#BanggaJadiBlogger, Bukan Sekadar Curhat Jadi Cuan

Tak terasa, tahun ini memasuki tahun ke enam saya menjadi blogger profesional. Dalam hal ini, profesional yang saya maksud adalah membeli domain dan membayar per tahun untuk perpanjangan usia blog tersebut dan alhamdulillah juga menghasilkan uang dari blog ini. Kalau saya tidak membayar biaya domain ini, ya pastinya blog saya akan hangus dan mungkin tidak akan bisa diakses lagi isinya. Sebuah hal yang akan sangat menyedihkan mengingat ada cukup banyak tulisan yang saya hasilkan selama bertahun-tahun.

Sebelum terjun menjadi seorang blogger profesional, saya sebenarnya sudah berkenalan dengan dunia blog sejak 15 tahun yang lalu. Saya lupa bagaimana awalnya, namun seingat saya, begitu saya lulus kuliah saya begitu bersemangat untuk membuat blog sendiri. Bolak-balik saya ke warnet untuk belajar bagaimana membuat blog dan bagaimana cara mengisinya. Bermula dari situ, alhamdulillah hingga kini saya masih tetap berusaha konsisten dalam bidang yang satu ini.

Melewati sepuluh tahun berkenalan dengan dunia blog tiba-tiba membuat saya ingin bernostalgia kembali dengan masa awal-awal saya ngeblog. Kebetulan blog pertama saya yang dibuat tahun 2007 masih ada dan saya pun iseng membaca tulisan-tulisan saya di sana. Saat mengklik tulisan-tulisan di blog lama tersebut, sungguh saya hanya bisa tersenyum membaca tulisan-tulisan saya di masa itu.

Tulisan-tulisan lama saya ternyata sebagian besar hanya berupa tulisan pendek tentang kegalauan hati perempuan berusia 23 tahun yang sedang menghadapi quarter life crisis-nya. Mulai dari curhat urusan pekerjaan, pencarian jati diri dan pastinya juga masalah percintaan. Tulisan saya di masa itu masih sangat mentah dan pastinya memiliki gaya yang berbeda dengan gaya yang sekarang. Berikut adalah cuplikan tulisan saya di blog pada tahun 2007 lalu.

cuplikan tulisan di blog lama


Blogger kini, bukan sekadar curhat jadi cuan

Seiring berjalannya waktu, tulisan di blog saya tentunya juga mengalami perubahan. Dari yang awalnya curhat bebas dengan bahasa yang mungkin tidak terkontrol sekarang menjadi lebih tertata dalam menulis. Saya juga mulai mengisi blog dengan review buku dan film yang saya tonton yang saya harapkan bisa menjadi referensi bagi pembaca saat akan menikmati 2 media hiburan tersebut.

Pelan tapi pasti saya pun mulai berkenalan dengan blogger lain dan juga komunitas blogger yang membantu saya untuk mengembangkan diri. Pada akhirnya, blog sekarang bukan hanya sekadar tempat curhat, namun juga ladang untuk mencari uang sehingga tak salah jika sekarang blogger sudah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan uang. Hal inilah salah satu alasan mengapa saya 

Jika dilihat secara lebih luas, saat ini blog memiliki beberapa fungsi, yakni

Tempat berbagi pengalaman

Tentunya kita pernah mendengar peribahasa pengalaman adalah pelajaran paling berharga. Dengan menuliskan pengalaman di blog pastinya akan sangat membantu mereka yang memerlukan informasi terkait hal tersebut. Beberapa blogger yang saya kenal kerap menyebutkan kalau traffic tertinggi blog mereka berasal dari pengalaman yang mereka bagikan di blog mereka, tak terkecuali juga untuk blog pribadi saya. Bahkan ada yang mendapat pesan pribadi dari pembaca yang juga curhat atau bahkan berterima kasih dengan pengalaman yang dibagi tersebut. Sebagai seorang blogger, pastinya menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri kan ya kalau tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain.


