Panduan Hemat saat Pertama Kali Jalan-Jalan Keluar Negeri


Banyak orang enggan berlibur ke luar negeri karena merasa hal tersebut adalah suatu pemborosan. Padahal, pengalaman yang kamu dapatkan selama pergi ke negara lain tentu jauh lebih berharga daripada bujet yang sudah disiapkan. Jika kamu punya waktu dan bujet yang memadai, tak ada salahnya merencanakan perjalanan pertama ke luar negeri untuk merasakan momen liburan menakjubkan.

Faktanya, jalan-jalan ke luar negeri tak selalu menyebabkan pemborosan asalkan kamu melakukan beberapa hal berikut ini:

Pesan Tiket Pesawat Sejak Jauh Hari

Merencanakan liburan ke luar negeri secara mandiri membuatmu leluasa memesan tiket sejak jauh hari. Sekarang, pesan tiket pesawat di Traveloka semakin mudah dan bisa dilakukan secara cepat. Lebih hebatnya lagi, Traveloka juga telah menyiapkan opsi reschedule dan refund bagi kamu yang ingin menunda atau membatalkan penerbangan.

Jika kamu memilih penerbangan yang didukung fitur reschedule+, maka kamu berkesempatan mengganti waktu penerbangan, maskapai, bahkan destinasi. Sementara itu, fitur refund juga tak kalah penting karena memungkinkan kamu mendapatkan pengembalian dana bila membatalkan penerbangan. Proses refund dana di Traveloka juga terbilang praktis sebab kamu hanya perlu menjelaskan alasan pembatalan serta mengisi dokumen untuk pengajuan refund. Risiko kehilangan uang akibat gagal liburan pun dapat diminimalkan jika kamu memilih Traveloka sebagai solusi perjalananmu.

Sewa Penginapan Secara Kolektif

Salah satu biang keladi penyebab pemborosan ketika berlibur ke luar negeri adalah harga sewa penginapan yang sangat mahal. Jadi, kamu patut menyiasati hal ini dengan menyewa penginapan secara kolektif. Contohnya, kamu dan keluarga atau teman-teman memilih sewa apartemen harian di pusat kota supaya biayanya lebih murah dibandingkan menginap di hotel. Semakin banyak jumlah orang yang ikut berlibur ke luar negeri, maka semakin terjangkau pula biaya yang harus disiapkan untuk sewa penginapan.

Pilih Paket Tur di Luar Musim Liburan

Bukan rahasia lagi bila paket tur di musim liburan dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan hari lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh harga tiket pesawat, penginapan, dan tiket masuk tempat wisata yang lebih mahal pada momen liburan. Bila kamu ingin berhemat, berarti kamu patut merencanakan perjalanan ke luar negeri di luar musim liburan seperti momen hari raya, liburan sekolah, atau akhir tahun. Bujet berlebih untuk membayar paket tur nantinya dapat dialokasikan untuk hal penting lainnya, seperti uang saku atau biaya membeli oleh-oleh.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Metode pembayaran di luar negeri sekarang memang makin praktis karena bisa dilakukan menggunakan kartu kredit atau QR Code. Kendati demikian, kepraktisan tersebut malah berisiko membuatmu jadi semakin boros ketika berbelanja. Kamu patut menyikapinya dengan menyiapkan bujet berupa uang tunai secukupnya. Berusahalah menghemat pengeluaran selama berlibur sehingga bujet yang kamu siapkan cukup hingga hari terakhir berada di negara lain.

Jangan Ragu Tanya Harga Sebelum Membeli

Penipuan terhadap wisatawan asing memang kerap terjadi di berbagai negara. Salah satu contoh penipuan atau scam paling populer adalah makanan atau barang yang dibanderol dengan harga selangit. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut. Kamu dapat mengantisipasinya dengan menanyakan harga terlebih dahulu sebelum membeli. Saat kamu merasa harga yang ditawarkan penjual terlalu mahal dan tidak sebanding dengan bujetmu, bergegaslah memutuskan untuk tidak jadi membeli.

Kunjungi Berbagai Objek Wisata Gratis

Destinasi liburan di luar negeri tidak selalu identik dengan biaya tiket masuk yang mahal. Biasanya ada berbagai objek wisata gratis yang pengelolaannya didukung pemerintah setempat untuk memajukan sektor pariwisata. Kamu hanya perlu cermat mencari info seputar berbagai objek wisata gratis agar bisa mengunjungnya ketika berlibur. Jalan-jalan ke tempat wisata tidak berbayar tentu efektif menghemat pengeluaran tanpa mengurangi sensasi keseruan liburan.

Cari Informasi tentang Standar Harga Produk Luar Negeri

Risiko menjadi korban penipuan bisa diminimalkan dengan cara mengetahui standar harga produk yang hendak kamu beli. Misalnya, bila kamu ingin membeli cokelat merek tertentu di Malaysia, maka kamu patut mengetahui kisaran harga wajarnya terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi penipuan yang hendak dilakukan oknum pedagang di negara tujuan. Selain itu, wawasan seputar standar harga produk juga membuatmu berkesempatan mengajukan penawaran harga ketika berbelanja.

Utamakan Berbelanja di Supermarket atau Minimarket

Toko oleh-oleh di luar negeri memang terlihat menggiurkan karena menyediakan pilihan barang yang lengkap. Sayangnya, harga barang di toko tersebut tentu jauh lebih mahal dibandingkan berbelanja di supermarket atau minimarket. Jadi, usahakan berbelanja di supermarket atau minimarket saja bila kamu hendak berhemat. Luangkan waktu lebih banyak untuk berburu barang-barang yang kamu inginkan sehingga kamu bisa membelinya dengan harga yang lebih bersahabat.

Usai membaca ulasan lengkap ini, kamu tentu tak ragu lagi berlibur ke luar negeri untuk pertama kalinya. Beberapa negara tetangga di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam bisa jadi pilihan menarik bagimu untuk mewujudkan agenda liburan dalam waktu dekat. Selamat berlibur!

3 Comments

  1. Bener banget ini mbaaa..traveloka selalu jadi pilihan rekomendasi tiap kali cari tiket penerbangan luar negeri ataupun dalam negeri apalagi sekarang dilengkapi fitur rescedule dan refund yang membuat semua nya jadi lebih praktis ;)

    ReplyDelete
  2. Semua yg mba tulis totally bener sih, semua udah pernah aku coba kecuali yg pemesaran hotel kolektif itu. Soalnya emang belum pernah sih pesen hotel ramean gitu

    ReplyDelete
  3. Jalan ke luar negeri ini memang harus ada persiapan maksimal ya mbak. Terutama untuk menentukan tujuan wisata agar tak sia-sia

    ReplyDelete
Previous Post Next Post