Review Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer


Review Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer

Dalam dunia skincare, kita mengenal basic skincare, yakni teknik perawatan wajah dasar agar kulit wajah kita selalu terawat. Ada 4 langkah yang dilakukan dalam basic skincare yang dikenal dengan sebutan CTMP yakni Cleansing (membersihkan wajah), Toning (memberikan penyegar/toner), Moisturizing (menggunakan pelembap/moisturizer), dan Protecting (sunscreen). Dengan rutin menerapkan CTMP ini insyaAllah wajah kita akan bebas dari kusam dan pastinya lebih sehat.

Bicara tentang moisturizing, step ini ada pada urutan ke tiga dalam CTMP. Jadi setelah wajah dibersihkan dan diberikan penyegar atau toner, kita perlu mengikat kadar air yang diberikan oleh toner dengan menambahkan pelembap atau moisturizer pada wajah kita sehingga wajah tetap lembap. Dalam memilih pelembap atau moisturizer untuk wajah ini, sebelumnya kita juga harus mengenali jenis dan kebutuhan kulit kita. Beberapa panduan yang bisa digunakan dalam memilih pelembap berdasarkan jenis kulit ini antara lain:

  • Bagi mereka yang berkulit normal, bisa menggunakan pelembap berbahan dasar air dengan tekstur ringan dan mengandung sedikit minyak. 
  • Untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi, lebih cocok menggunakan pelembap dengan kandungan anti peradangan seperti lidah buaya atau chamomile. Bisa juga menggunakan skincare dengan label hypoalergenic di kemasannya
  • Pemilik kulit berminyak biasanya cukup rentan berjerawat, kulit terlihat mengkilap dan memiliki pori-pori besar. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak disarankan memilih pelembap berbentuk losion yang mengandung lebih banyak air ketimbang krim sehingga lebih ringan digunakan. Selain itu, pemilik kulit berminyak juga sebaiknya memilih produk moisturizer yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic)
  • Untuk pemilik kulit kering biasanya ditandai dengan kulit yang kusam, kasar dan terdapat bercak merah dan garis-garis halus. Pemilik kulit kering disarankan menggunakan pelembap dengan tekstur tebal berupa krim untuk mengembalikan kelembapan kulit dan memiliki kandungan seperti ceramide, asam hialuronat dan juga urea.


Berkenalan dengan Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer 


Berbicara masalah kulit sensitif, saya jadi teringat pada Alifah Ratu Saelynda, seorang youtuber cantik dari kota Bandung yang dikenal memiliki kulit yang cukup sensitif dan acne-prone. Dalam konten-konten yang dibuatnya, Ratu kerap membagikan skincare dan make yang digunakannya sebagai pemilik kulit sensitif. Nah, seiring perjalanan waktu, Ratu akhirnya memiliki brand-nya sendiri yang diberi nama Teratu. 

Berdasarkan informasi yang saya intip di website resminya, Teratu memproduksi berbagai produk skincare yang aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Produk-produknya tidak mengandung retinoid, hydroquinone dan juga arbutin. Adapun untuk salicylic acid yang digunakan untuk obat totol jerawat memiliki kadar di bawah 2% sehingga masih aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

Salah satu produk yang membuat saya cukup penasaran dari Teratu adalah produk mosturizer terbarunya yang dirilis bulan Juli 2022 ini yakni Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer. Dalam akun instagramnya, Ratu menyebutkan kalau produk moisturizer yang dikeluarkannya ini memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan produk pelembap sebelumnya yang sudah cukup sukses di pasaran. Bagaimana kesan saya setelah menggunakan produk Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini? Berikut adalah reviewnya:


Review Teratu Weigthless Oil Free Gel Moisturizer

Nama produk : Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer 
Produksi : PT. Continental Cosmetic
Distributor : CV. Fandi Universal Kosmekreasi
Ukuran : 20 ml
Harga : Rp. 85.000,00

Kemasan


kemasan Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer

Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini dikemas dalam dus dengan warna dasar putih yang memiliki keterangan cukup lengkap pada setiap sisi dusnya. Kemasan dusnya yang berwarna putih ini menurut saya sangat mewakili desain minimalis sesuai dengan konsep dari brand Teratu. Pada salah satu sisi kemasan terdapat foto seorang wanita yang mengenakan kain songket dan henna di tangannya dengan tulisan wonderful Indonesia

Kemasan pelembapnya sendiri berbentuk tabung kaca transparan dengan aplikator berbentuk pump dan tutup plastik transparan. Airless pump yang digunakan sebagai aplikator untuk mengeluarkan produk membuat produk tetap steril saat dikeluarkan. Namun di lain pihak, penggunaan airless pump ini bisa jadi tidak maksimal saat produk akan habis karena biasanya akan sulit mengeluarkan produknya jika bentuk wadahnya adalah tabung berleher sempit seperti ini. Semoga saja nanti ada kemasan yang berbentuk tube agar pengguna bisa menggunakan produk ini sampai tetes terakhir. Hehe. 


