Layanan Cloud Storage yang Wajib Diketahui

Layanan Cloud Storage yang Wajib Diketahui


Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan akan media penyimpanan data memang semakin besar. Jika di masa saya kuliah dulu data masih bisa disimpan di disket berkapasitas 1,44 MB, maka sekarang bahkan flash dish dengan kapasitas ratusan giga pun rasanya cepat sekali habisnya. Hal ini karena data yang disimpan kadang tak lagi data berupa dokumen namun sudah berbentuk video dengan ukuran yang juga semakin besar.

Untuk bisa mengakomodir kebutuhan media penyimpanan data yang semakin besar ini, hadirlah produk-produk seperti flash disk hingga juga hard disk yang bisa menyimpan data hingga 1 atau 2 TB.  Saya jadi ingat belasan tahun yang lalu, saat akan menjalani sidang untuk tugas akhir, saya membeli sebuah flash disk berkapasitas 128 MB. Di masa itu, flash disk merupakan barang yang baru bagi kami para mahasiswa dan dunia teknologi komputer Indonesia. Harganya pun terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp. 170.000,00 di mana berdasarkan situs perbandingan harga, angka itu sekarang sudah cukup untuk membeli flasdisk dengan kapasitas 64 GB.

Keberadaan perangkat penyimpan data dengan kapasitas yang besar ini memang sangat membantu kita dalam menyimpan berbagai dokumen hingga juga kenangan berupa video. Namun di lain pihak penyimpanan dalam bentuk perangkat keras juga memiliki kekurangan salah satunya adalah produknya yang harus selalu kita bawa dan adanya risiko kehilangan data entah itu dari barangnya yang hilang atau malah medianya yang kena virus sehingga menghapus data di media penyimpanan tersebut.

Layanan Cloud Storage untuk menyimpan data 

cloud storage IndiHome


Di tahun 2020 yang lalu, kita semua mendapat kejutan dengan kehadiran virus bernama Corona yang berhasil mengubah tatanan dunia. Ada banyak sekali perubahan yang terjadi selama wabah Corona ini menyerang salah satunya adalah aktivitas kerja dari rumah hingga juga sekolah di rumah yang hadir karena di masa itu kita tak bisa lagi bebas ke luar rumah untuk menghindari penyebaran virus Corona ini.

Adanya kebijakan kerja dari rumah tentunya juga menghadirkan kebutuhan baru yakni kehadiran internet yang cepat dan stabil untuk mendukung pelaksanaan kerja dari rumah ini. Kegiatan seperti rapat, proses pengiriman data hingga juga presentasi memerlukan internet yang cepat dalam penyelesaiannya. Tak hanya itu, dalam hal penyimpanan dan berbagi data juga kini tak bisa lagi mengandalkan media penyimpanan fisik karena kita tidak bisa bertemu langsung dengan penerima data.

Nah untungnya di era digital sekarang masalah penyimpanan data bukanlah hal yang rumit lagi. Selain menggunakan media penyimpanan fisik, kita juga bisa menggunakan layanan penyimpanan data online atau cloud storage yang disediakan berbagai situs teknologi. Ada banyak kelebihan yang bisa didapat dengan menggunakan layanan cloud storage ini salah satunya adalah data bisa diakses kapan saja dan di mana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet. Berikut adalah beberapa layanan cloud storage yang bisa kamu coba:

Google Drive

Bagi pengguna setia Googe tentunya sudah tidak asing lagi dengan penyimpanan data online dari Google ini. Google Drive dapat menyimpan data hingga 15 GB secara gratis dan jika kapasitas tersebut sudah penuh, kita bisa menambahnya dengan layanan berbayar hingga 1 TB. 

Dropbox

Dropbox merupakan layanan penyimpanan data online yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi data dengan pengguna lain dengan menggunakan sinkronisasi data. Untuk layanan penyimpanannya, Dropbox menyediakan kapasitas 2 GB secara gratis dan jika ingin kapasitas lebih bisa berlangganan setiap bulannya. 


