Yuk Catat Tanggal Acara Sundance Film Festival: Asia 2022 yang Diselenggarakan Secara Offline!



Setelah sukses menggelar acara Sundance Film Festival : Asia 2021 pada pertengahan tahun 2021 lalu, maka tahun ini Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media akan kembali menggelar Sundace Film Festival : Asia 2022 pada 25-28 Agustus 2022 mendatang di kota Jakarta. Nah, jika untuk acara Sundance Film Festival : Asia 2021 lalu diadakan secara online, maka untuk acara tahun ini diadakan secara offline. Pastinya acara ini tidak boleh dilewatkan dong, ya buat para pecinta film pendek.

Sundance Film Festival sendiri merupakan sebuah festival yang diadakan oleh Sundance Institute yang merupakan festival untuk film independen terbesar di Amerika Serikat. Sundance Institute didirikan oleh aktor Robert Redford pada tahun 1981 dan memiliki banyak program untuk menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk. Selain itu, Sundance Institute juga menjalankan program Lab, hibah, dan mentorship di AS dan berbagai negara lain untuk pengembangan karya baru. 

Seperti tahun lalu, acara Sundance Film Festival : Asia 2002 juga menyelenggarakan acara Short Film Competition Sundance Film Festival : Asia 2022 yang disponsori oleh Argo yang merupakan platform streaming dengan misi mengubah cara masyarakat menonton, membagikan, dan mengeksplorasi konten film. 

“Tak berhenti di Sundance Film Festival yang diadakan Januari lalu, kami terus mencari karya film pendek dari filmmaker berbakat di seluruh dunia,” ujar Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival. “Tahun lalu, kompetisi film yang kami adakan berjalan sangat sukses. Kami sangat mengagumi karya-karya yang didaftarkan, 10 karya terbaik di kami tampilkan Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Kami antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini,” lanjutnya.

“Kami sangat senang untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia,” ujar, Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival menyampaikan pendapatnya. 

Pada wawancara yang sama, William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media menambahkan, “Kami sangat antusias untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia secara offline dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film.”


Jadwal pendaftaran film dan dewan juri Sundance Film Festival : Asia 2022



Buat kamu para filmmaker yang ingin mengikuti Short Film Competition dari Sundance Film Festival : Asia 2022 ini, kamu bisa mendaftarkan film pendek genre apapun yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020 dengan durasi 3-10 menit. Pendaftaran sendiri dibuka sejak 18 April hingga 31 Mei 2022 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Adapun dewan juri merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo akan bertugas mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk. Dewan juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan menerima hadiah 2.000 dolar AS yang disponsori oleh Argo. Berikut adalah nama-nama mereka akan menjadi dewan juri adalah:
  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
Jika film pendek kamu terpilih maka nanti akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 bulan Agustus nanti dan juga didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Tak hanya itu, film pendek ini juga berkesempatan untuk mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023 


Berkenalan dengan IDN Media, XRM Media dan Argo

Sama seperti tahun sebelumnya, ajang Sundance Film Festival : Asia 2022 yang digelar kembali ini didukung penuh oleh IDN Media, XRM Media dan juga Argo. IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU). IDN Media memiliki visi mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. IDN Media sendiri menaungi beberapa portal seperti Popmama, Popbela, IDN Times, Fortune Indonesia dan yang lainnya. 


Adapun XRM Media adalah perusahaan teknologi hiburan dan media yang mengenalkan keberagaman dengan mendukung, memproduksi dan mendanai konten multikultural di berbagai platform bersama para mitra global. Dengan pendekatan berbeda, beragam portofolio investasi, serta keberanian mengambil risiko, XRM Media mendobrak ekspektasi pada media tradisional maupun baru untuk bisa menghubungkan audiens global dengan ide-ide hebat di luar sana.


Sedangkan Argo sebagai media streaming online merupakan yang menghubungkan filmmakers dengan para audiens serta menampilkan berbagai genre film pendek yang dikurasi oleh para festival film, filmmakers, dan influencers dari seluruh dunia. Argo menjamin hak komersial para pembuat film. Menggunakan sistem bagi hasil, Argo ingin memastikan filmmakers memiliki kesempatan untuk menunjukkan hasil karya mereka, menghibur audiens, serta menginspirasi lahirnya film-film independen baru. Kamu bisa menonton film pendek favorit kamu di www.watchargo.com atau aplikasi Argo yang tersedia di iTunes App Store dan Google Playstore


Untuk Sundance Instituse sendiri, lembaga yang satu ini juga memiliki platform bernama Sundance Co//ab, sebuah platform komunitas digital milik Sundance Institute, menyatukan seniman dan Sundance Advisor untuk saling bertukar ilmu, membantu mereka untuk saling terhubung dan mengembangkan karya bersama. Sundance Film Festival dan program untuk publik lainnya menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru, menyampaikan suara masing-masing, dan membangun komunitas yang mendukung independent storytelling. 


