Pengalaman Mendengarkan Buku Tere Liye di Aplikasi Audiobook Storytel



mendengarkan novel lewat audiobook storytel

Membaca merupakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat dan menjadi hobi bagi sebagian orang. Namun kadang adakalanya kita tak memiliki banyak waktu untuk membaca buku dengan entah itu buku fisik ataupun buku digital. Nah, untungnya sekarang sudah ada audiobook seperti Aplikasi audiobook Storytel yang bisa membuat kita tetap bisa menikmati buku favorit sambil melakukan berbagai kegiatan. Apa saja sih fitur yang ada pada aplikasi Storytel ini? Yuk baca postingan ini sampai habis.

Saat kesulitan meluangkan waktu untuk membaca buku

Sejak kecil saya sudah suka membaca. Berbagai novel fiksi saya lahap sejak usia SD hingga kuliah. Perpustakaan dan taman bacaan  menjadi salah satu tempat yang kerap saya kunjungi jika ingin membaca novel terbaru karangan penulis favorit. Bahkan saking sukanya dengan saya pernah bekerja paruh waktu semasa kuliah di sebuah taman bacaan yang membuat saya bisa membaca seri novel Harry Potter terbaru secara gratis.

Sayangnya setelah menikah dan memiliki anak, frekuensi membaca saya semakin berkurang saja rasanya. Kesibukan pekerjaan dan hal-hal lain membuat saya kesulitan mencari waktu yang tepat untuk membaca. Buku-buku yang dibeli pun jadinya terbengkalai bahkan berdebu di rak buku, membuat saya mempertanyakan diri apakah benar seorang pecinta buku. Pada akhirnya, saya pun memutuskan untuk mencoba cara lain dalam menikmati buku selain membca buku fisik dan baca buku online, yakni dengan mendengarkannya.  

Tak berbeda dengan membaca buku, mendengarkan buku juga nyatanya juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kita. Bagi bayi dan anak-anak, misalnya, mendengarkan cerita yang dibacakan ibunya bisa menjadi langkah awal mengenalkan dunia literasi pada mereka sekaligus menstimulasi kemampuan berbicara mereka. Adapun beberapa manfaat dari mendengarkan buku ini antara lain:

  • Membantu meningkatkan rentang perhatian dan fokus
  • Melatih daya ingat
  • Mendengarkan buku juga mampu melatih daya ingat kita 
  • Membangun kemampuan mendengarkan secara kritis
  • Mengembangkan rasa empati
  • Meningkatkan kesehatan mental


Storytel aplikasi audiobook dengan ratusan bacaan


novel selamat tinggal di storytel

Untuk bisa mendengarkan sebuah buku, tentunya kita memerlukan sebuah program atau aplikasi tambahan yang dikenal juga dengan sebutan audiobook. Audiobook ini merupakan program atau aplikasi yang mengalihkan bacaan dari sebuah buku menjadi bentuk audio seolah-olah kita mendengarkan cerita atau dongeng dari orang lain. 
 
Salah satu kelebihan dari mendengarkan audiobook dibanding membaca buku fisik atau baca buku online yakni mendengarkan audiobook membuat kita bisa tetap menikmati isi sebuah buku sambil melakukan aktivitas. Layaknya mendengarkan musik atau siaran radio, kita bisa mendengarkan isi dari audiobook sambil bekerja di depan komputer, mengemudikan kendaraan atau saat melakukan pekerjaan rumah lain. Hal seperti ini jelas tidak bisa dilakukan jika kita membaca buku fisik ataupun digital. 
 
Dari sekian banyak aplikasi audiobook yang ada di internet, pilihan saya jatuh pada Storytel, aplikasi audiobook yang berasal dari negeri Swedia. Di Indonesia, aplikasi audio book Storytel ini resmi dirilis sejak 9 Maret 2022 lalu. Untuk kawasan Asia Pasifik sendiri, Storytel sudah hadir sejak tahun 2017 dimulai dari negara India yang kemudian diikuti oleh negara Singapura, Thailand dan Korea Selatan. 
 
