Serunya Mengajak Anak Berenang dan Jadi Aktif bersama Susu Indomilk UHT Kids Full Cream




"Kita ajak Yumna berenang ke waterboom yuk hari ini," kata suami pada saya beberapa waktu yang lalu.

Saya yang sedang membereskan sarapan langsung menghentikan kegiatan.

"Serius nih? Biasanya kamu nggak mau kalau kuajakin ke waterboom," jawab saya tanpa menyembunyikan rasa terkejut.

"Iya. Sekarang kan dia sudah 2 tahun. Kayaknya sudah cukup aman," jawab suami lagi.

"Oke deh kalau begitu," kata saya tanpa membahas lagi.

Tak lama kami pun sibuk berkemas, menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk berenang. Jujur saya bersemangat sekali dengan kegiatan yang akan kami lakukan ini. Selain karena akhirnya saya bisa mengajak Yumna berenang, ini juga menjadi momen pertama kalinya saya berenang setelah sekian lama.

Keinginan untuk mengajak Yumna berenang sendiri sebenarnya sudah cukup lama muncul di kepala saya. Hal ini muncul sejak saya melihat para artis mengajak anak mereka berenang bahkan sejak usianya kurang dari 6 bulan. Saya pun mulai mencari informasi dan ternyata berenang ini termasuk dalam salah satu stimulasi motorik yang diberikan kepada bayi dan bisa dikenalkan sejak bayi masih berusia 4 bulan.

Sayangnya keinginan saya itu berbanding terbalik dengan suami yang tak mengizinkan Yumna diajak berenang. "Masih kecil nanti kenapa-kenapa", begitu alasannya.  Saya pun bersabar dan akhirnya keinginan saya terwujud di usia Yumna 2 tahun.

Waterboom yang kami kunjungi sendiri letaknya tak terlalu jauh dari rumah. Hanya perlu berkendara beberapa menit, kami sudah tiba di sana. Sesampai di waterboom, ternyata ada cukup banyak pengunjung. Maklum saja hari itu hari Minggu. Saya segera memesan tiket masuk untuk saya dan suami sementara Yumna masih belum dikenakan tiket karena tingginya masih 80 cm.




Waterboom Pesona Modern memiliki sekitar 5 buah kolam dengan berbagai variasi kedalaman. Kami memilih kolam yang tepat berada di tengah yang kebetulan juga kedalamannya pas buat balita. Awalnya Yumna agak takut saat kami mengajaknya masuk ke dalam air. Kami bisa maklum karena ini pertama kalinya ia berkenalan dengan kolam renang. Yumna juga merasa tak nyaman dengan pelampung yang dikenakan di tubuhnya hingga akhirnya kami mau tak mau melepaskan pelampung teersebut.

Setelah beberapa menit, Yumna tampak mulai menikmati kegiatan berenang. Bolak-balik ia mengajak ayahnya mencoba perosotan yang ada di kolam, sementara saya menjaga di ujung perosotan. Yumna juga tak takut mencoba kolam-kolam lain yang ada di area waterboom, membuat kami sempat kewalahan mengejarnya.

Hampir 2 jam bermain, Yumna terlihat kelelahan. Kami pun mengajaknya berhenti dan segera mengisi amunisinya dengan roti yang kami beli di kantin waterboom dan tentunya susu UHT kesukaannya. Nah, masalah baru timbul setelah Yumna segar kembali. Anaknya mau berenang lagi bahkan sampai nangis-nangis segala. Padahal pakaiannya sudah diganti dengan yang baru. Mau tak mau saya menggendongnya ke tepian sambil membujuk Yumna. "Nanti lagi ya, Nak, kita balik lagi ke sini," kata saya kemudian.


