Thursday, April 5, 2018

Alasan Tidak Mengikuti Lomba Blog




Apa target nge-blogmu yang belum terwujud?

Jika pertanyaan ini diajukan pada saya, maka saya akan memberikan 2 jawaban. Pertama menaikkan pageviews hingga (pengennya) 1000 views sehari dan kedua menang lomba blog. Ya, sebagai seorang blogger, rasa-rasanya bisa menang kompetisi blog merupakan sebuah prestasi tersendiri. Bukan hanya karena perkara hadiah yang memang menggiurkan namun juga kebanggan karena berhasil mengalahkan puluhan atau mungkin ratusan peserta.

Lomba blog ini sendiri setahu saya terbagi menjadi 2 jenis. Pertama lomba blog yang diselenggarakan oleh pemilik blog perorangan dan lomba blog yang diadakan oleh sebuah brand atau lembaga. Lomba blog yang diadakan secara pribadi biasanya memberikan hadiah yang disediakan oleh pemilik blog atau sponsor. Entah itu berupa barang, voucher belanja/pulsa atau uang tunai. Sedangkan lomba blog yang diadakan oleh brand atau lembaga tertentu tentunya memberikan hadiah yang lebih menggiurkan seperti ponsel, laptop, uang tunai jutaan rupiah, hingga jalan-jalan gratis. Bikin mupeng kan yaaa.

Baca juga : Ngeblog Serius, Jadi Bebankah?


Manfaat Lomba Blog

Jika dilihat dari segi pemasaran, lomba blog bisa dibilang sebagai sarana bagi sebuah brand untuk mengiklankan produknya. Seperti yang kita ketahui,blog saat ini tak hanya berfungsi sebagai catatan curhatan hati pemiliknya namun juga berfungsi sebagai sarana berbagi informasi. Nah,para penyelenggara lomba blog saat ini sepertinya juga memanfaatkan fungsi dalam menyebarkan informasi ini. Dengan mengadakan lomba blog, pihak brand bisa menyebarkan info tentang produknya tanpa mengeluarkan banyak biaya seperti memasang iklan di televisi, misalnya.

Bagi blogger sendiri, adanya lomba blog juga memberikan manfaat yang cukup besar. Di antara manfaat yang didapat dari mengikuti lomba blog ini antara lain:

Meningkatkan traffic blog
Biasanya nih jika ada sebuah lomba blog, maka para peserta akan saling melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar di tulisan yang diikutsertakan. Tujuan dari blogwalking ini sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari mengetahui kelebihan dan kekurangan tulisan peserta, hingga sekadar ingin membandingkan tulisan sendiri dengan tulisan peserta lain. Dengan adanya blogwalking ini tentunya akan berefek cukup bagus pada traffic blog kita.

Meningkatkan kualitas tulisan 
Jika biasanya dalam keseharian kita mengisi konten blog kita dengan tulisan apa adanya, maka dengan mengikuti sebuah lomba blog, kita dipaksa untuk melakukan riset terkait tema yang diberikan. Selain itu kita juga harus pintar dalam mengolah data hasil riset agar nyaman dibaca dan tidak terkesan meng-copy tulisan yang sudah ada. Ini jelas akan membantu kita untuk meningkatkan kualitas tulisan yang bisa jadi meningkatkan nilai jual kita sebagai blogger.

Menuntut diri menjadi kreatif
Hal lain yang bisa didapat dari mengikuti lomba blog adalah kita dituntut untuk menjadi kreatif. Seperti yang kita tahu, lomba blog sekarang ini tak hanya mengandalkan tulisan saja namun kadang meminta pesertanya membuat ilustrasi yang menarik. Tak heran jika sekarang beberapa peserta lomba blog membuat infografis menarik hingga video dalam tulisan yang dilombakannya. Ah, pokoknya keren-keren deh para peserta blog sekarang.

Baca juga : Pengalaman Migrasi Domain dari Wordpress ke Blogspot

Meski banyak manfaatnya, tapi kenapa tidak sering ikut lomba blog?

Sayangnya, meski mengikuti lomba blog memberikan banyak manfaat, ada saja alasan kita untuk tidak mengikutinya. Untuk saya pribadi, beberapa alasan yang membuat saya tidak banyak mengikuti lomba blog antara lain:

Tidak suka berkompetisi
Sejak dulu saya memang bukan orang yang suka berkompetisi. Mungkin ini pengaruh dari karakter plegmatis yang saya miliki. Selama sekian tahun ngeblog, tak banyak lomba yang saya ikuti. Jangankan lomba, kadang give away pun saya skip jika pesertanya lumayan banyak. Untungnya, dengan semakin menggiurkannya hadiah lomba blog, sekarang rasa malas berkompetisi itu mulai berkurang dan saya mulai berani mengikuti beberapa lomba.  