Jika kamu sudah menginstal aplikasi audiobook Storytel ini kamu bisa mendengarkan lebih dari 150 ribu judul buku mulai dari buku best seller seperti seri Harry Potter audiobook, The Hunger Games, Mariposa karya Greg Bear dan juga Game of Thrones. Ada juga novel fiksi Indonesia favorit seperti Dilan, Divortiare hingga Negeri Lima Menara serta rekomendasi buku populer seperti Sapiens karya Yuval Noah Harari. Selain bisa didengarkan, aplikasi audiobook Storytel ini juga memiliki fitur unduh sehingga kita bisa mendengarkan buku secara offline jika tidak terdapat koneksi internet.

Bicara soal narator, mendengarkan buku lewat aplikasi Storytel ini juga dijamin nggak bakal bosan karena diisi oleh para narator yang sudah berpengalaman yang pastinya membuat cerita yang dibacakan jadi menarik. Bahkan kamu juga bisa lho mendengarkan Dian Sastro membacakan cerita untuknmu di novel Dunia Shopie dan juga Chicco Jericho dan Dee Lestari membacakan karyanya. Menarik sekali bukan?

Fitur-fitur aplikasi audiobook Storytel

Sebagai sebuah aplikasi audiobook yang dengan ratusan ribu buku, tentunya teman penasaran fitur apa saja yang ada di Storytel ini. Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Storytel:
 

Beranda


fitur beranda storytel

Pada fitur ini pengguna akan disuguhkan berbagai jenis audiobook mulai dari mancanegara hingga audiobook Indonesia sesuai genre masing-masing. Bagi penggemar novel fiksi Indonesia, di aplikasi ini kamu bisa menemukan rekomendasi buku populer seperti Selamat Tinggal karya Tere Liye, Dilan karya Pidi Baiq, Divortiare karya Ika Natassa dan juga Negeri Lima Menara karya A. Fuadi
 
Lalu jika kamu penggemar seri Harry Potter, di aplikasi ini juga bisa mendengarkan cerita Harry dan kawan-kawan lewat Harry Potter audiobook. Ada juga buku mancanegara seperti Game of Thrones, Hunger Games, Mariposa dan juga Sapiens. Buku-buku yang ada di aplikasi ini bisa dengan mudah ditemukan dengan menggunakan kolom pencarian atau lewat kategori yang sudah diberikan Storytel. 
 

Rak buku




rak buku storytel


Pada fitur ini kamu bisa menyimpan buku-buku yang ingin dibaca atau sedang dibaca. Kita bisa melakukan filter untuk buku yang sedang dibaca, buku yang akan dibaca dan juga buku yang sudah selesai dibaca.

Target cerita dan statistik


fitur target dan statistik storytel

Pada aplikasi audiobook Storytel juga terdapat fitur target cerita di mana kita bisa membuat target berapa buah buku yang ingin didengarkan dalam jangka waktu 30 hari atau target setahun. Selain fitur target juga ada fitur statistik yang memberikan data aktivitas membaca kita dalam 30 hari terakhir.

Mode anak


mode anak storytel

Mode anak merupakan fitur yang dikhususkan jika kita hanya ingin mengakses buku-buku anak. Fitur ini sangat cocok jika kita ingin mengenalkan audiobook Storytel pada anak-anak kita sehingga tidak khawatir anak akan mengakses buku dewasa yang mungkin muatannya masih belum sesuai dengan usianya. Untuk berpindah ke mode anak ini, kita perlu memasukkan 4 nomor pin. 
 
 

Mendengarkan novel Selamat Tinggal lewat aplikasi Storytel


audiobook selamat tinggal tere liye

Begitu selesai menginstal aplikasi Storytel di handphone, saya pun langsung memilih buku yang ingin didengarkan di aplikasi audiobook ini. Ada cukup banyak pilihan audiobook yang menarik untuk didengarkan, namun saya akhirnya memilih novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Seperti yang kita tahu, Tere Liye merupakan salah satu penulis buku best seller yang sangat produktif dan juga dikenal para pecinta buku di Indonesia.