One Drive

One Drive merupakan layanan penyimpanan data online dari Microsoft yang merupakan bagian layanan daring Windows Live. Selain menghadirkan fitur penyimpanan gratis sebanyak 5 GB dan berbayar hingga 1 TB, One Drive juga menghadirkan fitur editing via web untuk file-file dokumen office seperti Word, Excel, Power Point dan One Note.

iCloud

Salah satu penyimpanan data online yang juga sangat populer adalah iCloud yang khusus diperuntukkan bagi pengguna MAC dan iOS. iCloud memungkinkan penggunanya untuk menyinkronkan data-data ke berbagai perangkat seperi iPhone, iPad, iPod Touch, Mac serta komputer secara bersamaan. Untuk penyimpanan datanya, iCloud menyedian penyimpanan gratis sebanyak 5 GB.

Box

Box merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan berbagi berkas dan manajemen konten daring yang berpusat di Redwood City, California. Didirikan tahun 2005, perusahaan ini memberikan layanan penyimpanan awan dan penyimpanan berkas untuk pribadi dan bisnis. Box memberikan layanan penyimpanan gratis sebanyak 10 GB bagi pengguna barunya dan bisa diupgrade hingga 100 GB dengan penambahan biaya.

Mega

Mega merupakan layanan penyimpanan online yang berbasis di Seladia Baru dan memberikan layanan penyimpanan gratis yang cukup besar yakni 50 GB kepada anggotanya sementara untuk layanan berbayar hingga 8 TB. Mega memiliki fitur keamanan di mana semua file yang dienkripsi secara lokal sebelum di-upload. Hal ini dilakukan untuk mencegah siapapun mengakses file tanpa mengetahui kunci yang digunakan untuk mengenkripsi data. 

Cloud Storage for IndiHome

Sebagai penyedia internet terbesar di Indonesia, Indihome dari Telkom Indonesia selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. Bagi kamu pelanggan IndiHome, sekarang penyedia internet dari Telkom Indonesia ini juga menyediakan layanan penyimpanan data online yakni Cloud Storage for Indihome. Di Cloud Storage for IndiHome ini kita bisa menyimpan berbagai macam data mulai dari foto, dokumen dan juga video. 

Berbeda dengan layanan penyimpanan lainnya, Cloud Storage for IndiHome memberlakukan biaya langganan mulai dari Rp. 16.000/bulan yang bisa menyimpan data hingga 50 GB dan jika dirasa kurang kita bisa upgrade hingga 300 GB tentunya dengan biaya langganan yang berbeda dari sebelumnya. 

Dengan hadirnya berbagai media cloud storage tentunya sangat memudahkan bagi kita dalam hal berbagi dan menyimpan data dalam jumlah yang besar. Namun tentunya untuk bisa menyimpan dan berbagi data ini kita memerlukan jaringan internet yang stabil dan cepat agar proses penyimpanan data selalu lancar. Provider internet IndiHome sebagai penyedia layanan internet menyediakan berbagai paket internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

40 Comments

  1. Terima kasih infonya, Kak. Jadi nambah ilmu soal penyimpanan data nih.

    ReplyDelete
  2. Kebayang dulu nyimpen data masih pake disket atau flashdisk yang cuma bisa nyimpen berapa giga aja. Sekarang enak banget apalagi ada Cloud Storage for IndiHome yang bisa nyimpen data gede secara online.

    ReplyDelete
  3. Saya ngalamin tuh waktu kuliah pakai disket. Ampun deh ribet banget.

    ReplyDelete
  4. Wahh ada yaa skrg Cloud Storage for IndiHome ih beneran baru tahu lho aku mbaa, kemana ajaaa coba aku nih haha. aslii soalnya butuh banget

    ReplyDelete
  5. Nggak kebayang sih bakalan ada teknologi cloud storage begini. Saya masih ngalamin juga ngeliat disket, meskipun nggak make, sama flashdisk tentunyaa. Setelah FD ada HD eksternal yang hits juga pada masanya. Sekarang mau nyimpen data banyak pilihan cloud storage dan bisa dibuka kapanpun di mana pun nggak takut ketinggalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kannn, kebayang sekarang masih pake disket atau flash disk, butuh berapa bijiii??? Alhamdulillah sekarang semakin dimudahkan dengan teknologi digital yang makin maju.

