Kue Sarang Semut Kreasi Resep Tiga Sapi



Kue sarang semut kreasi resep Tiga Sapi

Saya adalah penggemar kue bolu. Saat belum menikah dulu, saya selalu mengandalkan ibu saya dalam urusan perkue boluan ini. Maklum saja, ibu saya adalah seorang pembuat dan penjual kue. Sejak saya masih duduk di sekolah dasar, ibu membantu perekonomian keluarga dengan menjual berbagai penganan tradisional. Tak hanya kue tradisional, ibu juga pandai membuat kue bolu atau nama kerennya sponge cake yang selalu jadi incaran saya saat hari lebaran tiba.

Setelah menikah, saya sadar kalau saya tak bisa selamanya bergantung pada ibu perihal kue bolu ini. Saya pun mulai mencoba membuat sponge cake sendiri, sayangnya lebih banyak bantatnya itu kue. Kalau kata ibu saya sih saya kurang lama mengocok adonannya dan mungkin kebanyakan tepung atau juga kebanyakan mentega. Setelah mendengar saran dari ibu, saya pun mencoba membuat kembali sponge cake ini. Alhamdulillah sih sekarang sponge cake bikinan saya sudah lumayan jarang bantat walau untuk rasanya masih belum bisa seenak bikinan ibu saya.

Tak ingin hanya bisa membuat sponge cake, saya pun memutuskan mencoba resep lain yang masih berhubungan dengan bolu yakni kue sarang semut atau disebut juga caramel cake. Kue Sarang semut merupakan kue yang memiliki tekstur khas yakni berongga pada bagian dalamnya seperti tekstur martabak manis. Setelah saya cari resepnya ternyata nggak ribet karena nggak perlu pakai mixer dan bisa nggak pakai oven juga. Bisa banget nih dicoba buat cemilan hari libur saya nanti.

Membuat Kreasi Resep Tiga Sapi Kue Sarang Semut

Bahan membuat kue sarang semut menggunakan Tiga Sapi Kental Manis


Kue sarang semut merupakan salah satu makanan khas nusantara yang bisa dengan mudah kita temukan di pasar tradisional. Memiliki warna caramel kecoklatan, kue ini diolah dari gula pasir yang dicairkan hingga membentuk karamel. Selain itu ada juga campuran telur, tepung, soda kue, baking powder, mentega dan pastinya kental manis dalam campuran resepnya. Untuk produk kental manisnya, saya menggunakan Tiga Sapi Kental Manis yang merupakan produk dari Indofood.

Berikut adalah resep lengkap untuk kue sarang semut untuk kreasi resep Tiga Sapi yang saya dapat dari website resepkoki.id:

Bahan kue sarang semut  :

200 gr gula pasir
225 ml air panas
75 gr margarin dilelehkan
100 ml kental manis (saya pakai Tiga Sapi Kental Manis)
90 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
4 butir telur
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder

Cara membuat kue sarang semut kreasi resep Tiga Sapi

  • Panaskan oven dan siapkan loyang yang akan digunakan 
  • Masak gula di atas panci atau wajan hingga gula larut berwarna coklat tua, kemudian tuang dengan air panas. Aduk dan masak hingga semua gula mendidih, angkat dan dinginkan
Cara membuat kue sarang semut untuk Challenge Cerita Tiga Sapi


  • Masukkan margarin dan kental manis ke larutan karamel, aduk hingga rata dan sisihkan
  • Kocok telur menggunakan whisk hingga rata
Resep kue sarang semut dengan produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

  • Campurkan masukkan tepung terigu, baking soda dan baking powder yang sudah diayak. Aduk sampai rata
  • Tuang adonan ke dalam loyang
  • Panggang selama 40 menit dengan suhu oven 180 derajat.

Kreasi resep Tiga Sapi Kue Sarang Semut

Berhubung saya memanggang menggunakan panci granit maka waktu memanggang ini bisa disesuaikan hingga kue matang. Setelah kurang lebih 30 menit, kue sarang semut kreasi resep Tiga Sapi bikinan saya pun matang. Alhamdulillah teksturnya cukup oke dan tidak pahit. Yay! Saya kemudian menyuguhkan kue sarang semut bikinan saya pada suami dan anak-anak. "Wah kuenya enak banget, Ma!" puji anak-anak setelah mencoba kue sarang semut kreasi Tiga Sapi bikinan saya. Dalam sekejap satu loyang kue sarang semut pun tandas seketika.