Novel Selamat Tinggal karya Tere Liye ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Sintong Tinggal yang bekerja sebagai seorang penjaga toko buku bajakan milik pamannya yakni Toko Buku Berkah. Toko buku ini menjual berbagai jenis buku bajakan terutama buku-buku bahan kuliah mahasiswa. Seperti yang kita tahu, buku-buku untuk kuliah kadang memang agak sulit ditemukan dan harganya cukup mahal. 
 
Sintong sendiri merupakan seorang pemuda Sumatra yang berhasil diterima di Universitas ternama di Jakarta. Namun karena terlalu sibuk menjaga toko buku pamannya, kuliahnya terbengkalai hingga belum lulus di tahun ke tujuh kuliahnya. Tak ingin didepak dari kampusnya, Sintong pun akhirnya memutuskan untuk menyelesaikan skripsinya yang tertunda. 
 
Begitu mengetahui kalau Sintong akan mengerjakan skripsinya, Pakde Maman menawari Sintong pekerjaan baru yang lebih mudah dijalankan yakni meng-handle toko buku online milik pamannya yang akan dibuka segera. Rupanya paman Sintong ini ingin lebih melebarkan sayapnya dan pastinya juga meningkatkan pundi rezeki lewat buku bajakan yang dijualnya. 
 
Sebagai seorang mahasiswa jurusan sastra, jauh dalam hati Sintong sangat membenci pekerjaan yang dijalaninya ini. Menjual buku bajakan adalah hal yang sangat tidak terpuji. Namun karena memiliki hutang budi pada keluarga Pakde Maman yang membiayai kuliahnya, Sintong pun tak bisa menolak permintaan pakde dan Bude-nya itu. 
 
Selain mengisahkan Sintong dan pekerjaanya sebagai penjaga toko buku bajakan, novel Selamat Tinggal ini juga berkisah tentang interaksi Sintong dengan 2 mahasiswi yang menjadi pembeli di toko buku pamannya, yakni Jess dan Bunga. Bagaimanakah kelanjutan cerita Sintong dan toko buku bajakan milik pamannya ini? 

Sebagai seorang pecinta buku, tentunya mendengarkan cerita tentang Sintong lewat audiobook Indonesia di Storytel memberikan pengalaman tersendiri bagi saya. Novel ini dinarasikan oleh Ajeng Atmakusumah dan bisa diselesaikan dalam waktu 11 jam 26 menit. Tentu saja kita tidak harus duduk selama 11 jam untuk mendengarkan novel ini karena bisa distop dulu dan dilanjutkan di lain waktu. Selain itu, jika merasa waktu 11 jam terlalu lama, kita bisa meningkatkan kecepatan narator hingga 2x sehingga buku bisa lebih cepat didengarkan.
 

Cara berlangganan aplikasi Storytel

Untuk bisa menikmati buku lewat aplikasi Storytel, tentunya hal pertama yang dilakukan adalah menginstal aplikasi tersebut di handphone kamu. Bagi pengguna Iphone, kamu bisa meng-instal aplikasi ini di Aplikasi Storytel untuk iOS dan bagi pengguna Android bisa meng-instalnya di Aplikasi Storytel untuk Android

Bagi pengguna pertama aplikasi ini, bisa mencoba gratis mendengarkan buku-buku yang ada selama 7 hari dan setelahnya bisa mulai berlangganan dengan harga promo Rp. 39.000,00 per bulan ditambah biaya pajak. Pembayaran bisa dilakukan lewat dompet elektronik seperti Shopeepay, OVO, Gopay dan yang lainnya. Nah, buat kamu yang ingin mencoba sensasi baru mendengarkan buku favorit yuk instal aplikasi audiobook Storytel di handphone-mu! 

93 Comments

  1. Yeayy seruu banget ya mbaaa
    akupun demen baca novel2 besutan Tere Liye

    cuma, belakangan ini, kayak capek ughaaa kalo kudu baca buku melulu :)
    Faktor U ga bisa bo'ong wkwkwkw

    Makanya aku hepi ada app semacam ini.
    Asik, asiikk, bisa meniqmati aneka karya Tere Liye dan author favorit, sambil dengerin aja ye kan.