Memilih ikut lomba yang temanya dikuasai
Selain karena tak terlalu suka berkompetisi, hal kedua yang menjadi alasan tidak sering ikut lomba blog adalah perihal tema. Kadang saya memilih lomba yang temanya benar-benar saya kuasai. Misalnya, lomba dengan tema pengalaman pribadi yang notabene lebih gampang ditulis ketimbang lomba dengan tema ilmiah, misalnya. Padahal bagi beberapa orang, mengikuti lomba dengan tema yang tak dikuasai malah bisa menjadi tantangan tersendiri. Nah kalau menurur saya, masalah penguasaan tema ini bisa diatasi dengan sering melakukan riset dan banyak membaca.

Tidak percaya dengan diri sendiri
Alasan terakhir kenapa saya jarang ikut lomba adalah tidak percaya dengan diri sendiri alias cepat minder jika melihat tulisan peserta lain. Nah, masalah tidak percaya diri dengan tulisan ini sendiri biasanya berkaitan dengan konten yang terasa kurang berkualitas akibat minimnya data dimiliki dan riset dilakukan Kali terakhir, misalnya. Saya sudah niat banget ingin ikut salah satu lomba blog bertema diare. Saya sudah menulis beberapa paragraf kalimat dan mengumpulkan beberapa referensi. Jelang deadline, bermunculan lah tulisan para peserta. 

Saya pun membuka satu persatu link yang diberikan. Hasilnya, saya yang baru menulis beberapa kalimat pembuka langsung keder dan kehilangan semangat untuk melanjutkan draft tulisan. Apa pasal? Draft lomba yang saya miliki masih sangat mentah dan minim data. Belum lagi beberapa kalimat masih terkesan copy paste. Akhirnya saya pun memutuskan untuk melanjutkan membaca tulisan para peserta saja. Setidaknya setelahnya dengan membaca tulisan peserta ini saya mendapatkan beberapa masukan baru jika mengikuti lomba yang lain.

Sekian curhat dari saya terkait lomba blog. Semoga saja ke depannya saya bisa mengikuti lomba blog dengan lebih total dan bisa jadi salah satu pemenang.

81 comments:

  1. Akupun juga jarang ikutan lomba blog mbak, alasannya? kurang lebih ssama dengan alasan mbak antung hihihi.
    Secara lomba blog sekarang dengan dulu sudah jauuuh berbeda, dalam segala hal. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Mba Ivon ingatkan aku pd beberapa tahun lalu. Lomba blog yang saya ikuti dulu seringnya SEO jadi kalau sekarang sedikit kagok karena sistemnya beda.

      Delete
  2. Saya juga kalau ikut lomba pilih-pilih Mba. Bener cari yang kita kuasai. Soalnya kalau ikut lonba yang ga kita kuasai itu, melelahkan dan kurang dapet rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kalau temanya dikuasai bisa lebih total ya mengerjakannya

      Delete
  3. Nah nggak PD. Itu yg aku banget. Tempo lalu aku menang lomba blog berkat salah satu teman yg abis abisan support jelang deadline mba. Huhu. Dan tau gak, skrg aku ketagihan hahaa

    ReplyDelete
  4. Alasan terbesar knp gak ikut lomba blog adalah..

    Lupa ama deadlinenyaa.hahahhaha..

    Parah banget ini mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Iya juga nih kadang suka lupa sama deadline ya

      Delete
  5. Iya sih, kadang temanya kita kurang paham atau kurang pengalaman..
    Saya juga mau ikut lomba gitu kudu milih-milih temanya

    ReplyDelete
  6. Saya juga jarang ikut lomba blog. Menurut saya lomba blog itu susah karena banyak aspek yg dinilai. Ya tulisannya, SEO, kreativitas, pageview, dll. Saya sendiri masih kurang pede Mbak, kalau nulis buat lomba blog yg harus promoin barang gt. Karena jatuhnya jd 'menjilat' banget, ga elegant :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Ikut lomba blog sekarang tantangannya lumayan berat. Makanya makin nggak pede aja. Heu

      Delete
  7. Aku termasuk yg sering ikut lomba, mbak. Memang benar, mengasah kreativitas banget. Dan aku pun milih2 juga, Mbak, kalo ikut lomba. Yg bener2 menguasai dan peluang menangnya besar. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ngapain ikut lomba kalau peluang menang kecil ya, mbak.

