semakin melambat seiring pertambahan umur kita sehingga sel-sel kulit mati bertumpuk di wajah
  • Muncul lingkaran hitam di bawah mata yang disebabkan oleh kurang tidur, kulit yang dehidrasi dan penuaan kulit yang membuat area bawah mata menipis. Kulit yang tipis ini membuat pembuluh darah terlihat lebih jelas dan memberikan ilusi berupa bayangan gelap di bawah mata
  • Kulit kering yang disebabkan oleh berkurangnya produksi minyak pada wajah sehingga tidak dapat melembapkan kulit secara optimal
  • Kulit dehidrasi akibat kurangnya air pada lapisan kulit sehingga mengganggu kondisi jaringan kulit
  • Muncul kerutan pada wajah seperti pada sudut mata, sudut bibir dan di antara alis
  • Muncul noda hitam pada wajah akibat paparan sinar UV

Melawan tanda penuaan kulit dengan retinol dan Niacinamide

Dari beberapa tanda penuaan kulit yang disebutkan di atas, saya temukan pada wajah saya adalah kulit kering, kusam, kerutan pada sudut mata dan juga munculnya flek pada wajah. Untuk melawan tanda penuaan pada kulit ini, kita bisa melakukannya dengan beberapa cara seperti mengkonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga dan pastinya juga menggunakan skincare yang tepat untuk kulit yakni produk dengan kandungan anti aging. 

Jika bicara tentang produk anti aging, maka retinol merupakan salah satu kandungan yang menjadi andalan untuk melawan tanda penuaan pada kulit. Retinol merupakan zalah satu zat turunan dari vitamin A yang digunakan untuk perawatan kulit. Secara umum retinol memiliki fungsi mencegah penuaan kulit, mengatasi jerawat, komedo, kerutan dan mempercepat regenerasi kulit. 

Sebagai produk anti aging, kandungan vitamin A pada retinol akan masuk ke lapisan bawah epidermis (lapisan kulit paling luar) hingga ke lapisan dermis (lapisan ke dua kulit). Vitamin A ini akan membantu meningkatkan produksi elastin, kolagen dan juga antioksidan untuk regenerasi serta memperbaiki kulit dari dalam. 

Ada beberapa jenis retinol yang bisa kita temukan di pasaran sesuai dengan konsentrasinya. Jenis-jenis retinol tersebut antara lain:
  • Asam Retinoat (Retin-A atau Tretinoin) yang memiliki konsentrasi retinoid yang paling kuat untuk mencegah tanda penuaan dan jerawat. 
  • Retinaldehyde, memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari Retin-A. 
  • Retinol dengan konsentrasi sedang dari turunan vitamin A, sel-sel kulit harus mengubahnya terlebih dulu. 
  • Retinol Ester yakni bentuk dari vitamin A dengan konsentrasi yang paling rendah
Dalam penggunaannya retinol sebaiknya digunakan pada malam hari dan tidak digabung dengan kandungan exfoliate seperti AHA, BHA karena bisa mengakibatkan efek penipisan kulit dan iritasi pada kulit. Selain itu produk dengan kandungan retinol juga tidak disarankan digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Selain retinol, kandungan lain yang bisa menjadi pilihan untuk melawan penuaan kulit adalah niacinamide. Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti melembapkan kulit, mengatasi jerawat, memenghilangkan noda hitam, hingga mengurangi garis halus dan keriput.

Niacinamide bekerja dengan cara menghambat pelepasan zat kimia dalam tubuh yang memicu peradangan. Selain itu, niacinamide juga dapat memperlambat proses perpindahan melanosom dari melanosit ke keratinosit, sehingga mempunyai efek mencerahkan kulit. Secara umum, niacinamide juga dapat membantu membangun protein di kulit dan “mengunci” kelembaban kulit sehingga efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan

Sama seperti retinol, niacinamide memiliki kadarnya masing-masing dan dalam penggunaannya kita bisa memilih niacinamide dengan kadar 2% terlebih dahulu sebelum menggunakan kadar yang lebih tinggi. 

