Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy

 

Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy - Saat kuliah dulu, salah satu teman satu kos saya mengikuti pertukaran mahasiswa ke Korea Selatan. Saat itu, demam drama Korea baru saja dimulai di Indonesia. Mengetahui teman saya itu berhasil lolos seleksi pastinya membuat saya dan teman-teman iri dong, ya. Apalagi begitu dia pulang dari Korea membawa oleh-oleh cerita dan juga makanan asli Korea yang rasanya cukup aneh di lidah. Kalau sekarang sih kayaknya untuk bisa mencicipi makanan Korea ini sudah nggak susah lagi, ya, bagi kita mengingat bagaimana masif-nya Korean Wave melanda dunia.
 
Selain teman kuliah tadi, salah satu teman SMA dulu juga sempat mengikuti pertukaran pelajar ke Australia selama 1 tahun. Jadi saat itu ada sebuah seleksi pertukaran pelajar dengan tujuan negara Australia. Nah, salah satu teman sekelas mendaftar program ini dan ternyata lulus seleksi. Akhirnya selama kurang lebih 1 tahun teman sekolah ini mencicipi bagaimana rasanya belajar di negara Australia yang pastinya juga membuat iri saya dan para siswa yang lain.
 
Bagi sebagian orang, bisa menuntut ilmu luar negeri merupakan sebuah impian yang besar. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat jika kita bersekolah di luar negeri ini, salah satunya adalah bisa sekalian jalan-jalan atau mungkin mendapat pekerjaan di luar negeri. Namun, untuk bisa lolos seleksi pertukaran pelajar atau mahasiswa bahkan beasiswa sekolah ke luar negeri, tentunya bukanlah hal yang mudah. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya adalah kemampuan dalam berbahasa Inggris.
 
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional yang penting sekali untuk dikuasai. Apalagi dalam era persaingan global seperti sekarang, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan sangat membantu dalam berbagai hal. Bayangkan kalau BTS tidak punya RM yang jago bahasa Inggris, mungkin kesuksesan mereka tidak akan sebesar sekarang. Eaa BTS lagi dibawa-bawa
 
Bahasa Inggris sendiri sebenarnya sudah masuk dalam kurikulum pendidikan kita sejak lama. Saya ingat saat masih SD dulu sudah ada mata pelajaran bahasa Inggris sejak kelas 3 atau 4 SD. Tentunya pelajaran bahasa Inggris level SD kala itu hanyalah mengenal berbagai kosakata bahasa Inggris dan beberapa percakapan harian. Nah, untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik, tentunya tidak cukup hanya dengan 1 jam pelajaran di sekolah. Apalagi kalau tanpa praktik, jelas tidak mungkin membuat seseorang menjadi fasih dalam bercas-cis-cus bahasa Inggris.

Beberapa cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Mengingat jam pelajaran di sekolah tidak memungkinkan seorang anak bisa lancar dalam menguasai bahasa Inggris, tentunya diperlukan cara lain agar seorang anak pandai berbahasa Inggris. Kecuali kalau anak kita ingin kuliah di jurusan Bahasa Inggris mungkin akan lain ceritanya. Nah, untuk bisa mengusai bahasa Inggris dengan baik, ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya

Mengikuti forum/komunitas berbahasa Inggris

Mengikuti forum atau komunitas berbahasa Inggris bisa menjadi salah satu sarana bagi siswa untuk memperlancar bahasa Inggrisnya. Dalam sebuah forum berbahasa Inggris ini seseorang akan berlatih untuk mengeluarkan pendapat dengan bahasa Inggris (pastinya). Tak perlu memikirkan grammar karena biasanya para anggota forum atau komunitas juga berasal dari berbagai negara sehingga bahasa Inggris yang digunakan lebih santai. 
 

Belajar lewat film atau serial berbahasa Inggris

Menonton film atau serial berbahasa Inggris juga bisa menjadi salah satu sarana kita untuk belajar bahasa Inggris terutama dalam hal mengasah pengucapan dan pendengaran kita saat seseorang berbahasa Inggris. Saat menonton film atau serial berbahasa Inggris, kita bisa mematikan subtitle-nya sehingga bisa fokus mendengarkan ucapan para pemeran di layar. Tak hanya untuk latihan speaking dan listening, menonton film berbahasa Inggris juga bisa membantu dalam mengembangkan kemampuan bercakap-cakap kita dalam berbahasa Inggris.
 

Mengikuti kursus

Cara terakhir dan yang paling afdol untuk bisa menguasai bahasa Inggris adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris entah itu di lembaga resmi atau lewat tutor pribadi. Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, anak tak hanya belajar tentang percakapan, namun juga tentang grammar yang biasanya diperlukan dalam percakapan resmi.


Belajar bahasa Inggris online terbaik di English Academy



Dalam memilih lembaga kursus Bahasa Inggris untuk anak, orang tua tentunya harus cerdas dan cermat. Kalau bisa sih bisa dapat lembaga kursus terbaik namun dengan biaya terjangkau, begitu prinsip saya. Nah, untungnya sekarang sudah ada English Academy, layanan kursus bahasa Inggris online terbaik dari Ruangguru. Sebagai pelopor layanan bimbingan belajar online di Indonesia, Ruangguru seolah tak kehabisan inovasi dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak Indonesia. Ada beberapa kelebihan dari kursus bahasa inggris online di English Academy, diantaranya

  • Menggunakan kurikulum Cambridge (standar internasional) yang bisa membantu anak dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran atau sekolah di luar negeri.
  • Pengajar internasional dan lokal berpengalaman
  • Mempersiapkan 4 keterampilan utama bahasa Inggris (mendengarkan, membaca, menulis, berbicara)
  • Pilih jadwal kelas sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Didukung dengan teknologi terkini dari Ruangguru, belajar online interaktif dan terkini
  • Rekaman sesi pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja (buku dan video pembelajaran)
  • Dapat diakses di HP dan laptop, terintegrasi dengan aplikasi Ruangguru
  • Harga lebih terjangkau, mulai dari 1,6 juta untuk paket langganan 3 bulan dan 5,6 juta untuk paket langganan 1 tahun.

