Ini Dia 5 Tempat Makan Kuliner Khas Banjarmasin yang Patut Dicoba




"Tempat makan yang rekomended di sini di mana, ya?" 

"Tempat makan apa nih maunya? Yang khas daerah atau yang populer?" 

"Yang khas sini dong. Mumpung lagi jalan-jalan masa nggak nyobain makanan khasnya."

"Hmm.. ada beberapa sih. Besok deh kuajak jalan, ya."

Bagi sebagian orang, percakapan seperti ini pastinya tak asing kita temui saat bertemu dengan kenalan atau teman yang datang dari luar daerah kita. Memang selain tempat wisata dan oleh-oleh, tempat makan biasanya menjadi tujuan bagi mereka yang berkunjung ke tempat baru. Pastinya ada kepuasan tersendiri jika kita bisa menikmati langsung sebuah makanan khas di daerahnya.


Banjarmasin sendiri sebagai salah satu kota di Kalimantan Selatan tentunya juga memiliki beberapa menu khas Banjar yang kerap dijadikan rekomendasi bagi para pengunjung kota ini. Menunya ya nggak jauh-jauh lah dari soto, nasi kuning, lontong dan ikan bakar  yang memang sudah menjadi makanan khas Banjar. Tempat-tempat makan yang menyediakan menu-menu ini juga bertebaran di berbagai sudut kota. Lalu tempat makan apa saja yang menjadi rekomendasi jika kita sedang berada di Banjarmasin? Yuk baca postingan ini sampai selesai.

Baca juga : Wonderful Indonesia : Siring Tendean, Pasar Terapung di Tepian Sungai Martapura

Soto Banjar Bang Amat

Jika kita bicara tentang makanan khas Banjar, maka mungkin jawaban yang paling sering keluar adalah Soto Banjar. Ya, masakan berkuah yang satu ini memang bisa dibilang primadonanya masakan khas Kalimantan Selatan. Rasa gurih perpaduan dari bumbu dan rempah-rempah membuat Soto Banjar sangat kaya rasa. Dan berbeda dengan soto-soto daerah lain, Soto Banjar disajikan dengan ketupat.

Di Banjarmasin sendiri pastinya cukup banyak restoran atau warung makan yang menyediakan menu Soto Banjar. Namun jika ingin menikmati sensasi makan soto di pinggir sungai dan diiringi alunan musik tradisional, makan teman-teman bisa mengunjungi Soto Banjar Bang Amat yang berlokasi di Jalan Banua Anyar No. 6. Soto Banjar yang satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Selain menyediakan soto sebagai menu utamanya, ada juga sate ayam yang kerap dijadikan menu pendamping saat makan soto. Satu porsi Soto Banjar di tempat makan ini bisa kita nikmati mulai dari Rp. 22.000,00.

Lontong Orari

Sumber : https://travel.kompas.com
Tempat makan kedua yang kerap menjadi rekomendasi kuliner di kota Banjarmasin adalah Lontong Orari yang berlokasi di Jalan Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Meski sebenarnya lontong di Banjarmasin termasuk dalam menu sarapan, namun untuk Lontong Orari malah lebih asyik dinikmati malam hari. Mungkin ini karena Lontong Orari ini dulunya merupakan tempat kumpul-kumpulnya anak muda komunitas Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI). Hmm, tahun berapa ya itu kira-kira?

Lontong Orari ini sendiri seporsinya terdiri atas lontong yang berbentuk segitiga, kuah lontong yang gurih dan lauk pauk berupa telur, ayam atau ikan haruan (gabus) plus sambal masak habang. Nah, untuk satu porsinya, Lontong Orari bisa dinikmati dengan harga kurang lebih Rp. 30.000,00.

Baca juga : [Review] Menyantap Menu Western Day Avenue Cafe Banjarmasin


Nasi Kuning Cempaka

Menu lain yang menjadi hidangan khas Banjar adalah nasi kuning. Menu ini umumnya disajikan saat sarapan dengan lauk yang beraneka ragam. Nah, salah satu warung makan nasi kuning yang cukup kondang dan legendaris di Banjarmasin adalah Nasi Kuning Cempaka. Nasi Kuning Cempaka ini memiliki berlokasi di Jalan Pasar Baru.
Dalam penyajiannya, Nasi Kuning Cempaka dibungkus dengan daun pisang. Lauknya sendiri bisa berupa telur, ayam, ikan haruan dan dendeng sapi dengan bumbu masak habang. Satu porsi Nasi Kuning Cempaka bisa kita nikmati dengan harga mulai dari Rp. 10.000,00.