Produk Scarlet Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum untuk mencegah penuaan kulit

scarlett retinol serum dan niacinamide serum


Sebagai salah satu brand lokal yang sedang naik daun, saya senang sekali Scarlett kini juga sudah memiliki produk serum untuk wajah untuk melengkapi rangkaian produk perawatan wajah wanita Indonesia. Ya, meski awalnya memulai bisnisnya dengan produk berupa lotion pencerah kulit, Felicya Angelista sekarang sukses menjadikan Scarlett sebagai brand skincare yang bisa menjadi pilihan wanita Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Ada beberapa jenis serum yang dimiliki serum dan saya sesuai usia saya pastinya memilih Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum yang ada di katalog Scarlett untuk mengurangi tanda penuaan kulit yang ada pada wajah saya. Selain Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum saya juga mencoba Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum dengan harapan bisa memudarkan beberapa bekas jerawat yang ada di wajah dan juga mencerahkan wajah yang sempat menggelap setelah berlibur 10 hari di pulau Jawa. 

Bagaimana kesan saya setelah mencoba 2 produk ini selama kurang lebih 10 hari? Berikut ulasannya.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

kemasan scarlett retinol serum


Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum adalah serum wajah yang diformulasikan dengan kandungan Retinol, Hexapeptide-8, Allantoin, Vitamin C, dan Pomegranate Extract yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit kasar, mengatasi kulit kusam, mencegah radikal bebas pada kulit wajah dan menyamarkan garis halus agar wajah tampak awet muda.

Produk Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum dikemas dalam dus kertas dengan nuansa hijau toska dan putih. Pada salah satu sisi dus terdapat ilustrasi berbentuk bunga yang (mungkin) mewakili salah satu kandungan dari produk serumnya. Sementara itu sisi-sisi lainnya terdapat informasi lengkap produk termasuk juga stiker hologram keaslian produk

Untuk botolnya sendiri terbuat dari kaca dengan ukuran 15 ml dan menggunakan pipet sebagai media pengaplikasian serum. Sama seperti kemasan dusnya, botol Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum menggunakan label dengan kombinasi warna hijau toska dan putih di sekeliling botol.

Klaim dan Kandungan produk

kandungan scarlett retinol serum


Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum memiliki 5 kandungan utama untuk meremajakan kulit yakni retinol, Hexapeptide-8, Allantoin, Vitamin C, dan Pomegranate Extract. Adapun manfaat dari kandungan utama yang terdapat pada serum ini antara lain:
  • Encapsulated retinol berguna untuk membantu menyamarkan garis-garis halus pada wajah, membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu merawat kekencangan kulit
  • Pomegranate extract membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat
  • Hexapeptide-8 untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghidrasi kulit, dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
  • Allantoin berfungsi membantu menghidrasi kulit dan membantu menghaluskan kulit 

Berikut adalah kandungan lengkap dari produk Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum:

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Palmitate, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone

Tekstur dan wangi

tekstur scarlett retinol serum


Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum memiliki tekstur tidak terlalu kental dengan warna putih susu yang mudah menyerap di kulit. Dari penciuman saya, produk Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum ini tidak memiliki wangi khusus saat digunakan.

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum

kemasan scarlett niacinamide serum


Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum adalah serum dengan kandungan niacinamide yang membantu merawat skin barrier dan mencerahkan kulit wajah. Serum ini memiliki 5 kandungan utama yakni Beta Glucan, Niacinamidw 5%, Creatine, Allantoin, triple ceramide dan 7 phtyo extract (moringa extract, mugwort extract, chamomille extract, bifida fermant extract, pomegranate extract, lotus extract dan centella asiatica extract).

Serum ini dikemas dengan dalam dus kertas dengan nuansa ungu dan putih. Pada salah satu sisi dus terdapat ilustrasi berbentuk bunga yang (mungkin) mewakili salah satu kandungan dari produk serumnya dan di sisi-sisi lainnya terdapat informasi lengkap produk termasuk juga stiker hologram keaslian produk.

Sama seperti serum retinol, kemasan botol Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum ini terbuat dari kaca dengan ukuran 15 ml dan menggunakan pipet sebagai media pengaplikasian serum. Untuk botol Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum menggunakan label dengan kombinasi warna hijau ungu dan putih di sekeliling botol dan juga pada bagian leher pipet.