Menyebarkan informasi, berita hingga kampanye

Selain sebagai tempat berbagi pengalaman, blog juga kini bisa berfungsi sebagai tempat menyampaikan informasi dan berita. Informasi ini bisa berupa tips seputar kehidupan sehari-hari hingga informasi seperti reportase acara dan lainnya. Tak jarang kita lihat blogger membagikan event report yang mereka datangi atau juga webinar dengan segudang informasi positif di dalamnya. Penyampaian blogger yang biasanya lebih santai dan dekat dengan pembaca membuat kampanye atau tips yang disampaikan bisa lebih diterima oleh pembacanya. 


Wadah beropini

Blog juga bisa menjadi wadah beropini dan menyampaikan pandangannya terhadap sebuah berita atau kisah yang sedang viral. Biasanya tulisan seperti ini juga akan menarik pembaca untuk berkunjung ke blog kita. Contohnya sekarang adalah kisah perseteruan youtuber kembar yang sedang viral karena postingan salah satu saudaranya. Sebagai blogger kita, bisa menuliskan opini terkait kisah tersebut entah dari sisi parenting atau juga sisi sosial media. Tulisan berbau opini ini juga biasanya akan memancing orang lain untuk menyampaikan pandangan mereka dan malah bisa menjadi sebuah diskusi yang menarik antara pembaca dan blogger.

Wadah promosi barang atau jasa

Fungsi lain dari blog adalah sebagai wadah promosi barang atau jasa. Lewat blognya, blogger bisa mempromosikan barang atau jasa yang dimilikinya sebagai bagian dari digital marketing. Tak hanya itu, blogger juga bisa menerima kerjasama berupa endorse atau promosi produk dari pihak ketiga. Dalam menjalankan kerja sama endorse atau paid review, blogger tentunya harus memberikan review yang menarik namun sebaiknya juga tetap jujur dalam memberikan review tersebut. 

Hal yang perlu diperhatikan seorang blogger 

Jika kita berbicara blogger sebagai sebuah profesi, tentunya ada hal-hal yang sebaiknya diperhatikan agar profesi ini bisa selalu memberikan manfaat bagi pemiliknya. Jika dulu misalnya kita bisa menulis dengan sesuka hati di blog, maka ketika sudah menjadi profesi, curhat yang kita tulis tak hanya sebagai sebuah sarana merilis emosi namun bisa memberikan pandangan baru bagi pembaca. Bagi saya sendiri sebagai blogger hendaknya kita memiliki beberapa kapasitas sebagai berikut:

Tetap memiliki sentuhan personal dalam tulisan 

Blogger hendaknya tetap memiliki sentuh yang personal dalam setiap tulisannya. Jika tulisan berupa pengalaman pribadi atau curhat dan opini, tentunya tidak sulit untuk selalu memasukkan sentuhan personal ini dalam tulisan kita. Namun adakalanya blogger menerima job berupa content placement yang tulisannya sudah jadi sehingga hanya perlu mempublikasikannya. Nah, dalam hal ini blogger bisa tetap memasukan sentuhan personalnya entah dengan menyesuaikan dengan gaya bahasa yang ia miliki di blog atau juga menambahkan sedikit pengalaman pribadi dalam tulisan tersebut. 

Tak berhenti belajar dan selalu membuka wawasan

Dunia blogger selalu berkembang. Jika dilihat dari luar, orang mungkin tahunya kegiatan blogger hanya menulis 500 hingga 1500 kata. Padahal di balik sebuah artikel ada riset dan persiapan lain yang harus dilakukan. Apalagi jika ingin tulisan tersebut bisa dibaca banyak orang dan berada di halaman pertama Google. Untuk itu sebagai blogger kita hendaknya selalu haus akan ilmu baru yang bisa meningkatkan pengetahuan kita dalam dunia blogging tersebut. 