      Delete
    2. Belum lagi kalau flasdisknya rusak ya. Entah udah berapa kali tuh aku punya FD rusak mulu beserta kehilangan data dong T_T

      Delete
  6. Aku tim OneDrive, soalnya enak mau ganti pc/laptop tinggal masukin akun Microsoft, datanya udah ada di OneDrive semua. Ga perlu repot pindah2 data. Dan enaknya dia sekaligus ada paket untuk office + windows nya

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata Indihome memiliki layanan cloud storage juga ya, selama ini aku langganan di Google Drive soalnya kapasitas free yang diberikan ngak cukup, soalnya aku nyimpan banyak foto dan video zaman anak-anak masih kecil. Selain itu, nariknya juga enak dan mudah, bisa dari berbagai perangkat. Cussslah...langsung cari tahu tentang layanan cloud storage dari Indihome.

    ReplyDelete
  8. Media penyimpanan digital begini emang sangat berguna ya. Dan IndiHome sekarang makin cakep aja ya Kak. Ada layanan cloud storage nya.

    ReplyDelete
  9. Baru tahu IndiHome juga mengeluarkan produk cloud storage. Bisa dicoba nih buat penyimpanan data

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tahu kalau IndiHome menyediakan layanan storage digital
    Makin memudahkan para pelanggannya ya

    ReplyDelete
  11. Nyimpan file di cloud storage memang lebih efisien sih dibanding storage kayak flashdisk dan lainnya cuma aku baru tau jg loh kalau ada storage dari indihome

    ReplyDelete
  12. Jadi andalan aku sejak 2017an nih cloud storage ginii. Soalnya suka kepenuhan sama foto, nah aku pakai google photos untuk naro semua foto jadinya. Nyaman banget karena bisa rutin dibackup, jadi hp bisa lega lagi setelah semua diupload ke google photos

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang memang butuh storage untuk menyimpan file data yang besar yaa.. karena sayang banget kalo dikit dikit dihapus, memang harus tahu layanan cloud storage, jadi bisa pilih sesuai kebutuhan dan bisa terus memproduksi konten deh

    ReplyDelete
  14. ya lumayan juga harganya kalau ga salah, kayanya cocok juga buat orang kantoran ya Mbak Antung

    ReplyDelete
  15. Baru tau kalo indihome punya layanan cloud storage mbak. Ngebantu banget buat simpen2 data ya. Selama ni ngandelin gdrive sama dropbox aja

    ReplyDelete
  16. Cloud storage sekarang kapasitas penyimpanannya lebih besar ya Mba. Zaman saya SMP dulu masih nyimpen pakai disket deh. Makin canggih ya teknologi sekarang, begitu juga dengan IndiHome yang terus berinovasi buat kenyamanan pelanggannya

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalau IndiHome ada layanan cloud. Dan harganya lumayab terjangkau dengan kapasitas yang juga lumayan besar

    ReplyDelete
  18. Aku pake google drive dan dropbox. Abis ini mau coba yang dari IndiHome, ah

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu ada cloud storage for IndiHome . Jadi memudahkan sekali untuk menyimpan data ya. Selama ini andalan aku google Drive mba. Makasih mba. Jadi nambah informasi

    ReplyDelete
  20. Saya pakai Google Drive berbayar. Kalau gratisannya pakai One Drive. Ternyata IndiHome juga punya, ya. Bakal menyenangkan bagi pelanggannya, nih

    ReplyDelete
  21. Aku pakai nih beberapa layanan storage, karenan memang sangat membantu sekali. Apalagi untuk yang sering bebikinan konten atau banyak mengerjakan file di smartphone atau tablet. Kebantu banget sih ini.

