Menyantap Makanan Jepang Halal di HokBen Duta Mall Banjarmasin




Saat mendengar kabar kalau Hokben akan membuka cabang di Duta Mal Banjarmasin, saya senang bukan main. Pasalnya, seumur hidup saya belum pernah mencoba menu di restoran yang satu ini. Padahal restorannya sudah berdiri sejak tahun 1985 lalu dan sangat terkenal di kalangan pecinta masakan dengan cita rasa Jepang. Apalagi Hokben juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI jadinya pasti aman dikonsumsi umat muslim.

Hokben sendiri merupakan restoran cepat saji asli Indonesia yang mengadopsi makanan Jepang yang didirikan oleh Hendra Arifin di bawah naungan PT. Eka Bogainti. Untuk bisa menyajikan masakan dengan cita rasa Jepang ini, Hendra Arifin melakukan studi banding ke Jepang dan membeli izin dari New Life Hot Food's untuk menggunakan merk dan asistensi teknis di Hoka Hoka Bento di Indonesia. Saat ini sendiri, PT. Eka Bogainti sudah memiliki hak cipta penuh atas nama Hokben.


Pembukaan Gerai Hokben di Duta Mall Banjarmasin




HokBen membuka gerai pertamanya pada tahun 1985 di Jakarta Pusat tepatnya di wilayah Kebon Kacang dengan nama Hoka Hoka Bento. Pada tahun 1990, HokBen mulai membuka cabang di luar Jakarta yakni di kota Bandung dan hingga kini HokBen terus memperluas pasarnya di seluruh Indonesia salah satunya di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. HokBen Duta Mall Banjarmasin sendiri merupakan cabang yang 350 dari HokBen seluruh Indonesia. 

Di kota Banjarmasin sendiri, HokBen mulai beroperasi pada 10 Maret 2023. Saya dan beberapa rekan blogger berkesempatan untuk menghadiri acara pembukaan restoran cepat saji ini yang juga diisi dengan talk show bertema  "Pentingnya Makanan Halal". Wah seru sekali rasanya bisa bertemu dengan para rekan blogger setelah sekian lama karena efek pandemi 2 tahun terakhir. 


Acara talk show sendiri dimulai pada pukul 2 siang yang dipandu oleh MC cantik Indar Parawansa. Sebelum talk show dimulai kami diperlihatkan terlebih dahulu video sejarah dari berdirinya HokBen di Indonesia lalu dilanjutkan dengan pemaparan seputar kepedulian HokBen akan kehalalan makanan oleh Area Manager Kalimantan Hokben yakni Bapak M. Khairul Bashori. 


Pemateri selanjutnya adalah Ibu Lya Agustina, S.T.P., M.Si selaku Kepala Bidang Audit LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Selatan yang memaparkan tentang proses sertifikasi halal untuk produk usaha di bidang makanan. Terkait sertifikat halal sendiri, ada info menarik yang saya dapatkan dari talk show "Pentingnya Makanan Halal" yang dijabarkan oleh Ibu Lya Agustina. 



Pertama adalah terkait proses pembuatan sertifikat halal yang hanya memakan waktu 15 hari sejak pengajuan dilakukan oleh pemilik usaha makanan. Jadi mulai dari permohonan sertifikasi hahal, proses verifikasi, validasi hingga keluarnya sertifikat halal memakan waktu maksimal 15 hari kerja. Jadi bagi para pelaku usaha kecil bidang makanan yang ingin mendapatkan sertifikat halal tak perlu menunggu lama agar produknya bisa "dihalalkan" MUI. 

Ilmu berikutnya yang saya dapatkan dari talk show di Hokben adalah terkait kriteria yang harus dipenuhi sebuah perusahaan untuk mendapat sertifikat halal. Berbeda dengan proses sertifikar halal untuk usaha kecil dan menengah, proses sertifikat halal untuk sebuah usaha berskala besar memiliki 11 kriteria yang akan menentukan grade dari sertifikat halal yang didapat. HokBen sendiri sekarang sudah mendapat sertifikat halal Grade A dari MUI yang artinya semua kriteria jaminan halal di atas sudah terpenuhi dengan baik. Adapun 11 kriteria untuk jaminan halal bagi perusahaan berdasarkan  Standar HAS 23000 LPPOM MUI yakni:

  1. Kebijakan Halal 
  2. Tim Manajemen Halal 
  3. Pelatihan
  4. Bahan
  5. Fasilitas produksi
  6. Produk
  7. Prosedur tertulis aktivitas kritis
  8. Kemampuan telusur
  9. Penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria
  10. Audit internal
  11. Kaji ulang manajemen

