10 Kunci Agar Hidup Lebih Bahagia



"Eh bulan Maret nanti tema collab kita apa, ya?"

"Gimana kalau tentang Hari Kebahagiaan Internasional. Kebetulan bulan Maret ada peringatan Hari Kebahagiaan Nasional."

"Wah baru dengar ada Hari Kebahagiaan Internasional,"

"Iya aku juga baru dengar. Boleh deh temanya itu."

"Oke kalau begitu sepakat ya tema bulan Maret adalah Hari Kebahagiaan Internasional."

***

Kutipan di atas merupakan salah satu percakapan yang terjadi di grup whatsapp Female Blogger of Banjarmasin yang saya ikuti. Sejak beberapa bulan terakhir, komunitas Female Blogger Banjarmasin memang mengadakan blogging collaboration untuk para anggotanya. Tema yang dipilih ditentukan secara musyawarah dan pendaftaran tulisan dilakukan paling lambat tanggal 15 setiap bulannya. Tujuan dari blogging collaboration ini tentunya selain untuk meningkatkan backlink juga untuk memancing ide dari para peserta untuk tulisan di blognya. 

Seperti percakapan yang saya tuliskan di atas, tema untuk bulan Maret adalah tentang hari Kebahagiaan Internasional. Sejujurnya saya baru kali ini mendengar adanya peringatan Hari Kebahagiaan Internasional ini yang ternyata diperingati setiap tanggal 20 Maret itu. Belakangan saya malah jadi penasaran sebenarnya ada berapa peringatan internasional yang dibuat oleh PBB? Saya pun mencoba mengecek cukup terkejut ternyata banyak sekali daftar peringatan hari Internasional yang dibuat oleh PBB. Untuk bulan Maret saja ada hampir 20 peringatan hari internasional.

Tentang Hari Kebahagiaan Internasional

Balik lagi ke topik awal, International Day of Happiness atau Hari Kebahagiaan Internasional sendiri pertama kali dicanangkan oleh PBB di tahun 2012 atas prakarsa dari penasihat PBB Jayme Illien pada 28 Juni 2012. Jayme Illien membuat konsep untuk Resolusi PBB yang mengakui bahwa mengejar kebahagiaan adalah hak asasi manusia dan tujuan fundamental manusia. PBB sendiri mulai memperingati Hari Kebahagiaan Internasional ini sejak 20 Maret 2013.

Sebagai seorang ibu sendiri, kebahagiaan tentunya adalah salah satu hal yang harus dimiliki. Seperti kutipan yang kerap kita baca dan dengar, "Ibu bahagia akan menghasilkan anak-anak yang bahagia." Karena itulah saat ini kerap kita mendengar istilah "me time" bagi para ibu yang dilakukan dengan tujuan agar para ibu tetap merasa bahagia.

Baca juga : 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan Para Ibu Agar Tetap Bahagia

Selain dengan adanya "me time", ternyata ada kunci lain yang bisa dilakukan agar hidup lebih bahagia. Situs http://www.actionforhappiness.org telah merumuskan 10 kunci untuk bisa mencapai hidup yang lebih bahagia yang disingkat menjadi GREAT DREAM. Kesepuluh cara untuk bisa mencapai hidup lebih bahagia ini meliputi :

Giving - Do Things for Others

Menolong orang lain ternyata bisa membantu kita untuk bisa hidup bahagia. Saya ingat ada iklan yang menggambarkan bagaimana efek dari tolong menolong yang dilakukan seseorang bisa berpengaruh pada orang lain. Dan katanya lagi, dengan menolong orang lain, berarti kita menolong diri sendiri. Ada banyak hal sebenarnya yang bisa kita lakukan terkait menolong orang lain ini. Entah itu sekadar membantu seorang tetangga yang mengangkatkan jemurannya saat hujan tiba, hingga mendengarkan curhat sahabat yang sedang kesusahan. Dalam kehidupan rumah tangga sendiri, pertolongan suami dalam mengurus rumah dan anak bisa memberi kebahagiaan besar bagi para istri.

Relating - Connect with People

"Tak perlu banyak orang yang menyukai kita, hanya perlu beberapa orang baik."
Itulah bunyi salah satu dialog film yang saya tonton beberapa waktu lalu. Ya, sebagai makhluk sosial, jelas kita perlu berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita. Dan beruntunglah mereka yang memiliki teman-teman dekat dan bisa menjaga hubungan baik dengan teman-teman dekatnya ini. Sebab katanya sih, mereka yang memiliki hubungan baik dengan orang lain akan hidup lebih bahagia, sehat dan panjang umur.