Rumah Makan Fauzan


Dalam kesehariannya, rata-rata orang Banjar sangat menyukai menu ikan bakar untuk makan siang mereka. Karena itu tentunya juga tak afdol rasanya jika ke Banjarmasin tanpa mencicipi menu ikan bakar yang disajikan di warung-warung yang menyediakannya. Bagi teman-teman yang ingin mencicipi menu ikan bakar khas Banjarmasin bisa datang ke Rumah Makan Fauzan. Rumah Makan Fauzan ini memiliki 3 cabang yakni di Jl. Gatot Subroto No. 38, Jl. Sultan Adam dan di Jl. A. Yani km 11 yang kebetulan tak jauh dari tempat tinggal saya sekarang. Biasanya sih saat jam makan siang rumah makan ini akan ramai didatangi pengunjung yang rata-rata pegawai kantoran.

Di Rumah Makan Fauzan ini kita bisa menikmati aneka ikan bakar seperti Nila, Patin, Haruan, bahkan Udang Galah. Selain itu di rumah makan ini juga menyediakan aneka sayuran dan tentunya sambal untuk melengkapi makan kita. Pengunjung tinggal menyebutkan ingin memesan menu apa dan nantinya menu tersebut akan diantarkan ke meja kita. Nah, untuk menikmati makan siang di Rumah Makan Fauzan ini kita harus siap merogoh kocek minimal Rp. 50.000,00 yang pastinya sebanding dengan kelezatan makanan yang dihidangkan.


Mie Bancir Agus Sasirangan

Nama Mie Bancir mungkin masih terdengar asing bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin. Mie ini merupakan salah satu sajian khas Banjarmasin yang berupa mie kuning/mie merah dengan sedikit kuah sop ala Banjar dan diberi toping telur di atasnya. Disebut Mie Bancir karena kuah dari Mie ini tidak sebanyak sop biasanya.

Mie Bancir sendiri sekarang semakin populer sejak Agus Sasirangan yang merupakan runner up Master Chef Season 1 membuka warung Mie Bancir olahannya di Jl. Hasan Basri tahun 2014 yang lalu. Dengan kepopulerannya sebagai finalis Master Chef, pastinya sangat menarik perhatian pengunjung. Nah, untuk saat ini Agus sudah membuka beberapa cabang dari Mie Bancirnya ini termasuk di Duta Mal Banjarmasin.

Untuk varian menunya sendiri ada beberapa macam di antaramya Mie Bancir Original, Mie Bancir Ayam Bapukah, Mie Bancir Sosis, Mie Bancir Padas dan Mie Bancir Ceker Ayam. Satu porsi Mie Bancir ini bisa kita nikmati mulai dari Rp. 23.000,00.



Nah, bagi teman-teman yang berencana ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat ini ya. Pesan tiketnya bisa melalui pegi-pegi yang menyediakan jasa pembelian tiket pesawat murah, kereta api hingga pemesanan hotel. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan aplikasi Pegipegi ini, antara lain
  • Sistem pembayaran yang mudah, bisa lewat transfer, kartu kredit, pembayaran di swalayan, internet banking hingga cicilan
  • Banyak diskon dan promo. Wah kalau sudah bicara diskon dan promo, siapapun pastinya bakalan tertarik dong, ya
  • Adanya sistem pengumpulan poin yang disebut PepePoin yang bisa digunakan sebagai potongan harga pada transaksi berikutnya
  • Jaminan harga terbaik. Nah, Pegipegi juga menjamin kita akan mendapatkan harga terbaik saat melakukan perjalanan



Untuk pemesanan hotel sendiri, menawarkan banyak pilihan hotel yang bisa dipesan secara online. Tak hanya itu, Pegipegi juga bekerja sama dengan berbagai grup hotel terkemuka. Mulai dari Amaris Hotel, POP! Hotel, HARRIS Hotel, Swiss-Belhotel, Whiz Hotel, Red Planet Hotel, favehotel, Aston Hotel, Santika Hotel, Jayakarta Hotel, Sahid Hotel, Horison Hotel, Kagum Hotel, Best Western Hotel, Grand Tjokro Hotel, Airy, ZEN Rooms, RedDoorz Hotel, dan banyak lagi lainnya.

Nah, tunggu apalagi, nih. Yuk berkunjung ke Banjarmasin dan pesan tiket lewat Pegipegi. Apa? Harga tiket pesawat domestik mahal? Yah, mari kita semua berdoa semoga ada kebijakan baru sehingga harga tiket pesawat bisa kembali murah. Kalau mahal terus kan nanti malah banyak yang nggak bisa travelling dan akhirnya sektor wisata kita jadi sepi. Heu..