    ReplyDelete
  2. Jadi keinget nih buku-buku yang menumpuk di rak buku, belum sempat dibaca. Sekarang baca buku apalagi yang tulisannya kecil-kecil, sudah gak sanggup, faktor umur juga nih kayaknya hahaha. Pkai aAp Audiobook seperti ini menarik juga ya, bisa dengerin aja, gak bikin mata lelah :D Aku juga suka buku2 karya Tere Liye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaaa. Iya mba

      Mata ngga lelah, tapi kita ttp bs dpt manfaat dari isi buku ya.

      Keren sangat!

      Delete
  3. Emang banyak banget manfaat dari mendengarkan. Aku sendiri perlu banyak belajar agar bisa mendengarkan dengan baik, karena aku bukan orang yang telaten-an sih...

    ReplyDelete
  4. Wah, aku baru ngeh ada audiobook Storytel kayak begini. Tentu senang ya me time kita sambil mendengarkan suara renyah terasa dininabobokan saja hehehe. Jadi mbak dengerin cerita buku Tere Iye nih? Favorit kita2 dong yach. Mau aku coba juga ah. Tq sharingnya.

    ReplyDelete
  5. Membaca novel adalah hobbyku dari kecil mom. Bisa berjam-jam berkutat di novel. Ini memang memberikan keasyikkan tersendiri. Tapi pertambahan usia terkadang jadi malas ya untuk membaca. Untunglah sekarang aplikasi audiobook storytel kita bisa terbantu mendengar narator membacakan novel dari penulis kesayangan kita

    ReplyDelete
  6. Mendengarkan buku ini jadi pengalaman baru utk menikmatinya ya. Apalagi buat kita yang punya waktu luang utk membacanya.

    Soalnya kalo baca buku fisik itu butuh wkt yang tidak bs diganggu siapapun biar asyik menikmatinya. Kalo pake Storytel ini bs didengerin kapan dan di mana aja.

    ReplyDelete
  7. Sama mbak, saya pun buku-buku di rak buku sampai berdebu karena lama tak di sentuh, bahkan beberapa buku masih tersegel plastik.

    Kini nggak ada alasan lagi nggak ada waktu buat baca buku ya, karena sudah ada audiobook kayak storytel ini, bisa kapanpun mendengarkan buku sambil mengerjakan pekerjaan rumah

    ReplyDelete
  8. bisa buat nidurin anak ya, klo emaknya udah males baca xixixi... bagus ya ada aplikasi kayak gini..

    ReplyDelete
  9. Ah sama mbak, buku-buku aku pun banyak yang berdebu belum terjamah, dengan adanya storytel ini membantu banget sih soalnya praktis bisa didengerin di mana saja dan kapan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes banget mbak.
      Bisa sambil mendengarkan isi buku dan cara narator membawakan ceritanya ya

      Delete
  10. Dulu aku beneran tiap hari baca buku, dari kuliah ampe nyiapin budget khusus buat nyewa buku. kalau beli kemahalan soalnya, anak kost kan harus hemat. Udah gitu dulu kan kamar kost terbatas buat nyimpen buku. Kalau sekarang enak ya, baca buku bisa dengerin aja. Lebih hemat tempat buat nyimpen buku.

    ReplyDelete
  11. Saya juga pecinta novel karya Tere Liye yang emang mantul banget deh. Seru kali ya kalau mendengarkan cerita novel serial bumi lewat Auidobook gini jadi tinggal ngebayangin aja gimana jalan ceritanya. wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Wow banyak juga ya novel yang bisa kita dengarkan melalui Storytel. Menarik sekali aplikasi ini. Aplikasi ini gratis ya, Mbak? Atau ada juga keanggotaan premium untuk akses banyak buku?

    ReplyDelete
  13. Dengan storytel kerjaan beres dan hasrat untuk membaca buku terpenuhi ya mbak. Bisa lebih multitasking dan produktif ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, bisa mengerjakan hal lain sambil dengerin yang penting gak diganggu aja sama bocil hihi

      Delete
  14. Seru kayanya ya. Jadi pengen coba. Menurut mbak worth it nggak ya bayar 39rb per bulan? Ada banyak juga pilihan bukunya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worth sih menurutku, Mbak. Soalnya pilihan bukunya banyak banget tinggal kiranya aja sih mau sering dengar atau tidak

      Delete
  15. Buku-bukunya tere Liye menggoda dan enak dibaca. Tapi kalau mendengarkan belum ada bayangan. Sepertinya asyik.