Menjalin relasi yang luas dengan sesama blogger 

Layaknya profesi-profesi lainnya, tentunya kita juga harus menjalin relasi yang baik dengan sesama blogger. Salah satu cara untuk bisa menjalin relasi dengan sesama blogger ini adalah dengan bergabung dengan komunitas blogger. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung komunitas blogger. Mulai dari berkenalan dengan blogger lain di berbagai penjuru kota, mendapatkan berbagai ilmu bermanfaat hingga tentunya juga mendapat rezeki dari komunitas ini. 

Saat ini ada cukup banyak komunitas blogger yang hadir di dunia Blogger Indonesia. Komunitas ini ada yang berdiri per wilayah dan ada juga yang bersifat umum dan bisa diikuti siapa saja yang memiliki Blog. Salah satu komunitas yang saya ikuti saat ini adalah Komunitas Blogger Crony Indonesia yang digawangi oleh Wardah Fajri, Anesa Nisa dan Satto Raji sejak tahun 2015 silam.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional. 

Ada berbagai kegiatan yang diadakan oleh blogger Cronny ini seperti blog walking bagi para anggotanya, bloggercare untuk dana sosial, hingga acara offline seperti bloggerday yang diadakan setiap tahun. Bergabung dengan komunitas blogger Cronny memberikan banyak manfaat bagi saya dan pastinya membuat saya #BanggaJadiBlogger. 

Buat teman-teman yang ingin bergabung dengan Komunitas Blogger Crony Indonesia bisa kepoin mereka di instagram @bloggercrony, ya!




24 Comments

  1. Memang indah jadi blogger dan bisa jadi orang bermanfaat sekaligus cuan di dapat

    ReplyDelete
  2. Aku juga bangga jadi blogger mbak, wlpn blm banyak berkontribusi, cuan jg blm banyak, bahasa masih acak adut, tp aku menikmati setiap prosesnya

    ReplyDelete
  3. Bangga jadi Blogger yang berkontribusi dalam segala bidang, termasuk entreprenur. Semoga kita semua tetap bangga jadi blogger.

    ReplyDelete
  4. Betul saya juga awal bikin blog curcol sekarang nulis jadi cuan dehh pokoknya

    ReplyDelete
  5. Setuju banget mbak, kalau jadi blogger itu nggak cuma sekadar nulis-nulis aja. Ada banyak hal yang haru kita lakukan seperti riset, blog walking, dan berkomunitas. Aku juga bergabung di blogger cronny. Tapi aku belum beli domain, entah kenapa masih nyaman dengan domain gratis walaupun terkadang pengen segera punya domain yang berbayar.

    ReplyDelete
  6. Berjejaring di profesi jasa seperti blogger hal yang sangat wajib sih. Pengalaman pribadi saya, dapat 'benefit' dari blog, sebagian besar datang dari pertemanan.

    ReplyDelete
  7. stuju mbak antung berkomunitas adalah jalan kita para blogger bikin semangat menulis juga dan tambah ilmu apalagi cuan. aku sendiri cukup nyaman dengan IIDN juga ISB, semoga mbak antung juga makin betah berkomunitas di sana yaaa

    ReplyDelete
  8. Banyak orang yang belakangan ingin terjun juga menjadi blogger demi dapat cuan. Apalagi makin masifnya kelas blogging yang diselenggarakan berbagai pihak. Namun banyak yang luput memperhatikan esensinya sebagai wadah belajar dan berbagi ya Mba. Keren sekali, Mba sudah ngeblog dari 2007, dan terus berkembang hingga hari ini.

    ReplyDelete
  9. Yes aku juga setuju untuk nggak berhenti belajar. Karena dunia ini erat dengan digital yang juga terus berkembang. Menurutku apapun tujuan blog bagi masing-masing personal, itu nggak masalah. Karena mereka yang paham kondisinya sendiri. YAng penting terus belajar dan memperbaiki kualitas diri.

    ReplyDelete
  10. Dulu awal ngeblog tahun 2014 tapi tidak lanjutkan karena pekerjaan. Sekarang mau mulai lagi dan Alhamdulillah sudah diterima adsense. Bener kak selain untuk cuan. Sebuah blog itu bagi saya sama seperti jurnal belajar tentang apapun .