Baca juga : #AksiFlashBunda Siap Hadapi Anak Aktif Gak Takut Lebam



Manfaat berenang untuk balita

Seperti yang saya tulis di atas, berenang merupakan salah satu stimulasi motorik yang bisa kita berikan kepada bayi dan anak-anak. Selain menyenangkan, ada cukup banyak manfaat yang didapat dari berenang ini, antara lain:

  • Menguatkan otot tubuh

Saat berenang, umumnya kita akan menggerakkan semua anggota tubuh kita untuk melawan massa air mulai dari tangan hingga kaki. Dengan rutin berenang, otot tubuh anak akan lebih kuat serta lentur, khususnya pada bagian trisep, dada, dan paha depan. Selain itu, otot yang aktif bergerak juga dapat menstimulasi anak tumbuh lebih tinggi.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Berenang juga mampu meningkatkan otot jantung anak. Menurut penelitian yang dilansir oleh British Journal and Sports Medicine, olahraga berenang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 40%. Hal ini dikarenakan, ketika berenang, otot jantung akan bekerja lebih baik dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Nah, agar kesehatan jantung anak dapat terjaga secara optimal, disarankan untuk melakukan olahraga renang sebanyak satu kalidalam seminggu dengan durasi 20-30 menit.


  • Baik untuk kesehatan paru-paru

Bagi anak-anak yang memiliki gangguan pernafasan, olahraga berenang juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya. Ini karena olahraga renang mampu memperluas kapasitas paru-paru pada tubuh, sehingga sistem pernapasan si Kecil dapat berfungsi secara lebih optimal. Namun perlu diingat, orang tua perlu memastikan agar kepala si Kecil tetap berada di atas permukaan air atau tidak menyelam saat berada di air.  


  • Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian

Tak hanya baik untuk fisik, berenang juga ternyata bisa meningkatkan kepercayaan diri anak. Seperti Yumna yang awalnya takut masuk ke air namun lama-kelamaan dia semakin berani mencoba beberapa perosotan bahkan nekat mau melompat sendiri ke air.


  • Membuat anak lebih bahagia
Layaknya olahraga lainnya, berenang bisa meningkatkan hormon endorfin yang berpengaruh pada level kebahagiaan kita. Hal yang sama pastinya juga akan berlaku bagi anak-anak. Apalagi biasanya aktivitas berenang ini dilakukan bersama-sama dengan orang tua, pastinya akan lebih membuat anak bahagia. Karena yang saya tahu nih, anak akan merasa bahagia jika orang tuanya benar-benar menemaninya saat bermain.

Baca juga : Agar Anak Tumbuh Bahagia


Hal yang perlu diperhatikan saat mengajak anak berenang 

Saat mengajak anak berenang, pastinya saya dan suami memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu baik itu menyangkut persiapan bekal hingga tentunya kondisi Yumna. Nah, beberapa hal yang menjadi perhatian saya saat mengajak anak berenang antara lain:

Perhatikan kondisi cuaca
Berenang merupakan aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Karena itu pastinya penting bagi orang tua untuk memperhatikan. Saya sendiri lebih memilih mengajak anak berenang sebelum matahari meninggi atau saat hari tidak terlalu panas. Dengan begitu tentunya  akan meminimalisir risiko kulit anak terbakar sinar matahari. 

Pastikan kondisi anak fit
Saat mengajak anak berenang, tentunya saya harus memastikan kondisinya sedang fit, tidak sedang demam atau batuk pilek. Kondisi anak yang fit pastinya akan membuatnya bisa lebih aktif bereksplorasi saat berada di kolam renang.


Selalu mengawasi anak saat berada di kolam renang 
Kadang saat mengajak anak berenang, kita sebagai orang tua juga turut larut dalam euforia berenang yang mengasyikkan hingga bisa jadi agak lengah dalam menjaga si kecil. Karena itu alangkah baiknya saat mengajak anak berenang kedua orang tua secara bergantian mengingatkan diri untuk tetap membersamai si kecil saat bermain air. Apalagi untuk anak seusia Yumna yang kadang masih belum mengerti apa itu bahaya. Duh, jangan sampai deh mata berpaling darinya saat berada di air.

Membawa bekal yang cukup
Mengajak anak beraktivitas di luar rumah dalam jangka waktu lama artinya kita juga harus siap dengan perbekalan makanannya. Biasanya saya akan menyiapkan beberapa cemilan praktis seperti roti untuk Yumna. Tak ketinggalan juga susu UHT yang memang sudah dikonsumsi Yumna sejak usianya 1 tahun.

