Ide untuk Kado Perlengkapan Bayi Baru Lahir

 

Salah satu rekan kerja di kantor saya melahirkan minggu lalu. Meski usia kandungannya belum cukup untuk melahirkan, dokter memutuskan untuk mengeluarkan bayi karena ibu didiagnosa preeklamsia. Akhirnya tindakan operasi Caesar pun dilakukan dan alhamdulillah bayi lahir sehat dan berat badannya tidak kurang. 

Saat mendengar kalau rekan kerja ini melahirkan, saya dan beberapa teman lain pun langsung urung rembug untuk memberikan kado untuk bayinya. Kami membuat daftar barang apa saja yang kira-kira belum dibeli ibu untuk bayinya mengingat ini adalah anak pertamanya. 

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saat mempersiapkan kelahiran anak, orang tua lebih fokus membeli pakaian dan produk perawatan bayi ketimbang peralatan lainnya. Tambahan lagi, beberapa peralatan tambahan untuk bayi baru lahir harganya juga mungkin lebih mahal dibanding perlengkapan primer nya. Nah, kali ini saya ingin sharing beberapa ide kado untuk diberikan saat bayi baru lahir baik secara pribadi maupun patungan:
 

Pompa ASI



ASI merupakan makanan utama bayi hingga usianya 6 bulan. Karena itulah pompa ASI merupakan salah satu produk yang harus dimiliki para ibu yang baru melahirkan. Meski bayi bisa menyusu langsung ke payudara ibu, pompa ASI tetap diperlukan untuk menampung ASI ibu sehingga saat ibu misalnya kelelahan atau tidak bisa memberikan ASI secara langsung, bayi tetap bisa mendapatkan makanan utamanya lewat ASI Perah. Pompa ASI sendiri ada cukup banyak macam dan merk. Kita bisa memilih pompa ASI manual ataupun pompa ASI elektrik sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. 

Gendongan bayi


 


Gendongan bayi juga merupakan salah satu perlengkapan bayi yang penting untuk dimiliki. Gendongan bayi memungkinkan ibu untuk tetap beraktivitas saat bayi sedang rewel dan hanya ingin digendong ibunya. Perlu diingat dalam menggendong bayi ini, ibu sebaiknya memperhatikan konsep TICKS yakni Tight (ketat), In View at all times (bayi dalam pandangan setiap saat), Close enough to kiss (cukup dekat untuk mencium bayi), Keep chin off the chest (jauhkan dagu dari dadanya) dam Supported back (mendukung punggung bayi).
 
Untuk usia bayi baru lahir, kita bisa memberikan gendongan berbentuk baby wrap yang cara penggunaannya dililitkan ke badan ibu atau baby carrier yang memang dikhususkan untuk bayi baru lahir dengan penopang untuk kepalanya. Adapun untuk gendongan berbentuk hip seat akan lebih cocok digunakan jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas atau sudah bisa duduk.
 

Stroller



Selain gendongan, stroller juga bisa menjadi salah satu ide untuk kado bayi baru lahir. Stroller bisa digunakan untuk mengajak bayi berjemur atau berjalan-jalan pagi di sekitar rumah. Stroller juga bisa menjadi pilihan orang tua yang mungkin tak ingin repot menggendong anak saat bepergian. Dengan menggunakan stroller, anak bisa tidur dengan nyaman sementara ibu juga bisa bergerak lebih leluasa dalam perjalanan. 
 
Dalam memilih stroller, tentunya kita juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti berat stroller,  faktor keamanan hingga kepraktisan stroller dalam pengemasan atau saat dibawa dalam perjalanan. Untuk bayi baru lahir sendiri, umumnya stroller yang digunakan adalah jenis stroller dengan posisi datar agar bayi bisa berbaring di atasnya. Saat ini ada cukup banyak pilihan stroller yang bisa kamu dapatkan di toko bayi maupun marketplace. Harga stroller bayi juga bervariasi mulai dari 1 jutaan hingga 6 jutaan tergantung merk dan fungsinya.