Exercising - Take Care of Your Body

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Masih ingat dengan slogan ini? Jiwa yang kuat di sini bisa berupa kebahagiaan. Memang jika tubuh kita sehat, kita tentu lebih nyaman beraktifitas dan melakukan banyak hal yang kita impikan dan kita pun jadi bahagia karenanya. Nah, agar tubuh bisa sehat selalu, tentunya kita harus mulai dengan menjalankan pola hidup sehat mulai dari berolahga dan menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita. Kalau untuk saya ini masih PR sebenarnya.

Sumber gambar : http://www.actionforhappiness.org

Awareness - Live life mindfully

Kalau menurut saya, live life mindfully yang dimaksud dalam daftar ini adalah bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan pada kita. Selain bersyukur, kita juga bisa melakukan muhasabah/perenungan atas hal-hal yang terjadi pada kita. Dengan melakukan muhasabah/perenungan ini tentu akan membantu kita untuk bisa lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan dan bisa menghargai hal-hal kecil yang diberikan pada kita.

Trying Out - Keep Learning New Things

Bagi sebagian orang mencoba hal baru bisa dikatakan sebagai keluar dari zona nyaman. Namun terlalu lama berada di zona nyaman juga tentunya tak baik untuk kita. Karena itu tak ada salahnya jika kita mencoba mempelajari hal baru entah itu kursus memasak, kursus mengemudi, atau mengubah beberapa kebiasaan yang dirasa kurang baik. Dengan mencoba hal baru kita akan menemukan tantangan baru dan bersemangat karenanya.

Direction - Have Goals to Look Forwad To

Dalam menjalani hidup, kita seharusnya memiliki target-target tersendiri yang ingin dicapai. Ada target jangka pendek ada pula target jangka panjang. Dengan adanya target ini kita tentunya bisa lebih fokus dan memiliki motivasi untuk menjadikan hidup lebih baik dan tentunya menjadi lebih bahagia.

Resilience - Find Ways to Bounce Back

Ada saat-saat di mana kita mungkin berada di titik rendah dalam hidup kita. Kalau sudah begini pastikan kita sudah cukup siap untuk menghadapinya. Dalam hal ini, biasanya aspek spiritual cukup berpengaruh dalam hal ketahanan ini. Saat masalah datang, dekatkan diri dengan sang Pencipta, dan jangan ragu untuk mencari pertolongan kepada orang yang kita percaya.

Emotions - Look for What's Good

Kalau dilihat dari jenis katanya, kebahagiaan ini termasuk kata sifat yang berkaitan dengan emosi. Nah emosi ini sendiri terbagi atas emosi positif dan emosi negatif. Untuk bisa bahagia, tentunya kita harus memiliki emosi positif seperti rasa gembira, rasa syukur, kepuasan, inspirasi, dan kebanggaan. Untuk bisa memunculkan emosi-emosi positif ini, kita bisa mewujudkannya dengan melakukan hal-hal yang kita sukai .
 

Acceptance - Be Comfortable With Who You Are

Kadang tanpa sadar kita kerap membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Mengapa kita begini sementara dia begitu? Padahal kita sendiri sadar tak ada manusia yang sempurna. Untuk menghindarkan diri dari rasa rendah diri seperti ini, kita harus bisa menerima diri sendiri dan merasa nyaman dengan diri sendiri. Yakinkan diri kalau kita juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang yang membuat kita merasa rendah diri.  

Meaning - Be Part of Something Bigger 

Hal terakhir yang bisa membuat hidup lebih bahagia adalah bisa berarti bagi orang lain. Bayangkan bagaimana bahagianya kita seseorang menyebutkan nama kita sebagai orang yang penting dalam hidupnya. Untuk bisa menjadi sosok yang memberi arti bagi orang lain ini, kita bisa memulai dengan melalukan hal-hal baik di lingkungan sekitar kita. Kita juga bisa mencoba mendaftar menjadi sukarelawan atau mungkin hal yang lebih sederhana, memberikan motivasi bagi orang lain melalui tulisan atau tindakan kita.

Itulah dia 10 kunci agar hidup lebih bahagia menurut Situs http://www.actionforhappiness.org. Saya sendiri secara pribadi meyakini kalau kebahagiaan itu bisa datang dari hal-hal sederhana dan kita bisa mensyukurinya. 

