Tips Manajemen Waktu bagi Mahasiswa Kelas Karyawan





Untuk meningkatkan kualitas diri, tak sedikit karyawan yang memilih untuk bersekolah lagi di sela-sela kesibukan kerjanya demi peningkatan karir. Berbeda dengan mereka yang kuliah di kelas reguler, para karyawan biasanya mengambil kelas khusus karyawan yang waktunya tidak mengganggu jam kerja. Biasanya kelas karyawan ini diadakan di malam hari atau juga akhir minggu.

Namun tentunya dalam menghadapi tuntutan kuliah sambil bekerja dalam kelas karyawan merupakan tantangan ganda yang membutuhkan manajemen waktu yang cermat. Untuk memastikan keseimbangan antara dunia kerja dan akademis, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu meraih sukses dalam kedua peran tersebut.


1. Buat Jadwal Rutin yang Tetap

Buat jadwal yang konsisten untuk pekerjaan dan kuliah. Pilih waktu yang sesuai untuk kuliah dan pastikan untuk menghormati keduanya. Dengan memiliki rutinitas yang terstruktur, kamu dapat mengoptimalkan waktu belajar dan kerja.

2. Prioritaskan Tugas-tugas Penting

Kenali tugas-tugas yang memiliki prioritas tinggi baik di tempat kerja maupun kuliah. Fokuslah pada pekerjaan atau tugas kuliah yang memiliki batas waktu dekat atau dampak signifikan terhadap prestasi akademis dan kariermu.

3. Gunakan Waktu Luang dengan Bijak

Manfaatkan waktu luang di antara pekerjaan dan kuliah untuk kegiatan yang bermanfaat. Membaca materi kuliah, merencanakan proyek kuliah, atau melakukan kegiatan relaksasi yang produktif dapat membantu mengisi waktu dengan lebih efisien.



4. Terapkan Teknologi Manajemen Waktu

Manfaatkan aplikasi atau alat manajemen waktu untuk membantu mengorganisir tugas-tugas harianmu. Aplikasi kalender digital atau aplikasi produktivitas dapat membantumu mengingat tenggat waktu, kuliah, dan rapat kerja.

5. Berkomunikasi dengan Atasan dan Dosen

Jangan ragu untuk berkomunikasi secara terbuka dengan atasan dan dosen mengenai keterlibatanmu di kedua dunia ini. Diskusikan jadwal kuliah dan tenggat waktu yang mungkin bertabrakan dengan tugas pekerjaan. Komunikasi yang baik dapat menciptakan pemahaman dan dukungan dari kedua belah pihak.

6. Asah Keterampilan Manajemen Stres

Manajemen waktu yang baik juga melibatkan manajemen stres. Belajarlah untuk mengenali tanda-tanda stres dan temukan metode relaksasi atau kegiatan fisik yang dapat membantumu meredakan tekanan.

7. Jangan Ragukan Diri Sendiri

Ketika terasa sulit, ingatlah untuk tidak meragukan diri sendiri. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika sesekali ada keterlambatan atau kesalahan. Setiap perjalanan memiliki tantangannya, dan keseimbangan antara bekerja dan kuliah membutuhkan waktu untuk dikuasai.


Mengelola peran sebagai mahasiswa kelas karyawan yang juga bekerja memang menantang, tetapi dengan manajemen waktu yang tepat, kamu dapat mengatasi dualitas ini dengan sukses. Terapkan tips di atas sesuai dengan situasi dan kebutuhanmu. Dengan konsistensi, ketekunan, dan keseimbangan yang baik, kamu dapat mencapai prestasi gemilang baik di dunia akademis maupun profesional.

Jika kamu sedang mencari kampus yang menyediakan kelas karyawan serta dengan beragam pilihan jurusan dengan prospek cerah, segera daftar di Cakrawala University, ya! Saat ini kampus Cakrawala University yang beralamat di Jakarta Selatan membuka kelas karyawan dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau. Cek selengkapnya mengenai biaya kuliah dan informasi lainnya di website cakrawala.ac.id ya!

17 Comments

  1. Aku tuh selalu salut Mba sama mereka yang kuliah sambil bekerja. Keren banget! Nggak gampang, dan banyak sekali tantangannya.