    ReplyDelete
  22. Kebutuhan ruang penyimpanan data makin lama makin bertambah ya storagenya, apalagi sejak sering bikin video bisa-bisa cepat full nih. Untungnya sekarang ada layanan cloud storage yang bisa dijadikan andalan nih, yang memungkinkan kita bisa memakai layanan lain yang biasa digunakan kaya Google Drive dll

    ReplyDelete
  23. Hihi, jadi inget zaman kuliah juga, beli flash disk 1 GB sekitar 100 ribu harganya. Alhamdulillah ya Mbak sekarang teknologi semakin maju, mau nyimpen data-data ada banyak pilihan media penyimpanan. Cloud Storage for IndiHome salah satu pilihannya.

    ReplyDelete
  24. aku belum pakai, di hp masih ada ruang penyimpanan tapi lumayan juga ya buat nyimpan foto karena aku sendiri langgana gdrive huhu naik terus karena fotonya juga banyak

    ReplyDelete
  25. Saat ini aku masih pakai Google Drive aja, belum yang lain. Mungkin yang pengusaha atau ada usaha lain, butuh cloud storage yang lebih besar. Lagian sekarang banyak yang nyediain dan terjamin pula kaya IndiHome

    ReplyDelete
  26. Kagum banget karena kini sudah ada Layanan Cloud Storage untuk menyimpan data dari IndiHome.
    Selama ini yang kebayang storage cuma ada di gdrive atau dropbox.
    Kalau ada storage IndiHome yang aman dan terjangkau, bisa banget back up segala macam data digital.

    ReplyDelete
  27. wah ternyata banyak yaa, saya tahunya cuma google drive aja, ternyata ada berbagai macam yaa, malah ada yang one drive yaa. makasih infonya

    ReplyDelete
  28. Info yang bermanfaat buat org yang suka nimbun file digital nih hahaha :P
    Aku malah baru ngeh kalau Indihome ada layanan ini. Nanti coba aku cek ah apakah aku punya paket ini apa gak? Kan mayan buat saving data2 atau file2 gitu.

    ReplyDelete
  29. aku pakai cloud storage juga buat back up data-data pekerjaan. Sekarang ini butuh ruang penyimpanan digital yang guedeee ... dari nama di atas, aku pakai gdrive, onedrive, dan drop box. Lumayan lah masih free.

    ReplyDelete
  30. Pakai dropbox pertama kali jaman kuliah buat backup data skripsi sama tesis. Sekarang iCloud buat HP sama gdrive buat backup scan document

    ReplyDelete
  31. Wah Indihome punya cloud storage juga keren banget ya emang sekarang ganti HP juga cepet penuh karena kualitas kamera makin canggih juga, makasih mba informasi nyaa

    ReplyDelete
  32. Wahh.. saling terintegrasi yaa antara layanan cloud storage IndiHome dan internet cepat. Cukup sekali daftar di web IndiHome, kita bisa akses dan langganan layanan yg diinginkan.

    ReplyDelete
  33. Jaman sekarang makin canggih. Menyimpan data tanpa ribet. Bahkan ratusan giga pun oke. Storage for IndiHome ini ngebantu banget kita yang punya file banyak tapi gak ada space lagi buat menyimpannya. Biaya lauanannya per bulan juga murah meriah.

    ReplyDelete
  34. Aku selama ini masih di google drive, terimakasih infonya ternyata banyak ya pilihan penyimpanan cloud selain google drive.

    ReplyDelete
  35. Selama ini biasa pakai google drive sih mbak, beneran baru tahu kalo layanan cloud storage itu ada bermacam-macam. Tapi nggak tahu kenapa berasa aman saja ya, kalo nyimpen di google gitu.

    ReplyDelete
  36. sekarang makin mudah menyimpan data termasuk dengan produk IndiHome ini. IndiHome yang selalu berinovasi memanjakan pelanggannya

    ReplyDelete
  37. Lah ternyata Indihome juga punya layanan cloud storage yaa, baru tahu. Selama ini aku baru pakai Google Drive aja, next mungkin bisa juga nih coba dari indihome

    ReplyDelete
  38. Selama ini cuma andalkan google drive aja buat penyimpanan eh tapi baru tahu nih IndiHome juga punya layanan cloud storage ya, biaya langgan perbulannya terjangkau pula. Boleh nih jadi pilihan kalau butuh layanan ini

    ReplyDelete
Previous Post Next Post