Resep Kroket Kentang Isi KRAFT Quick Melt


Hari libur adalah hari untuk keluarga dan diri sendiri. Tentunya kita semua sepakat dengan hal tersebut. Setelah selama lima hingga enam hari disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, sudah selayaknya kalau hari libur menjadi sebuah hari yang didedikasikan untuk diri kita sendiri dan keluarga.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat hari libur tiba. Bagi mereka yang berkeluarga, hari libur bisa diisi dengan piknik, olahraga bersama, bahkan bisa juga dengan membersihkan rumah bersama. Kegiatan-kegiatan tersebut pastinya akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan ikatan antara anggota keluarga. Adapun bagi mereka yang masih lajang, hari libur juga bisa diisi dengan berbagai kegiatan me time yang bisa mengembalikan produktivitas kita untuk bekerja keesokan harinya.

Bagi ibu bekerja seperti saya sendiri, hari libur juga merupakan hari di mana saya bisa mencoba berbagai resep baru untuk keluarga. Biasanya resep yang coba lebih berupa resep kue dan cemilan. Hal ini karena menurut saya, membuat kue atau cemilan lebih mudah dilakukan karena biasanya resepnya sudah memiliki takaran yang pas. Kalaupun gagal, kue tersebut masih bisa dinikmati. Berbeda dengan menu rumahan yang kesuksesannya bergantung pada kepekaan indra perasa kita sehingga kadang meski resep yang diikuti sama akan menghasilkan rasa yang berbeda untuk tiap orang.

Hal lain yang membuat saya kerap mencoba resep kue adalah karena saya memiliki 2 anak yang lebih doyan ngemil ketimbang makan masakan rumahan. Jadilah untuk memenuhi kebutuhan makan dan nutrisi mereka, saya berusaha membuatkan aneka macam cemilan dan kue. Apalagi kalau dibandingkan dengan membeli, membuat kue juga bisa lebih menghemat pengeluaran. Kadang saya membuat kue putri salju, cupcake, brownies dan juga kue sarang semut.

Selain bisa meningkatkan kemampuan memasak dan menghemat pengeluaran, kegiatan mencoba resep kue ini juga bisa menjadi sarana saya untuk memberikan pengalaman baru dan stimulasi kepada anak saya. Saya bisa mengajak serta kedua anak saya untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan kue tersebut. Kepada Yumna saya bisa minta bantuan untuk memecahkan telur sementara Yafiq saya minta bantuan untuk menuang susu atau mengaduk adonan telurnya. Yah, walaupun kadang hasilnya berantakan namun pastinya sangat menyenangkan bagi anak-anak saya.


Resep Kroket Kentang isi keju KRAFT Quick Melt



Setelah minggu sebelumnya saya membuat kue sarang semut untuk keluarga, maka untuk kali ini saya memilih membuat cemilan kroket kentang isi keju KRAFT Quick Melt. Kroket merupakan masakan khas Belanda yang sebenarnya berasal dari negara Perancis. Cemilan ini awalnya dibuat oleh koki di istana Perancis dan menjadi makanan kesukaan raja Louis XIV sekitar tahun 1961. Nama kroket sendiri berasal dari kata croquer atau to crunch yang berarti renyah. 

Kroket sendiri tercipta karena adanya kelaparan di Perancis. Di masa itu, satu-satunya bahan makanan yang melimpah ruah adalah tepung. Tepung ini kemudian dicampur dengan sisa daging dan juga susu sehingga menjadi kroket yang kita kenal sekarang. Di Belanda sendiri, kroket mulai populer pada tahun 1830-an saat masakan Perancis mulai populer di Belanda.

Dalam perkembangannya, kroket pun semakin populer dan menyebar ke seluruh dunia. Bahan yang digunakan untuk pembuatan kroket pun berbeda-beda di setiap negara. Di Spanyol, misalnya, kroket terbuat dari daging ayam, sedangkan di Meksiko kroket terbuat dari ikan tuna dan kentang. Di Indonesia sendiri, kroket biasanya dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang dengan isian ragout.

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti nasi dengan jumlah kalorinya yang cukup rendah. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan serat, protein, antioksidan, kalium, folat, vitamin B6 dan juga vitamin C. Dengan kandungan yang dimilikinya ini, tentunya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kentang, diantaranya:

  • Menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes hingga kanker
  • Membantu mengembalikan kadar gula darah
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Bebas kandungan gluten
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan fungsi saraf dan otak
  • Menjaga kesehatan jantung
Berikut adalah resep untuk kroket kentang isi keju KRAFT Quick Melt:

Bahan

3 buah kentang
1 buah sosis ayam
Bawang bombay
Tepung terigu
Keju KRAFT Quick Melt
Susu evaporasi
Telur untuk melapisi kroket
Tepung panir

Cara membuat

  1. Rebus kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan, haluskan  panas
  2. Tumus bawang bombay sampai wangi, masukkan sosis yang sudah dipotong-potong 
  3. Masukkan tepung terigu aduk
  4. Tuang susu evaporasi
  5. Masukkan, garam dan merica
  6. Campuran adonan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan ragout, aduk sampai rata
  7. Siapkan keju KRAFT Quick Melt, potong dadu
  8. Pipihkan adonan kroket, isi bagian dalam dengan keju KRAFT Quick Melt, bentuk bulat
  9. Campurkan ke dalam telur lalu tepung panir
  10. Goreng sampai matang
Setelah kroket cukup dingin dan bisa dimakan, saya pun langsung membuka kroket tersebut untuk memastikan kejunya leleh atau tidak. Benar saja! bagian dalam kroket yang saya isi keju meleleh begitu kroket saya bagi dua. Rasanya sungguh lezat dan gurih. Yummy!



