Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival Asia : 2021


Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival Asia :  2021

Bagi para pecinta film, tentunya tidak asing dengan film pendek. Film pendek merupakan jenis film yang memiliki durasi di bawah 50 menit. Dengan durasi yang kurang dari 1 jam ini, film pendek biasanya memiliki jalan cerita yang sederhana namun tetap memberikan pesan tersendiri untuk penontonnya.

Salah satu film pendek yang berhasil mencuri perhatian adalah film pendek yang berasal dari Yogyakarta, yakni Tilik. Film yang diputar di channel Youtube tepat di hari kemerdekaan Indonesia tahun 2020 itu sukses menjadi viral di mana-mana. Film yang diproduksi oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY Yogyakarta ini menjadi viral karena kisahnya menyentil dan begitu dekat dengan keseharian. Bahkan Bu Tejo, salah satu tokoh dalam film ini menjadi cukup terkenal hingga dibuat memenya. 

Layaknya film berdurasi panjang, film pendek juga bisa bersaing di ajang festival. Salah satu festival yang meapresiasi film-film pendek adalah Sundance Film Festival, sebuah festival film yang diadakan oleh Sundance Institut yang merupakan festival untuk film independen terbesar di Amerika Serikat. Lembaga ini didirikan oleh Robert Redford pada tahun 1981 dan memiliki banyak program untuk menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk.




Di tahun 2021 ini, Sundance Film Festival Asia : 2021 mengadakan Short Film Competition sebagai bagian dari acara festival ini. Acara yang dipersembahkan oleh XRM media dan IDN Media ini berlangsung dari tanggal 17 Mei - 09 Juli 2021 dengan disponsori oleh Argo, sebuah plaform streaming dan kurator film pendek. Kompetisi ini bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global.




Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”

Pengumpulan film dan sistem penjurian



Pendaftaran Short Film Competition ini akan dibuka hingga 9 Juli 2021 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan, dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film antara 3 hingga 20 menit.

Setelah semua film pendek terkumpul, maka juri akan melakukan kurasi sehingga pemenang dapat ditentukan. Adapun juri pada Short Film Competition yang diadakan Sundance Film Festival Asia : 2021 ini merupakan perwakilan dari Sundance Institut, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Para juri tersebut antara lain:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
Selain mendapatkan uang tunai sebesar USD 2.000 yang disponsori oleh Argo, film yang menjadi pemenang kompetisi film pendek ini akan diputar di Sundance Film Festival : Asia 2021 pada bulan September mendatang. Tak hanya itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.

Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival mengatakan, “Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias.”


Mengenal penyelenggara Short Film Competition Sundance Film Festival : Asia 2021

Sebuah lomba tentunya takkan berlangsung tanpa ada penyelenggara. Untuk Short Film Competition Sundance Film Festival : Asia 2021 ini penyelenggaranya adalah XRM Media dan IDN Media dengan didukung oleh Argo selaku media streaming untuk film pendek. 

XRM Media adalah perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan untuk mendukung, l memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. Melalui pendekatan yang inkonvensional, XRM Media memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan一 XRM Media menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat. 

Dalam wawancara terkait penyelenggaraan Kompetisi Film Pendek ini, Michael Chow, Founder of XRM Media menyebutkan, “XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di duni perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global."

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, teman-teman bisa menunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/Sundance Asia.


Baca Juga

Post a Comment

19 Comments

  1. Bisa jadi batu loncatan bagi filmmaker lokal agar dikenal oleh dunia internasional. Mudah-mudah film sekelas 'Tilik' atau yg lebih baik lagi bisa muncul dari ajang ini

    ReplyDelete
  2. Keren Sundance Film Festival: Asia ini kak.. hadiahnya bikin mupeng nih. Sebanyak 2000dolar. Oh ya, saya baru tau Joko Anwar juga jebolan dari Sundance Film Festival: Asia

    ReplyDelete
  3. Film2 pendek tu malah kyknya jalan ceritanya bagus2 krn idenya orisinil dan krn gk ada tuntutan sponsor kudu begini begitu.
    Seru banget ada festival2 kyk gini ya :D

    ReplyDelete
  4. Wah jadi pengin bikin film pendek hahaha padahal gak punya pengalaman. Pasti nya aku lebih suka dengan film pendek karena biasanya makan filmnya itu menyentuh hati meskipun dikemas dalam nuansa kocak.

    ReplyDelete
  5. Programnya bagus banget ya ini jadi bisa melahirkan cineas-cineas muda juga yang memiliki bakat videographer.

    ReplyDelete
  6. Semoga sukses yah event kompetisi film Sundanese nya. Sy jg penasaran pengen tau lbh banyak mengenai budaya lokal

    ReplyDelete
  7. Mantap.. Semoga sukses ya festivalnya dan semoga banyak sineas semakin terinspirasi bikin film bagus

    ReplyDelete
  8. Ya Allah iya jadi inget Bu Tejo ya hahaha.. anw, semoga dengan adanya festival film pendek seperti ini makin banyak memunculkan talent baru ya di dunia perfilman. Jadinya filmnya pun makin variatif dan bersaing.

    ReplyDelete
  9. Film pendek ini bisa menjadi cikal untuk membuat film panjang yang berkualitas.
    Aku salut banget...semoga kompetisi ini melahirkan banyak bakat-bakat dan karya anak muda yang bisa diangkat dan dipersembahkan untuk masnyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  10. banyak nih film-film pendek indonesia yang menang penghargaan di sundance yang pernah aku tonton. emang keren-keren sih filmnya.

    ReplyDelete
  11. Buat para sineas pasti senang dengan kehadiran Sundance Film Festival, jadi menyemangati untuk berkarya menghasilkan film pendek berkualitas

    ReplyDelete
  12. Jaman kuliah tahun 2000 an suka ngikutin film film festival dan nungguin tayang di ccf (pusat kebudayaan francis) Bandung atau dikampus. Sekarang kalau filmnya banyak di review baru cari

    ReplyDelete
  13. keren nih, industri perfilman kita sekarang makin hidup yaa.. semoga beberapa tahun lagi film2 di indonesia lebih variatif genrenya

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya banyak film pendek kita yang bagus bagus ya mba, generasi sekarang juga apik dalam membuat film sayangnya kurang diekdpose oleh media jadi yg tau hanya segelintir orang. Tilik pun baru dikenal setelah viral disosmed

    ReplyDelete
  15. Kesempatan nih, buat para sineas muda untuk unjuk kebolehan siapa tahu bisa viral seperti film tilik. Dan kita juga disuguhi film yang apik..

    ReplyDelete
  16. Ngomongin film pendek, jadi inget film Tilik yang viral itu ya mbak. Dulu pertama aku tau dari status orang-orang di Facebook kok rame banget senada gitu, kirain bahas apa taunya bahas film Tilik.

    ReplyDelete
  17. wahh aku baru tau nih kalau ada Sundance film festival. Jadi semakin banyak anak2 muda yang ingin membuat karya film pendek. Aku suka banget nonton film2 pendek, karena suka banyak pesan yang ngena banget dan ringan untuk di tonton

    ReplyDelete
  18. Sundance ini emang terkenal banget. Aku baru tau bakal ada Sundance Film Asia hehehe. Jadi penasaran sama film film yang diputar di festivalnya

    ReplyDelete
  19. Film pendek punya daya tarik tersendiri menurutku, dengan durasinya yg singkat namun padat menyampaikan konten film. Jadi pengen tahu film2 yg pernah dapet penghargaan Sundance Film Festival. Yg dari Indonesia ada banyak gak ya?

    ReplyDelete