Sundance Institute telah mendukung beragam proyek, seperti CODA, Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, Time, Time, Minari, Boys State, The Farewell, Honeyland, One Child Nation, The Souvenir, The Infiltrators, Sorry to Bother You, Won't You Be My Neighbor?, Hereditary, Call Me By Your Name, Get Out, The Big Sick, Mudbound, Fruitvale Station, City So Real, Top of the Lake, Between the World & Me, Wild Goose Dreams dan Fun Home. 


Itulah dia sedikit informasi yang bisa saya bagikan terkait ajang tahunan Sundance Film Festival : Asia 2022. Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran film pendek di ajang Sundance Film Festival : Asia 2022 bisa meluncur ke website https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway kami di https://filmfreeway.com/SundanceAsia

 

20 Comments

  1. Ini model kompetisi film pendek gitu ya kak. Pernah denger sih sundance film festival cuma ya ngga pernah tau itu apa. Apalagi tau filmnya.

    ReplyDelete
  2. Sundance Film Festival selalu ditunggu tunggu oleh movie maniac karena banyak film bagus. aku juga termasuk yang nunggu nih. auto catat tanggalnya

    ReplyDelete
  3. Pasti akan lebih euforia ya diadakan scara online gitu Mbak, akhirnya stlh tahun lalu diadakan online.. Sundance film festival ini film pendek ya Mbak jadi pengen ikutan..

    ReplyDelete
  4. Wahh iya, Sundance Film Festival : Asia 2022 pasti akan sangat meriah jika diselenggarakan secara offline
    Banyak film bagus di sini

    ReplyDelete
  5. wahhh sekarang geliat acara-acara offline udh mulai keliatan yaa, semoga pertanda bagus nih buat literally new normal life ~

    ReplyDelete
  6. Yes banget ini, ajang film pendek yang memperkaya kreativitas para sineas untuk menghasilkan karya terbaiknya.

    ReplyDelete
  7. acara bergengsi yang sangat keren ini, supportnya juga the best ada IDN media. salahs atu platform generasi millenial yang perkembangannya cepat sekali

    ReplyDelete
  8. Salah satu acara bergengsi yang bisa jadi batu pijakan dan loncatan bagi para sineas muda, karena banyaknya kesempatan utk mendapatkan ilmu dan sorotan apabila menyabet gelar penghargaan

    ReplyDelete
  9. masih ada waktu neh sampe 31 Mei, penasaran

    ReplyDelete
  10. Sundace Film Festival : Asia 2022 pada 25-28 Agustus 2022 jadi event yang sangat menarik untuk dilihat nich, apalagi film ini pasti sudah berpengalaman dari event sebelumnya.

    ReplyDelete
  11. Waah Alhamdulillah akhirnya Sundance Film Festival 2022 diadakan offline, perhelatan Akbar buat insan film yaa.
    Semoga saja festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya akan makin seru ya kalau secara offline, sehingga berdebarnya sangat pengumuman makin mencuat lagi

      Delete
  12. IDN Media selalu bikin terobosan ya? Kerennnn
    salah satu dukungannya pada Sundace Film Festival : Asia 2022
    Bikin gak sabar, film apa aja yang bakal tampil

    ReplyDelete
  13. Baru tau saya ada Sundace Film Festival, tapi kayaknya keren yah, apalagi banyak film pendek yang bagus-bagus. Biasanya sih kalau film pendek aku suka nonton di YouTube.

    ReplyDelete
  14. Udah sejak lama saya denger tentang Sundance film festival ini tapi sekalipun saya belom pernah nonton filmnya. Langsung catet ah tanggal maennya. Pasti filmnya keren2 nih. Secara hadiahnya uang cash 2000 dollar gitu loh.

    ReplyDelete
  15. Wahh senangnya ya, kalau event festival film seperti ini diselenggarakan secara offline
    Kemeriahannya jadi lebih terasa ya

    ReplyDelete
  16. event sundance festival asia ini bagus banget ya untuk mendorong kreativitas sineas tanah air. terlebih bagi mereka yang concern di film pendek. menurut saya sih film film di sundance bisa dibilang indie banget, gak biasa dan bagus.

    ReplyDelete
  17. Ini acara seru loh, jadi penasaran pengen lihat juga mba. Apalagi diadakan secara offline ya

    ReplyDelete
  18. Semoga menghasilkan film-film terbaik Indonesia untuk bisa ditampilkan di kancah internasional. Sukses untuk festivalnya.

    ReplyDelete
  19. Wuih keren banget nih ya kak eventnya. Semoga bisa menghasilkan film-film yang terbaik ya di kancah perfilman indonesia

    ReplyDelete
Previous Post Next Post