Sebagai sebuah brand asli Indonesia, HokBen telah menerima berbagai penghargaan baik nasional dan internasional diantaranya Penghargaan dari HerStory Indonesia Moms Favorite Kids Brand Awards 2022 in category ‘kids Restaurant’, Indonesia Best Millenial Women Brand Choice 2021 with Great Marketing Strategy in category Fast Food dari Warta Ekonomi, Penghargaan ‘Millenials Top Brand Awards’ dari Warta Ekonomi di tahun 2019, Brand of the Year 2017 – 2018 Quick Service Restaurants Indonesia dari World Branding Awards, dan Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dari Survey Brand Asia 2017 Nikkei BP Consulting, Inc cooperation with Markplus,Inc


Tak hanya mengedepankan kehalalan produk makanannya, HokBen juga sangat peduli dengan lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan kolaborasi dengan Rebricks untuk mengolah sampah plastik mika bekas HokBen menjadi bahan bangunan roster yang digunakan kembali oleh HokBen sebagai bagian dari desain interior HokBen Duta Mall Banjarmasin. Untuk bisa menghasilkan 1 buah roster ini diperlukan 10 mika bekas HokBen. Jadi bagi para pelanggan HokBen bisa mengumpulkan mika yang didapat dan diserahkan ke HokBen agar bisa diolah kembali. Saat ini sudah ada 12 gerai HokBen yang menggunakan eco-roster dan HokBen sudah mengolah 17.380 plastik mika  atau 150  kilogram sampah plastik mika. 


Aneka menu Hokben yang halal dan enak disantap



Sebagai konsumen, tentunya kita penasaran dong dengan menu yang ada di HokBen. Selama ini saya hanya tahu menu yang kerap dibagikan resepnya oleh para youtuber yakni eggroll dan juga salad dari HokBen yang enak itu. Nah ternyata selain 2 produk di atas, HokBen memiliki banyak pilihan menu untuk keluarga bahkan juga menu baru untuk dinikmati dan juga #PastiAmanPastiHalal.





Adapun menu yang ada di HokBen ini antara lain: Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, HokBen Fried Chicken, Ebi Furai, Kani Roll, Beef / Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Special, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki dan juga Ramen. Ada pula berbagai pilihan snack dan dessert yang cocok dinikmati sambil bersantai. 

Dalam rangka pembukaan gerai HokBen di Duta Mall Banjarmasin ada banyak suvenir yang bisa didapatkan selama masa promosi HokBen, diantaranya:

  • Pada tanggal 10, 13 dan 16 Maret 2023, akan ada hadiah Payung HokBen untuk setiap pembelian 2 Paket Bento Special (1 & 4)
  • Untuk tanggal 11, 14 dan 17 Maret 2023, akan ada hadiah Bantal HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)
  • Tanggal 12, 15 dan 18 Maret 2023 akan ada hadiah Tumbler untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 & 4)
  • Tanggal 19 Maret 2023 FREE Voucher Makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000,- setiap transaksi minimal Rp. 200.000,- (sudah termasuk pajak)
  • Ada juga Lucky Dip mulai tanggal 20 Maret 2023 – 7 April 2023 berupa hadiah menarik untuk setiap transaksi minimal Rp. 200.000,- nett
  • Pada tanggal 10 Maret 2023 - 31 Maret 2023 setiap pembelian Paket HokBen Fried Chicken 2pcs + Nasi + TehBotol Sosro akan mendapatkan harga khusus dari Rp. 61.000,- menjadi Rp. 42.000,- (sudah termasuk pajak
     



Demikian sedikit kisah yang terkait acara pembukaan gerai HokBen di Duta Mall Banjarmasin pada 09 Maret 2023 yang lalu. Yuk teman-teman makan di HokBen!

24 Comments

  1. Hokben ini favorit banget
    Senang ya mbak sudah ada Hokben di Banjarmasin ya
    Jadi bisa menikmati kuliner Jepang yang enak dan halal

    ReplyDelete
  2. Wah selamat ya Mbak akhirnya tersedia HokBen di Banjarmasin. Dari dulu kualitas Hokben ngga berkurang deh. Masih enak dan worth the price

    ReplyDelete
  3. Seneng banget ya Hokben udah Ada di Banjarmasin. Anakku juga paling hobi makan Hokben. Suka ama saladnya dan bentonya. Jangankan anak, saya juga suka Hokben.

