Resep Camilan Enak dengan Tepung Maizena

camilan enak dari tepung maizena


Belakangan ini, saya cukup sering membuat aneka camilan enak untuk anggota keluarga di rumah. Salah satu alasannya tentu saja karena ada 2 orang anak yang sedang dalam masa aktifnya di rumah kami. Setiap minggu mereka meminta dibuatkan entah itu kue bolu, roti bakar bahkan juga risoles. Apalagi kadang juga ada teman-teman mereka yang bermain ke rumah dan rasanya tidak pas kalau tidak menyajikan camilan untuk menemani mereka bermain. Yah, anggap saja sebagai salah satu penambah semangat untuk anak-anak saya yang susah makan berat.

Bicara soal camilan, salah satu bahan utama yang paling sering digunakan dalam pembuatannya adalah tepung. Biasanya orang-orang akan menggunakan tepung terigu untuk membuat aneka kue basah, kue kering hingga juga cake untuk disajikan di rumah. Namun kadang dengan beberapa alasan seperti mungkin alergi dan juga kesehatan penggunaan tepung terigu ini mulai dikurangi dan diganti dengan tepung jenis lain yang kerap juga disebut sebagai tepung gluten free. 

Ada berbagai jenis tepung gluten free yang bisa digunakan untuk membuat camilan enak keluarga. Kita bisa menggunakan tepung beras, tepung tapioka, tepung ketan, tepung mocaf, tepung oat hingga juga atau tepung maizena. Tepung maizena merupakan tepung yang terbuat dari pati jagung. Tepung ini termasuk tepung dengan kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi namun rendah protein, vitamin, serat dan mineral. Tepung ini juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh yakni sebagai anti oksidan, melancarkan pencernaan dan juga mengolah energi.

Mengolah camilan enak dengan tepung maizena 

Dalam penggunaannya biasanya tepung maizena digunakan sebagai pengental makanan dan juga campuran di beberapa jenis kue sehingga kue menjadi lebih renyah. Namun ternyata selain menjadi bahan tambahan, tepung maizena juga bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan camilan dengan hasil yang tak kalah enak dengan kue berbahan tepung terigu.

Berikut adalah beberapa jenis camilan enak yang bisa kita buat dengan menggunakan tepung maizena:

Donat Maizena

resep donat maizena
yummy.co.id


Donat merupakan salah satu camilan yang disukai banyak kalangan terutama anak-anak. Bahan utama dari donat biasanya adalah tepung terigu. Namun kita bisa menambahkan tepung maizena ke dalam adonan agar donat bisa lebih renyah saat dimakan. Adapun bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Bahan:

200 gr tepung terigu protein sedang
75 gr tepung maizena
50 gr gula halus
3 kuning telur
6 gr ragi instan
1 sachet susu bubuk instan
100 ml air es
25 gr margarin
1/4 sdt garam

Cara membuat:
  1. Campur seluruh bahan dalam wadah dan uleni sampai kalis
  2. Buat bulatan adonan kemudian, tutup dengan serbet basah diamkan 20 menit
  3. Bagi adonan kecil-kecil dengan berat masing-masing 50 gr, tutup lagi dengan serbet dan diamkan 20 menit
  4. Panaskan wajan dan minyak goreng
  5. Adonan donat diberi lubang di tengahnya kemudian goreng sampai kuning 
  6. Setelah matang donat dapat diberi toping sesuai keinginan


Kue lapis maizena daun jeruk

resep lapis maizena
sumber gambar https://cookpad.com/id/resep/14934070-lapis-maizena-daun-jeruk

Kue lapis biasanya diolah dengan campuran tepung beras dan tepung kanji atau tepung tapioka sebagai bahan utamanya. Namun ternyata kue lapis juga bisa dibuat dengan menggunakan tepung maizena dan tepung ketan. Berikut adalah bahan yang digunakan untuk membuat kue lapis maizena daun jeruk:


Bahan
125 gr tepung maizena
12 gr tepung ketan putih
80 gr gula pasir
4 tetes pewarna makanan merah tua

Bahan santan
250 ml santan dari 65 ml santan + air
3/4 sdt garam
3 lbr daun jeruk buang tulangnya

