Serunya Bermain Bersama Anak dengan Cemilan Oreo 110th Birthday Celebration




"Anak-anak, yuk kita main dulu," Saya memanggil anak-anak yang sedang menonton channel Youtube kesayangannya setelah jam makan malam selesai. Jam di dinding sudah menunjukkan waktu pukul 8 malam. Dua anak saya jelas tidak akan tidur di jam tersebut. Daripada nonton youtube tentunya lebih baik jika mereka melakukan aktivitas lain.

Saya kemudian mengeluarkan kotak berisi potongan puzzle yang saya beli beberapa hari sebelumnya. Dengan semangat kedua anak saya berkumpul di meja dan mulai menyusun potongan-potongan puzzle yang ada. Tentunya saya juga ikut serta mencari pasangan dari puzzle yang terdapat di atas meja tersebut. Sesekali kedua anak saya berebut mengambil puzzle untuk mereka susun sendiri. Sebelum perebutan puzzle ini berubah menjadi adu air mata, saya pun mengambil tindakan. 

"Sudah daripada rebutan mending ngemil dulu nih pakai Oreo," saya sodorkan 1 bungkus Oreo yang saya beli saat pulang kerja beberapa jam sebelumnya. 

Kedua mata anak-anak langsung membesar melihat biskuit Oreo di hadapan mereka. 

"Wah, Mama. Ini biskuit Oreo rasa baru seperti yang aku lihat di TV, ya?" kata Yumna begitu melihat bungkus Oreo yang ada di hadapannya. Rupanya putri sulung saya itu tahu kalau Oreo sekarang memiliki varian rasa baru selain yang sering mereka lihat di warung tetangga. 

"Iya, benar. Ini biskuit Oreo edisi ulang tahun. Kamu mau?" saya balik bertanya.

"Mauuu!" tanpa menunggu ditawari dua kali, anak saya memberikan jawaban. 

Saya kemudian membuka bungkusan Oreo tersebut dan menatanya di atas meja. Dalam sekejap kepingan biskuit yang ada dalam bungkusan tersebut berpindah dari tangan ke mulut anak-anak. Permainan puzzle pun dilanjutkan sambil tetap menikmati biskuit Oreo kesukaan mereka.   

Pentingnya kebersamaan dalam keluarga




Dalam sebuah keluarga, kebersamaan merupakan sebuah hal yang bisa meningkatkan kedekatan hubungan antara anggota keluarga tersebut. Karena itulah bukan hal yang aneh jika sebuah keluarga memiliki jadwal khusus untuk melakukan aktivitas secara berxama-sama. Apakah itu makan bersama, jalan-jalan di akhir minggu hingga juga membereskan rumah bersama-sama. 

Saya dan suami tentunya juga memiliki aktivitas bersama yang dilakukan bersama anak-anak. Seperti minggu kemarin, saya mengajak anak-anak naik bus kota menuju kota tetangga sementara ayahnya sudah menunggu duluan di lokasi tujuan. Di lain hari, saya mengajak anak-anak bermain di perpustakaan daerah, berenang bersama, dan bermain di sebuah playground dekat rumah. Atau jika memang tidak memungkinkan maka bermain di rumah adalah jalan lain yang dilakukan untuk tetap meningkatkan kualitas kebersamaan dengan anak-anak.   

Sebagai ibu, saya sadar kalau bermain merupakan salah satu cara anak untuk belajar. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari bermain ini mulai dari melatih stimulasi kognitif anak hingga juga meningkatkan kecerdasan anak. Dalam hal memfasilitasi kebutuhan bermain untuk anak, jujur saya bukan termasuk ibu yang rajin membuat aneka permainan DIY untuk anak-anak saya. Karena itulah, salah satu jalan ninja yang bisa saya lakukan dalam mengajak bermain anak adalah dengan membelikan mereka mainan entah itu berupa mainan untuk mengasah keterampilan motorik atau mainan yang bisa menstimulasi anak dalam bermain peran.

Bermain puzzle dan manfaatnya untuk anak



Salah satu mainan yang saya belikan untuk anak saya adalah puzzle. Puzzle merupakan permainan di mana kita diminta menyusun potongan-potongan gambar atau bentuk menjadi sebuah gambar utuh. Tak hanya anak-anak, orang tua pun bisa memainkan puzzle ini karena memiliki banyak sekali manfaat untuk otak kita. Menurut situs SehatQ sendiri, beberapa manfaat yang bisa didapat dari bermain puzzle pada anak antara lain:

Meningkatkan kesadaran visual spasial anak

Permainan puzzle biasanya memiliki berbagai macam tema seperti dunia laut, dunia hutan, dunia transportasi hingga dunia angkasa luar. Dengan bermain puzzle secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran visual spasial anak dan mengembangkan pemahaman lebih terkait tema puzzle yang dikerjakan tersebut.

