Self Progress dan Hubungannya dengan Membangun Kebiasaan



Jika bicara tentang self progress atau perkembangan diri, saya jadi teringat pada buku tentang memulai kebiasaan karya James Clear yang saya baca di tahun 2022 lalu. Buku ini secara umum membahas bagaimana seseorang bisa mengubah dirinya dengan melakukan perubahan atau progress kecil 1% setiap harinya. Menurut James Clear, hanya dengan melakukan perubahan atau peningkatan 1% setiap harinya maka dalam setahun seseorang bisa lebih berkembang sebanyak 300%. Sebuah hasil yang luar biasa bukan?

Bukunya sendiri sekarang ada di tempat adik saya jadi saya belum bisa mereview secara penuh. Namun ada beberapa kaidah yang bisa diterapkan untuk menunjang kebiasaan baik yang mulai dijalankan ini berdasarkan video review di channel Fellexandro Ruby yakni:

Buat jadi jelas/spesifik

Kaidah pertama dari memulai kebiasaan baik adalah dengan membuatnya menjadi jelas dan spesifik. Contohnya adalah jika kita ingin memulai kebiasaan berolahraga setiap hari maka kebiasaan tersebut harus disebutkan dengan rinci. Alih hanya berkata "Aku akan berolahraga setiap hari," maka akan lebih baik jika kita menuliskan, "Aku akan melakukan jalan kaki setiap pagi setelah salat subuh selama 30 menit."

Buat jadi menarik

Kaidah ke dua dari memulai kebiasaan menarik adalah membuat kebiasaan tersebut menjadi lebih menarik. Contohnya jika ingin rutin jalan kaki setiap hari kita bisa membuatnya menarik atau menyenangkan sambil mengajak pasangan atau sambil mendengarkan musik favorit melalui handphone.

Buat jadi mudah

Kaidah ke tiga dalam memulai kebiasaan baik adalah dengan membuatnya menjadi mudah. Ini adalah salah satu kaidah yang mungkin paling saya ingat. Contohnya adalah ketika kita ingin memulai kebiasaan mengkonsumsi buah setiap hari. Agar kebiasaan ini lebih mudah dijalankan maka salah satu caranya adalah dengan membuat si buah ini mudah dijangkau. Jadi simpelnya, kita bisa meletakkan buah favorit setiap hari di meja makan yang mudah terlihat sehingga setiap kali melewati meja makan kita bisa langsung mengambil dan mengkonsumsinya.

Buat jadi memuaskan

Poin terakhir dari kaidah memulai kebiasaan baik adalah dengan membuatnya jadi memuaskan. Maksudnya di sini berkaitan dengan kepuasan yang akan kita dapatkan dengan memulai kebiasaan baik tersebut. Hal ini bisa berkaitan dengan hadiah atau reward yang akan kita dapatkan jika bisa rutin menjalankan kebiasaan baik tersebut.

Cara mengembangkan progress kecil ala saya

Jika membaca buku dari James Clear tersebut, kelihatannya mudah ya untuk bisa memulai kebiasaan baik ini. Namun kalau boleh jujur, saya masih belum berhasil menerapkan apa yang disebutkan oleh James Clear ini. Mungkin karena memang saya yang kurang konsisten dan kurang kuat usaha sehingga tidak bisa mengkondisikan lingkungan dan diri saya dalam memulai kebiasaan baru dan meningkatkan progressnya setiap harinya.

Meski demikian bukan berarti saya tidak melakukan usaha untuk bisa terus melakukan self progress. Setelah dipikir-pikir, selain dengan menerapkan 4 kaidah dari James Clear ini, menurut saya pribadi ada juga hal lain yang bisa kita lakukan tergait self progress yakni:

Membuat perencanaan

Hal pertama yang dilakukan terkait self progress tentunya adalah membuat perencanaan. Perencanaan ini bisa di berbagai hal. Entah itu rencana kegiatan harian, rencana keuangan keluarga hingga rencana liburan. Kalau dalam ilmu law of attraction, membuat perencanaan ini mungkin bisa masuk dalam kategori scripting atau manifesting ya. Kita bisa menulis berbagai perencanaan dalam catatan yang ditulis secara detail. Dengan membuat perencanaan kita jadi memiliki goal yang jelas sehingga juga memudahkan dalam mencapai sebuah tujuan.

Membuat pencatatan

Selama 2 tahun terakhir saya cukup rutin mencatat berbagai kejadian dalam hidup dalam sebuah buku jurnal. Kegiatan ini terinspirasi dari tulisan tentang bullet journal yang beberapa kali saya baca di tahun-tahun sebelumnya. Meski tak sespesifik bullet journal, catatan kegiatan yang saya tulis ini sangat membantu saya dalam me-recall kembali hal-hal yang terjadi dalam hidup selama 1 bulan termasuk juga job yang saya dapatkan di blog.