Klaim dan Kandungan

kandungan scarlett niacinamide serum


Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum memiliki 5 kandungan utama yakni Beta Glucan, Niacinamidw 5%, Creatine, Allantoin, triple ceramide dan 7 phtyo extract (moringa extract, mugwort extract, chamomille extract, bifida fermant extract, pomegranate extract, lotus extract dan centella asiatica extract). Adapun manfaat dari kandungan utama dari Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum antara lain:
  • Beta Glucan membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV
  • Niacinamide 5% membantu merawat skin barrier, membantu mencerahkan kulit secara merata, membantu menyamarkan noda gelap pada kulit wajah
  • Creatine berfungsi membantu menyejukkan dan melembapkan kulit
  • Allantoin berfungsi  membantu melembapkan kulit dan menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
  • Tripe ceramide complex membantu melembapkan kulit dan membantu merawat kekencangan kulit
Berikut adalah kandungan lengkap dari Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum

Aqua, Niacinamide, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Capillaries Leaf Water, Propanideol, Centella Asiatica Extract, 1,2-Hexanediol, Creatine, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Dmdm Hydantoin, Xanthan Gum, Lavandula Angustifolia Oil, Yeast Ferment Extract, Alliun Sativum Bulb Extract, Disodium EDTA, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Punica Granatum Fruit Extract, Pvm/Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate, Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Butyl Alcohol, Sodium Carboxymethyl Betaglucan, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Ceramide EOP

Wangi dan tekstur

tekstur scarlett niacinamide serum


Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum memiliki tekstur yang mirip dengan serum retinol yakni tidak terlalu kental dan cepat meresap di kulit. Berbeda dengan serum retinolnya yang berwana putih susu, Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum berwarna bening ada wangi bunga tercium dari produknya saat digunakan. 


Kesan setelah pemakaian Scarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum

pemakaian scarlett niacinamide serum dan retinol serum


Dalam penggunaan skincare, untuk bisa mendapatkan hasil maksimal biasanya diperlukan waktu kurang lebih 21 hari pemakaian. Saya sendiri baru menggunakan kedua produk serum dari Scarlett ini kurang lebih 10 hari. Lalu apakah selama 10 hari pemakaian ini saya sudah bisa mendapatkan hasilnya?

Untuk kesan pertama penggunaan produk, alhamdulillah kulit saya tidak memberikan reaksi negatif. Selama menggunakan kedua serum dari Scarlett ini wajah saya tidak mengalami iritasi ataupun tanda tidak cocok. Untuk penggunaanya sendiri, saya menggunakan Scarlett Retinol serum pada malam hari setiap 2 hari sekali dan untuk Scarlett Niacinamide Serum saya gunakan setiap hari di pagi hari. 

hasil pemakaian scarlett niacinamide serum dan retinol serum



Dari 10 hari pemakaian, salah satu efek yang saya rasakan wajah saya yang terasa lebih kencang dan lembap. Beberapa spot bekas jerawat juga memudar seiring rutinnya saya menggunakan serum Scarlett. Selain itu, saya juga merasakan warna kulit wajah saya yang kembali cerah setelah sebelumnya sempat menggelap akibat terpapar sinar matahari selama travelling.

Tentunya untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih oke dari kedua produk ini saya perlu lebih rutin dan rajin menggunakannya. Buat yang teman-teman penasaran dengan produk dari Scarlett bisa membelinya di https://linktr.ee/scarlett_whitening yang merupakan link official dari priduk Scarlettt di berbagai marketplace agar bisa mendapatkan produk yang asli karena produk Scarlett ini termasuk cukup banyak dipalsukan. 

Tentunya kita semua tidak perluu khawatir dengan produk Scarlett karena sudah mengantongi BPOM dan juga sertifikat halal. Selain itu, untuk mengecek keaslian prodk Scarlett yang kamu miliki bisa dengan mengunjungi https://verify.scarlettwhitening.com/ dan ikuti langkah yang diberikan. Untuk harganya sendiri produk Scarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum bisa dibeli dengan harga Rp. 75.000,00.




Sumber tulisan :

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/niacinamide-adalah/

https://doktersehat.com/obat-a-z/retinol/


Baca Juga
Reactions

Post a Comment

34 Comments

  1. Nah ini, pas buat jelita - jelang lima puluh tahun - seperti saya. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum untuk mengurangi tanda penuaan kulit dan Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum untuk mencerahkan wajah. Paduan yang sempurna.