Melatih koordinasi mata dan tangan

Saat bermain puzzle, anak akan berupaya untuk memasangkan potongan-potongan gambar yang diberikan secara acak. Kadang potongan gambar yang terpasang harus dilepas lagi karena ternyata tidak pas dengan gambar panduannya. Lewat proses memasang, melepas dan mencocokkan gambar ini, anak berlatih untuk mengkoordinasikan gambar yang dilihat oleh mata dan dicocokkan dengan tangan mereka.

Mengembangkan keterampilan motorik halus

Selain mencocokkan potongan gambar, saat bermain puzzle, anak juga dilatih untuk mengambil, memegang dan memindahkan potongan puzzle tersebut dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini sangat berguna dalam melatih keterampilan motorik halus anak.

Melatih kemampuan memecahkan masalah

Bermain puzzle juga merupakan salah satu cara melatih kemampuan memecahkan masalah bagi anak-anak. Dengan bermain puzzle anak berlatih untuk menyelesaikan tugasnya dalam mencocokkan potongan gambar sehingga menghasilkan sebuah gambar utuh.  

Melatih keterampilan emosional

Manfaat lain dari bermain puzzle adalah dapat melatih keterampilan emosional anak. Dalam bermain puzzle, anak akan belajar untuk teliti, tetap fokus dan bersabar selama mengerjakan permainan tersebut hingga akhirnya bisa menyelesaikannya.  

Melatih kemampuan anak untuk bekerja sama 

Saat mengerjakan puzzle secara bersama-sama, mungkin awalnya anak-anak akan saling berebut dalam menyelesaikan puzzle tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, mereka akan belajar untuk bekerja sama dalam menemukan potongan gambar yang sesuai dengan puzzle yang sedang dikerjakannya. 

Oreo 110th Birthday Celebration cemilan yang mengakrabkan keluarga




Bagi para pecinta biskuit tentunya tidak asing dong dengan biskuit Oreo. Biskuit yang terdiri dari dua buah biskuit hitam renyah dengan lapisan krim di tengahnya ini sudah sangat lama hadir dan populer di Indonesia. Apalagi biskuit ini juga memiliki ritual khusus dalam menikmatinya yakni dengan cara "diputar, dijilat dan dicelupin" ke dalam segelas susu, membuat siapapun pasti tergoda untuk mencobanya.   

Dilihat dari sejarahnya, Oreo merupakan biskuit yang sudah hadir sejak tahun 1912 lalu dan diproduksi oleh perusahaan National Biscuit Company yang disebut Nabisco di Amerika Serikat. Dalam perjalanannya, Oreo sempat berganti nama sebanyak 2 kali yakni pda tahun 1921 menjadi Sandwich Oreo dan tahun 1937 menjadi Oreo Creme Sandwich. Di Indonesia sendiri Oreo hadir sejak tahun 1994 dan menjadi biskuit favorit keluarga di Indonesia. 

Tahun 2022 ini, Oreo genap berusia 110 tahun. Dalam rangka merayakan usianya yang ke 110 ini, Oreo menghadirkan varian baru yakni Birthday Cake Flavour dengan tampilan khas Oreo dengan sprinkle warna warni di dalamnya dan desain kemasan menarik. Selain menghadirkan varian rasa baru, Oreo 110th Birthday Celebration juga memeriahkan ulang tahunnya dengan fitur AR (Augmented Reality) yang bisa langsung didapatkan dengan cara memindai kode QR pada kemasan produk baru varian spesial ulang tahun Oreo “Birthday Cake Flavor”. 




Kode QR yang ada pada kemasan Oreo Birthday Cake Flavour ini akan langsung terhubung pada fitur Instagram filter di laman akun instagram @oreo_indonesia. Nah, untuk memeriahkan acara ulang tahun ke 110 Oreo ini, Oreo mengajak konsumennya untuk bersama-sama merayakan keseruan #WishOreo110 dengan meniup 110 lilin lewat filter yang didapat dari kode QR tersebut dimanapun mereka berada dengan cara yang seru. Tentunya akan ada hadiah menarik bagi mereka yang berhasil meniup ke 110 lilin yang ada pada filter Instagram tersebut. 

Selain menghadirkan varian rasa baru dan juga filter instagram challenge, Oreo 110th Birthday Celebration juga berkolaborasi dengan beberapa F&B merchant ternama, seperti Bitter Sweet by Najla. Najla, selaku founder dari Bitter Sweet by Najla tentu saja sangat bersemangat dengan kolaborasi ini. “Oreo merupakan biskuit yang sudah melegenda dan kami pun memahami bahwa Oreo memiliki tempat spesial di hati penggemarnya. Kami sangat senang dengan kolaborasi ini dan berharap dengan dessert box spesial bertajuk cookies and cream special anniversary ini dapat menambah keseruan di momen spesial #WishOreo110,” begitu ungkap Najla.





Tak hanya Najla, Titi Kamal, artis cantik pemeran Maura dalam film AADC yang juga istri dari Christian Sugiono juga menjadikan Oreo sebagai cemilan favorit keluarganya. “Bagi saya, tagline Oreo ‘diputar, dijilat, dicelupin’ sudah sangat melekat di ingatan. Selain itu, Oreo sudah menjadi biskuit favorit yang selalu menemani momen waktu ngemil dan Oreo membuat tiap momen makin seru bersama keluarga,” begitu kata Titi.

