Daftar Perlengkapan Bayi 6 Bulan ke Atas yang Perlu Diketahui


Daftar Perlengkapan Bayi 6 Bulan ke Atas yang Perlu Diketahui


Daftar perlengkapan bayi 6 bulan ke atas - Tak terasa usia anak kedua saya sekarang sudah 6 bulan. Alhamdulillah untuk perkembangan motoriknya masih sesuai standar. Di usia 6 bulan ini Yafiq sudah bisa tengkurap bolak balik dan mengeluarkan berbagai suara dari mulutnya. Namun tak seperti kakaknya yang setelah bisa tengkurap langsung belajar duduk dengan mengangkat pantat, maka Yafiq setelah bisa tengkurap malah mulai merayap dengan dadanya. Jika dia melihat barang yang menarik perhatiannya, dengan cepat Yafiq menggerakkan kedua tangan dan kakinya untuk merayap mendekati benda tersebut.

Berbeda dengan saat usianya masih 0-6 bulan, keperluan harian Yafiq pastinya sudah berubah. Pakaian yang di waktu masih newborn pastinya sudah tidak terpakai lagi. Tak hanya itu, saya juga mulai membeli barang-barang baru terkait perkembangan motoriknya. Lalu apa saja perlengkapan yang diperlukan untuk bayi usia 6 bulan? Berikut adalah beberapa daftar yang bisa saya berikan:


Peralatan MPASI

Saat usianya memasuki 6 bulan, bayi mulai makan dan memasuki masa MPASI. Nah, pastinya untuk masa MPASI, kita perlu menyiapkan berbagai peralatan untuk menunjang kegiatan MPASI ini baik bagi ibu maupun  untuk bayi sendiri. Mangkuk, piring dan sendok pastinya menjadi peralatan wajib untuk memberikan MPASI si kecil nantinya.

Sedangkan untuk proses mengolah MPASI sendiri juga ada banyak printilan yang bisa disiapkan tergantung kebutuhan dan keinginan ibunya. Kalau misalnya ibu ingin MPASI Homemade maka peralatan seperti saringan kawat, panci kukusan blender, slow cooker dan tentunya wadah penyimpanan untuk MPASI merupakan beberapa barang yang wajib dimiliki.

Trus kalau MPASI-nya instan bagaimana? Nah kalau ini pastinya kita harus selalu menyetok produk MPASI instan itu buat si kecil. 

Kursi makan

Seperti yang saya tulis di atas, pada usia 6 bulan, bayi sudah mulai memasuki masa MPASI. Di usia ini juga bayi mulai belajar duduk. Dari beberapa referensi yang saya baca, dalam proses memberi makan anak sebaiknya dibiasakan dalam posisi duduk. Entah itu makannya sambil diasuh atau menggunakan kursi duduk yang pastinya akan sangat memudahkan bagi ibu untuk membiasakan anak makan dalam posisi duduk. 

Ada beberapa macam kursi makan yang bisa kita guna. Pertama ada booster seat yang biasanya menjadi pilihan saat bayi baru belajar makan. Booster seat ini biasanya ukurannya pendek saja dan tidak memiliki kaki pada bagian bawahnya jadi dalam penggunaan diletakkan di lantai atau di atas kursi orang dewasa. 

Ada juga highchair kursi makan dengan kaki yang bisa digunakan jika keluarga makan di meja makan tinggi. Kelebihan dari highchair ini adalah bisa digunakan hingga anak berusia 4 tahun. 

Terakhir, kursi makan bayi yang bentuknya seperti stroller. Nah kalau kursi makan model begini pastinya lebih asyik karena selain bisa menjadi meja makan untuk bayi, setelahnya ibubjuga bisa mengajak bayi jalan-jalan keliling komplek dengan kursi makan ini.

Baca juga : Sewa Pompa ASI, Yay or Nay?

Teether

Saat usianya memasuki 4 bulan, biasanya bayi memasuki fase oral. Ini membuat mereka kerap memasukkan benda apapun di tangannya ke dalam mulut. Tak hanya itu, memasuki usia 6 bulan, bayi biasanya juga mulai tumbuh gigi yang membuat mereka gemar sekali menggigit. Untuk mengantisipasi bayi yang suka menggigit barang ini biasanya para ibu memberikan teether kepada bayi. Teether ini bentuknya bermacam-macam mulai dari buah, binatang, hingga berbentuk buku. 