      Delete
  8. Iya nih. Sering banget tidak pede dengan diri sendiri. Berpikir tulisan enggak bagus, fotonya jelek nggak kayak blognya orang-orang. Padahal kalau mau compare itu, ya compare sama diri sendiri kemarin. Bukan sama orang lain.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Harusnya compare sama tulisan diri sendiri. Trus tulisan orang buat bahan belajar ya

      Delete
  9. Bulan ini banyak banget lomba lho, Mbak. Hayukkk, masak nggak kegoda, hehehe. Btw saya juga pernah cuti nggak ikut lomba ngeblog. Semacam "lelah". Trus pas dapat kesempatan menang hadiah hiburan beberapa kali, kok jadi tertantang lagi. Tapi ya itu, saya pun mencari yang sifatnya saya kuasai saja. belum canggih euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget, mbak. Tiap bulan kayaknya selalu ada lomba. Kegoda sih pasti. Cuma ya itu suka nggak pede. Hehe

      Delete
  10. Setuju kalau ikut lomba yang temanya kita kuasai saja..karena kalau tidak tulisan kita nampak sekali tidak bernyawa..
    Saya ikut lomba selain untuk manfaat di atas diantaranya karena jadi ada ide untuk posting apa hahaha, padahal setelah BW ke peserta lomba lainnya, saya juga minder dan baper! hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Lomba juga bisa jadi pemancing ide buat ngisi blog yaa

      Delete
  11. Betul..
    Numpang menambahi ya mbak..

    menurut saia kalau terlalu banyak mengikuti lomba, bisa bikin identitas blog menghilang karena harus ikut aturan dalam lomba tersebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya juga yaa. Salah-salah bisa dijuluki tukang ikut lomba. Heu

      Delete
  12. Tulisan Mbak Antung baguuss.. Yukk mbak ikutan aja hehehe..
    Saya juga juga gak sering-sering banget sih ikutan lomba. Dan kalau pun ikut, liat-liat dulu temanya. Saya lebih milih yang topiknya cocok dengan blog saya.
    Makasih sharingnya ya Mbak (",)

    ReplyDelete
  13. Bener banget semuanya, aku juga males lantaran poin yang disebutkan mba semua. Dan lantaran aku newbie jadi aku prioritas ngisi blog sendiri dulu dengan image aku pribadi, hehe, dilalah kebetulan gaya tulisanku sama yg biasanya menang lomba itu ga sama, aku cenderung nyantai informatif dan hahahihi sedangkan yg diinginkan pihak penyelenggara itu yg serius dan formal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang memang kayaknya dituntut informatif banget kalau mau ikut lomba, fika. Aku yang suka malas riset ya jadinya harus usaha keras deh

      Delete
  14. Seumur2, aku cuma pernah ikut 1 lomba yg tulisan pemenangnya dijadiin novel kompilasi, dan 1 giveaway dari seorang blogger. Aku ikut krn temanya sesuai blogku traveling. Dan krn hadiahnya menarik

    Tp skr ini, aku jg udh ga tertarik ikutan lomba. Pertama krn kerjaan kantor yg bener2 menguras waktu. Ga sempet sih mba kalo hrs melakukan riset lg dan segala macam. Jd drpd tulisanku so so, mnding ga ikutan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ngoyo ya, mbak buat ikutan lomba. He

      Delete
  15. jarang ikutan krn aku pilih yang aku suak temanya, skrng mah lbh banyak meriview produk dan aku paling gak bisa merivew

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos, mbak. Kadang tema lombanya berasa berat banget

      Delete
  16. Lebih memilih lomba blog yg sesuai dg tema yg disukai saja,, nanti yg lainnya mah mengikuti

    ReplyDelete
  17. Aku juga kurang suka berkompetisi, cuma rasanya menantang diri itu kadang seru juga mba Antung :D

    ReplyDelete
  18. Bener banget. Kadang .ales ngelomba karena males berkompetisi. Pengen nulis lepas. Kalo ga menguasai tema nya sih udah pasti aku babay dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau yang ikut sudah para Master ya. Heu

      Delete
  19. Aku juga jarang si mba ikut lomba..
    Menang apalagi.. ikutnya aja jarang..
    Kadang ikut lomba, karena temanya suka (cuma nanti ngerjainnya mepet DL, jd nggak max)..kadang aslinya ga memguasai tema, tapi blog lama ga diupdate..