Tak hanya mencatat kegiatan harian, saya juga sekarang rutin membuat catatan pengeluaran keuangan yang dimulai sejak tahun pertama saya menikah. Alasan dari rutinitas ini karena setelah menikah saya selalu bingung dengan pengeluaran yang ternyata sangat besar dan akhirnya membuat pencatatan. Dulu saya mengandalkan aplikasi untuk hal ini namun sekarang saya memilih menggunakan google sheet karena lebih mudah dibaca datanya. Pencatatan pengeluaran ini sangat membantu saya dalam melakukan evaluasi keuangan keluarga setiap bulannya sehingga pastinya berpengaruh pada pengaturan keuangan di bulan berikutnya.

Jangan lupa dokumentasi

Hal lain yang juga penting dalam self Progress adalah adanya dokumentasi dari progress yang sedang dijalani. Ibaratnya dalam sebuah proyek, dalam laporannya pasti diminta dokumentasi dari pekerjaan yang dikerjakan tersebut sebagai bukti terlaksananya pekerjaan tersebut. Nah dalam hal self progress dokumentasi juga berguna sebagai bukti dari kebiasaan yang sedang kita jalankan dan bisa menambah motivasi dalam terus konsisten menjalankan kebiasaan tersebut. Tentunya hal ini tidak sulit yaa karena sekarang toh orang-orang suka update foto sendiri. Hehe.

Demikian sedikit sharing saya terkait self progress dan hubungannya dengan membangun kebiasaan. Tentunya tulisan ini juga merupakan sebuah pengingat dan motivasi saya di akhir tahun 2023 ini agar di tahun mendatang bisa lebih berkembang dan memulai kebiasaan baik setiap harinya. 

6 Comments

  1. Membuat perencanaan itu part awal yang penting untuk membuat sebuah progress, at least untuk saya juga nih mba. Jadi kayak start-nya kita tau nih dari mana, goal-nya juga sudah disetting sampai mana, tinggal nanti jalan dari rencana menuju tujuan itu yang bisa fleksibel sih, meskipun sudah direncanakan di awal, biasanya suka berubah di tengah-tengah. Tapi dengan adanya rencana, kita jadi tau ya apa yang mesti dilakukan untuk membuat progress itu, daripada cuma ngawang-ngawang doang.

    ReplyDelete
  2. Iya sih. Kadang tuh emang susah membangun kebiasaan baik karena memang kurang jelas. Istilahnya, udahlah yang penting mah punya kebiasaan baik aja gitu.

    Padahal mah kebiasaan baiknya apa tuh butuh yang spesifik, menarik dan mudah. Biar bisa kita lakukan dengan konsisten.

    ReplyDelete
  3. Beberapa waktu yang lalu saya juga sempet nonton ulasan video tentang kebiasaan baik ini di akun youtubenya Fellexandro Ruby. Saya seneng deh mba Antung kemudian menuliskan ulasannya di blog ini.
    Saya seperti diingatkan kembali untuk mempraktekkan kebiasaan baik tersebut di kehidupan sehari-hari.

    menurut saya 4 poin yang disebutkan diatas, aplicable banget dan cocok buat diterapkan di awal tahun seperti sekarang

    ReplyDelete
  4. Seringnya akutu pas awal tahun, Self Progress dan membangun habit ini berjalan sesuai rencana. Lalu beberapa bulan berikutnya, uda mulai ada pemakluman. Yang sibuk, sakit, anak butuh perhatian, sehingga Self Progress jadi menurun grafiknya.

    Gimana bisa konsisten selalu selama bertahun-tahun untuk menjalani habit yang baik begini?
    Tips ka Antung bisa dicoba nih... untuk segera dipraktekkan juga.
    Haturnuhun, ka Antung.

    ReplyDelete
  5. Kalau molly resolusinya tahun ini mau bikin reels 3x seminggu terus ngeblog 2x seminggu. Mudah2an bisa mewujudkannya hahaa meski ya masih mood2an pasti menjalankannya. Tapi markitry..mari kita try.

    ReplyDelete
  6. Membangun habbit ini bener sekali, meski kecil kalau konsisten beneran bisa mencapai goal karena saya sudah mempraktikkannya. Ketika sakit saya harus tiap hari jalan kaki dan terkena matahari. Saya konsisten setiap hari 60 menit. Alhamdulillah bisa sembuh dan bonus langsing. Padahal diet bertahun2 gak bisa turun BB, hahaha. Ternyata dari hal kecil jika konsisten bisa membangun kebiasaan baik ya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post