Klaim dan Kandungan

kandungan Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer



Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer adalah gel wajah yang diformulasikan tanpa kandungan minyak sehingga terasa ringan dan tidak lengket. Sesuai dengan klaimnya, produk Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini paraben free, no added color, fragrance free, alcohol free, oil free dan bisa digunakan mulai dari usia 16 tahun.  Beberapa kanduangn hero dari produk ini antara lain:

  • 2 Peptides (Palmitoyl Tripeptide-1 dan Palmitoyl Tetrapeptide-7) yang berfungsi membantu menstimulasi pembentukan kolagen pada kulit yang akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, membantu mengatasi kulit kemerahan (anti inflamasi). Peptide akan membantu membentuk lapisan protein yang akan membuat kulit lebih kencang dan plumpy
  • Kombinasi Moisturizing & Hydrating Agent Hyaluronic Acid, Glycerin & Aloe Vera Extract berfungsi untuk menghidrasi kulit sehingga kulit terasa lembab. Terutama kemampuan menghidrasi kulit oleh hyaluronic acid yang akan mengikat molekul air dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga kelembaban kulit akan meningkat.
  • Kombinasi Skin Identical Ingredients Ceramide, Cholesterol & Caprylic/Capric Triglyceride berfungsi untuk membantu merawat dan memperbaiki skin barrier. Ceramide mampu menjaga kelembaban kulit sehingga mengurangi kemungkinan kulit iritasi yang menjadi salah satu penyebab rusaknya skin barrier.
  • Soothing Agent Centella Asiatica Extract, Green Tea Extract, Aloe Vera Extract dan Allantoin berfungsi sebagai soothing agent yang mampu meredakan kemerahan dan inflamasi, membantu mempercepat penyembuhan bekas jerawat, garis halus, dan kulit terbakar akibat faktor luar seperti sinar matahari, membantu mengontrol jerawat. Dalam Moisturizer ini, soothing agent yang juga mensupport peran peptides untuk mengingkatkan kadar kolagen. Dimana dengan menurunnya inflamasi, maka tingkat degradadi (kerusakan) kolagen secara alami juga akan berkurang

Adapun kandungan lengkap dari produk ini antara lain :

Aqua, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf, Propanediol, Betaine, Propylene Glycol, Butylene Glycol, Hyaluronic Acid, Camellia Sintesis (Leaf) Extract, Palmitoyl Tripeptide-1, Palmitoyl Tripeptide-7, Ceramide-3, Centella Asiatica Leaf Extract, Allantoin, Hydrogenated Lecithin, Cholesterol, Caprylic/ Capric Triglyceride, Deoxyphytantriyl Palmitate MEA, Ethylhexylglycerin, Polyacrylic Acid, Phenoxyethanol, Diazolidinyl Urea, Sodium Benzoate, Triethanolamine, Disodium EDTA, Carbomer, Polysorbate 20, Cyclohexane


Tekstur dan wangi

tekstur Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer


Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer memiliki tekstur berbentuk gel bening yang cukup kental. Produknya tidak memiliki wangi apapun dan tidak terasa berminyak sama sekali. Saat diaplikasikan ke wajah, produk ini cepat meresap dan tidak memberikan rasa lengket di wajah dan pastinya membuat wajah jadi lembap. Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini bisa digunakan baik pagi atau malam hari. 


Kesan setelah pemakaian


Sebagai pemilik kulit normal, selama kurang lebih 3 minggu menggunakan produk ini, tidak ada tanda ketidakcocokan yang saya rasakan. Produk Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini sangat nyaman digunakan karena tidak membuat wajah terasa berat namun tetap memberikan kelembapan yang cukup bagi kulit wajah saya sehingga wajah saya tidak terasa kering.


pemakaian Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer
 

Untuk ketahanan terhadap minyak, produk ini bisa dibilang cukup bagus dalam menaham munculnya sebum dan minyak terutama di area T wajah saya selama kurang lebih 5-6 jam. Namun ini juga bisa bergantung pada produk tambahan lain yang saya gunakan seperti sunscreen dan yang lainnya. Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan, saat menggunakan sunscreen A dengan moisturizer Teratu ini, wajah saya lebih cepat berminyak. Sementara jika saya menggunakan sunscreen B, ternyata wajah saya tidak berminyak selama lebih dari 5 jam. 