Tips saat membuat kue sarang semut


Kreasi resep Tiga Sapi Kue Sarang Semut

Membuat kue sarang semut memang bisa dibilang cukup mudah dalam hal proses pembuatannya. Tak seperti sponge cake yang telurnya harus dikocok hingga kental, adonan telur untuk kue sarang semut hanya perlu dikocok hingga berbusa. Meski demikian kadang kita bisa juga mendapati hasil akhir dari kue sarang semut ini yang tak sesuai ekspektasi seperti rasa kue yang pahit dan adonan yang mungkin tidak bersarang.

Untuk bisa menghasilkan kue sarang semut yang tidak pahit dan teksturnya bersarang, kita bisa memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Saat membuat karamel, perhatikan agar jangan sampai gula hangus

Penyebab utama dari kue sarang semut yang pahit adalah gula yang hangus dalam proses pembuatan karamelnya. Dalam pembuatan karamel ini, kita sebaiknya menggunakan api kecil saja sehingga gula bisa mencair tanpa hangus. Selain itu, dalam proses memasak gula, sebaiknya juga jangan diaduk karena bisa membuat gula menjadi kristal.

Jangan mengaduk adonan terlalu lama 

Saat proses mengaduk adonan sebaiknya tidak memakan waktu yang lama agar adonan bisa menghasilkan tekstur yang bersarang. Selain itu jangan lupa untuk mengayak bahan kering seperti tepung agar kue tidak bergerindil.


Berkenalan dengan Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi


Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Bicara soal kue, rasanya tidak lengkap ya, resepnya kalau tidak menggunakan produk susu cair ataupun kental manis. Kue-kue dengan cita rasa manis seperti bolu dan puding biasanya menambahkan produk kental manis dalam proses pembuatannya. Sedangkan untuk susu cair bisa juga digunakan untuk kue hingga juga ke dalam masakan rumahan sebagai pengganti santan.

Seperti yang saya tuliskan di atas, saya mencoba membuat kue sarang semut dengan menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis. Tiga Sapi Kental Manis merupakan produk kental manis dari Indofood yang kini bisa didapatkan di berbagai toko di kotamu. Tiga Sapi Kental Manis memiliki kandungan kalsium, vitamin D3, Vitamin A dan jga vitamin B1 yang pastinya bermanfaat untuk tubuh. Selain itu produk Tiga Sapi Kental Manis juga Lebih Praktis dan Ekonomis digunakan untuk campuran kue.

Selain Tiga Sapi Kental Manis, Indofood juga memproduksi Tiga Sapi Susu Evaporasi. Susu evaporasi merupakan susu sapi yang 60% kadar airnya dihilangkan dari susu segar. Dengan hilangnya kandungan air pada susu ini membuat susu evaporasi memiliki tekstur yang kental namun tanpa memiliki kandungan gula di dalamnya. Kelebihan lain dari susu evaporasi ini adalah susu ini memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan susu segar biasa, sehingga cocok untuk dijadikan stok di kulkas. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi sendiri dikemas dalam kemasan karton berukuran 500 gr dengan tutup ulir yang membuatnya mudah disimpan kembali. Harganya sekitar 13 ribuan membuat produk Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Dalam penggunaannya, Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan untuk campuran untuk kue atau juga minuman karena kandungan lemaknya lebih rendah daripada krim. Selain itu Tiga Sapi Susu Evaporasi ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti santan untuk makanan berkuah seperti opor atau juga soto.  


Ikuti Kompetisi Cerita Tiga Sapi



Nah, buat teman-teman yang suka memasak dan memiliki usaha di bidang makanan, kali ini ada informasi menarik tentang kompetisi foto Challenge Cerita Tiga Sapi yang diadakan oleh akun official instagram Tiga Sapi. Kompetisi ini berlangsung mulai tanggal 09 - 30 September 2022 dengan hadiah total saldo Ovo/Gopay Rp. 5.000.000,00 dan juga paket dari Tiga Sapi. 