    ReplyDelete
  11. rasanya happy banget jadi blogger ya?
    dapat banyak teman (malah pernah punya tekad, teman media sosial hanya blogger hehehe)
    dapat banyak ilmu, juga dapat cuan hehehe

    ReplyDelete
  12. Setuju, jadi seorang blogger artinya kita juga tak berhenti belajar ya Mbak apalagi banyak tulisan yang kita buat dan butuh banyak riset. Selain itu asiknya ngeblog jga dapat cuan, relasi dari mengikuti komunitas2 ya. Bangga jadi blogger

    ReplyDelete
  13. aku dulu juga utak atik blog dari awal bikin juga di warnet mbak
    soalnya kecepatan internetnya lebih cepet dibanding dirumah hahaha
    aku pulang kerja, bisa lanjut ke warnet, bahkan pernah sampai jam 12 malam
    dan kalau di warnet memang minim godaan, jadi mau fokus ngeblog juga ga masalah

    aku sendiri juga ga nyangka udah sampai ke tahap seperti sekarang, dimana temen-temenku malah udah off gitu nulisnya

    ReplyDelete
  14. Aku inget banget, pas tau ttg blog ini, langsung minta diajarin gimana bikinnya. Karena dari SD aku memang suka menulis dan biasa mencurahkan semua lewat diary . Setelah internet masuk, baru deh kepikir utk mulai menulis online.

    Sejak awal, tujuanku memang ga berubah sampai skr. Blog ini hanya utk menuliskan pengalaman pribadiku supaya ga lupa, dan buat nambah teman. Itu aja.. makanya sampe skr ga beban dalam menulis. Tapi tetep yg namanya belajar dan tau ttg SEO, cara menulis yg baik, itu aku tetep pelajari , walopun kadang suka lupa dipraktekkan di blog sendiri 🤣. Telanjur santai banget.

    Blogger cronny aku join juga pastinyaaa mba 😍. Dan seneng, Krn di antara bbrp komunitas yg aku ikutin, bloggercronny sih yg paling aktif. Jadi ngerasa nyaman aja sharing tulisan di sana

    ReplyDelete
  15. Punya blog sebagai wadah untuk beropini dan juga berekspresi ya memang.
    Apalagi bisa konsisten terus melakoninya, ini yang keren

    ReplyDelete
  16. Jadi blogger itu selalu menyenangkan dan banyak pengalaman yg didapetkan

    ReplyDelete
  17. saya juga bangga jadi blogger, walau semangat nulisku masih ada dan tiada, hehehe

    ReplyDelete
  18. mba Ayana memang udah eksis banget dari dulu. Sukses selalu yah buat Mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mbak Laras. Lama nggak ketemu nih. Makasih, mbak sudah mampir ke blog saya

      Delete
  19. aku juga bangga nih meskipun masih newbie tapi dari menulis blog ini bisa ada banyak hal yang bisa dipetik hikmahnya mbak

    ReplyDelete
  20. Kalau saya awal punya blog tahun 2014, Mbak. itu juga awalnya untuk tugas menulis novel, lalu untuk simpan tulisan. Alhamdulillah sekarang bisa dapat cuan juga.
    Tapi lewat dunia blogger, saya bisa terus menulis, berbagi cerita ceria, dan bisa menambah teman juga.

    ReplyDelete
  21. Saya juga bangga jadi blogger. Seneng bisa jadi bagian penyebar informasi yg bermanfaat. Bahkan, blogger bisa menghasilkan cuan yg menjanjikan.

    ReplyDelete
  22. setuju, menjadi blogger meskipun masih baru dan masih harus belajar bisa jadi batu loncatan aku buat mendapatkan pekerjaan sesuai passion

    ReplyDelete
  23. Sering dianggap sepele, padahal Blogger kompleks banget dari tujuan sampai pencapaian.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post