Secara keseluruhan produk Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini bagi saya sangat nyaman digunakan. Moisturizer ini cepat menyerap dan tidak memberikan efek greasy pada wajah saya. Buat teman-teman yang penasaran ingin mencoba produk ini dan produk Teratu lainnya bisa membelinya di akun Shopee Teratu, ya! Demikian review yang saya berikan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.  


39 Comments

  1. Asyik nih kalau ada pelembap yang enggak berminyak. Pengin coba, deh

    ReplyDelete
  2. Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini ringan dan gak lengket ya dipakai, wah cocok nih, aku paling gak suka kalau moisturizer dipakai lengket, wajah jadi gerah. Penginnya yang cepat meyerap di wajah.
    Cus ah, mau intipin shopee Teratu dulu.

    ReplyDelete
  3. Ternyata khasiat pemakaian produk Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini oke banget hasilnya pada kulit wajah :) Tekstulnya yang gel tak ada minyaknya bagus ya, jadi ga berasa lengket saat diaplikasikan. Kudu dicoba nih. Kemasannya juga kelihatan manis dan simple.

    ReplyDelete
  4. Wah mbak Antung hanya dalam tempo 5 jam bisa nyata ya bedanya! OMG!

    Baru tahu ada Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini nanti aku pengen coba ah

    ReplyDelete
  5. Tekstur dari Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini persis serum yaa...
    Sehingga memudahakan penyerapan dan bekerja optimal membuat kulit lembap.

    ReplyDelete
  6. Wah keren ya mb alifa nih. Dari masalah kulit yg dia hadapi, akhirnya punya produk sendiri. Saya baru tahu brand teratu ini. Kemasannya cakep ya mbak (haha..saya nih suka lihat kemasan, soalnya). Bebas minyak ini pasti dibutuhin banget sama orang2 yg kulitnya oily..

    ReplyDelete
  7. Wah pas banget lagi butuh pelembab wajah yang gak berminyak
    Soalnya wajahku sendiri udah kayak pabrik minyak hehe
    Mau ah cobain Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini juga
    Langsung meluncur ke Shopee ya

    ReplyDelete
  8. Benar sih kalo kulit berminyak itu butuh moisturizer yang lebih banyak kadar air dibanding krim. Aku saat belum paham hal ginian, masih salah saat memilih moisturizer yang cocok untuk kulitku. Dan Teratu Weightless oil free gel ini bagus juga. Baru pemakaian selama 5 jam udah kelihatan hasilnya, wajah masih aman dari kadar minyak. Bagus yaaa mbak Antung

    ReplyDelete
  9. Nah ini aku tertarik karena bisa menahan adanya sebum ya, apalagi jenis kulitku juga berminyak jadi memang kalau pilih skincare tuh agak susah-sudah gampang. Ini bisa aku masukin list dulu nanti kalau moisturizer sudah menipis baru kita checkout

    ReplyDelete
  10. waah ini beneran andalan ya. Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer memberikan perdedaan yang nyata diwajahnya. Apalagi kandungannya semuanya kece untuk kulit wajah sih ya

    ReplyDelete
  11. kalau oil free begini jadinya bagus di wajah kita ya mba.. aku belum pernah coba nih, looks like something good to try

    ReplyDelete
  12. Saat diaplikasikan kayanya cepet meresap yah karena ringan mba. Kalau paraben free, no added color, fragrance free, alcohol free, oil free berarti emang aman nih dipake anak remaja 16 tahunan dan emak2 juga hehee

    ReplyDelete
  13. wah bagus juga ini, moisturizer gel tp enteng dan cepat meresap. nice. aku lg suka pake gel mois juga soalnya. penyerapannya bagus yaa, oke sih kalo oil free gini. berarti melembabkan bener. penasaran deh pengen pake

    ReplyDelete
  14. Waah ini pas banget sih mam, aku lagi mencari pelembab yang.membuat kulit kering serasa lembab.
    Beberapa aku mencoba bikin kulit lembab berlebihan akhirnya cenderung berminyak trs jadi jerawatan.

    Mau cobain aah semoga cocok..

    ReplyDelete
  15. Aku punya Teratu brightening serum dan toner. Dan aku suka banget produk Teratu ini, efeknya benar2 bagus di kulitku

    ReplyDelete
  16. Memang bagusnya perawatan itu 4 langkah ya, dari cleansing sampai protecting (sunscreen). Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer keliatannya cepat menyerap dan engga bikin wajah berminyak.

    ReplyDelete
  17. Buat diaplikasikan sebelum pakai foundation bakal bagus nih ya mbak sepertinya, karena ketahanan agar minyak di wajah terjaganya oke.