Cara mengikuti kompetisi Challenge Cerita Tiga Sapi ini sangat mudah. Kamu hanya perlu meng-upload foto testimoni hasil masakanmu menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis ataupun Tiga Sapi Susu Evaporasi dengan hashtag #ceritatigasapi. Jangan lupa mention 3 orang teman dan juga akun @lezatnyatigasapi. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi akun instagram Tiga Sapi dan jangan lupa follow akun fanpage Tiga Sapi di Facebook serta hashtag #ceritatigasapi di Instagram ya, teman-teman!

92 Comments

  1. Anakku lagi demen bebikinan gini mbaaa
    Abis gini, aku mau tunjukin resepnya, siapa tau dia mau recook.
    Apalagi dia demen kue sarang semut iniii😍😍😍

    ReplyDelete
  2. Noted tipsnya agar menghasilkan kue sarang semut yang tidak pahit dan teksturnya bersarang, Mbak..sering dapat masalah di sini hihihi
    Tapi asli aku bayangin jadi enak banget pasti kue sarang semut pakai Tiga Sapai susu evaporasi

    ReplyDelete
  3. Saya sampai sekarang masih suka bantat mbk bikin cake. Kenapa ya biasannya? Masih harus banyak latihan nih..

    ReplyDelete
  4. Aku juga penggemar kue sarang semut.Dan emang sering kejadian gulanya gosong jadi rasanya pahit pahit manis gitu.thanks resepnya

    ReplyDelete
  5. Sebagai orang yang belum bisa bikin kue, mbaknya keren banget masyaa Allah. Saya dulu coba bikin martabak manis aja gagal.. hehe.. semoga suatu hari nanti saya bisa bikin kue juga kayak mbaknya

    ReplyDelete
  6. Eh, ini sih bolu yang sering dibikin sama ibuku mbak, tapi di rumah bilangnya ini bolu caramel. Ternyata nama aslinya sarang semut yah hehe. Sama persis deh resepnya, ibuku selalu pakai skm tiga sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo dirumahku ini disebut kue karamel, aku suka banget ini kue jadul alias legend

      Delete
  7. Emang tricky ya bikin sarang semut ini. Perlu diterapkan betul nih tipsnya biar hasilnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ya udah berhasil remake resep kue sarang semut. aku mau coba juga ah

      Delete
  8. Kalau di tempat saya kue ini namanya bolu karamel, Mba, saya baru dengar kalau di tempat lain namanya sarang semut. Resepnya bisa disimpan, nih, siapa tahu suatu hari nanti pingin dicoba.

    ReplyDelete
  9. yummy kue sarang semut paduan dengan tiga sapi evaporasi. Semoga menang hasil resep /masakannya yang lezat!

    ReplyDelete
  10. Ini kue kesukaan mertua saya nih mb. Kalau ke tempat beliau wajib bawa ini. Jadi pingin nyoba bikin sendiri. Thanks resepnya

    ReplyDelete
  11. Wah bisa pass ginj...aku pengen buat kue sarang semut tkut gosonv karamelny ...disini dapat tips2nya....terimakasih mbakkk

    ReplyDelete
  12. susah-susah gampang ya bikin kue bolu, memang kalau awal-awal suka bantat, begitu juga ibuku waktu bikin mbak
    kalau sering bikin dan terbiasa, udah bisa tahu takaran dan prosesnya
    apalagi ini ditambah susu tiga sapi. Aku sendiri baru tau ada produk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah akuu sukaa yang bantat mbaa, lebih enaak kalau mnrtku heheehe aneh2 aja ya

      Delete
  13. Oalaahh saya baru tau ini kue namanya sarang semut. Haha. Padahal sukaa dan suka beli juga, tapi gatau namanya apaan kirain bolu. Wkwk. Ternyata gampang juga cara bikinnya yaa..

    ReplyDelete
  14. Ini mah kue favorit mertua saya nih, emang rasanya enak juga sih nggak bikin eneg. Apalagi kalau ditambah kental manis jadi enak banget menurut saya.