    ReplyDelete
  16. wow keren banget nih aplikasi, kita berasa di bacakan, selain itu buku kini tidak butuh bnayak ruang dan bisa dengan mudah di bawa kemana saja. keren nih aplikasi

    ReplyDelete
  17. Makin cepat saja perkembangan tekhnologi..jadi pingi download buat anak-anak

    ReplyDelete
  18. Kalo nggak salah ini ada juga yang buku bahasa Inggrisnya ya? Jadi bisa sekalian belajar listening

    ReplyDelete
  19. Asik banget kalau baca bukunya dengan cara dibacain kayak gini. Biasanya kalau di jalan suka bawa buku, tapi kepala jadi pusing karena kendaraan bergerak. Kalau audiobook gini lebih nyaman.

    ReplyDelete
  20. Storytel bikin acara membaca jadi menyenangkan ya. Lewat mendengar kisah sekarang. Berasa didongengin sebelum tidur.

    ReplyDelete
  21. Saya senang dengan kehadiran Storytel ini, Mbak. Jadi beragam buku bisa saya nikmati. Biaya langganan juga sangat terjangkau, hanya 39 ribu per bulan. Adanya Storytel, bisa menikmati buku dengan cara berbeda dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  22. Kudu banget instal aplikasi audiobook Storytel.
    Rasanya santai sibuk, apapun, bagaimanapun bisa disambi mendegarkan audiobook sehingga lebih produktif. Kalau gak paham, bisa diulang-ulang lagi.
    Senangnyaaa~

    ReplyDelete
  23. Aplikasi Storytell yang kereen pisan initu, aku suka banget dengan kelebihan dari mendengarkan audiobook ini tentunya membuat kita bisa tetap menikmati isi sebuah buku sambil melakukan aktivitas, apalagi buat emak2 bisa sambil bekerja, atau kegiatan di rumah atau langsung bobo berasa didongengin.

    ReplyDelete
  24. sensasi baru membaca nih, menarik, layak untuk dicoba aplikasi storytel ini ya, jadi ga ada alasan ga smepat baca karena di sini bisa mendengarkan sambil melakukan aktivitas yang lain

    ReplyDelete
  25. asyikbanget nih aku mau buat yang mode anak lumayan buat anak-anak bisa read aloud . aplikasi ini bener2 mewadahi tipe audiotori ya hehehe buatvisual kayak aku tetap bacanih tulisannya danitu masih bisa ya asyikbanget dah.

    apalagi pilihan bukunya banyak

    ReplyDelete
  26. Wahh asyik ada bukunya Tere Liye jugaaa, aku kmrn blm sempet nyari2 yang Tere Liye malahan. hihi fokus sama yg harpot dan buku anak. keren banget emang storytel ini

    ReplyDelete
  27. Tadinya aku pikir Storytel ini cuma buku-buku terbitan luar negeri, lho, Mbak. Ternyata ada fiksi dalam negeri ya. Aku suka tuh Tere Liye tapi sekarang lagi malas baca. Kalau denger audiobook lebih seru kali ya.

    ReplyDelete
  28. jadi nambah deh list me time, yaitu mendengarkan cerita ataupun kisah dari buku dalam aplikasi audiobook storytel

    ReplyDelete
  29. makin tertarik untuk instal storytel karena referensinya bermacam macam dan bagus
    apalagi ada mode anak yang anak bisa memilih bacaan yang sesuai umur mereka
    ortu jadi ga was was deh

    ReplyDelete
  30. Keren banget sih aplikasi Storytel ini, berasa kayak punya perpustakaan sendiri ya Kak. Mau membaca buku genre apapun tinggal browsing, terus bisa langsung didengarkan. Asyik banget nih...