"Tulisan ini di ikut sertakan dalam Blog Collaboration Female Blogger Of Banjarmasin"

Post a Comment

69 Comments

  1. Salam kenal Kak, wah informatif sekali tulisannya, saya juga baru mendengar ada hari kebahagiaan international. Memang saat ini manusia sering melewatkan hal sederhana ini ya untuk hidup bahagia, padahal ketika kita bahagia maka mudah2an semuanya dilancarkan. Terimakasih sharingnya. Semoga saya juga bisa menjadi penulis blog yang bermanfaat seperti Kakak.

    ReplyDelete
  2. Kenapa ga ada item ke Alpa ya mbak, untuk bahagia? Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kalau item ke alpa itu buat jadi terkenal kayaknya, mbak

      Delete
  3. Setuju banget exercise dimasukkan dalam 10 cara untuk bahagia, soalnya aku mengalami sendiri Mba, ketika masa2 SMP rajin bergerak semangat belajar tinggi banget, ada masalah tapi ga mudah stress, tapi pas SMA magernya minta ampun eh ngaruh juga ke prestasi, semangat belajar loyo banget. Makanya resolusi 2018 aku salah satunya exercise. Soalnya kalo exercise peredaran darah lancar juga ke otak, fresh, bawaannya ringan kemana2, mudah positif thinking, semangat membangun passion juga

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ada harin kebahagiaan internasional.
    Aku sering melakukan hal baru mba, karena memang memberikan kebahagiaan tersendiri. Bahkan saat melakukannya mendapatkan banyak hal, lingkungan baru, inspirasi baru dan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenarnya banyak manfaat yang kita dapatkan dari mencoba hal baru ya

      Delete
  5. GREAT DREAM. Wah, bagus ya mba ternyata artinya... Aku merasa pas banget di beberapa poin. Kayanya harus punya target yang lebih spesifik deh supaya bisa lebih termotivasi. Aku lagi suka banget main YouTube nih mba. Mungkin belajar ke ranah vlogging kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kemarin sempat rajin bikin-bikin video tapi sekarang dah mulai jarang karena susah banget ambil rekamannya sambil gendong bayi

      Delete
  6. aku suka bahagia. bahagia dunia akhirat. semoga tercapai

    ReplyDelete
  7. wah abru tahu jg ada hari kebahagiaan internasional. great article!

    ReplyDelete
  8. Wah semuanya ngena di aku. Tipsnya bisa dipakai nih nanti. Eh, nanti? Sekarang aja terapin. SEKARANG..*nimpuk gayung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dari yang paling gampang aja dulu. Hehe

      Delete
  9. Me Time tuuu... Ih kangen juga perawatan di salon 😁. Kalo misua ada rejeki boleh nih dianggarkan buat perawatan demi kebahagiaan bersama hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, kak. Saya juga sudah lama nggak ke salon. Hihi

      Delete
  10. Seumur" aya ga pernah ke salon 😂🤣, Tapi Kayanya seru deh kalau ke salon ekwkwk, terlalu malu untuk membuka ke orang aya nya 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aya perawatan sendiri di rumah soalnya. Hehe

      Delete
  11. Tipsnya komplit banget. Olahraga memang bikin segeer dan mood membaik, hati jadi senang :)

    ReplyDelete
  12. Coba kalau hari perayaan internasional ini diadopsi juga jadi ada hari kebahagiaan nasional, terus ditetapkan sebagai hari libur nasional. Bisa makin bahagia saya :)

    ReplyDelete
  13. Yang belum berani aku lakukan secara frontal adalah keluar dari zona nyaman dan aman. Terlalu banyak pertimbangan, terlalu banyak mikir, terlalu banyak alasan. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulun jua kayaknya belum terlalu berani keluar dari zona nyaman, ka

      Delete
  14. aku masih suka membndingkn diri dengan pencapaian orang lain, jeleknya malah akan bikin minder ya, padahal kalau buat pecutan insyaallah lebih baik. Terimakasih uraiannya membuatku semakin banyak berpikir. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Harusnya sih keberhasilan orang lain bisa jadi pemicu buat kita untuk berusaha lebih baik

      Delete
  15. wooow indpirasif sekali... beberapa hari ini aku penasaran dengan kata Resilience.. karena kata dosen psikologi aku ngalamin hal ini..dan setelah baca ulasan ini aku jadi paham.. makasih banyak..