Susu UHT Indomilk Pilihan Bunda untuk Anak Aktif



Sebagai seorang ibu, sejak sebelum melahirkan saya sudah bertekad untuk memberikan ASI bagi Yumna hingga usianya 2 tahun. Namun sayangnya kondisi ASI saya yang semakin hari semakin berkurang plus saya yang hamil lagi membuat saya harus memberikan susu tambahan untuk Yumna sejak usianya 1 tahun lebih. Saat itu, pilihan saya jatuh pada susu UHT yang banyak direkomendasikan sebagai susu untuk anak 1 tahun ke atas.

Susu UHT sendiri merupakan susu yang diolah dengan cara dipanaskan 135 derajat Celsius dalam waktu 2-4 detik saja. Pemanasan ini dilakukan untuk menghilangkan semua bakteri yang bisa menimbulkan penyakit. Proses yang sangat singkat, dilakukan agar nilai nutrisi yang ada di dalam susu tidak hilang dan kesegarannya tetap terjaga. Selain itu, susu UHT juga menjadi pilihan saya untuk susu selepas ASI karena kepraktisannya digunakan terutama saat berada di luar rumah.


Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba produk susu UHT #IndomilkKidsFullCream. Berhubung sejak awal Yumna memang sudah terbiasa dengan susu full cream, maka saat saya berikan susu Indomilk UHT ini, dia langsung menyukainya. Saat saya turut mencicipinya, ternyata rasanya juga enak dan gurih tanpa bau yang menyengat.

Nah, jika dibandingkan dengan susu UHT yang kerap saya berikan dengan Yumna, susu Indomilk UHT Full Cream ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Selain itu, susu Indomilk UHT juga tidak memiliki kandungan gula dan garam yang pastinya lebih baik bagi Yumna. Kandungan gula yang ada pada susu biasanya membuat anak kelewat aktif dan juga bisa berpengaruh pada giginya. Sedangkan kandungan garam kadang malah membuat anak lebih cepat haus dan berpengaruh pada ginjal.

Dengan menyiapkan susu Indomilk UHT Kids Full Cream setiap hari untuk bekalnya, saya tentu tak perlu khawatir akan kebutuhan susu untuk Yumna yang bisa mendukungnya untuk tetap aktif karena #AktifItuSehat. Nah, bagi ibu-ibu yang juga memberikan susu Indomilk UHT untuk buah hatinya, yuk ikutan kompetisi blog Indomilk UHT Kids Full Cream yang berhadiah total 15 juta rupiah. Info lengkapnya bisa dilihat di sini, ya.

 Referensi : https://www.ibudanbalita.com

Post a Comment

34 Comments

  1. Anak-anak saya juga suka Mba sama susu Indomilk Kid ini, biasanya yang rasa strawberry tapi dicobain full cream eh doyan juga. Btw liat yumna berenang, jadi inget sudah lama enggak ngajak anak-anak berenang :D

    ReplyDelete
  2. Poin membuat anak lebih bahagia tuh kayaknya bener banget mbak. Anak saya diajakin berenang dari rumah sudah semangat, gotong pelampung sendiri. Pas di kolam juga sumringah dan ceria banget. Namanya anak-anak ketemu air kayak ketemu harta karun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya. Anak kalau diajak main pasti senang terus yaa

      Delete
  3. anak2 selalu suka dg air ya, makanya berenang pasti suka

    ReplyDelete
  4. Anakku kalo uda ketemu kolam renang susah move on keluar kolam hahhaaa... Jadi ekstra membujuknya. Padahal itu wajah uda biru kedinginan, tp tetep aja gak mau keluar kolam

    ReplyDelete
  5. Jangankan anak-anak, Kak ... orang dewasa juga suka susu Indomilk UHT dan berenang haha ... seru sekali ya.

    ReplyDelete
  6. aku pun yang udah segede gini seneng banget berenang walaupun belum lancar banget hhihi, setuju banget kl mau berenang harus dalam kondisi fit, soalnya kalo lg ga enak badan maksain berenang malah jadi masuk angin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang asik sih ya berenang ini. Nggak berasa olahraga tapi berasa main. Hihi

      Delete
  7. Anak saya juga suka banget minum susu UHT, kalau sekolah selalu saya bawakan karena memang selalu bawa bekal sendiri...