    ReplyDelete
  31. Muraaah dg39ribu bisa membaca buku apapun. Storytell membantu team mager males baca juga karena fasilitasnya okee 👌🏻

    ReplyDelete
  32. Saya juga baru pakai storytel... Inovatif ya, membaca buku jadi lebih praktis dan menyenangkan...

    ReplyDelete
  33. Bakalan makin tenang kalau ada mode anak nya nih. Secara saya hp suka gantian pakainya dengan anak. Ya biar anak ga bisa menjangkau apa yang seharusnya belum ia jangkau sih ya. Buat jaga jaga juga

    ReplyDelete
  34. Sekarang makin canggih aja ya Mak, novel online, audiobook, makin mudah saja kalau mau membaca.jadk penasaran sama Storytel ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum baca nih Selamat Tinggal-nya Tere Liye, jadi pengen dengerin aja di Storytel.

      Delete
  35. Wah aku jadi penasaran ini ingin mendengarkan review buku melalui Storytel. Ide yang menarik juga ya mak, apalagi sekarang tuh emang paling enak baca buku secara digital ya. Kalau lewat storytel gini enak nih bisa mendengarkan kapan saja dan dimana pun.

    ReplyDelete
  36. Solusi banget nih buat yang gak sempat-sempat terus baca buku. Jadi tetap bisa tahu isinya, tanpa repot bolak balik halaman buku. Saya jadi penasaran pengen dengerin audiobook juga. Gimana sih sensasinya.

    ReplyDelete
  37. suka banget dengan aplikasi ini karena saat suka bepergian dan baca buku, jadi ga perlu bawa hard lagi bukunya, cukup buka dari hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak bange best sellernya, ada yang Indonesia dan juga best seller dunia. Makin banyak bacaan yang jadi waiting list buat bacaan

      Delete
  38. Toss mbak
    Aku juga mendengar audiobook novelnya Tere Liye yang berjudul Selamat Tinggal di Storytel ini
    Senang ada aplikasi seperti ini

    ReplyDelete
  39. aku bgt nih yg seperti tidak ada waktu untuk bisa membaca buku. Storytel bisa jadi solusi ya menjadi audiobook dan kumpulan bukunya juga lengkap. Apalagi pas tau, biaya langganannya pun terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..saya kok banyak temannya ya. Susah benar meluangkan waktu untuk serius membaca sebuah buku. Makanya nih selalu salut sama teman-teman yang berhasil mencapai targetnya untuk membaca setidaknya satu judul buku setiap bulannya, bahkan ada yang lebih dari itu lho. Keren bener sih! Lah saya? jangan ditanya...

      Delete
  40. alhamdulillah ya mbak ada storytel, membaca buku jadi makin menarik dan menyenangkan yaa. mau juga ah baca buku pakai storytel, pengen merasakan sensasinya. makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  41. Terima kasih infonya mba, kebetulan aku ada beberapa karya tere liye yang tidak sempat baca karena tebalnya. Jadi pengen dengerin by storytel deh

    ReplyDelete
  42. Kaya yang baru pertama di Indonesia yaa..
    Aplikasi audiobook yang koleksinya luar biasa banyak. Selain memudahkan, aku berdoa agar koleksi buku novel fiksi dan nonfiksi di Storytel semakin banyaaak...

    ReplyDelete
  43. Aplikasi yang disambut dengan semangat nih, secara membaca buku dari karya penulis2 keren bakal kesampaian tanpa mata harus kelelahan. Membacanya juga bisa disambi dengan menyelesaikan pekerjaan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...auto bahagia yaa, kak..
      Aku juga langsung instal Aplikasi Audiobook Storytel yang dapet 7 hari gratis.

      Delete
  44. Koleksi audio buku di Storytel banyak, buku yang sedari dulu ingin saya dengar dan baca juga ada di situ, senang banget bakalan langganan deh :)

    ReplyDelete
  45. Saya termasuk penggemar tere liye, tapi belum sempat baca selamat tinggal... Nanti dengerin di storytel ah...

    ReplyDelete
  46. Saya penasaran berapa yaa kalau bukan harga promo.. bukunya bagus2 ya..