Cara pembuatan:
  1. Campur semua bahan santan dalam panci, aduk dan rebus hingga mulai mendidih, matikan
  2. Masukkan tepung maizena, tepung ketan dan gula pasir ke dalam wadah, aduk rata
  3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
  4. Panaskan kukusan dengan api sedang, alasi tutupnya dengan kain bersih
  5. Bagi 2 adonan, satu diberi warna merah dan satunya tidak diberi pewarna
  6. Alasi cetakan dan tuang sedikit adonan putih, kukus selama 5 menit
  7. Jika adonan pertama sudah matang, tuang adonan merah kukus 10 menit, lakukan bergantian hingga adonan habis
  8. Setelah adonan matang sempurna bisa dipotong dan disajikan

Kue semprit maizena

resep kue semprit maizena
https://cookpad.com/id/resep/16186515-305-kue-semprit-susu-maizena


Hari raya biasaya identik dengan kue kering sabagai salah satu sajiannya. Salah satu jenis kue kering yang biasanya ada pada hari raya lebaran adalah kue semprit. Berikut adalah resep kue semprit maizena yang bisa dicoba untuk hari lebaran kita

Bahan :
125 gr butter
200 gr tepung maizena
85 ml kental manis
pasta vanila secukupnya
pewarna makanan

Cara membuat
  1. Campur jadi 1 butter dan susu kental manis lalu aduk rata (tidak perlu pakai mixer)
  2. Tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit, aduk dengan spatula sampai tercampur rata, tambahkan pasta vanila
  3. Bagi 2 adonan, masing-masing diberi warna
  4. Masukkan ke piping bag kemudian cetak di atas loyang yang sudah dioles margarin


Membuat camilan dengan Maizenaku



Dalam membuat kue dan camilan, salah satu kunci keberhasilan membuat kue tersebut ada pada bahan yang digunakan. Saya jadi ingat di twitter ada seorang pembuat pempek yang ngomel-ngomel setelah dirinya salah memilih merk tepung yang harus digunakan dalam pembuatan pempek tersebut. Akibatnya pempek yang dibuatnya menjadi berwarna hitam bukannya putih susu seperti yang biasanya dibuat.

Begitu pula dengan tepung maizena. Dalam membuat kue, pemilihan tepung maizena juga haruslah yang terbaik. Saya sendiri selama ini setia dengan tepung Maizenaku yang bisa dengan mudah didapatkan di warung terdekat. Produk Maizenaku memiliki kekuatan mengentalkan lebih kuat dari produk lain , warna saus yang lebih bening dan tidak mengandung GMO. Selain itu kelebihan lain dari produk Maizenaku ini antara lain:
  • Warna lebih cerah
  • Proses higienis
  • Kualitas yang terjaga
  • Rasa yang lezat
  • Tekstur yang renyah
Maizenaku sendiri merupakan salah satu produk tepung dari egafood yang juga memproduksi bahan makanan lain seperti pasta Spagetiku, Makaroniku dan juga Kalduku. egafood memiliki komitmen untuk menghasilkan produk bahan makanan dengan prinsip TEN yakni Taste (Rasa), Energy (energi) dan Nutrition (Nutrisi). Dengan menggunakan produk Maizenaku tentunya akan membuat kue dan camilan kita jadi lebih lezat dan juga lebih sehat. 
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

38 Comments

  1. Tepung maizena memang banyak kegunaan dan manfaat salah satunya membuat kudapan enak enak asli Indonesia. Kudapan manis gurih ini pasti jadi favorit banget. Duh jadi kepingin nyobain kudapan manis, besok nyari akh kepasar

    ReplyDelete
  2. Bikin cemilan sendiri memang selain lebih sehat juga bisa disesuaikan dengan selera ya..
    Dan kudu banget punya stock Maizenaku di rumah. Karena bisa dengan mudah dicampurkan sebagai perekat atau pengental yang konsisten dalam sebuah resep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat sama Teh Lendy.

      Bikin camilan sendiri di rumah pun, bahan bahan yang digunakan jadi bisa diperhatikan secara menyeluruh biar tetap aman dan menyehatkan.