    ReplyDelete
  16. Kebahagiaan itu berasal dari hal-hal sederhana benar sekali, tak perlu mencari kemewahan dan kesempurnaan. love this.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Malah kadang yang dilimpahi kemewahan malah nyari kebahagiaan

      Delete
  17. Beneran baru tahu lho saya kalau ada hari kebahagiaan internasional. Harusnya itu dibikin tanggal merah ya, pasti akan lebih bahagia hihihi....

    ReplyDelete
  18. yee ... ada juga ya hari kebahagiaan hehe ....
    makasih mak tulisannya

    ReplyDelete
  19. Ternyata 20 Maret hari kebahagiaan internasional to mbak? pantes ak bahagia banget jg klo tgl 20 Maret krn bertepatan dgn tanggal pernikahanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat hari jadi pernikahan kalau begitu :)

      Delete
  20. Ternyata 20 Maret hari kebahagiaan internasional to mbak? pantes ak bahagia banget jg klo tgl 20 Maret krn bertepatan dgn tanggal pernikahanku

    ReplyDelete
  21. Kebahagiaan emang bisa dari hal sederhana karena kita bersyukur akan nikmat Allah ya. Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  22. suka melupakan hal-hal sedrhana padahal itu penting sekali yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kebahagiaan kan bisa berasal dari hal kecil

      Delete
  23. Bahagia Itu Sederhana kok, Berhenti mengeluh maka kita sudah bahagia.. apalagi jika ditambahkan denga tersenyum pada dunia..

    ReplyDelete
  24. wah.. aku baru kalo ternyata ada juga ya hari kebahagian^^ ya walaupun bahagia harus setiap saat dengan syukur kepada sang pencipta... kesepuluh kunci ini aku suka dan sepakat mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga baru tahu sekarang peringatan ini

      Delete
  25. Kebahagiaan itu menular ya. Apalagi kalau memberi dan membantu orang lain. Aku suka dengan 10 tips bahagia di atas, complete. Pengen mempraktikkan yang belum jadi kebiasaan.

    ReplyDelete
  26. Baru tahu ada hari kebahagiaan internasional. Sepakat deh dengan 10 kunci bahagia. Bagiku bahagia itu kita yang menciptakan,dan mengusahakannya. Semoga kita termasuk ibu yang bahagia, dengan anak-anak yang bahagia pula.

    ReplyDelete
  27. Saya juga baru tahu ada hari kebahagiaan internasional. Sharingnya bagus sekali, semoga kita selalu menjadi ibu yang bahagia.

    ReplyDelete
  28. Rasa bahagia memang perlu diciptakan ya, ketika bisa memberi sesuatu kepada orang lain tentu bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Memberi tak selalu dalam bentuk materi, bisa dukungan moril atau sekedar menjadi pendengar yang baik atas curhatan teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kadang kalau perempuan kan cuma perlu didengarkan

      Delete
  29. Anak yg bahagia berasal dr ibu yg bahagia 😊 jadi mikir aku mak, tp kadang laki2 suka ada aja yg gak mengerti mengerti time Emak 😂 hehe.. Tapi ya sudahlah Toh kebahagiaan itu kita yang ciptakan ya mak 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Laki-laki memang kadang kurang pengertian

      Delete
  30. hari kebahagiaan jadi hari libur nasional, public transport di gratiskan, banyak pentas hiburan, salon2 kasih diskon setengah harga,cafe2 maupun pusat perbelanjaan*sepertinya saya ngayal:D** tapi pasti bahagia banget rakyatnya--tips buat yang mau kampanye tahun depan..LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kalau yang kayak gitu pasti bikin bahagia. Apalagi kalau bbm dan listrik turun harga. He

      Delete
  31. Iyess mbak, kesederhanaan bisa membuat bahagia. Tentunya ditambah dengan melakukan hal-hal yang mbak sebutkan juga bisa bikin tambah bahagia

    ReplyDelete
  32. keren banget sharingnya Mbak. Sukak hehe.
    thank you.

    ReplyDelete
  33. Bahagia itu sederhana terbukti sudah. Tinggal pake 10 jurus ini yah. Mg kita selalu bahagia ����

    ReplyDelete
  34. Everyday is happiness.

    Btw cara paling mudah namun kadang terasa sulit adalah dengan menjadi diri sendiri :)

    ReplyDelete