    Ha..ha, jd gitu deh. sering jd penggembira aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya, mbak. Sekarang sih pengennya kalau ikut lomba benar-benar serius ngerjainnya

      Delete
  20. Nahh ini sering juga ku alamin aplg yg alasan terakhir wkwk tp kadang aku sibuk dan takut keteter sih intinya makanya kadang ga ikut lomba blog wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Aku kadang suka ikutan lomba buat menantang diriku sendiri, mba. Terkadang lomba bikin semangat nulis walau kalah :p. Tapi ya diiiringi ama nulis organik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Apalagi kalau hadiahnya pas yang dipengenin yaa

      Delete
  22. Awal ngeblog nyoba2 deh ikut lomba. Makin kesini makin ngeri gmn perasaan mb antung. Ya.. Pokonya jalanin aja lah. Kalau lombanya pas bangey dg minat kita kn mesti dicoba jg. Hehe. Tetap semangat mb antung.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah sebaliknya. Dulu nggak minat ikut lomba sekarang minat tapi saingannya keren-keren semua

      Delete
  23. Saya juga cuma ikutan kalo temanya sy kuasai aja. Selebihnya biasanya ya skip deh wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau temanya dikuasai lebih gampang ya ngerjainnya

      Delete
  24. Aku yang "ga mau berkompetisi" itu, soalnya dari zaman sekolah memang ga suka bersaing-saing gitu sih. Jadilah, kebawa sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rima fokus di nulis dan berbagi aja ya kayaknya

      Delete
  25. Ada teman ternyata... hehe... saya pun ngga hobi kompetisi jadi blog nggak pernah buat ikut lomba. Buat bersenang2 sharing ide2 aja. Blog view berapa per hari juga nggak masalah. Kalau mampir di blog yang isinya kebanyakan promo serasa baca majalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya, mbak. Kadang blogger harus bisa menyeimbangkan tulisan di blognya biar nggak kebanyakan iklan

      Delete
  26. Kalo aku, alasan terbesarku nggak pernah ikutan lomba blog adalah karena... malas 😅😆 Sempat beberapa kali mau ikutan lomba, tapi trus nggak jadi gara-gara males nyari data dan referensi 😂 Yang diare itu aku juga sebenernya niat ikutan. Udah nyiap-nyiapin bahannya juga, tapi... ternyata aku lupa sama deadline-nya. Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku aslinya juga malas nyari data dan riset. Pengennya lomba itu yang beneran pengalaman aja. Apa daya sekarang lomba blog semua memerlukan riset dan data

      Delete
  27. Duluuu awal2 ngeblog, aku rajin ikutan lomba blog.. karena blm ikutan komunitas apa2 ngga kenal blogger2 cetar dan ikuta tanpa beban, alhamdulillah pernah sih menang satu - dua kali juara 3 or hiburan :D tapi setelah masuk dan ikutan beberapa komunitas, baru tau kl yg ikutan lomba blog itu dashyat2 hahahahha.. ku langsung jiper, malah ah hahaha... baru2 ini ikutan lomba karena punya pengalaman aja mengenai temanya, blm ada pengumuman pemenang, kalau ngga menang ya udah ngga rejeki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Aku juga pas ikut komunitas baru sadar kalau ikutan lomba blog itu berat. Mending ikut give away blog kayaknya.hehe

      Delete
  28. Awal ngeblog, Saya doyan banget ikut lomba blog, namun belum membuahkan hasil. Kelemahan Saya selalu posting saat DL. Saya akui manajemen waktu masih kurang baik. Pernah baca beberapa tips dari blogger yang sering menang lomba, mereka riset, nyiapin konten & nulis jauh-jauh hari dari DL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, para master lomba itu pastilah persiapannya oke ya. Tapi biasanya mereka postingnya dekat DL juga. Hihi

      Delete
  29. wah.. bnyak juga ya keuntungan dari mengikuti lomba blog. Wah aku belom pernah nih ikut blog competition.. aku harus nyoba nihh

    ReplyDelete
  30. aku ga pernah ikut lomba blog, tapi jadi kepikiran pengen ikutan gara-gara tulisan mba, hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak coba ikutan lomba blog sesekali :)