Nah, buat kamu yang suka belanja online juga tak perlu khawatir nih. Selain 2 event di atas, Oreo juga berkolaborasi dengan GrabFood untuk menghadirkan jajanan spesial Oreo dari tanggal 27 Juli - 3 Agustus 2022 dan meluncurkan merchandise eksklusif edisi #WishOreo110 yang bisa didapatkan di Tokopedia. 




Seru banget ya, keseruan acara dalam menyambut #UlangTahunOreo yang ke 110 tahun ini. Pastikan teman-teman tidak melewatkan keseruan event dan acaranya, ya! Selamat ulang tahun Oreo!


18 Comments

  1. Oreo memang kesukaan anak maupun dewasa , tp terlalu manis ya jadi kalau kebanyakan suka eneg

    ReplyDelete
  2. Wah, sama banget Mbak, saya barusan kemarin malam juga nyodorin Oreo ke anak-anak dan langsung ludes juga dalam sekejap, wwkwkwk.

    ReplyDelete
  3. Keren banget ya oreo, usianya udah 110 tahun... Saya udah beli beberapa kali oreo birthday edition ini, wangi dan enak ya...

    ReplyDelete
  4. Membersamai anak memang harus terjun melebur ke dunia mereka yah, kak.. alih-alih bermain sambil menikmati snack oreo enak, bisa mengajarkan hal-hal yang bermanfaat juga :)

    ReplyDelete
  5. Seru banget ya rangkaian selebrasi perayaan ulang tahun oreo ini. Nggak nyangka juga udah 110 tahun. Wah tua banget sih oreo ini tapi snacknya tak lekang oleh waktu. Sampai sekarang aku masih suka kok makan oreo ini. Entah kenapa doyan aja gitu, apalagi anak-anak pasti suka banget.

    ReplyDelete
  6. Seru banget nih! Oreo memang juga lezat & menyehatkan menurutku. Jafi pas banget untuk dinikmati bersama keluarga.

    ReplyDelete
  7. Enggak nyangka oreo umurnya udah 110 tahun yah, saya kira ini biskuit yang baru muncul di tahun 2000, karena tastenya kayak modern gitu. Saya pribadi juga suka banget sama oreo dan udah coba varian terbarunya.

    ReplyDelete
  8. Ternyata Oreo sudah berusia 110 tahun ya mbak. Aku jadi ingat pas pertama kali beli Oreo, beneran aku praktikkan cara makannya, diputar dijilat dicelupin, hahaha. Kalau mengenang masa awal-awal Oreo hadir di Indonesia seru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku pun mencobanya juga itu kak Maria haha..
      Memang nikmat sih camilan yang satu ini, bikin bahagia

      Delete
  9. jujurly aku baru tahu kalau Oreo udah umur segitu, btw selamat #UlangTahunOreo yang ke 110 tahun. Ditunggu banget rasa baru :D

    ReplyDelete
  10. Omg, Oreo sudah 110 tahun
    Pantes sih, emang enak
    Jadi camilan favorit keluarga ya mbak

    ReplyDelete
  11. Setuju deh, Kalau mau ngajarin sesuatu ke anak atau menstimulasi kemampuan anak paling efektif pakai metode main sambil belajar. Ditambah sambil menikmati camilan favorit seperti Oreo ini maka main sambil belajar pun jadi makin asyik.

    ReplyDelete
  12. Oreo kesukaan semua orang, baik anak-anak, remaja, dewasa semua suka. Rasanya yang pas, dan teksturnya yang renyah bikin ketagihan. Mau lagi dan lagi. Ga mudah loh mempertahankan diri sampai 110 tahun. Keren, Oreo selalu inovasi

    ReplyDelete
  13. Oreo salah satu cemilan kesukaanku. Dulu kalau ada promo suka beli, sekarang jarang sih. Tapi aku suka banget Oreo, walau yang dimakan cuma bagian biskuitnya aja, gak suka krimnya :D

    ReplyDelete
  14. oreo adalah salah satu biskuit kesukaan anakku. Biasanya dinikmati bersama segelas susu

    ReplyDelete
  15. Legend banget Oreo nih, dari mulai iklannya, tagline dama rasanya selalu konsisten enak. Happy birthday Oreo! nggak nyangka sudah 110 tahun. Keep shining!

    ReplyDelete
  16. namanya bermain sambil belajar ya mba, seru buat anak-anak nih. bTW aku penasaran sama oreo yang versi bday cake ini, tapi belum nemu

    ReplyDelete
  17. Oreo ini kalo kubilang adalah cemilan everlasting, sdh di kenal berapa generasi, sejak aku kecil sepertinya ya. Dan menurutku enak di cemil kapan aja, di sukai siapa aja.. Jadi pengen main puzzle juga nih sm anak2

    ReplyDelete
Previous Post Next Post