    ReplyDelete
  15. Halo mba. Aku senang kue ini tapi jujur aku nggak tahu cara buatnya. BAca resep dan kreasi ini jadi pengen mencoba. Apalagi dengan adanya Tiga Sapi Kental Manis ini ya mba . Senangnya ada banyak kreasi masakan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik yaa mba dapet spill resep kue sarang semut, bisa jadi inspirasi cemilan family time nih

      Delete
  16. kue sarang semut ini aku bilangnya kue caramel mak, biasanya di acara pengajian atau arisan suka dihidangkan

    ReplyDelete
  17. Wah baru tahu kalo namanya bolu sarang semut, aku sering makan kalo lagi di arisan tapi gak tahu namanya hehe. Pastinya makin enak bikin kue sarang semut dengan Tiga Sapi yah, anak2 pasti suka dan makin lahap ngemilnya yaaah

    ReplyDelete
  18. Mantap nih kue sarang semutnya beneran jadi sarangnya hehehe. ternyata ini toh rahasianya. Praktis sekali pakai Tiga Sari kental manis damupun susu evaporasi. Harus dicoba buat ah kapan2 bareng anak2. mereka suka banget :) Oh, sampai 30 September ya challenge-nya. Ikutan ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut aja, Teh.. Nanti kalo aku bisa niru resepnya, aku re-cook resep Teteh...

      Delete
  19. Wah, aku baru tau ada produk tiga sapi dari Indofood, keliatan banget nih aku jarang masak :') itu kuenya enak kaya nya mba, tapi sayang, aku ga bisa bikinnya. Keren mbaa, tetep berkreasi ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, kka..
      Hihi...aku pun gak perlu bikin dapur bersih dan dapur kotor, karena dapurku selalu bersih.
      Kalau ada resep yang mudah seperti menu Kue Sarang Semut, bisa dicobain di dapur bersih aku.. ^^

      Delete
  20. Aku paling senang sama kue sarang semut ini karena ga perlu mixer dan oven...Bahannya pun mudah saja. Cuma kendalanya kadang ga jadi sarangnya. hiks. Makasih resepnya, Mbak. Pengin coba bikin saya

    ReplyDelete
  21. Kue yang saya juga doyan banget ini. Kalau ke toko jajanan pasar pasti nyomot beli kue ini. Soalnya saya bisa makan nggak bisa buat kue nya. Hehehe

    ReplyDelete
  22. Bolu Sarang Semut ini salah satu bolu kesukaanku. Suka karena ada lembek-lembeknya gitu. Juga karena rasanya yang manis.

    Btw, dengan gula 200gr ditambah 100ml Tiga Sapi kental manis, rasanya ga kemanisan kah mbak?

    ReplyDelete
  23. Menggiurkan! Saya tu suka cake sarang semut karena sifatnya yg bisa elastis gitu, hihi (malah buat mainan). Etapi memang enak sih kue nya dan gak perlu mixer. Kalau gak pakai oven berarti dibakar ya

    ReplyDelete
  24. Di Bali kue ini disebut kue caramel, memang enak banget untuk camilan apalagi dimakan bersama Tiga Sapi Susu Evaporasi ditambah Tiga Sapi Kental manis

    ReplyDelete
  25. Kalau pakai susu evaporasi cap tiga sapi ini, mau buat beragam kreasi masakan juga enak ya mbak
    Termasuk buat kue sarang semut Ini

    ReplyDelete
  26. Wow~
    Hadiahnya menarik yaah..mengikuti kompetisi foto cerita Tiga Sapi.

    Aku juga seneng bolu, kak.. Tapi sampai sekarang kok belum berhasil bikin caramel yah..
    Pengen lihat langsung cara bikinnya euuii~
    Hihii...((ngelunjak, pen main ke rumah kak Antung, malahan))

    ReplyDelete
  27. Ini kue yang sering dibikin ibuku juga nih. Kata ibuku paling hati-hati saat bikin karamel sama nyampur adonan yang ada susunya

    ReplyDelete
  28. Oh ya ampun saya suka banget kue sarang semut. Pernah coba bikin sendiri tapi gosong. Wkwkwk. Makasi resepnya, ntar mau coba bikin pas senggang.

