Soto Ayam Suroboyo Cak Hari, Soto Surabaya Enak di Banjarmasin



"Menu sarapannya apa pagi ini?"

Tanya seorang teman usai apel hari Jum'at di kantor. Setiap Jum'at, kantor kami memang menyediakan menu sarapan bagi semua karyawannya setelah melakukan senam pagi bersama di halaman kantor.

Saya yang baru saja kembali dari area pembagian sarapan menjawab pendek. "Nasi kuning pakai telur itik," kata saya. Bagi mereka yang mengenal saya pasti tahu kalau saya tidak suka makan telur itik.

"Yowes kita makan ke luar aja nih? Enaknya ke mana?" tanya teman saya lagi.

"Cak Hari aja deh," saya menyebut nama sebuah warung Soto Ayam Surabaya yang sering kami datangi.

"Oke, deh," jawabnya akhirnya.

Baca juga : Ini Dia 5 Tempat Makan Kuliner Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba

Soto Ayam Suroboyo Cak Hari


Tak lama kemudian saya bersama 2 teman sudah berada kawasan Gatot Subroto tempat rumah makan yang kami tuju. Dari luar terdapat beberapa mobil sudah terparkir dan kursi-kursi sudah diisi para pengunjung yang menikmati sarapannya. Tanpa banyak omong, kami langsung memesan 3 porsi soto Surabaya dengan tambahan ceker sesuai kesukaan masing-masing.

 

Soto Ayam Suroboyo Cak Hari merupakan salah satu warung soto Surabaya yang cukup terkenal di Banjarmasin.Setiap harinya warung soto ayam ini tak pernah sepi dari pembeli dari pagi hingga malam hari. Tempatnya sendiri hanya berupa sebuah bangunan terbuka dengan meja panjang dan kursi kayu yang disediakan untuk para pengunjung. Di setiap meja sudah disediakan aneka makanan pelengkap soto sementara di bagian depan para pegawai pria siap menerima pesanan pembeli. 


Sesuai dengan namanya, warung Soto Ayam Cak Hari menyediakan soto ayam Surabaya lengkap dengan ayam dan telur di dalamnya. Rasa sotonya sendiri gurih dan segar. Di sini kita bisa menambah ceker atau kepala yang bisa dipesan saat memesan soto. Adapun koya yang biasanya menjadi pelengkap soto sudah disediakan di meja makan. Satu porsi soto ayam bisa kita dapatkan dengan harga Rp. 18.000,00. Untuk tambahan ceker atau kepala, dikenakan Rp. 1000,00 per potongnya.

Baca juga : [Review] Menyantap Menu Western Day Avenue Cafe Banjarmasin

Selain pelayanannya yang cepat dan rasa sotonya yang nikmat, salah satu hal yang cukup menarik dari Soto Ayam Suroboyo Cak Hari adalah adanya space untuk iklan di dinding warungnya. Di sini kita bisa melihat iklan perumahan, restoran, hingga mungkin iklan kredit barang menempel pada dinding warung. Sungguh sebuah trik yang pintar dari pemiliknya untuk menambah pemasukan bagi warung makannya dan tentunya bisa bermanfaat bagi pengunjung.



Usai menyantap sarapan, saya dan kedua teman langsung menuju kasir. Dengan ramah kasir menghitung total yang harus kami bayar untuk seporsi soto ayam, beberapa ceker dan segelas teh hangat. Oh, ya, di kasir ini juga tersedia aneka cemilan yang pastinya merupakan titipan dari berbagai UMKM yang ada di kota Banjarmasin, lho. Kadang kalau sedang khilaf saya akan mencomot satu dua cemilan untuk dibawa ke kantor. Hehe.

Nah, bagi teman-teman yang berkunjung ke Banjarmasin dan ingin mencicipi soto ayam Surabaya bisa mampir ke Soto Cak Hari ini di Jl. Gatot Subroto Banjarmasin, ya :)


25 comments:

  1. Jadi laper mbak.. seandainya belum masak udah melipir kesini 😂 terakhir kesini mungkin sekitar 6thn lebih

    ReplyDelete
  2. wah sotonya sudah ada di banjarmasin artinya sudah banyak orang jawa di sana ya

    ReplyDelete
  3. Selalu suka sama menu berkuah yang satu ini, kuahnya segar, ada cekernya pula dan cocok disantap kapan saja.