    ReplyDelete
  18. Kadangkala mouisturizer itu bikin wajah nampak berminyak..maka skip pakainya, padahal penting banget buat kulit kita. Maka, Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer yang nyaman digunakan, cepat menyerap dan tidak memberikan efek greasy pada wajah ini bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  19. Pakai pelembab atau moisturizer itu penting ya mbak
    Salah satu rangkaian skin care routine yg g boleh dilewatkan

    ReplyDelete
  20. cocoknya buat kulit berminyak aja kah mbak?
    buat moisturizer yang bakal dipakai setiap hari, kemasan yang ini termasuk kecil tapi enaknya travel friendly.
    Oh ya ini produk lokal yah, kece!

    ReplyDelete
  21. Jadi mupeng cobaaaaa
    Karena moisturizer yg aku pakai sekarang tuh masih bikin greasy gt
    Moga² cocok dgn produk ini

    ReplyDelete
  22. Teratu oil moizturizer ini bikin mupenng apalagi lihat testimoninya bikin glowing....sepertinya cocok nih buat kulit mukaku yang keringg (gusti yeni)

    ReplyDelete
  23. Teratu weightless oil free gel moisturizer hasilnya bikin wajah lembab tapi gak berminyak ya mba. Penasaran ingin nyoba produknya juga. Kemasannya juga simple untuk dibawa-bawa ya.

    ReplyDelete
  24. Anak saya juga sering jerawatan karena kulitnya berminyak. Teratu ini perlu dicoba sepertinya.

    ReplyDelete
  25. Karena kulit saya berminyak, agak tricky nyari moisturizer yang cocok
    Saya kira tadi produk serum loh, soalnya botol bening gitu
    Ternyata moisturizer
    Gel bentuknya ya, kayaknya bakal cocok sama kulit berminyak

    ReplyDelete
  26. Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer ini cocok ya buat yang berminyak, kayak kulit wajah saya. Penasaran juga gimana rasa gel-nya. Belum pernah coba skin care atau face care yang mengandun gel nih.

    ReplyDelete
  27. Penasaran pingin cobain juga nih, tp jenis kulit saya berminyak.. Kira" cocok tidak ya? Tapi kalau pelembabnya ini bisa langsung menyerap ke kulit wajah dan tidak lengket kemungkinan cocok juga saya..

    ReplyDelete
  28. Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer nih asiikk ya aman buat bumil dan busui kan? Apalagi moisturizer nya cakep free oil. Hmm pngen make juga nih...

    ReplyDelete
  29. Ratu emang cantik bangeeet. Kalau ini rahasia dia jadi cantik glowing, kayaknya perlu juga dicoba. Kulit wajahku duluuu berminyak, tapi sekarang justru terasa agak kering dan kusam. Entah karena faktor U atau faktor lainnya.

    ReplyDelete
  30. Seneng banget yaa..liat tekstur dari Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer yang bening dan cepat menyerap di kulit. Semakin semangat merawat kulit dengan kebaikan yang diberikan skincare Teratu Weightless Oil Free Gel Moisturizer.

    ReplyDelete
  31. Wahini...kalo pake produk ini kulit kita jadi bebas dari minyak gitu ya..jadi bisa tampil lebih maksimal gak sibuk sama ngelapin minyak di wajah hehe...

    ReplyDelete
  32. isinya kayak serum gitu ya mbak, pantesan cepet meresap gitu dipakenya. mupeng tiap ada yg review skincare deh

    ReplyDelete
  33. Base on exprerience ya kalau gitu. Wah, pastinya sangat membantu mereka yang berkulit sensitif.
    Sebagai pemilik kulit badak, kadang saya jadi gimana gitu kalau bicara skincare dengan teman berkulit sensitif, satu sisi kagum dan sisi lain ikut membayangkan repotnya.

    ReplyDelete
  34. Wah mbak walaupun udah lima jam pemakaian tapi masih tetap glowing lho. Dan beneran nggak kelihatan berminyak.

    ReplyDelete
  35. kalau produk ini juga amankah buat ibu hamil mbak? menarik produknya, belum pernah nyobain produknya teratu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman, von. Produk Teratu kebanyakan aman buat bumil dan busui

      Delete
  36. suka kalau diapply ke wajah terasa ringan dan tidak lengket, jadi kayak gak pakai apa-apa. apalagi penampakan gak bikin wajah berminyak ya mba, bagus

    ReplyDelete
  37. Kok bisa gak berminyak. Aku selalu ketemu berminyak dan lengket JD berasa wajah berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pilihnya pelembap yang lebih ringan mbak jadi nggak terlalu berminyak kulitnya

      Delete
Previous Post Next Post