Anti Panik Saat Anak Luka dengan Produk Penanganan Luka Betadine


"Mama, Yafiq mau potong-potong juga," kata Yafiq putra bungsu saya saat dilihatnya saya sedang berkutat dengan berbagai bahan makanan yang ada di dapur.

Saya berhenti sejenak dari kegiatan memotong buncis yang rencananya akan ditumis bersama tempe. Saya buka kulkas dan mengambil sepapan tempe dan menyerahkannya kepada Yafiq. Tak lupa juga saya serahkan pisau pemotong kue untuknya beserta talenan agar Yafiq bisa mulai memotong tempe tersebut. Tak lama, putra saya itu sudah memotong tempe dalam bentuk yang tak beraturan. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala melihat kelakuannya ini.

Di usianya yang menginjak 3 tahun, Yafiq memang sangat gemar mengeksplorasi sekitarnya termasuk juga area dapur di rumah. Kalau saat ke dapur dia melihat saya memblender bumbu dia juga akan mengambil bawang dan meminta saya untuk mengambil blender untuknya. Kalau saya mau membuat kue dan menggunakan mikser, dengan cepat juga Yafiq mendekat untuk membantu. Tak jarang anaknya juga ngotot mau memecahkan dan menggoreng telur sendiri. Dan seperti ucapan yang saya tuliskan di atas, jika saya sedang memegang pisau, maka Yafiq juga akan memcari pisau dan mengambil bahan apa saja yang bisa dipotong-potong.

Sebagai ibu saya berusaha untuk memfasilitasi eksplorasi yang dilakukan Yafiq dengan mengizinkannya menggunakan pisau atau gunting. Namun tentunya pisau yang saya berikan bukan pisau tajam layaknya yang biasa saya gunakan, melainkan pisau khusus memotong roti yang lebih tumpul. Selain itu tentunya sebagai orang tua saya tetap harus mengawasi anak-anak saat memegang benda tajam seperti pisau dan gunting tersebur. 

Anti panik saat anak luka dengan produk penanganan luka dari Betadine



Meski sudah melakukan berbagai tindakan preventif saat anak sedang bermain atau memegang benda tajam, kadang ada saja kejadian tak terduga yang terjadi dalam keseharian anak-anak saya. Hari itu, misalnya, Yafiq dan Yumna sedang bermain dengan gunting dan tiba-tiba saja Yafiq menghampiri saya sambil menunjukkan jarinya yang sedikit terluka. Untungnya tidak banyak darah yang keluar dari luka tersebut dan saya hanya perlu menempelkan plester di jarinya.

Ada juga kejadian lain di mana Yafiq terjatuh saat sedang berlari dan lututnya berdarah cukup banyak. Nah, kalau sudah berdarah begini tentunya saya harus melakukan perawatan ekstra seperti membersihkan area luka, memberikan cairan antiseptik hingga akhirnya menutup luka tersebut. Karena itulah di lemari penyimpanan obat di rumah selalu tersedia berbagai produk perawatan luka salah satunya dari Betadine.

Betadine sendiri merupakan brand untuk produk antiseptik yang sudah dipercaya oleh masyarakat dan tenaga kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun. Kiprah Betandine dalam dunia antiseptik ini dimulai dari tahun 1969 saat ketika Betadine menjadi produk antiseptik yang digunakan NASA untuk membersihkan Apollo XI. Di Indonesia sendiri Betadine memiliki 4 kategori produk yakni Wound Care (Produk Penanganan Luka), URTI Care (Produk untuk Mulut, Hidung dan Tenggorokan), Feminine Care (Produk untuk Area Kewanitaan), dan Protective Care (Produk untuk Membersihkan Tubuh). Tentunya kita semua sudah familiar dong yang dengan produk-produk Betadine ini.

Adapun untuk produk Wound Care atau penanganan luka dari Betadine terdiri atas 4 macam, yakni:

Betadine Antiseptic Solution



Betadine Antiseptic solution adalah Antiseptik untuk Membunuh Kuman Penyebab Infeksi dengan kandungan Povidone-Iodine 10% w/v. Cara penggunaan produk ini cukup dioleskan atau dikompres pada bagian luka.