Keju KRAFT Quick Melt pilihan ibu untuk cemilan sehat anak



Keju merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disukai anak-anak. Bahan makanan yang terbuat dari olahan susu ini sekarang sangat mudah ditemukan di berbagai supermarket dengan berbagai varian produk dan harga yang cukup terjangkau. Karena itulah tak heran jika saat ini produk keju termasuk yang selalu tersimpan di dapur para ibu.

Anak-anak saya juga sangat menggemari keju, terutama si bungsu. Jika dia melihat ada produk keju di kulkas, maka tangannya akan langsung menjangkau dan meminta saya mengambilkan parutan keju dan kemudian memarut sendiri keju tersebut untuk dicemil. Lain waktu keju yang ada saya potong kecil-kecil untuk diberikan kepada anak saya.

Keju memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Kandungan vitamin D dan kalsium yang ada pada keju membantu memelihara kesehatan tulang kita. Selain itu keju juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi hingga saluran pencernaan kita.

KRAFT sebagai salah satu produsen keju juga memiliki berbagai varian keju yang bisa dinikmati keluarga, salah satunya adalah KRAFT Quick Melt yang saya gunakan untuk membuat kroket kentang di atas. KRAFT Quick Melt ini bisa melelah hanya dalam waktu 3 menit setelah dipanaskan dengan teksturnya yang sempurna yakni tidak terlalu kental ataupun cair. Tekstur yang dihasilkan dari KRAFT Quick Melt ini bukan seperti mozarella yang kental namun lebih seperti coklat leleh sehingga sangat pas untuk dijadikan isian kue ataupun toping makanan. 

Nah, buat teman-teman yang hobi masak atau ada ide untuk bikin cemilan buat keluarga, yuk bikin kreasi resep dengan menggunakan KRAFT Quick Melt ini!

15 Comments

  1. Kayaknya bikin menu apapun kalo isinya keju udah pasti enak ya, apalagi aku yg asli suka banget sama keju

    ReplyDelete
  2. Kalau kroketnya pakai keju lumer gini bakalan naik kelas nih. Harganya bisa sekelas makanan kafe. Tapi emang sih ya kalau pakai keju tuh apapun makanannya akan terasa makin mantul

    ReplyDelete
  3. Wah, pengetahuan baru. Saya baru paham kalau kroket berasal dari Perancis. Aneka macam kreasi kroket pun sekarang ada di pasaran. Duh, jadi kepingin camil kroket rasanya. hehehe

    ReplyDelete
  4. Biasanya makan kroket isi kentang, wortel, campur ayam suwir. Dikasi keju melelehnya Kraft ini bikin tambah yummy yaaa. Enak gak usah jajan ke toko roti, cukup bikin sendiri pakai keju Kraft.

    ReplyDelete
  5. Saya paling suka makan kroket untuk camilan. DUlu rajin buat walau bentuk gak sempurna. Sekarang lama ga buat kue. Menarik juga buat kroket pakai kraft ya mbak

    ReplyDelete
  6. Kroket kentang memang paling endulita. Ini berarti kejunya jadi isian ya

    ReplyDelete
  7. Kroket kentang dikasih keju Kraft Quick Melt, hmmm pasti lezat
    Kejunya leleh dalam waktu 3 menit ya

    ReplyDelete
  8. Ya Allah~
    Kak Antung juara banget kasih inspirasi untuk hari ini. Aku suka kroket tapi gak kepikiran mau bikin yang aca campuran kejunya.

    Pasti lebih lezat membuat kroket kentang isi keju KRAFT Quick Melt.
    Ikuutttan bikinnn..

    ReplyDelete
  9. Ide bagus nih bikin kroket kentang dengan isian keju KRAFT Quick Melt. Pasti melted banget nih. Simpel dan enak kroketnya

    ReplyDelete
  10. Kroket kentang salah satu cemilan favoritku nih
    Jadi mau coba ah

    ReplyDelete
  11. Wuih enak banget ini pasti Kroket diisi keju Kraft Quick Melt. Lelehan kejunya hmm, gurih bangeet.

    ReplyDelete
  12. Kreasi cemilan yang yummy, kroket diisi dgn keju yang meleleh. Jadi ingin berkreasi dengan keju kraft quick melt yang cepat lelehny, hargany terjangkau dan rasany jg gurih

    ReplyDelete
  13. Ariasetia
    Terima kasih sharingnya mba pasti langsung dicoba niih.. Pas banget anak-anakku doyan kentang dan Kraft Quick Melt 👌

    ReplyDelete
  14. Ternyata kroket yg ini dgn kroket di kampung beda. 🤭
    Btw, soal keju melt, anak2ku juga suka mbak. Bahkan makan nasi oake keju aja juga lahap 😄

    ReplyDelete
  15. Dijamin enak dan tentunya bergizi ya bikin cemilan pake Kraft quick melt ini. Mau juga aaah nyobain kroket isi keju melt, pasti langsung bikin berkejap-kejap deh saking nikmatnya saat menggigit kroketnya, penuh lumeran keju, syedaaappp....

    ReplyDelete
Previous Post Next Post