Rekomendasi 5 Jurusan Kuliah Menjanjikan di Masa Depan Beserta Prospek karirnya

jurusan kuliah menjanjikan


Apa sih sebenarnya jurusan kuliah yang menjanjikan sekarang ini? Bagi kamu yang saat ini berada di jenjang akhir SMA atau SMK tentu memilih jurusan bukanlah perkara yang gampang. Tak hanya mempertimbangkan dari sisi bakat dan minat, kamu juga harus memikirkan bagaimana prospek kedepannya. Apakah jurusan yang kamu pilih saat ini akan tetap menjadi jurusan yang dibutuhkan ketika kamu telah lulus nanti ataukah tidak?

Secara umum, jurusan yang lulusannya akan terus dibutuhkan bahkan hingga 10 tahun kedepan adalah jurusan kesehatan. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting dan kebutuhan akan tenaga kesehatan lambat juga kian meningkat. Apalagi saat ini mulai banyak bermunculan inovasi teknologi yang perkembangannya terbilang sangat pesat.

Tapi, bagi kamu yang kurang berminat dengan jurusan ini tentu sulit untuk menjadi seorang yang pro di bidang kesehatan bukan? Padahal dunia kesehatan adalah tempat yang serius, maksudnya karena dunia ini erat hubungannya dengan nyawa. Lantas adakah jurusan kuliah yang menjanjikan lainnya yang memiliki prospek bagus untuk beberapa tahun kedepan? Tentu saja ada.


Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan di Masa Depan

jurusan kuliah yang menjanjikan



Nah, dari apa yang saya lihat dan berdasarkan rekaman dari beberapa sumber, di bawah ini akan saya ulas beberapa jurusan yang besar kemungkinan akan dibutuhkan hingga 10 tahun kedepan beserta prospek kerjanya, yakni:

1. Jurusan teknik


Selain jurusan yang berhubungan dengan bidang kesehatan, jurusan bidang teknik juga menjadi salah satu yang akan bertahan beberapa tahun kedepan. Namun tentu tidak semua jurusan teknik memiliki prospek yang sama. Diantara banyak jurusan teknik, teknik elektro dan teknik informatika adalah yang paling diunggulkan.

Lulusan teknik elektro memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji yang relatif tinggi. Banyak diantaranya yang bekerja di industri listrik besar seperti pembangkit listrik. Namun ada pula yang bekerja untuk bidang lain seperti industri telekomunikasi, industri otomotif, hingga perusahaan minyak dan gas. Contoh prospek kerja teknik elektro yakni electrical design engineer, robotic engineer, project engineer, hardware engineer, analyst system dan sebagainya.

Sama halnya dengan teknik elektro, teknik informatika juga memiliki peluang menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Beberapa prospek kerja lulusan teknik informatika yakni full stack developer, desainer grafis, game developer, IT consultant, cyber security analyst, web developer dan sebagainya.

Selain jurusan tekni elektro dan teknik informatika, jurusan teknik sipil juga bisa menjadi pertimbangan. Saya jadi ingat pengalaman saya kuliah belasan tahun yang lalu. Jujur saat itu benar-benar tidak tahu harus mengambil jurusan apa. Sebenarnya saya ingin masuk teknik informatika, namun kala itu jurusan Teknik Informatika hanya ada di Pulau Jawa sementara saya tidak ada rencana kuliah di luar pulau. ]

Nah, akhirnya saya memilih jurusan Teknik Sipil dengan pemikiran jurusan ini adalah jurusan yang bisa membuat saya jadi PNS. Hehe. Meski dengan alasan yang tidak tepat, saya merasa keputusan mengambil jurusan di Teknik Sipil tidak salah karena alhamdulillah jurusan ini termasuk yang cukup banyak dicari lulusannya setelah saya lulus kuliah terutama jika yang berhubungan dengan dunia konstruksi.  

2. Jurusan pemasaran

Bagi kamu yang memiliki minat dalam dunia bisnis, marketing menjadi salah satu jurusan yang bisa dipilih. Jurusan ini juga cocok bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan media sosial, desain grafis serta periklanan. Jurusan ini juga cukup banyak diminati karena peluang karirnya yang luas di berbagai bidang industri.

Beberapa prospek kerja dari lulusan marketing antara lain media planner, consultant, digital marketing manager, market research analyst, brand manager, account manager dan sebagainya.

3. Jurusan ilmu komputer

Di era teknologi seperti sekarang, jurusan ilmu komputer menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. Hampir semua industri dan semua perusahaan mengandalkan komputer untuk menjalankan usahanya, oleh karena itu lulusan ilmu komputer disebut sebagai salah satu jurusan yang akan tetap dibutuhkan bahkan hingga 10 tahun kedepan.

Beberapa prospek kerja dari lulusan ilmu komputer diantaranya computer security analyst, data scientist, software engineer, multimedia programmer, konsultan IT, arsitek jaringan, administrator basis data, dan sebagainya.