      Soal stok Maizenaku, aku juga ada nih. Harus selalu ada soalnya masuk ke bahan tepung yang sering dibutuhkan, sesederhana lagi bikin Capcay aja butuh.

      Delete
  3. Aku juga pakai merek ini untuk maizena. Buat nambahin ke horengan gitu juga kadang pakai tepung maizena. Oh ya beneer mba, masa pertumbuhan anak2 minta kunyahan terus ya apalagi liburan gini. Hihi bolak balik minta camilan. Wah makasih resepnya mba, aku suka itu lapisnya^^

    ReplyDelete
  4. Aku tuh masih suka bingung ngebedain antara tepung maizena, tepung tapioka, dll. Jadi kalau mau pakai tepung kaya gini suka googling dulu, haha.
    Sekarang memang berusaha ngurangin banget tepung terigu nih. Jadi lebih milih pakai tepung mocaf atau tepung maizena aja kalau bikin kue atau gorengan di rumah. Lebih aman buat pencernaan juga soalnya.
    Dan kalau beli juga seringnya merk Maizenaku ini. Soalnya ukuranya tu ada dari yang kecil gitu kan. Jadi kalau butuh sedikit aman banget

    ReplyDelete
  5. Di antara ketiga resep saya cuma pernah bikin kue lapis,,yang donat dan semprit belum pernah, enak sekali ini...mau coba nanti. Pastinya pakai tepung Maizenaku yang bisa dengan mudah didapatkan di warung terdekat yang memang mengentalkannya lebih kuat dari produk lain

    ReplyDelete
  6. Saya baru pernah mencoba bikin kue donat, sayangnya gagal. Abis itu belum coba lagi. Hiuiji

    ReplyDelete
  7. Wawww warna warni kuenyaa bikin laferr makasih resepnya bisa dicoba nih besok mumpung libur

    ReplyDelete
  8. Saudaraku bikin kue kering lebaran lalu pake tepung maizena. Memang cukup renyah jika dibandingkan dgn penggunaan tepung terigu biasa secara keseluruhannya. Selain itu produk maizenaku cukup mudah ditemukan

    ReplyDelete
  9. Tepung Maizena banyak gunanya ya, bisa buat kue dan sayur.. saya suka masak capcay pake maizena, kuah jadi kental dan gurih

    ReplyDelete
  10. Wah, aku sering nih pakai brand ini. Soalnya brand ini ada di warung-warung maupun toko-toko besar/supermarket. Tapi aku malah belum pernah bikin makanan dengan bahan utama maizena. Biasanya buat bahan campuran/tambahan aja. Thanks Mba resepnya. pengen nih coba kue lapisnya.

    ReplyDelete
  11. Boleh nih mba ..biasa nya aku kalau buat donat itu dicampir dg kentang next mau juga buat yg di mix pakai tepung meizena...gampang carinya tepung meizenaku kebetulan di mini market dekat rumah juga udah ada

    ReplyDelete
  12. Saya suka loh kue semprit tapi kenapa saya baru tau ada kue semprit maizena. Jadi penasaran gimana bikinnya dllnya

    ReplyDelete
  13. Baru kali ini saya tahu aneka kue dari tepung maizena. Jajanan atau kue tradisional yang diolah dari tepung Maizenaku. Saya kenal merk ini, dan selalu menggunakannya saat mau membuat kue kering.
    Saya mau coba resepnya aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneka jajanan jadi makin legit dan sedap ya mbak pakai maizena. Daku juga mau nyobain hehe

      Delete
  14. Donat sih paling paporit, xixixi.. Apalagi pake Maizenaku yg bisa bantu bikin cemilan makin sedap.

    ReplyDelete
  15. Kok bikin tergoda buat coba bikin kue lapis maizena daun jeruk ya. Pas sekali semua bahannya pun mudah ditemukan dan sepertinya nggak membutuhkan keahlian khusus nih dalam menyajikannya. Boleh nih dicoba.

    ReplyDelete
  16. Selalu ada trik yang dilakukan agar kue menjadi lebih lezat dan bentuknya estetik ya..
    Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah menambahkan tepung Maizenaku. Agar kue lebih kokoh namun tetap lembut dan bentuknya cantik.