    Jadi memang manajemen waktu ini penting sekali ya mba, biar nggak keteteran sama kerjaan dan tugas kuliah.

    ReplyDelete
  2. Suamiku kuliah lagi mbak pas saat masih kerja. Untungnya dia kerja shift, jadi kadang kuliah malem atau pas libur kerja. Aku suka nungguin di kantin. Ahaha

    ReplyDelete
  3. Yup... Pendidikan adalah hal yg paling penting buat masa depan kita selain itu juga bisa menunggu jenjang karier.. Jadi manajemen waktu itu perlu agar semua berlancar

    ReplyDelete
  4. Sepertinya tidak hanya kelas karyawan yang butuh manajemen ini. Ibu rumah tangga juga sangat penting juga menerapkan agar pruduktif

    ReplyDelete
  5. Sepertinya tipsnya bisa untuk emak" kaya aku ini kecuali nomor 5 karena nggak ketemu dosen

    ReplyDelete
  6. Adik saya juga dulu kuliah S-1 dan S-2 nya mengambil kelas karyawan. Saat-saat itu tentunya jadi jarang pulang. Kami mengerti pasti lelah dan stress. Alhamdulillah semua berbuah manis. Kini dia mendapatkan posisi yang lebih baik di kantornya.

    ReplyDelete
  7. Karyawan yang rencana kuliah lagi sih bagusnya cari kampus yang ada kelas karyawannya. Kalau kelas reguler, jadwalnya sudah fix, engga bisa digeser. Salut buat yang bisa membagi waktu, karena ngerjain tugas bisa-bisa dikejar deadline tabrakan dengan kerjaan kantor.

    ReplyDelete
  8. Menarik nih kalau saja domisili jakarta berkesempatan melanjutkan kuliah lagi. Semoga sih kesampaian ya... Cari ilmu kan ga ada batas ya...

    ReplyDelete
  9. Yes, Mba. Tantangan luar biasa sih ini. Karena itu saya salut jika ada teman atau kenalan yang bisa berperan sebagai mahasiswa setelah bekerja. Belum lagi jika orang tersebut sudah berkeluarga. Setelah baca artikel ini jadi makin semangat buat lanjut sarjana kedua, nih, Mba.

    ReplyDelete
  10. Wah, sebenarnya saya pun kadang masih ada keinginan untuk lanjut kuliah, tapi akhirnya saya urungkan karena merasa gak sanggup membagi waktunya. Mudah-mudahan nanti jika ada rezeki waktu dan kesempatan, saya bisa lanjut lagi kuliah. Salah satu opsinya ya dengan mengambil kelas seperti kelas karyawan ini.

    ReplyDelete
  11. Kelas karyawan memang bisa fleksibel ya untuk karyawan yang ingin belajar juga di bangku kuliah

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen kuliah lagi tapi kelas karyawan biar lebih fleksibel dengan aktivitas

    ReplyDelete
  13. Suami pernah tuh mau ambil kelas karyawan tapi berakhir nggak jadi. Sekadang malah adik saya yang ambil kelas di akhir pekan, disela kerjanya

    ReplyDelete
  14. tipsnya pasti bermanfaat banget ya untuk mahasiswa kelas karyawan, karena kalau ga bisa manajemen waktunya bisa berantakan jadwalnya, dan dengan adanya tips ini pasti bantu banget untuk mereka yang kuliah sambil kerja gitu

    ReplyDelete
  15. Selalu takjub dengan karyawan yang berani ambil kesempatan sekaligus tantangan menjadi mahasiswa, membagi waktu pikiran tenaga dan uang pastinya tidak sedikit.

    ReplyDelete
  16. Ka Antung, aku jadi tersentuh bacanya.
    Memang kalau kuliah kelas karyawan ini butuh perjuangan yaa.. dan selain time management yang cerdas juga kemauan untuk terus belajar dan mengerjakan tugas dengan baik hingga lulus tepat waktu.

    ReplyDelete
  17. meski bukan karywan tapi saat ini kuliahku juga waktunya mirip karyawan karena dilakuan sore sampai malam . bener nih tipnya mbak

    ReplyDelete
Previous Post Next Post