      Delete
  31. Aku suka ikut lomba karena untuk ngasah skill nulis. Dan ikut kompetisi itu buatku ngasah mental juga sih haha. Gmn rasanya sering kalah tp gak lantas jadi ogah nulis lg. Malah makin semangat. Jd lebih woles ngadepin jatuh-bangunnya kehidupan #tsaahhh. Mungkin ku jg perlu nulis alasan dan manfaatnya ikut lomba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ikut lomba sebenarnya sangat mengasah skill nulis kita. Ayoo ditulis alasan ikut lombanya :)

      Delete
  32. Hai mba, tulisannya mengambar aku banget. Aku juga baru2 aja bisa nulis blog lagi ya karena waktu itu ketagihan ikut blog competition. Sejauh ini belum pernah menang lomba yang sampai dapat uang tunai atau hadiah mengiurkan. Kadang putus asa sih mba, apalagi aku belum punya domain sendiri, jadi disitu mindernya minta ampun heheh


    Aku minta folback ya mba,
    Oh iya klau gak sibuk,mohon mampir sebentar ditulisan lomba blog saya ya mba...hehehe lomba blog bagi pemula seperti saya ^^

    https://nheyta.blogspot.co.id/2018/04/jelajah-nusantara-di-tana-toraja.html#gpluscomments

    Terima kasih mba Antung Apriana ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya makin sering ikut bakal makin bagus tulisannya. Dan katanya tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Jadi yakin aja pasti satu saat bisa menang lomba. He #sokbijak

      Delete
  33. Belum pede untuk ikut lomba blog, ngeblog aja gue masih belajar,,hehe

    ReplyDelete
  34. Kalau saya punya target sendiri. minimal 2 kali ikut lomba blog dalam sebulan. Manfaatnya seperti yang mba jembrengin di postingan di atas. Tapi soal menang dan kalah balik lagi ketentuan Allah dan jurinya, mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren targetnya, mbak. Kayaknya bisa ditiru nih

      Delete
  35. pede aja mba, jangan gak pede. masalah kualitas tulisan/foto dan lain-lainnya kan subyektif. diniatin aja buat latihan bikin konten biar bisa meningkatkan kualitas konten terus menerus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Memang tetap harus pede ya sama tulisan sendiri

      Delete
  36. Alasannya bisa dimengerti mbak, aku juga jarang ikut lomba, dan yg pasti kalo ikut lomba mesti milih yang temanya aku kuasai.

    ReplyDelete
  37. Aku juga sering merasa minder ikutan lomba blog. Tapi pas nyoba malah suka, karena mau nggak mau aku mesti belajar tentang penulisan dan tetek bengeknya. Tapi tetep,, ikutnya lomba yg sesuai tema.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Ikut lomba sebenarnya mengasah kemampuan kita

      Delete
  38. Dulu sering banget ikut lomba blog untuk mempertajam skill nulis sama naikin traffic mbak wkwkw. . tp semakin kesini aktivitas kampus makin padat jd uda absen lama dr lomba blog, niatnya pengen ikutan lomba blog lagi karena lambat laun kemampuan nulis menurun tajam wkwkw :" semogaaa bisa. . btw makasih sharingnyaa ya mbak, salam kenaal jugaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Makasih sudah mampir yaa

      Delete
  39. Wah samaan mb, akupun jarang ikut lomba, liat temanya dulu menguasai apa tidak, persyaratannya cocok apa enggak setelah itu saya kmbalikan ke mood saya. Menang/ kalah Alhamdullilah tp terkadang saya juga mundur teratur kalo yg ikut langganan juara dan lebih berpengalaman xixixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat tulisan langganan juara itu rasanya langsung minder. Hihi

      Delete
  40. Aku paling males ikut lomba blog sebenernya, apalagi yang topiknya di luar niche sendiri. Trus sekarang juga keliatan banget kalo lomba dibikin dengan tujuan naikin brand awareness. Jadi modal hape atau laptop sekian juta, tapi kontennya langsung masif di blog2 terkemuka. Kalo menang nggak menang, si brand tetep dapet awareness-nya.

    Duh, ini pemikiran peritungan banget ahahaha! Intinya gitu lah mba, aku mikir banget dan lihat bener2 keuntungannya apa buat blogku kalo ikutan lomba. Nggak sekedar mengejar hadiah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Menurutku juga gitu. Brand diuntungkan dengan banyaknya peserta lomba yang membahas produknya. Jadinya iklan gratis deh. Hihi

      Delete