Betadine Antiseptic Ointment

Betadine Antiseptic Ointment merupakan salep antiseptik untuk membunuh kuman penyebab infeksi pada luka seperti luka bakar, luka tersayat, luka bekas sunat, luka tergores dan luka kecil lainnya. Produk ini memiliki kandungan Povidone-Iodine 10% w/v. Untuk cara penggunaan Betadine Antiseptic Ointment ini pertama-tama bersihkan luka dengan air bersih, kemudian oleskan Betadine Antiseptic Ointmen 1-2 kali sehari di seluruh permukaan luka dan terakhir tutup luka dengan plester agar terlindungi.

Betadine Antiseptic Solution Stick



Betadine Antiseptic solution stick merupakan solusi praktis antiseptik pada luka untuk membunuh kuman penyebab infeksi pada luka seperti lecet,  terkelupas, tergores, terpotong & terkoyak dengan kandungan Povidone-Iodine 10% w/v. Betadine Antiseptic Solution Stick ini berbentuk seperti cotton bud dan penggunaanya cukup patahkan kapas biru, kemudian oleskan bagian kapas putih yang mengandung Povidone-Iodine 10% ke luka tersebut. Terakhir jangan lupa tutup luka agar terlindungi.

Betadine Plaster



Betadine Plaster merupakan plaster yang tidak melekat pada luka, steril dan kedap air sehingga bisa menghindari infeksi pada luka. Betadine Plaster ini memiliki 3 varian yakni Betadine Plaster Elastic Fabric, Betadine Plaster Junior dengan desain lucu untuk anak-anak dan Betadine Plaster Waterproof Transparent. 

Itulah dia produk penangan luka dari Betadine yang sebaiknya selalu tersedia di kotak atau lemari P3K di rumah kita. Dengan adanya produk penanganan luka dari Betadine ini tentunya ibu tidak perlu panik lagi saat anak terluka saat bermain. Untuk informasi lebih lengkap terkait produk-produk Betadine teman-teman bisa langsung kunjungi website resminya di https://betadine.co.id/ ya! 

Suka dengan tulisan ini? Yuk mampir ke tulisan lain di www.ayanapunya.com!


24 Comments

  1. Item yang harus ada di rumah ini, anak kedua saya sering jatuh saat bermain lari-larian di luar rumah. alhasil banyak baret2 luka di kakinya.

    ReplyDelete
  2. Kadang anak yang luka, yang heboh emaknya. Yang penting tenang dan segera kasih betadine

    ReplyDelete
  3. Wah aku di rumah selalu menyediakan betadine juga. Tapi betadinenya yang obat merah itu. Kalau plesternya ga punya. Malah baru tahu ada pesternya juga. Betadine jadi barang wajib yang harus slalu ada di kotak p3k rumah kami soalnya 😊

    ReplyDelete
  4. aku nih termasuk yang panik kalo anak jatuh dan sampai berdarah trus terluka, huhuhu, makanya harus sedia Betadine di rumah

    ReplyDelete
  5. aku banget nih waktu punya anak kecil kudu kumplit sedia produk perawatan luka. etapi sekarang juga masih selalu sedia betadine di lemari obat. buat jaga2 kalo ada luka ringan

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak ya produk betadine untuk perlindungan terhadap luka. Saya yang kenal dan pernah pakai betadine plester aja

    ReplyDelete
  7. Molly sering banget luka nih butuh betadine. Yg kemasannya stick praktis banget, deh. Baru tahu loh..

    ReplyDelete
  8. Ahh, anak2 tuh menggemaskan sukanya explore mainan di dapur lah, benda2 tajamlah, tentu saja kadang lepass dari perhatian kita, kena luka deh.
    Solusi banget ini produk penanganan luka kek Betadine udah terpercaya juga, wajib nyetok sedari dulu jamannya aku kecil sampe sekarang punya anak.