Car seat



Untuk keluarga yang memiliki mobil, car seat juga merupakan salah satu produk yang sebaiknya dimiliki. Penggunaan car seat untuk bayi sangat dianjurkan demi keamanan berkendara. Dengan menggunakan car seat, bayi akan tetap aman saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terlempar atau terbentur karena car seat memiliki fungsi menahan tubuh bayi. Car Seat sendiri terdiri atas 3 macam yakni infant car seat yang ditujukan untuk bayi usia 0-1 tahun dengan berat badan maksimal 10 kg. Lalu ada juga toddler car seat untuk anak usia 1-4 tahun dengan berat badan 10-20 kg dan terakhir ada young childre car seat yang bisa digunakan anak usia 4-8 tahun dengan berat badan di atas 20 kg. Nah, jika kamu ingin memberikan kado berupa car seat, bisa memilih infant car seat yang memang ditujukan untuk bayi baru lahir.


 

Baby Bouncer


 

Baby bouncer merupakan peralatan berupa kursi ringan yang bisa berayun layaknya ayunan dan kita kita bisa meletakkan bayi di atasnya. Kadang ada bayi yang hanya bisa tidur jika diayun, Nah, dengan fungsinya ini, baby bouncer bisa digunakan sebagai pengganti ayunan bayi sehingga bayi akan lebih mudah tidur karena ayunannya. Ada 2 jenis baby bouncer yang bisa dipilih yakni baby bouncer manual dan baby bouncer elektrik. Baby bouncer idealnya digunakan hingga usia bayi 6 bulan saja karena setelah usia tersebut bayi sudah mulai aktif. Kisaran harga Baby Bouncer sendiri juga beragam mulai dari ratusan ribu untuk baby bouncer manual dan di atas 1 juta untuk baby bouncer elektrik.


Itulah dia beberapa ide untuk kado perlengkapan bayi baru lahir. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian!

10 Comments

  1. Aku malah dpt gendongan dan bouncer sampe bbrp, ada yg ga aku buka hihihi

    Paling enak kalau ditanya yg belum punya apa hihi, jadi ga bakal mubazir dan pasti kepake, tp ya cuma teman dekat aja yg kaya gini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau sama teman memang paling pas itu tanya mau kado apa biar nggak salah dan pasti dipakai. hehe

      Delete
  2. Pompa ASI itu kerasa banget fungsinya buat saya ketika saya dulu baru melahirkan.
    Pompanya saya pakai pada hari ketiga, karena waktu itu isapan anak saya terlalu lemah untuk merangsang ASI saya, sehingga mau nggak mau harus saya peras ASI-nya dengan pompa ASI ini.

    Pada ibu-ibu dengan anak pertama, menyusui menjadi problem berat kalau bayinya sakit karena mereka belum bisa mengeluarkan ASI mereka dengan lancar, sehingga pompa ASI akan sangat membantu mereka.

    ReplyDelete
  3. Ini biasanya kalau habis punya baby barang perlengkapan gini jadinya numpuk ya kak ehehe... Kadang aku mending kasih amplop biar bisa beli keperluan bayi sendiri siy

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali. Saya waktu kakak ipar melahirkan, itu bingung mau kado apa, mau nanya butuh apa nggak enak. Mau beli barang, takutnya yang lain juga ngasih barang yang sama takut numpuk mubazir. Akhirnya diputuskan malah beli peralatan elektronik kayak magic comp. Hehe

    ReplyDelete
  5. Kalo yang paling ekonomis kayaknya ya gendongan bayi aja paling ya. Kalau stroller dan lainnya itu lumayan juga harganya.

    ReplyDelete
  6. Empat pilihan idenya, beneran produk-produk yang bakal wajib dipakai ya. Bahkan, kalau bisa dirawat dengan baik, beberapa diantaranya masih bisa disedekahkan atau diwariskan ke keluarga yg juga baru punya bayi.

    ReplyDelete
  7. Seneng banget kalau dapat carseat.
    MashaAllah~
    Memang zaman sekarang hadiah untuk kelahiran si kecil bisa sangat beragam yaa.. Tentu saja sesuaikan dengan keperluan dan keuangan dari sang pemberi hadiah yaa.. Jangan sampai memberatkan.

    ReplyDelete
  8. Benar sekali mba, saat keponakan aku baru lahir itu pun ortunya memang lebih berfokus mempersiapkan pakaiannya, sehingga beberapa seperti yg mba sampaikan di atas itu sangat bermanfaat sekali sebagai rekomendasi kado buat baru lahir

    ReplyDelete
  9. Saya beberapa kali tengokin teman yang habis lahiran saya kadoin baby bouncer. Alhamdulillah sangat kepake dan teman saya juga bahagia banget dapat kado itu soalnya biasanya dia dapat kado perlengkapan mandi bayi

    ReplyDelete
Previous Post Next Post