4. Jurusan teknologi informasi atau informatika

Banyak yang mengira jika jurusan teknik informatika dan teknologi informasi/informatika sama, padahal ada perbedaan diantaranya. Meski begitu kedua jurusan ini memang sangat dibutuhkan untuk beberapa tahun kedepan. Bahkan prospek kerja untuk jurusan teknologi informatika, disebut akan mengalami kenaikan hingga 15% di tahun 2031.

Beberapa prospek kerja dari jurusan ini antara lain: animator, konten creator, AI engineer, dan sebagainya.

5. Jurusan bisnis

Bisnis menjadi salah satu jurusan selanjutnya yang prospek kerjanya akan meningkat beberapa tahun kedepan. Prospek kerja dari jurusan ini antara lain creativepreneur, entrepreneur, marketing executive, risk manager, project manager, business analyst, dan sebagainya.


Di atas adalah beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan. Nah, selain memilih jurusan yang tepat, kamu juga harus memilih kampus yang tepat. Kenapa? Perlu diketahui, pemilihan kampus akan sangat berpengaruh terhadap seberapa besar kompetensi yang kamu miliki. Pemilihan kampus yang tepat tentu akan menambah nilaimu di mata HRD.

Lantas dimana kampus yang tepat?


Untuk urusan kampus ini, saya merekomendasikan BINUS @Bandung. Memang BINUS @Bandung adalah kampus swasta. Namun kualitasnya jangan diragukan. BINUS University telah terakreditasi A sejak tahun 2016 oleh BAN PT dan masuk dalam daftar 10 kampus terbaik versi lembaga pemeringkatan internasional. Fasilitas yang diberikan dari BINUS @Bandung juga sangat lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
 
Jangan banyak berpikir, jika kamu ingin menjadi seorang ahli, kuncinya kuliahlah di kampus yang tepat. Dan BINUS @Bandung adalah solusinya!
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

33 Comments

  1. teknik tuh emang dari dulu idaman banget ya selalu menjanjikan dan nggak bisa tergantikan haha. keren nih Binus masuk daftar 10 kampus terbaik. pastinya nggak kaleng-kaleng kalo kuliah di Binus ya

    ReplyDelete
  2. memilih jurusan dan kampus tuh harus bener2 jeli ya. paling ga kita sukai dan juga bermanfaat untuk masa depan. jangan sampai waktu kuliah kita terbuang sia-sia xD

    ReplyDelete
  3. Wah ini nih jurusan favorit untuk masa depan. Memasuki dunia digital, kelima jurusan ini memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Bisa jadi cuan banget ini. Apalagi kalo kuliahnya di BINUS, bakalan cemerlang banget untuk masa depan...

    ReplyDelete
  4. 5 jurusan di atas semuanya keren, dan akan sangat dibutuhkan. Jadi peluang berkarir sangat bagus. Hanya kuncinya, pilih jurusan yang sesuai dengan minat. Jadi saat kuliah dijalani dengan enjoy. Tidak ketinggalan, pilih kuliah di tempat yang bagus. Salah satunya di Binus.

    ReplyDelete
  5. Teknik, TIK, ilmu komputet, bisnis, pemasaran. Dari dulu sampai sekarang, ternyata prospeknya cerah, bahkan ke depan juga. Bisa jadi pilihan buat teman-teman yang punya minat di 5 bidang ini. Jangan lupa kuliahnya bisa di BINUS.

    ReplyDelete
  6. Jurusan yang diminati dan memungkinkan dalam peluang kerja juga nih kak.
    Apalagi juga akreditasinya bagus ya Binus di Bandung ini

    ReplyDelete
  7. Wah kuliah di Binus Bandung ada jurusan informatika juga ya? Jurusan yang memiliki peluang bagus baik untuk saat ini maupun saat akan datang.

    ReplyDelete
  8. luar biasa memang prospek 5 jurusan diatas memang sangat menjanjikan, apalagi di era digital seperti sekarang ini yaa
    makin keren kalau kuliahnya di BINUS

    ReplyDelete
  9. Teknik, komputer dan bisnis di jaman serba digital seperti sekarang prospeknya memang terlihat cerah ya. Gak heran kalau jurusan tersebut jadi favorit dan banyak diminati
    Binus emang gudangnya tuh informatika

    ReplyDelete
  10. Jurusan teknik kayaknya dari dulu tetap bertahan ya. Sama satu lagi Sistem Informasi nih yang lagi banyak dicari juga. Binus bisa jadi rekomendasi kuliah swasta yang oke ya

    ReplyDelete
  11. Wah, berbagai jurusan yang ditawarkan memang memiliki demand tinggi di dunia kerja. Aku sendiri sepertinya tertarik jurusan bisnis, deh. Coba mendaftar lah, upgrade ilmu.

    ReplyDelete
  12. Bener ihh jurusan-jurusan di atas memang menjanjikan di masa depan digital sih.. pengeen kuliah lagi jadinyaa wkwkwk, yg magister tapinyaa

    ReplyDelete
  13. Jurusan kuliah paling rame nih biasanya. Haha.. Jadi nggak heran pasti bakal jadi rebutan. Biar nggak terlalu ribet sih mending daftar di BINUS Online Leaening aja yah.