    ReplyDelete
  29. Mbak, saya suka sarang semut, baca ini jadi pengen coba nanti kalau ketemu dapur yang bisa diacak-acak...hehe, saya simpan link nya yaa

    ReplyDelete
  30. Ah kue sarang semut ini level kesulitannya, susah buatku, hahaha pernah nyoba terus bantat, kayaknya pas melelehkan gula jadi karamel itu tricky... melihat resep ini jiwaku makin terpancing buat nyoba bikin lagi ah,, resepnya simpan duluuu... makasiiih mak

    ReplyDelete
  31. Enak banget pasti kue Sarang semut pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi. Bikinnya bikin happy pasti. Enaknya lagi Susu Evaporasi ini rendah lemak dan bisa jadi pengganti santan

    ReplyDelete
  32. Baru tahu saya Mbak kalau kue sarang semut bikinnya ga pakai mixer, kirain lebih ribet daripada bikin bolu biasa, ternyata sepertinya lebih gampang yak

    ReplyDelete
  33. saya juga suka banget bolu sarang semut
    besok mau coba ah bikin pake susu 3 sapi hasilnya pasti lebih yummy ya?

    ReplyDelete
  34. Boleh dicoba nih resepnya, sy belum pernah bikin kue sarang semut. Oh ya baru tahu ada kental manis merk tiga sapi, jd pengen nyoba

    ReplyDelete
  35. produk tiga sapi ini bisa dibuat apapun ya kak? teman-teman pada kreatif mengolah aneka masakan jadi yummy, jempol. Termasu kue sarang semut kesukaan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya unik ya, kak..
      Aku pikir cukup bolu aja..tapi jadi unik ketika namanya sarang semut dan menggunakan bahan yang sehat seperti Susu Tiga Sapi Evaporasi dan Susu Kental Manisnya.

      Delete
  36. Ya ampyunnn namanya lucuu aku baru tahuu mak kue sarang semut. Proses membuatnya lumayan yaa butuh beberapa kali proses. Susu cap tiga sapi okee ya buat kreasi kue dan masakan (gusti yeni)

    ReplyDelete
  37. Rajinnya, keren banget mak... Saya jangankan bikin kue sarang semut, cake biasa aja belum pernah, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua produk susu tiga sapinya sih selalu nyetok di rumah, tapi mixernya belum punya, hihihi...

      Delete
  38. Wah mantap ini
    Aku suka juga makan kue ini
    Cuma aku tim beli, g bisa baking
    Hahaha

    ReplyDelete
  39. Itu namanya Sarang Semut? Aku tahunya Karamel. Suka, tapi memang belum pernah bikin sendiri. Gak pinter baking, salah-salah jadi pahit. Kayanya mau coba resep lain aja pakai Tiga Sapi tentunya

    ReplyDelete
  40. Namanya unik nih. Kue Sarang Semut. Udah pasti manis, kesukaan saya banget manis-manis.

    Tiga Sapi Kental Manis ini ya, bisa dibikin kue apa aja. Mantap.

    ReplyDelete
  41. Suka sama kue sarang semut ini, tapi belum pernah coba buat sendiri, nanti cobain ah. Catet dulu resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga suka kue Sarang semut ini. Dulu engga tahu namanya apa kue seperti ini. Oh iya, kalau pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi hasilnya lebih enak nih kayanya soalnya bisa sebagai pengganti santan

      Delete
  42. wah makasih resepnya mbak, pas besok mau ada pengajian di rumah. kayaknya bagus juga kalau menyiapkan obolu sarang semut buat yang hadir.

    ReplyDelete
  43. Waah Mbak Antung pinter bikin kue juga ternyata. Makasih infonya mbak. Ntar aku kasih tau temen yang suka masak buat ikut kompetisi di IG Tiga Sapi mbak

    ReplyDelete
  44. Kalau ga salah populer dengan nama kue karamel ya mbak. Dan memang buat gulanya jgn sampai gosong. Duh ngiler banget saya karena suka banget sama kue ini. Apalagi pakai tiga sapi ya mbak

    ReplyDelete
  45. Zaman single dulu kue sarang semut ini termasuk yang aku sukai lho. Eh ternyata kalau buat sendiri ga terlalu susah ya. Pakai kental manis bisa. Siap dicoba ah

    ReplyDelete
  46. Kue sarang semut ini kadang aku sebut bolu caramel. Serupa tapi beda penamaan. Salah satu cemilan fav aku. Dulu ibuku sering bikin.

    Pakai Tiga Sapi Kental Manis rasanya pasti lebih enak ya.