    ReplyDelete
  17. aku baru tahu kalo ada donat maizena. aku kira selam aini ya dari tepung terigu aja gtu ehe. sebagia pecinta donat aku pengen cobain jadinya kayaknya gampang

    ReplyDelete
  18. Ada banyak cemilan ternyata yang bisa dibuat dari maizena ya. Kalo aku biasanya buat campuran masak aja, eh, ternyata bisa buat macam-macam kue. Bisa dipraktekkan resepnya

    ReplyDelete
  19. Tepung andalan sih ini, soalnya suka dipakai dan mencarinya pun juga mudah.
    Tinggal praktekkan resepnya mbak Antung. Sepertinya si lapis maizena enak juga.

    ReplyDelete
  20. Warna warni makanan khas indonesia yang lezat dengan resep2 tradisional emmm yummy jadi pengen nyomot.

    ReplyDelete
  21. Banyak camilan yang bs dibuat dari Maizenaku ini ya kak. Praktis bgt kalo buat kudapan zaman now. Bikin sendiri tentu akan lebih hemat. Syukur kalo bs buat jajanan yang bisa dijual dr tepung maizena ini. Bakal lebih cuan krn emg rasanya enaaaak.

    ReplyDelete
  22. Kalau aku pernah bikin susu goreh pakai tepung maizena ini, sama untuk mengentalkan es krim home made

    ReplyDelete
  23. saya biasa pakai maizena dari maizenaku nih buat bikin donat juga. kadang buat saus juga pakai maizenaku. dari dulu selalu pakai maizenaku sih

    ReplyDelete
  24. Saya baru tau loh kue semprit pakai bahan dasar tepung maizena, must try ini. Kebayang cruncy dan manis rasanya kue semprit dengan tepung maizena

    ReplyDelete
  25. Auto save resepnya. Suka sama semprit tapi gak bisa bikinnya. Pakai maizena ya ternyata.

    ReplyDelete
  26. Wah ternyata buat donat bisa pake tepung maizena juga ya supaya donatnya jadi lebih renyah waktu dimakan.

    ReplyDelete
  27. Selama ini saya juga pakai maizenaku untuk mengentalkan masakan saja. Ternyata bisa dijadikan bahan utama pembuatan kue juga ya tepung jagung ini

    ReplyDelete
  28. Ternyata tepung maizena nggak hanya buat masak saja
    Tapi juga biaa buat beragam jajanan enak ya mbak

    ReplyDelete
  29. Selama ini saya punya tepung maizena paling banyak buat pengental hidangan. Untuk perkuean awam. Asyik nih ada tepung Maizenaku yang terbaik untuk bikin camilan enak. Ngiler lihat aneka kue berbahan maizena ini

    ReplyDelete
  30. Pokoknya pakai maizena jadi lebih renyah buat gorengan. Pengen juga nyobain donat maizena

    ReplyDelete
  31. Jadi ingin buat donat nih, duh enak kali yah dengan teh hangat

    ReplyDelete
  32. Penasaran dengan kue semprit maizena ini ... dengan Maizenaku jadi lebih enak ya. Sepertinya tepung ini banyak dijual di kota saya, hanya saja belum pernah saya bikin kue-kue di atas. Teruma kasih nih Mbak, jadi tahu resep kue21 pakai tepung maizena :)

    ReplyDelete
  33. Maizena itu salah satu tepung yg harus selalu ada di dapur. Saya juga pakainya Maizenaku karena gampang banget dicari kalau abis

    Ternyata tepung maizena bisa dipakai untuk berbagai macam masakan, ya.

    ReplyDelete
  34. Ternyata membuat donat lebih enak dan nikmat ketika menggunakan Maizenaku ya..
    Aku jadi kangen bikin donat sendiri. Selain bisa dapet banyak, juga toppingnya bisa disesuaikan kesukaan.

    ReplyDelete
  35. tepung maizena ini andalan banget loh mba untuk baking aku pun sama paksu selalu pakai ini kalau buat cemilan buat anak-anak apalagi tepung maizena ini mudah dicari juga

    ReplyDelete
  36. Kalau kue maizena gini berarti gluten free ya mba? Bisa jadi resep pilihan untuk teman-teman yang alergi gluten.

    ReplyDelete