    ReplyDelete
  47. kayaknya saya harus downlaod aplikasi ini, udah lama nggak baca buku karena nggak sempat baca dilayar. dengan storytel membantu banget kayaknya

    ReplyDelete
  48. Banyak banget audiobook2 yang menarik banget buat disimak kisahnya ya mbak. Aku juga seneng dengerin audiobook di Storytel ini karena banyak juga pilihannya. Kisah Sintong juga ini bikin penasaran banget memang. Jadi pengin dengerin audiobooknya.

    ReplyDelete
  49. Baca buku dari mendengarkan audio tuh emang baru sih buatku. Rasanya kaya mengulang kenangan manis masa kecil lewat sandiwara radio yg diputar ortu.

    ReplyDelete
  50. aku juga dengerin buku Selamat TInggal mbak, emang tulisan karya Tere Liye tuh enak buat di baca dan didengarkan ya. Auto imajinasi bermain pas dengerin narator bacain novelnya

    ReplyDelete
  51. Ada aplikasi audiobook storytel jadi membantu banget nih buat saya. Jadi pengen download biar bisa dengarkan banyak buku yg blm sempat aku baca...

    ReplyDelete
  52. aku belum pernah nih baca karyanya Tere Liye, sekarang bisa baca dengar nih di aplikasi audiobook storytel. bisa baca dengar juga buku lain yang aku belum baca sambil setrikaan atau beres-beres rumah, hehehe

    ReplyDelete
  53. Wah Tere Liye, buku ini memang populer sih kak. Suka juga bacanya, wah gimana yaa rasanya kalau dengerin dengan versi audio. Coba dengerin juga aahhh.

    ReplyDelete
  54. Wah, terjangkau sekali yaa berlangganan di storytel. Bener" aplikasi idaman niih storytel.

    ReplyDelete
  55. Storytel keren ya. Target baca buku bukan lagi sebatas impian klo gini. Apalagi buat aku yg rasanya susah banget nyempetin waktu selonjoran asyik sambil baca buku kayak dulu

    ReplyDelete
  56. Storytel ini bisa jadi teman healing juga teman beraktivitas yaa, dari pada kesepian sendiri mending ditemenin sama narator nya Storytel deh, makin makin produktif jadinya

    ReplyDelete
  57. Aplikasi ini bisa bantu banget buat bacain buku cerita y, Kak. Baru tahu nih, biasanya cuma dengerin podcast review buku saj :D

    ReplyDelete
  58. Wiw ada tere liye juga di Storytel? Penggemar tere liye kudu merapat niiih.. ngga perlu repot repot bawa bukunya dan cukup dengerin audiobooknya aja dimanapun dan kapanpun!

    ReplyDelete
  59. Sebagai kutu buku, Aku penasaran deh pengen coba Storytel apalagi koleksi bukunya cukup beragam ya, pasti enak banget mendengarkan buku dibacakan begini, suaranya empuk..

    ReplyDelete
  60. algoritmanya bagus juga ya mba, soalnya bisa merekomendasikan sejumlah buku lain sesuai dengan buku2 yang biasa kita baca.. udah kayak platform2 nonton dan musik online aja :D

    ReplyDelete
  61. Banyak sekali manfaat dari membaca buku.
    Dan kebiasaan ini bisa banget yaa, dikenalkan pada anak sejak usia dini. Dan semoga bersama Storytel, maka literasi anak Indonesia semakin meningkat.

    ReplyDelete
  62. Baru tahu nih saya dengan aplikasi ini. Saya sih tidak terlalu sering membaca audiobook. Kalaupun menggunakan audiobook, biasanya saya cari dulu audionya di internet, download, lalu dengarkan dengan pemutar musik. Kalau pakai Storytel ini sepertinya lebih praktis yaaa.

    ReplyDelete
  63. Wah, senangnyaaa ada koleksi buku Tere Liye juga di Storytel.
    Jadi makin penasaran pengen segera download deh.