    ReplyDelete
  4. Senengnya kalaj makanan Traditional sudah bisa dinikmati gak perlu ke kotanya langsung ya mbak, duh aku ngiler nih sama cekernya. Gleeewk nelen ludah

    ReplyDelete
  5. tempatnya ramai sekali ya, enggak ragu pasti enak. Kelihatan sotonya segerr sekali, jadi pegen nyoto :D

    ReplyDelete
  6. Keliatan seger banget itu sotonya mba.

    Justru makanan gini lebih menggoda ya daripada makanan western. Apalagi kalau pas lagi laper banget.

    ReplyDelete
  7. Soto ayam dengan kota memang terasa enak dan segar pakai jeruk nipis

    Soto ayam cak hari patut di coba

    ReplyDelete
  8. Kusuka sotoooo, menyegarkan 😍 btw Aku pernah makan Soto Di Surabaya tapi lupa namannya apa, enak bgt 😩😩 hihi ternyata Soto Surabaya sampe ke Banjarmasin 😍

    ReplyDelete
  9. Soto Surabaya memang selalu ada dimana-mana ya mba. Paling terkenal tuh kalau ada kroya setiap kali makan soto surabaya. Eh bener nggak tulisannya. DUh baca ini jadi pengen makan soto Surabaya :)

    ReplyDelete
  10. Soto adalah makanan kesukaan saya.
    Yang penting panas bangettt dan spicy :)

    ReplyDelete
  11. Wuah pasti enak banget abis olahraga trus nyoto. Yummy! Apalagi soto surabaya pasti nikmat.

    ReplyDelete
  12. waduh jam segitu sudah penuh saja warungnya Cak Hari ya..kelihatan seger sih memang sotonya.
    Mana murah lagi itu..Nyam nyam, mantap jiwa!!

    ReplyDelete
  13. Aku sebagai pecinta soto ngiler banget liat sotonya apalagi pake ceker, hmm yummy!

    ReplyDelete
  14. Soto Ayam Suroboyonya menggugah selera banget nih mbak, saya suka banget makan soto, apalagi saat hujan turun.

    ReplyDelete
  15. Itu cekernya menggiurkan sekali ya mom, jadi penasaran ini pengen nyobain tapi ya kok jauhnya. Semoga di Jakarta ada bisa nemu yang semodel ya.

    ReplyDelete
  16. Waduh pagi pagi bekum sarapan terus baca ini. Jadi ngiler kan mbaaak. Keliatannyanseger banget itu soto.

    ReplyDelete
  17. Nelen ludah aku, Mbak, lihat sotonya. Sebagai orang Jatim yg tinggal di Jogja, aku selalu kangen sama kuliner Jawa Timuran, apalagi sotonya.

    ReplyDelete
  18. Makanan berkuah kayak soto ni emang selalu bikin ngiler!

    ReplyDelete
  19. Padahal aku yang ada di tangsel ini malah nyarinya soto banjar yang enak. Emang ya, kita akan nyari apa yang enggak ada di tempat kita, hahaha.

    Sotonya orang jatim emang endeus banget, akupun sukaaa

    ReplyDelete
  20. Sekarang sih nggak perlu jauh ke Surabaya buat nikmatin sotonya. Di Banjarmasin juga tersedia ya..

    ReplyDelete
  21. Wah suka banget sama soto ayam, kalau ke Banjarmasin mampir ah, ke soto cak Hari.

    ReplyDelete
  22. wah, jauh-jauh di banjarmasin ada soto surabaya juga ya. alhamdulillah...

    ReplyDelete
  23. Meski bukan penggemar soto, tapi selalu penasaran kalau ada yang jual soto dan pengin nyobain langsung. Hehehe. Kapan-kapan ke Banjarmasin, pengin cobain juga, ah.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.