    ReplyDelete
  14. Binus saat ini menjadi kampus swasta fav karena memiliki jurusan yang banyak diminati di dunia pekerjaan.
    Bagusnya lagi Binus memiliki cabang di beberapa kota besar seperti di Bandung Bekasi dkk

    ReplyDelete
  15. Aku pengin kuliah lagi ngambil jurusan bisnis. Siapa tahu sekarang jadi karyawan nanti jadi Bos. Aminn... Dan tentunya penting untuk mempelajari ilmu bisnis.

    ReplyDelete
  16. Jurusan bisnis masih banyak jadi incaran, karena di kelas ya nggak hanya belajar bagaimana cara bangun dan mulai bisnis tapi juga kelola diri sendiri sebagai seorang pebisnis. Ini yang kurasakan walau jurusan kuliahku bukan spesial di bidang bisnis tapi banyak bersinggungan. Pun BINUS ini tuh salah satu univ swasta yang cukup diperhitungkan deh mahasiswanya kalau ikut lomba antar kampus. Aku turut ngerasain semasa kuliah beberapa tahun lalu.

    ReplyDelete
  17. BINUS sejak lama dikenal sebagai kampus swasta yang berkualitas. Akreditasinya sudah A
    Banyak juga pilihan jurusan yang ditawarkan

    ReplyDelete
  18. Informasi yang sangat bermanfaat terutama bagi kawan-kawan yang sedang mempertimbangkan jurusan kuliah dan mempertimbangkan prospek karir di masa depan. Ini menunjukkan bahwa ada banyak peluang kerja di bidang teknik, baik di sektor publik maupun swasta.

    ReplyDelete
  19. Jurusan yang bisa dipilih untuk yang mau kuliah banyak juga ya di Binus Bandung. Apalagi akreditasinya sudah A, jaminan berkualitas ini mah

    ReplyDelete
  20. Penting sih yaa..berpikir panjang sebelum memulai belajar.
    Bukan gak mengindahkan faktor "keinginan" tapi juga ada faktor masa depan dengan lapangan kerja yang menanti. Cocok banget kuliah di BINUS @Bandung dan mengambil jurusan terbaik yang mudah dan luas lapangan pekerjaannya.

    ReplyDelete
  21. Wah.ternyata binus byk pilihan jurusan kuliah nuh.. Jadi kalian tinggal sesuaikan saja minat yg mana.. Pokoknya binus tuh tempat kuliah yg berkompoten

    ReplyDelete
  22. Jurusan yang diminati diatas memang sedang booming dipakai alias langsung kerja ya Kak? Apalagi lulusan Binus nih.

    ReplyDelete
  23. jurusan yg mantab betul.
    kudi dicatat ini mbaaa

    makasi sharing nya ya
    keren sangat

    ReplyDelete
  24. Informatika dan bisnis kayaknya lifetime ya mbaa, tak lekang oleh waktu, eaa. jadi memang kalo mau luass lapangan pekerjaannya, ya dua itu yah, dibutuhin dimana mana

    ReplyDelete
  25. Bener nih kak jurusan teknik paling banyak dicari dan teman teman yang lulus juga gajinya lumayan gede ya dari pada jurusan yang lain

    ReplyDelete
  26. Saya sedikit menyesal dulu nggak melihat banyak pilihan untuk kuliah dan nggak mencari tahu prospek kerja nya. Padahal bagus juga baca review gini

    ReplyDelete
  27. Bagaimana dengan kesehatan mba? Saya pernah dapat info itu yang akan terus berkembang dan dibutuhkan

    ReplyDelete
  28. Wah iya nih 5 jurusan di artikel ini menjanjikan di masa depan. Anakku rencananya tahun depan ambil jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) secara dia hobi gambar dan memang prospeknya pun bagus nanti. Btw, keren nih memnag ya BINUS University yang telah terakreditasi A dan ada dalam daftar 10 kampus terbaik versi lembaga pemeringkatan internasional.

    ReplyDelete
  29. Kuliah di jurusan idaman yang prospek kerjanya sudah terbayangkan ini memang butuh kerja keras banget. Dengan memilih kuliah di kampus swasta terbaik, semoga bisa menjadi lulusan yang 100% diterima kerja pula.

    ReplyDelete
  30. Pentingnya mempertimbangkan prospek sebelum kuliah akan memaksimalkan masa muda kita yang lebih produktif

    ReplyDelete
  31. Binus memang memiliki banyak jurusan kuliah yang memiliki prospek baik setelah lulus dan memasuki dunia kerja, apalagi banyak mata kuliah yang sangat membantu lulusannya masuk ke dunia kerja dengan lebih mudah.

    ReplyDelete
  32. Saudaraku dulu lulusan BINUS UNIVERSITY jurusan pemasaran
    Sekarang karirnya cemerlang banget
    Kurikulum BINUS emang juara

    ReplyDelete
  33. Sepakat, 5 jurusan kuliah tersebut memang menjanjikan apalagi jika diimbangi dengan kompetensi soft skill lainnya, karena dunia dan teknologi juga semakin berkembang sehingga dibutuhkan SDM yang handal

    ReplyDelete