    ReplyDelete
  9. Wajib ada di kotak obat ya ini mom. Dari dulu selalu percaya sama betadine

    ReplyDelete
  10. Dennise SihombingMay 11, 2022 at 10:45 AM

    Wow lengkap ya mom dari Betadine. Aku baru tahu loh. Aku pikir hanya obat lukanya saja yang selama ini aku pakai kalau anak-anak jatuh. Ternyata lengkap banget

    ReplyDelete
  11. Betadine ini memang jadi andalan para ibu ya mak, karena aku pun di rumah selalu sedia betadine. Apalagi anakku kadang suka wow banget mainnya, ada rasa khawatir saja saat dia bermain.

    ReplyDelete
  12. Wah, ada kemasan baru yach Betadine sekarang? Aku ready juga tuh di lemari obat, Betadine cair maupun yang ditempel. Buat ditaruh di mobil pas traveling juga harus, untuk jaga2 jika terjadi luka pada anak2 maupun kita orang dewasa :D

    ReplyDelete
  13. Kalau punya anak kecil memang sebaiknya punya peralatan P3K lengkap. Eh tapi walau org dewasa juga butuh sih ya. Aku di rumah jg siapin lengkap mulai dari salep, antiseptik, hingga plester. Kadang gak luka krn apa gtu, tapi yg sering kecakar atau kegigit kocenk di rumah yang lagi ngambek hehehe
    Wah Betadine produknya lengkap yaa TFS infonya

    ReplyDelete
  14. Aku di rumah sedia Betadine Antiseptic juga. Besok kayanya mau nambah plester deh. Aku punya yang plester gulung. Lumayan kan buat jaga-jaga kalau kena luka kecil

    ReplyDelete
  15. Masya Allah emang produk betadne ini emnag bermanfaat dan bisa kita rasakan manfaatnya sejak lama yah, Salah satu produk wajib nih di rumah yah, hehehe

    ReplyDelete
  16. Betadine itu udah jadi teman setia ibu-ibu yang punya anak kecil. Meski sampai sekarang aku juga selalu sedia produk betadine untuk nanganin luka dari antiseptik sampai plester, hihiii

    ReplyDelete
  17. Itulah kenapa saya juga di rumah selalu menyediakan persediaan obat antiseptik Betadine. Anak luka lecet saat bermain langsung saja obati dengan Betadine setelah dibersihkan dahulu

    ReplyDelete
  18. Semua produk Betadine membantu kita semua meringankan saat ada kejadian terluka sebagai pertolongan pertama. Tenang banget kalau ada produk Betadine. Tapi aku belum punya Betadine Antiseptic Ointment di kotak obat P3K ku.

    ReplyDelete
  19. Perlengkapan perawatan luka memang sebaiknya tersedia di rumah, apalagi kalau memiliki anak kecil. Yang namanya anak pastinya ingin banyak tahu, ada-ada saja tingkah lakunya yang bikin kita sebagai orang tuanya jadi panik. Terutama kalau ada yang terluka. Di rumah, saya juga selalu mempercayakan Betadine untuk berjaga-jaga.

    ReplyDelete
  20. Betadine memang andalan sejak saya kecil sampai sekarang. Namanya anak anak pasti jatuh kejedot luka naah Betadine sangat cocok supaya luka cpt kering.
    www.gustiyenifamtrip.com

    ReplyDelete
  21. dari kecil aku biasa pake Betadine tapi baru tahu ada Betadine stick, plester, dsb ini. Eh tapi perih gak sih kalau dikasih larutan betadine pas di luka?

    ReplyDelete
  22. Aku juga selalu sedia betadine di rumah. Tapi cuma punya yang plester ama cair itu. Yng ointment ama stick malah baru tau. Harganya berapa mbak. Praktis banget kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau betadine ointment harganya 11 ribuan ukuran 5 gr nya mbak

      Delete
  23. Betadine memang sediaan wajib di rumah. Untuk penanganan luka yang sewaktu-waktu bisa terjadi agar tidak terjadi inveksi. Kualitasnya terjamin dan telah teruji.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post