    ReplyDelete
  8. Susu UHT ini sangat praktis untuk dibawa bepergian, rasanya enak dan nutrisinya juga lengkap.

    ReplyDelete
  9. Anakku sukanya susu UHT merk indomilk juga mbak, lebih enak katanya dan saya pun sama sukanya merk ini, ga ada tambahan garam pastinya yah mbak. Praktis pula.

    ReplyDelete
  10. Betul anak aktif itu sehat meski konsekuensinya emak capek, tapi gapapa yang penting kan aktif sehat. Makanya perlu ditunjang nutrisi yg tepat kaya indomilk ini.

    ReplyDelete
  11. anakku demen sekali dengan berenang mom, bis itu nongkrong disitu terus padahal udah kedinginan. solusi buat aku kalo berenang gak lupa stok indomilk uht biar ada gizi saat capek olahraga.

    ReplyDelete
  12. Aku ga bisa berenang tapi punya niatan anak-anaku biar pada bisa berenang mba hehe karena kaya manfaat berenang itu y mba
    btw aku juga stock UHT indomilk yang rasa stroberi kesukaan Neyna banget

    ReplyDelete
  13. Anak-anak memang paling senang dan betah kalo bermain di air.
    Apalagi berenang, ditemani susu UHT pula, pasti dehhh makin betah :)

    ReplyDelete
  14. Susu UHT indomInd kids fullcream paling cocok menemani aktivitas anak2 aktif di luar ruangan. Seger, praktis, bergizi, dan takarannya pas buat anak2

    ReplyDelete
  15. Anak aku juga udah ngerasain susu ini bun. Allhamdulillah suka. Biasanya dia indomilk yang strawberry dan coklat

    ReplyDelete
  16. akau masih takut2 ngajak anakku (19 bulan) berenang huhu soalnya aku juga trauma sama renang. kapan2 harus dipaksa sih.
    btw, susu uht ini sih nggak cuman anakku doang doyan bundanya juga sering mintain susu uht ke anaknya hihi. enak sih

    ReplyDelete
  17. Abis renang, enaknya emang pas ya Mbak kalau anak dikasih Indomilk UHT. Energi yang kepake abis renang jadi pulih kembali.

    ReplyDelete
  18. Iya kalau di luar, anak2 udah dicemplungin sejak usia 6 bulan. Sbnrnya di Indonesia jg, tapi kurang umum. Soalnya di sekolah berenang deket rumahku dulu ya membuka kelas utk anak start usiak 6 bulan mba. Wah enak abis berennag, minum susu. Itu abis itu kenyang, bobonya jd enak deh.

    ReplyDelete
  19. Wah..senengnya Yumna berenang. Langsung adaptasi lagi ya..pemberani anaknya.
    Bagus ini meski sedang beraktivitas kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi berkat susu Indomilk UHT Kids Full Cream

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya bun anaknya aktif berenang. Aku baru mau beneran ajak berenang 2 minggu lagi. Percobaan pertama baby spa dia nangis gak karuan. Haha. Gak biasa kayaknya.

    Kasusnya mirip nih sama aku, asi makin lama makin seret. Indomilk bisa dari usia 1 tahun kan? Ntar mau coba ah kalau udah setahun. Siapa tau doyan, soalnya anaknya gak suka sufor.

    ReplyDelete
  21. Susu UHT memang enak rasanya. Anak-anak juga suka minum UHT sampai sekarang

    ReplyDelete
  22. Iya aku belakangan ini baru tau juga kalo berenang ternyata banyak banget manfaatnya ya mba, khususnya buat pernafasan dan kesehatan tulang anak

    ReplyDelete
  23. seru banget berenang.. anak anak aku juga suka banget nih kalau aktifitas diluarnya berenang.. kadang kalau libur wiken sering banget minta berenang

    ReplyDelete
  24. Semua anak pasti seneng banget kalau dibawa berenang ya. Langsung mood booster banget. Apalagi dibekali susu UHT.

    ReplyDelete
  25. Aku tu masih ingat zaman kecil dulu minum susu indomilk yang kemasan botol plastik. Sekarang lebih compact dan nggak makan banyak tempat yaah.. Jadi kangen masa kecil mbak hahaha

    ReplyDelete