Mainan untuk stimulasi

Mainan juga menjadi salah satu perlengkapan bayi 6 bulan yang harus dimiliki. Dalam memilih mainan untuk bayi ini sebaiknya kita memilih yang bisa sekalian menstimulasi bayi. Beberapa jenis mainan yang bisa menjadi pilihan untuk bayi berusia 6 bulan antara lain buku bantal yang juga bisa menjadi sarana memperkenalkan buku pada bayi, rattle yang bisa mengeluarkan bunyi saat dipegang sehingga bisa mengajarkan bayi akan konsep sebab akibat. 

Gendongan SSC/Hipseat

Gendongan sebenarnya merupakan perlengkapan bayi yang wajib dimiliki sejak bayi baru lahir. Biasanya saat usianya masih newborn para ibu mungkin akan memilih menggunakan gendongan kain atau tipe babywrap mengingat tubuh bayi yang masih mungil dan belum bisa mengangkat kepala. Nah saat usianya memasuki 4 bulan sebenarnya gendongan tipe SSC sudah bisa digunakan. Keuntungan menggunakan gendongan dengan model SSC ini pastinya karena modelnya yang benar-benar bisa menopang seluruh tubuh bayi dan bisa menggendong bayi dengan posisi backcarry. Selain itu ibu juga lebih nyaman membawa bayi karena beban yang terbagi rata di kedua pundak. 

Selain gendongan model SSC, gendongan model Hipseat juga digunakan setelah bayi memasuki usia 6 bulan ini. Perbedaan yang paling kentara dari gendongan SSC dengan Hipseat adalah adanya penyangga pada bagian pinggang yang bisa menjadi tempat duduk bayi. Karena itulah gendongan model Hipseat ini lebih pas digunakan untuk bayi yang sudah bisa duduk. Nah, jika teman-teman berniat ingin membeli gendongan SSC atau Hipseat ini bisa membelinya secara online di WOWMOM Blibli.com ya. 

Itulah dia beberapa perlengkapan bayi usia 6 bulan ke atas yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua. 

8 Comments

  1. Aku noted semua mommm. Ada rencana untuk menikah dalam waktu dekat, baru rencana, semoga Tuhan dan semesta mengijinkannya. Dan semua artikel parentiartikel tentang dari seluruh teman-teman blogger adalah bacaan berharga yang jadi modal sebelum memasuki kehidupan tersebut. Terimakasih sharingnya yaa

    ReplyDelete
  2. Gak kerasa yaa...6 bulan uda masanya ganti perlengkapan bayi kaya baju dan temen-temennya.
    Excited banget pastiii..
    Inget anak-anak masih kecil, hobinya nongki di toko bayi-bayi hanya demi mantengin ada model baju apalagi yang unik.
    Hehhee...

    ReplyDelete
  3. Setiap 6 bulan perlengkapan baby harus diganti, apalagi baju cepet banget harus ganti karena udah ga muat lagi

    ReplyDelete
  4. Kalau aku tidak punya kursi makan untuk anakku karena menurut hematku dipakainya tidak lama jadi ya aku berdayakan Saja stroller untuk anakku duduk diam selama makan berlangsung😊

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat dulu berburu tether sampai ke mana-mana, saking cari yang terjangkau hahaha.
    terus beli kursi makan sampai ke IKEA, terus ngga kepakai :D

    Mending beli online di Blibli gitu ya :)

    ReplyDelete
  6. 6 bln waktunya seru seruan sama mpasi ya..
    Beli peralatan mpasi, bikin excited

    ReplyDelete
  7. Semuanya sangat penting bagi yang punya balita ya. Gendongan sangat saya perhatikan juga tuh mengingat waktu anak saya balita, termasuk lambat dalam berjalan. Sehingga kemana mana masih digendong. Alhamdulillah sih sekarang sudah bisa jalan normal.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sekarang mudah ya para Bunda bisa menggendong bayinya dengan gendongan praktis seperti model SSC atau Hipseat ini. Gampang pula bisa beli di WOWMOM Blibli.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post