    ReplyDelete
  64. Waaah jadi inget buku yang menumpuk di rak dan kangen baca buku tere liye hehe

    ReplyDelete
  65. Baca buku Tere Liye terakhir dlu pas jaman kuliah, mngkin skrg udh bxk karya terbarunya, penasaran mau cek di app Storytel

    ReplyDelete
  66. wah baru tau ada applikasi semacam ini ya mba, jadi baca novel serasa dengerin podcast ya..mau jugaaa

    ReplyDelete
  67. Enak banget ini ada aplikasi storytel. Apalagi buat saya yang mata sudah mulai plus. Aktivitas baca lama bikin mata gampang lelah. Belum lagi kalau pas sibuk sementara buku yang dibaca lagi seru2nya. Jadi kepikiran kan.

    ReplyDelete
  68. aku seneng dengan inovasi audiobook gini, jadi banyak celah waktu yang bisa dimanfaatkan untuk "mendengarkan" buku. setelah sekian lama susah nyari waktu yang pas buat baca buku fisik, huhu.

    ReplyDelete
  69. Kalo mba. Pas tahu kalau ada kemudahan mendengarkan buku buku dengan inovasi seperti ini, wah aku suka banget.. Aku langsung download mbaa

    ReplyDelete
  70. Untuk penggemar bacaan seperti novel misalnya, asik banget nih dimanjain dengan aplikasi Storytel. Tidak perlu repot-repot baca buku,tapi ada fasilitas narator yang bacain.Very simple ya.
    Salam hangat: Dennise

    ReplyDelete
  71. Dengan harga yg terjangkau kita bisa berlangganan untuk membaca sepuasnya, keren banget deh storytel ini.. Aku baru dengerin negri 5 menara nih.. Hehee

    ReplyDelete
  72. Asik ya karena bisa mendengarkan novel melalui aplikasi Storytel. Banyak juga fitur unggulan aplikasi Storytel.

    ReplyDelete
  73. sejak kecil suka dongengin anak, dan lalu lupa hobi yang dulu yakni membaca buku. Sekarang pakai storytel solusi emak emak yang kadang nggak ada waktu buat baca fokus :)

    ReplyDelete
  74. buku selamat tinggal ini memang bagus, banyak pesan dan nasehat yang bisa kita petik.
    kagum pokoknya sama kisah sintong
    aku juga kemarin dengerin buku nya lewat storytel
    praktis dan membantu banget

    ReplyDelete
  75. Saya belum baca nih selamat tinggal-nya tere liye... Nanti dengerin ah di aplikasi storytel...

    ReplyDelete
  76. memang beda sih ya mbak dengan baca buku biasa. Sekarang nambah pengetahuan cukup dalam satu aplikasi dan kita bisa tau berbagai isi judul buku

    ReplyDelete
  77. Gara2 lihat beberapa ibu ibu bahas soal audiobook jadi kepo cari reviewnya. Makasi ya Mba sharingnya, makin mau download dan langgangan supaya bacain cerita buat anak2 makin menyenangkan.

    ReplyDelete
  78. Dulu aku sering baca buku, tapi seiring aktivitas yang seabrek, berkurang deh waktu bacanya. Sekarang bisa nih ya baca buku sambil beraktivitas yang lain. Bacanya di Storytel aja.

    ReplyDelete
  79. Ternyata mbak Ayana penggemar Tere Liye ya.. Pilihan bahasanya gimana mbak, hanya bahasa Indonesia atau ada bahasa asing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau novel Indonesia bahasanya indonesia, mbak. kalau novel luar banyak yg bahasa inggris, mbak

      Delete
  80. Saya suka sama Storytel ini pilihan bukunya banyak, ada buku best seller juga. Anak-amak juga suka dengerin buku dongeng

    ReplyDelete
  81. Lengkap banget ya fittur storytell, kalau lagi sibuk nggak sempat bacain buku buat anak-anak, bisa pakai storytell nih

    ReplyDelete
  82. Tere Liye udah masuk ke rak bukuku dong. Masih mau myelesaikan negeri lima menara dulu.

    ReplyDelete
  83. Semenjak ada storytel aku jadi suka dengerin buku loh. Seru banget ternyata.. Bikin kota ngebayangin kejadian dibuku

    ReplyDelete
  84. Salah satu solusi membaca tanpa membaca hehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post