Post a Comment

67 Comments

  1. belum pernah ke Banjarmasin...kalo berkunjung ke satu daerah pasti deh kulinernya yg jadi tujuan selain tempat wisata

    ReplyDelete
  2. Duh jadi laper deh, semoga bisa kulineran di Banjarmasin juga😘

    ReplyDelete
  3. Waah aku belum pernah ke Banjarmasin. Tapi kalau ke Pontianak pernah..Makasih ya referensinya. Jadi kalau pas ke Banjarmasin tau mau makan apa dan dimana yang enak.

    ReplyDelete
  4. waaah kayaknya lontong orari boleh juga nih sob..heheh

    ReplyDelete
  5. ternyata sdh dua kali ke abnjarmasin belum semua didatangi

    ReplyDelete
  6. huah pengen deh ke Banjarmasin mba belum euy kesana semoga bisa cicipin kulinernya penasaran sama soto banjar soalna aku penggemar soto hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie Bancir juga menggoda banget deh mba kuliner Banjarmasin variannya banyak yes semakin ingin kesana :)

      Delete
  7. wah aku belum pernah ke banjarmasin. next time mau cobain kesini deh, sekaligus cobain makanan-makanannya yang enak. hehehe

    Would you like to follow each other? If the answer is yes, please follow me on my blog & I'll follow you back.

    http://www.okcheori.com

    ReplyDelete
  8. Wahhh, masuk list dulu, siapa tau kapan2 bisa menginjakkan kaki di banjarmasin

    ReplyDelete
  9. liat ini jadi mendadak laper, aku belum pernah ke banjarmasin, semua makananan khas sana kayanya enak <3

    ReplyDelete
  10. ikan bakarnya menggugah selera, auto lapar ini. Penasaran juga sama Mie Bancir yang dibuat chef Agus, seenak apa itu ya

    ReplyDelete
  11. aku kayaknya baru sempet ke yang no 1

    ReplyDelete
  12. Mauu icip2 kulineran di sanaaa, ako belom pernaah ke Banjarmasin.
    Hmm, Sotoo makanan fav... yummy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, mbak jalan-jalan ke Banjarmasin pakai pegi-pegi

      Delete
  13. belum pernah sampai ke Banjarmasin, tapi dulu sering dibawain oleh-oleh pepes yang enak sekali, katanya terkenal di sana.
    jadi kangen makan pepes. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Pepes atau pais juga termasuk masakan khas banjar

      Delete
  14. Makanan di Rumah Makan Fauzan bikin lapar mbak. Sayang sekali aku belum pernah ke Banjarmasin. Semoga suatu hari nanti kalau kesana, bisa mampir muter-muter buat kulineran, terutama ke rumah makan fauzannya haha

    ReplyDelete
  15. Soto Banjar, mengenai harga pasti sebanding sama rasanya, enak ya mbak. Semoga suatu saat bisa ke Banjarmasin

    ReplyDelete
  16. Aaaaakk penasaran sama mie banciiir. Belom pernah denger sama sekali soal makanan ini. Maaci ulasannyaaa~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Dia jadi populer sejak agus bikin rumah makannya

      Delete
  17. Ow itu chef agus buka juga disana ya penasaran sama mie nya. Nanti liburan ke banjarmasin pake pegi-pegi ah biar banyak diskon terus kulineran deh

    ReplyDelete
  18. Belum pernah ke Banjarmasin tapi yang tahu ya hanya Soto Banjar. Smoga suatu hari bisa ke sini ah. Temanin ya mba :)

    ReplyDelete
  19. Wah Mie Bancirnya dari Chef Master Agus Sasirangan masuk juga. Penasaran sama rasanya seperti apa, karena penampakannya enak banget mie nya

    ReplyDelete
  20. Dulu aku kira soto lamongan paling enak, setelah nyobain soto banjar, tyt so far yg paling aku suka ya soto banjar, kuahnya bening gt kan. Sukaaa bgt... klo ke banjarmasin musti nyicipin bgt deh soto banjar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuahnya aga keruh sebenarnya, mbak. Hehe. Semoga bisa ke banjarmasin yaa

      Delete
  21. ya allah mom, aku ngiler dengan lontong orari dan rumah makan fauzn. kepengen banget suatu hari nanti ke banjarmasin liat liat ah tiketnya di pegi pegi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, mbak ke banjarmasin. Enak-enak lo makanannya di sini

      Delete
  22. Aku jadi lapaaar..Desember lalu suami ada kerjaan ke Banjarmasin seminggu, mupeng akutuuu mau ikut. Tapi berhubung anak-anak lagi UAS ya sudah tunda dulu
    Ini enak semua kulinernya, kebayang kalau di sana puas-puasin makannya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah. Semoga lain kali suaminya dinas ke sini lagi dan bisa ikuta ya, mbak

      Delete
  23. Hiks, sedih baca postingan ini. Soalnya cuma Soto Bang Amat sama Lontong Orari aja yang udah pernah. Yang lain... ah, gegara sibuk ngajar lah dulu sampai nggak sempat pulak nyoba yang sisanya itu...