    ReplyDelete
  4. Jadi ngilerrr pengen hokben juga mba hihi secara udah lama banget aku ngga ngemall dan makan hokben, kayaknya enaak gitu ngangein saladnya tuhh..
    alhamdulillah udah ada di Banjarmasin yaaa skrg si Hokben, yeyyy!

    ReplyDelete
  5. HokBen emang daebaaakkk
    aku ngga pernah bosen dgn Hokben

    sukaaaa semua menunyaaa

    ReplyDelete
  6. Acaranya seru ya, Hokben juga keren. Halal food memang yang terpenting, dan selalu suka sama menunya

    ReplyDelete
  7. Waah telat nih, nggak kebagian payung Hokbeeen, hihi. HokBen memang sajian cepat saji yg cocok di banyak lidah, termasuk saya, suka bangeet, apalagi sama teriyaki dan saladnya. Dita mall Banjarmasin makin meriah dengan adanya Hokben

    ReplyDelete
  8. Seru ya, kak Antung.
    Dengan adanya cabang Hokben di Duta Mall Banjarmasin, jadi ada variasi menu untuk berbuka bersama keluarga, teman atau sahabat dengan menu Jepang yang tentunya rasanya sudah sangat familiar dan harganya ramah di kantongs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba jadi ada variasi menu berbuka masakan jepang yang halal ya

      Delete
  9. Seneng banget kalau HokBen ngikutin sertifikat halal buat memastikan kehalalannya. Bisa lega untuk persiapan bukber nih hihi

    ReplyDelete
  10. Hokben emang enak dan pasti halal. Kan, produk lokal gitu lo ... Kangen deh sama es oguranya. Biasanya kalau puasaan gini ada.

    ReplyDelete
  11. Wah seru banget ya mbak, seneng deh ikut nongol di postingan mbak antung, hihihi

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillaahh... ada tempat buka puasa baru jadinya ya, mbak Antung.
    Hokben favorit. Enak dan halal.

    ReplyDelete
  13. Selamat telah buka di Banjarmasin. HokBen my favorit place. Suka banget sama salad dan menunya. Apalagi Concern dengan kehalalannya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya bertambah lagi gerai makan halal yang bisa kita sambangi saat lapar menerjang. Asyiknya HokBen itu disukai anak banget. Jadi happy kalau ke sana

    ReplyDelete
  15. Wah aku suka Hokben! Dan baru tau kalau Hokben ternyata asli Indo ya Mba😂. Duh jadi ingin buka puasa pakai Hokben deeeh.

    ReplyDelete
  16. Yeay serunya karena Banjarmasin sudah dijamah Hokben juga
    Jadi enggak kangen Hokben lagi kalau ke Banjarmasin deh

    ReplyDelete
  17. Aku nggak ingat pernah nggak ya makan di hokben tapi biasanya hokben ini banyak yg review enak, ada yg buat resep mirip-mirip hokben jg. Tp alhamdulillah kalau hokbed dah halal

    ReplyDelete
  18. Langsung berkhayal menu buka puasa nanti HokBen, shrimp roll + salad atau chicken teriyaki, duh rasanya enak bangett.. Gak lupa nasi putih pulen Hokben yang memang ga ada lawannya. Semua orang mesti suka deh.

    ReplyDelete
  19. Dah setengah abad nggak ke mall, nggak ke hokben dan teman-teman nya jadi kangen buber di mall deh baca ini... Hehehe

    ReplyDelete
  20. Baca ini pas lagi puasa, jadi inget tahun-tahun lalu buka puasa pasti salah satunya ke Hokben. Hokben juara banget sih dari makanannya, banyak pilihan pula. Hmm hari ini mumpung weekend apa aku ke Hokben lagi aja yaa? Hehe

    ReplyDelete
  21. Hal yang aku suka dari Hokben logo halal terpampang jelas dipintunya jadi gakwaswas hehehe. Aku makan sama anak2 dan suami suasananya enak dan makannya juga yummy buat aku yang lidah jawa. Rasanya Hokben ternyata tetap oke di aku. Anak2 apalgi

    ReplyDelete
  22. Di tempat saya juga baru sekitar setahun mba ada HokBen...makanya bahagia juga,..karena tergolong penggemar Hoka-hoka bento...

    ReplyDelete
  23. Hokben nih favorit. Aku keingetan hokben tuh malah saladnya, enak banget soalnya. Mayonaise nya bedaaa

    ReplyDelete
Previous Post Next Post