    ReplyDelete
  47. Aku juga menyebutnya sarang semut ketimbang caramel. Dulu aku nggak doyan kue ini. Tapi sekarang sih suka. Hehehe

    ReplyDelete
  48. Oalah ini namanya kue sarang semut ya.. biasanya ibu saya bilang ini kue karamel... enak banget ya mba, ternyata lumayan juga step dan bahan2nya untuk bisa diikuti.. jadi pengen bikin hehehe

    ReplyDelete
  49. waaa asikkk! bisa coba recook nih di rumah, kebetulan semua bahannya ada nih, termasuk susu tiga sapi

    ReplyDelete
  50. Pernah makan kue sarang semut tapi belum pernah bikin sendiri. Ibu saya juga pinter bikin kue, bolu tapi saya engga pernah bikin sendiri. Kayanya enak nih kue sarang semutnya, apalagi kalau pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

    ReplyDelete
  51. Kue favoritku nih mbak. Enak dan manis. Alhamdulillah ada yg share resepnya. Cuzzah praktik

    ReplyDelete
  52. Nah ini ngeri ngeri sedap di pembuatan caramel ya hehehe. Salah sedikit bisa gosong dan pahit. Tapi jadi tertantang nih pengen bikin sendiri hihi

    ReplyDelete
  53. Camilan manis itu kesukaanku banget. Rasanya pengen segera nyemilin itu kue sarang semutnya.

    ReplyDelete
  54. waa kue favoritku tapi belum paernah bikin sendiri. Takut kalo gosong. Tapi baca disini kok kayanya enggak seribet yang aku bayangkan ya, jadi pengen nyoba bikin sendiri...

    ReplyDelete
  55. Aku suka banget bolu sarang semut, tapi belum pernah mencoba bikinnya. Aku mau coba bikin dengan resepnya kakak ah. Terima kasih untuk infonya kak

    ReplyDelete
  56. Wah ada tipsnya ya. Memang harus hati-hati supaya karamelnya ga gosong. Sepertinya jadi mudah pas baca artikel ini.

    ReplyDelete
  57. Kue sarang semut ini favorit keluarga ku lhoooo kak, paling mantep kalau dinikmati rame rame sembari ngobrol. Jadi pengen buat dong akunya... duh sedep euy!

    ReplyDelete
  58. duuh saya paling gak bisa bikin kue mba, apalagi yang harus extra memperhatikan cara bikinnya seperti kue sarang semut ini, jadi saya mah giliran makannya aja, hehehe. tapi pasti enak nih kalau pakai susu Tiga Sapi, soalnya saya biasa pakai susu ini juga untuk variasi minuman dan roti bakar. itu aja udah enak, apalagi untuk bahan kue

    ReplyDelete
  59. Baru tau ada kue sarang semut, dengan nama unik tentunya tidak mengalahkan rasanya pasti. Pake susu evaporasi emang enak.

    ReplyDelete
  60. Resepnya saya simpan dan kasih ke keluarga, Mbak. Soalnya keluarga saya suka juga bolu. Hanya biasanya bikin bolu marmer dan bolu kukus hehehe. Makanya pengin coba ini bolu sarang semut. Biasanya cuma beli hehehe

    ReplyDelete
  61. Wah, bolu pasti enak. Ditambah ada susu tiga sapi pasti menambah rasa nyummy. Btw, kue sarang semut saya baru tahu bentuknya gitu heheh

    ReplyDelete
  62. Saya juga termasuk susah untuk bikin kue.. Apalagi sponge cake pasri lebih serimg bantatnya.. Duh, kue sarang semut ini juga kesukaan saya nih tp blm bisa bkinnya.. Boleh deh ikutin resepnya ya pakai Tiga Sapi juga :D

    ReplyDelete
  63. Aku tim bolu juga mbaak tapi pilih pilih bolunya terutama yang ga bikin seret. Aku masih penasaran apa yang bikin sarang semut berlubang gitu hehe. Paling enak makan sarang semut sambil minum air dan teh d pagi hari hehe

    ReplyDelete
  64. Ingat kue ini adalah kue pertama yang dibuatkan adikku pas pertama kali bikin kue

    ReplyDelete
  65. Saya juga suka dengan kue sarang semut ini mbak. Karamel nya itu yang menjadi ciri khas nya...ini yang saya suka. Ternyata mudah ya membuatnya asal mengikuti step-step diatas. Apalagi ada tambahan bahan dari produk Tiga Sapi, pastinya cita rasa kue sarang semut ini lebih nikmat....anak-anak pun jadi suka.