    ReplyDelete
  24. Noted deh referensinya. Semoga kesampaian aku main ke Banjarmasin. Dan bisa nyicip makanan-makanan ini. Jujur aku belom pernah nyoba makanan Banjarmasin. Eh, follow-followan blognya yuk. Aku sudah follow :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa ke Banjarmasin ya, mbak. Ntar saya folbek blognya yaa

      Delete
  25. Rekomendasi kuliner yang enak-enak banget. Semoga ada rejeki bisa ke Banjarmasin nanti.

    ReplyDelete
  26. Lontong Orari ni legend banget ya mba. Tapi aku bingung kenapa harganya segitu, hihihi.

    ReplyDelete
  27. Nyaaamm. Itu suami yg pernah cerita yang orari.
    Moga2 soon bisa segera ke Banjarmasin, huhuhu entah kapan nih tiet turun. Doain yak mbak. Moga2 bisa kopdar ya kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Kapan april ke Banjar lagi yaa? Biar bisa ketemuan sama blogger banjar

      Delete
  28. Menu di RM nya enak-enak sepertinya. Ikan bakarnya menggoda untuk dicomot. Terimakasih, mbak. Semoga suatu saat bisa kesana.

    ReplyDelete
  29. Aku belum pernah coba nih lontong orari, makanan daerah di Indonesia memang beragam dan enak-enak ya. Aku ingin suatu ketika mencoba semua makanan khas daerah-daerah di Indonesia

    ReplyDelete
  30. Aku belum pernah ke Banjarmasin. Tapi penasaran dg Soto Banjar. Di Jakarta sepertinya banyk, hihi jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete
  31. Semoga bisa kesampaian ke Banjarmasin... Seumur umur belum pernah menapaki tanah Borneo. Sudah pengen banget traveling keliling Indonesia tapi antara waktu dan uang kadang nggak match

    ReplyDelete
  32. Wah mie bancir penasaran mb😋,kapan yah bisa ksna sama sekali belum pernah ke banjarmasin.pengen banget keliling indonesia tp bru sampe muterin jawa bali lombok aja😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti bisa menginjakkam kaki di banjarmasin, ya, mbaj

      Delete
  33. Wah semoga bisa kesitu semua ya mba. Kayanya rekomen banget makanannya.

    ReplyDelete
  34. Duhh ikan bakarnya menggugah perut saya nih jadi baper, eh laper.
    Sy penisirin makan soto banjar yg asli dan pakai limau kuit hmmm laperrrrr

    ReplyDelete
  35. Penasaran sama mie bancir yang mie merah Mbak. Ngebayangin rasanya dari deskripsinya aja mau ngiler aku...

    ReplyDelete
  36. Aku belum pernah nginjek tanah kalimantan lhoo... kalau ke banjarmasin bisa jelajah destinasi itu dilakukan one day trip ya... mana ayam bakarnya menggoda banget...

    ReplyDelete
  37. Kayaknya saya pernah makan lontong orari deh, tapi take away. Lain kali kudu nyobain makan di tempat ah..

    ReplyDelete
  38. meski saya dari kalimantan barat, tapi menuju banjarmasin sangat lah jauh, semoga suatu saat bisa keliling kalimantan, dan menikmati kuliner2nya... apalagi soto banjar...dari dulu penasaran tak sampai juga sampai saat ini.. :(

    ReplyDelete
  39. Wah mbak, ngiler sama mie bancirnya. Restonya Agus Sasirangan ini terkenal banget ya kayaknya.

    ReplyDelete
  40. Sejujurnya aku belum pernah ke Banjarmasin, tapi selalu dapat banyak cerita kalau di kota ini ada beragam kuliner yang wajib dicicipi. Thank you rekoemndasinya, Mbak.

    ReplyDelete
  41. Nama makanannya unik-unik ya. OOh itu mie Banjir punya Agus master chef, wuah jadi pengin deh cobain masakannya :)

    ReplyDelete