    ReplyDelete
  2. Untuk mewujudkan kulit cerah berseri nan awet muda karena menghilangkan kerutan halus, maka menggunakan Scarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum menjadi andalan. Senang sekali karena kini produk Scarlett Serum semakin banyak variannya.

    ReplyDelete
  3. Bener banget nih PR menjelang U 40 adalah kantong hitam bawah mata, untungnya sekarang bisa teratasi dengan bantuan produk Scarlett ya mbak. Baik yang retinol serum ataupun Scarlett niacinamide yang pastinya bantu kulit wajah lebih cerah dong. Pemakaian 10 hari pun sudha terlihat lho mbak before dan afternya, memang bayangan hitam bawah mata nampak hilang dan wajah jadi lebih cerah. Pastinya aman juga ya untuk kulit sensitif

    ReplyDelete
  4. Waah harus coba nih Scarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide SeruScarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum untuk anti aging. Saya sudah pernah coba produk Scarlett yang brigthening ... sekarang lebih butuh ke anti aging sih .... menuju kepala 5.

    ReplyDelete
  5. Scarlett memang keren sih. Upgrade produk skincarenya jor-joran, mulai dari bodycare sampai skincare, dari handbody sampai serum semua ada. Mantaaap.

    ReplyDelete
  6. Makin lengkap aja produk Scarlett yaa. Aku belum coba dua produk ini. Iya betul, Alhamdulillah sekarang kita dibanjiri informasi jadi lebih cepat dan banyak tahu tentang skincare. Kini malah lebih terawat dibanding remaja, hehehe

    ReplyDelete
  7. Makin komplit nih Scarlett, kedua serum: Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum untuk mengurangi tanda penuaan kulit dan Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract T Serum yang mencerahkan wajah ini bisa saling melengkapi, manfaat yang didapat pun tambah banyak, kulit pun makin terawat .

    ReplyDelete
  8. wahh scarlet punya serum anti aging. wajib d coba nih. thx buat infonya

    ReplyDelete
  9. Wah samaan, aku juga lagi pakai dua serum ini, mak. Melayer niacinamide dan retinol emang gak pernah gagal sih, apalagi buat kulit-kulit kepala 3 kayak aku gini, hehe.

    ReplyDelete
  10. aaaw ini yang aku butuhkan sekarang.. serum retinol!
    Scarlett makin keren ya, makin banyak produk yang memenuhi kebutuhan kulit wanita indonesia, terutama yang udah 30++ niihh..

    ReplyDelete
  11. Retinol Serumnya ini bisa ya buat meremajakan kulit memasuki umur 30 gini. Apalagi kalau udah mulai muncul garis halus di wajah. Belum lagi yang sering aktivitas outdoor terus kena sinar UV kebanyakan huhu. Kalau dipadukan sama Scarlett Niacinamide jadi kombo yang bisa merawat skin barrier nih!

    ReplyDelete
  12. Rekomendasi banget buat saya yang sudah mulai masuk kepala 4. Niacimide katanya memang bagus ya

    ReplyDelete
  13. akhirnyaaaa ada produk retinol scarlett
    penisiriinn bgt bakal se awesome apa
    makasiii yhaaa

    ReplyDelete
  14. Serum Scarlett bagus ya karena kandungannya duo combo yang memperlambat penuaan kulit wajah niacinamide dan retinol, wajah jadi lebih lembab, lembut dan kencang...

    ReplyDelete
  15. Lihat foto before after jadi tertarik nih sama scarlett.. Ternyata bagus banget ya mbaa.. Menuju 40 kudu makin rajin perawatan nih wkwkw

    ReplyDelete
  16. Cocok nih buat yang sebentar lagi menginjak kepala 3 kaya aku, perlu perawatan kulit wajah agar tidak cepat penuaan. Aku mau coba, retinolnya juga

    ReplyDelete
  17. Betul banget, Mbak, anak-anak generasi Z beruntung hidup di zaman yang lebih merajalela info tentang skincare. Kini pun sudah banyak produk skincare untuk remaja. Kalau zaman saya dulu sih malah belum bisa membedakan skincare dan make up.

