Solusi Jika Orangtua Anda Belum Mau Menabung Untuk Dana Pensiun

Sumber : freepik.com


Investasi Reksadana Saham merupakan salah satu cara untuk mengatasi keperluan dan kebutuhan hidup di masa tua. Oleh sebab itu, banyak orang yang berbondong-bondong menggunakan produk investasi yang satu ini untuk menyiapkan dana di masa tua atau dana pensiun.

Tidak hanya itu, menyiapkan dana pensiun di hari tua merupakan hal yang sangat penting. Namun kebutuhan finansial yang satu ini seringkali diabaikan oleh banyak orang dan mengakibatkan ketidakstabilan keuangan di masa tua.

Hal tersebut mengakibatkan banyak orang yang tidak memiliki biaya untuk memenuhi kebutuhan di masa tuanya. Sehingga menyebabkan tanggungan di masa tua orang-orang tersebut menjadi tanggungjawab anak-anaknya.

Bagi Anda yang memiliki orangtua yang belum menyiapkan dana di masa depan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dengan segera. Salah satunya yaitu dengan menabung untuk dana pensiun menggunakan instrumen investasi seperti Reksadana Saham

Oleh karena itu, Anda perlu menemukan cara untuk mengatasi masalah keuangan untuk orang tua tanpa mengganggu kondisi finansial pribadi. Sehingga Anda bisa tetap mengalokasikan dana pribadi sekaligus membantu mengurus dana pensiun orangtua.

Langkah Tepat untuk Membantu Orangtua Menabung Dana Pensiun

Sumber : freepik.com


Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membantu orang tua agar bisa menabung dana pensiun dengan tepat. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk membantu orang tua agar menabung dana pensiun dengan Reksadana Saham.

1. Melakukan Diskusi dengan Baik

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan berdiskusi bersama orang tua dengan baik. Pentingnya membuka percakapan dengan orang tua bisa membantu Anda untuk menuntun mereka untuk menerapkan langkah-langkah menabung untuk dana pensiun.

2. Meminta Dukungan dari Anggota Keluarga yang Lain

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meminta dukungan dari anggota keluarga yang lain. Seperti halnya meminta dukungan pada saudara kandung atau anggota keluarga lain yang ada dalam rumah tersebut untuk meminta dukungan untuk mengatur tabungan dana pensiun orangtua di masa tua.

3. Memahami Kondisi Finansial dan Menyusun Anggaran untuk Dana Pensiun

Kemudian, Anda perlu memahami kondisi finansial orang tua untuk memudahkan proses penyusunan anggaran dana pensiun. Sehingga Anda bisa menentukan besaran nilai investasi Reksadana Saham yang perlu dipersiapkan setiap bulannya. 

Persiapan dana pensiun untuk masa depan bisa Anda dapatkan dari keuntungan Reksadana Saham yang diinvestasikan. Sehingga Anda bisa menyiapkan anggaran dana pensiun dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan pokok dan dana kesehatan.

4. Memanfaatkan Rekening Tabungan untuk Investasi Dana Pensiun

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan rekening tabungan untuk melakukan investasi dana pensiun terutama menggunakan instrumen Reksadana Saham. Selain fleksibel, penggunaan instrumen investasi Reksadana akan membuat orangtua Anda menabung dana pensiun secara bertahap.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan yang dimiliki serta menyimpan laba dari bisnis yang dimiliki. Sehingga keuntungan Reksadana Saham yang dimiliki bisa dimanfaatkan secara maksimal ketika berada di masa tua dan tiba waktunya pensiun.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membantu orangtua untuk menabung dana pensiun dengan cara mengenalkan produk perbankan yang cocok. Baik produk perbankan berupa tabungan digital ataupun instrumen investasi jangka panjang seperti Reksadana Saham.

Kelebihan Menabung Dana Pensiun di Reksadana digibank by DBS


Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja keuntungan investasi ini:

1. Ada 3 Kategori yang Tersedia

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dengan berinvestasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS yaitu bisa dengan mudah menemukan produk Reksadana yang dibutuhkan. Hal tersebut terjadi karena investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS bisa dilakukan dengan menggunakan filter 3 kategori yang tersedia.

Kategori tersebut terdiri dari pilihan Reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. Sehingga Anda bisa menyesuaikan penggunaan kategori tersebut saat memilih produk Reksadana yang akan digunakan selama berinvestasi.

2. Dapat Melakukan Pembelian Berkala

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pembelian berkala untuk produk investasi secara fleksibel sesuai keinginan dan tujuan Anda. 

3. Investasi Mulai Rp 100 Ribu

Tidak hanya itu, investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS juga tergolong terjangkau. Hal tersebut terjadi karena Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp100 ribu saja.

4. Satu Aplikasi digibank by DBS untuk Segala Transaksi

Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS untuk berbagai jenis kebutuhan terkait investasi. Mulai dari transaksi jual beli investasi, switch produk investasi, sampai dengan melakukan pendaftaran SID.

Pendaftaran SID (Single Investor Identification) biasanya dikeluarkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) juga bisa dilakukan di Aplikasi digibank by DBS. Sehingga Anda tidak perlu mendatangi bank tertentu untuk mendaftarkan diri sebagai investor baru.

5. Terdapat Lebih dari 50 Pilihan Produk Investasi

Terakhir, Anda bisa secara bebas memilih produk investasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Mengingat Reksadana di digibank by DBS terdapat lebih dari 50 pilihan produk yang tersedia.

Bagaimana, mudah bukan cara membantu orangtua untuk menabung dana pensiun di hari tua? Demikian ulasan singkat mengenai hal yang perlu diperhatikan untuk dana pensiun orangtua dan keuntungan investasi Reksadana Saham, semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. aku lagi ngitung2 nih, mana yg lebih nguntungin, reksadana atau deposito? kalau dr byk sumber sih lebih nguntungin reksadana, tapi pengen buktiin sendiri, biar lebih yakin

    ReplyDelete
  2. Wah penting banget ini ya mbak. Saya malah gak pernah kepikiran pake2 reksadana gini untuk kebutuhan masa tua.

    ReplyDelete
  3. Pengen mulai investasi reksadana tapi belum punya coach nya hehe boleh juga tuh ide buat nabung di masa pensiun.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post