    ReplyDelete
  66. saya penyuka kue sarang semut mba. Tapi pernah nyoba hasil kuenya gak bersarang, hehe.
    Makasih banget resep dan tipsnya mba, pasti rasanya makin enak dengan menggunakan produk Tiga Sapi.

    ReplyDelete
  67. saya juga suka buat bolu Mbak, lebih suka baking-baking gini daripada buat kue kering atau kukis, tapi untuk sarang semut ini belum pernah nyoba buat sih karena takut gagal, hihih.

    ReplyDelete
  68. Saya suka kue sarang semut. Ternyata membuat kue sarang semut tidak sulit, ya. Terima kasih resepnya, Mbak.

    ReplyDelete
  69. Kalau membaca cara membuatnya sih kayaknya gampang.
    Namun saat menjalankannya belum tentu juga bisa pas re-cooknya hehe.
    Tandai dulu ah, buat besok² bikinnya

    ReplyDelete
  70. wah aku baru tau nih ada kue sarang semut, menarik untuk dicoba sih nih salah satu kue khas nusantara dan kearifan lokal yg harus kita pertahankan, yummy kayanya nih mudah juga bikinnya

    ReplyDelete
  71. Wahh aku sukaa kue ini tapi blm pernah bikinnyaa, mau bikin juga aahhh.. thanks mbaa resepnyaa

    ReplyDelete
  72. Kue sarang semut ini sering saya dapet di kotakan. Meski bikinnya lebih gampang ketimbang sponge cake, ternyata penuh trik biar hasilnya pas bersarang.
    Jadi gulanya ngga boleh diaduk ya, biar ngga makin menggerindil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya tips and trick kaya gini yang aku kadang perlu latihan hehe. Kurang jam terbang kayanya aku, makanya perlu banyak baca tips dan trick baking.

      Delete
  73. Wahh, enaknya.. Kue ini paling populer di seluruh Indonesia. Dari Sumatera ke Jawa, Sulawesi hingga Maluku, kue ini selalu ditemui.

    ReplyDelete
  74. Wah ternyata sarang semut itu gampang banget yah kak dibuatnya, apalagi ada Tiga Sapi yang gampang ditemuin dan dibeli, cobain ah kapan kapan

    ReplyDelete
  75. duu jadi kangen almarhum mama, beliau suka bikin sarang semut mba, save resepnya pengen bikin di rumah nih, mengenang masa lalu :)

    ReplyDelete
  76. aku baru tau kalau namanya kue sarang semut mbak, selama ini kalau beli di tukang jajanan cuma nunjuk2 aja soalnya hahaha

    ReplyDelete
  77. Salah satu kue kesukaanku nih. Ternyata ga susah ya bikinnya. Kapan2 dipraktekkan ah. Mumpung ada produk Tiga Sapi di rumah.

    ReplyDelete
  78. aku kira itu kue karamel, tapi lucu juga sarang semut hahaa. mau coba bikin ah pakai resep mbak antung. kebetulan lagi suka bikin-bikin kue nih, ini juga gak terlalu susah kayaknya soalnya aku masih amatir. belum bisa yang susah-susah XD

    ReplyDelete
  79. Salah satu kue yang belum berhasil kutaklukkan nih. Sarangnya itu kurang jadi kalau aku bikin. Jadinya si kue terasa agak padat deh. Baca ini kok tampak mudah ya, mau coba recook ah nanti mumpung masih punya tiga sapi

    ReplyDelete
  80. Paling susah pas bikin karamelnya mba, waktu itu juga sempat gagal karena gosong hahaha..jadi pengen bikin lagi

    ReplyDelete
  81. Udh lamaaa ih ga makan kue sarang semut πŸ˜„. Aku tuh suka keliru dulu bedain nama kue ini Ama buka Ambon. Krn sama2 berlubang2 kayak sarang semut. Tapi rasa dan warna jelas beda. Aku cuma suka salah pas nyebut namanya.

    Adekku yg bisa bikin kue ini mba. Aku sih icipinnya aja πŸ˜„. Naah iyaa kdg Nemu kue sarang semut yg pait. Berarti Krn pas msk gulanya ada yg gosong yaa

    ReplyDelete
  82. udah lama banget ga makan kue sarang semut,ini salah satu kue yang sering ada di snack box

    ReplyDelete
Previous Post Next Post