    ReplyDelete
  18. Kalau untuk usia 40-50 tahun apakah kedua produk ini juga cocok diaplikasikan pada kulit wajah? AKu semakin penasaran nih kepengen coba. Retinol serum dan niacinamide nya bisa menyamarkan noda hitam dan mencerahkan ya mantap.

    ReplyDelete
  19. Kantung matanya sedikit berkurang ya mba. Ini 10 hari pemakaian ya. Aku juga mulai ada kantung mata.. pengin ngurangin deh. Kayaknya kudu dicoba serum ini. Usianya masuk di akuu

    ReplyDelete
  20. Serum Scarlett ini mudah meresap juga di kulit saat dipalikasikan ya mba. Satu sisi juga buat kulit lebih lembab dan juga mencerahkan wajah

    ReplyDelete
  21. Aku mah sudah lewat 50 tahun. Kalau gejala penuaan sudah gak bisa ngomong deh. Tapi meskipun begitu, usaha juga untuk tetap melembabkan. Entah Scarlett Retinol Serum ini cocok untuk kulitku atau tidak. Pastinya mesti dicoba ya Mbak :)

    ReplyDelete
  22. Aku belum nyobain produk ini, apakah bisa buat atasi flek kah Mba. Mau dong dikirim produk ini juga hahahaha

    ReplyDelete
  23. Jadi berasa nih yang usiaku kini udah 34. Kudu perhatian banget ke kulit, jangan dibiarkan gitu aja.

    Apalagi ada produk scarlett whitening yang anti aging ini. Pengen nyobain serum retinolnya.

    ReplyDelete
  24. Wah menjelang 40 nih
    Harus makin getol lawan tanda penuaaan
    Scarlett Retinol Serum dan Scarlett Niacinamide Serum ini jadi andalan buat lawan penuaan

    ReplyDelete
  25. Seiring berjalannya usia, memang tanda-tanda penuaan itu semakin terlihat. Seperti usia saya yang udah 30 plus. Jadi perawatan kulit itu harus ekstra banget. Rekomended nih Retinol serum dan Niacinamide serum dari Scarlett buat melawan tanda penuaan

    ReplyDelete
  26. Retinol dan niacinamide memang cetar, sih. Pernah baca rekomendasinya dari merk x. Saya awalnya ragu, masa iya mereka digabungkan secara yang satu biasanya untuk usia di bawah 40 yang satu di atas 40. Eh ternyata memang bisa.
    Kira-kira kalau cuma salah satu hasilnya kayak apa, ya?

    ReplyDelete
  27. Top banget deh dua serum dari Scarlet ini, betul-betul mengatasi permasalah kulit aku juga. Udah pernah pakai kedua varian ini Retinol & Niacinamide

    ReplyDelete
  28. Saya belum pernah menggunakan retinol serumnya Scarlett ini. Tapi saya yakin hasilnya pasti bagus dan maksimal secara produk Scarlett lainnya pun di saya cocok semuanya

    ReplyDelete
  29. Usia udah 30-an tuh memang wajib banget ya buat skincare-an secara rutin. Jadi kulit wajah tetap sehat dan cantik. Jangan lupa pakai serum kaya Niacinamide sama Retinol. Yang Scarlett ini, aku udah coba juga dan suka

    ReplyDelete
  30. Keren banget manfaat serum ini, ya, Kak. Sebagai seorang yang punya pengalaman positif juga pakai produk Scarlett, auto terdistraksi buat nyobain produk ini. Hahaha.

    ReplyDelete
  31. Kedua produk Scarlett ini memang beneran bagus sih. Pengalaman positif pakai produk Scarlett dan otw balik beli lagi

    ReplyDelete
  32. Aku pake dua serum ini juga mak. Cocok untuk mengatasi bruntusan di dagu. Ngaruh juga untuk menjaga kelembaban kulit wajah

    ReplyDelete
  33. Aku sudah nyoba beberapa serum Scarlett, seperti yang whitening, acne, dan terakyyang vitamin C dan semua cocok. Ke wajah juga ngaruh. Dan jujurly aku kepo banget sama retinol serum dari Scarlett ini.

    ReplyDelete
  34. nah sepertinya aku butuh mencoba scarlett retinol serum ini deh xD udah 35+ makin ga pede rasanya.. belum telat sih ya untuk mulai perawatan wajah, hehe..

    ReplyDelete