 

Jenjang pendidikan di English Academy sendiri terbagi menjadi 4 tingkat yakni:

1. Runner (7-10 tahun)

Pada jenjang ini anak akan diperkenalkan dengan bahasa Inggris dalam konteks yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari. Sistem pembelajaran akan mencakup pengenalan grammar dan vocabulary yang terfokus pada kemampuan aktif siswa.

2. Sprinter (11-14 tahun)

Pada jenjang ini sistem pembelajaran akan lebih fokus pada pengembangan kemampuan lanjutan siswa dalam berbahasa Inggris. Konten pembelajaran yang diberikan merupakan hasil riset yang panjang. Sprinter membantu siswa lebih dalam menulis dan berbicara  

3. Ranger (15-18 tahun)

Pada jenjang ini siswa akan dilatih untuk memaksimalkan keterampilan dan potensi siswa berbahasa Inggris. Siswa akan lebih siap menghadapi jenjang pendidikan tinggi yang dinamis dengan keterampilan berbahasa Inggris

4. Eksplorer (di atas 18 tahun)

Pada tahap ini, pembelajaran akan fokus pada membantu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global dalam dunia kerja.

 

Cara mendaftar English Academy 

Untuk bisa mendaftar kursus Bahasa Inggris di English Academy, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yakni:

  1. Melakukan pendaftaran di aplikasi ruangguru atau website English Academy
  2. Calon siswa akan dihubungi untuk mengikuti placement test untuk mengetahui kemampuan siswa. Placement test ini terdiri atas written test dan speaking test
  3. Tim konsultan dari English Academy akan menghubungi kamu mengenai hasil tes
  4. Tim English Academy akan menawarkan paket sesuai dengan hasil dari placement tes yang sudah dilakukan 
  5. Tim konsultan akan mengirimkan sertifikat placement test melalui email. 

Sistem pembelajaran pada English Academy


 

Seperti yang saya tuliskan di atas, English Academy menggunakan kurikulum Cambridge dalam sistem pembelajarannya. Kurikulum Cambridge ini merupakan kurikulum yang digunakan secara internasional sehingga akan sangat membantu jika anak kita berencana melanjutkan sekolah ke luar negeri. Adapun perbedaan antara kurikulum Cambridge dengan kurikulum Indonesia diantaranya kurikulum Cambrige memberikan mata pelajaran yang diminati anak, sehingga pastinya membuat anak lebih bersemangat dalam belajar.
 
Dalam sistem pembelajarannya sendiri, English Academy menggunakan sistem online yang memang cocok sekali dengan kondisi kita di masa pandemi seperti sekarang. Siswa dapat mengikuti pelajaran dari berbagai perangkat seperti kompuer, laptop, handphone android maupun Apple. Lewat perangkat ini, siswa dapat mengakses berbagai video pembelajaran yang bisa dipelajari kapan saja dan di mana saja sehingga siswa dapat memahami konsep pembelajaran lebih mendalam
 
Saat mengikuti kelas live teaching sendiri, setiap kelas yang diikuti siswa akan dibimbing oleh 2 tutor berpengalaman, yaitu pengajar asing dan lokal. Dengan adanya 2 orang tutor ini pastinya akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi siswa dalam melatih kemampuan bahasa Inggrisnya. Native speaker akan memberikan pengalaman berbicara langsung dengan orang asing bagi anak sementara tutor dari lokal mungkin akan memberikan pemahaman tentang grammar yang juga sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Dengan sistem pembelajaran yang dimilikinya ini, tentunya membuat English Academy sangat layak untuk dipilih menjadi tempat kursus bahasa Inggris bagi anak kita. Yuk Mom, persiapkan anak kita dari sekarang untuk persaingan global nantinya dengan bahasa Inggris yang lancar!
 

6 Comments

  1. Dulu pernah ada masanya aku sangat ingin kursus bahasa Inggris, tapi terhalang oleh jarak rumah ke lokasi kursus yang sangat jauh. sekarang, les bahasa inggris sudah bisa online. Beruntunglah, bisa jadi lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  2. Saya juga dulu suka banget nonton film atau drama Bahasa Inggris agar lncar conversation..english academy ini boleh juga lho utk orang dewasa ya mbak

    ReplyDelete
  3. Wah bisa buat anak-anak juga bisa kursus di English Academy ya.
    Manarik sekali ini ,bisa membuat lebih lancar komunikasi bahasa Inggris

    ReplyDelete
  4. sudah lama banget gak belajar bahasa inggris nih gara-gara pandemi. Bagus banar nih kursusnya mana interaktif dan ada placement testnya jadi bisa sesuai tingkat kemampuan

    ReplyDelete
  5. Kursus bahasa inggris ini menjadi poin penting. Apalagi ada tingkatan usia untuk mengikuti les nya di english academy. Materi nya juga bisa disimpan hihi.


    Dululah kalau mau kurus, harus ke tempat kursus. Sekarang, dari rumah pun udah bisa.

    ReplyDelete
  6. Skrg bahasa inggris udah hrs bs lancarr gt ya ktk sdh lulus sma. Soalnya dmn2 udah ad bbrp yg pke tes bhs inggris msk mcm2. Jd plg ga kt prepare g ikut english academy ini ya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post