Bertahan Ngeblog Hingga Sekarang, Apa Rahasianya?


Kadang saya sulit percaya bisa bertahan hingga hari ini di dunia ngeblog ini. Memulai cerita sejak tahun 2009, tak terasa tahun ini menginjak tahun ke-14 bagi saya bercerita. Dimulai dari blogspot, pindah ke Multiply, lalu ke Wordpress dan sekarang balik lagi ke blog namun sudah dengan domain sendiri. Semua perjalanan ngeblog selama 14 tahun ini tentunya memiliki naik turunnya sendiri layaknya juga kehidupan.

Bagi saya sendiri, ada perbedaan yang cukup besar dari saya yang ngeblog di Multiply dulu dengan yang sekarang sedang saya jalani. Saat memulai ngeblog, usia saya masih pertengahan dua puluhan, jiwa muda masih meronta-ronta, gaya menulis juga mungkin masih alay dan kadang kalau menulis tidak terlalu difilter. Sementara setelah saya resmi berganti blog menjadi TLD, usia sudah kepala 3 dan kalau mau curhat lewat tulisan banyak sekali mikirnya karena saya tidak mau terlalu banyak mengumbar cerita pribadi.

Rahasia Tetap Konsisten Ngeblog

Jika ditanya apa rahasia saya bisa tetap konsisten ngeblog sampai sekarang, mungkin ada beberapa faktor yang akan muncul, yakni:

Niat

Faktor pertama tentunya adalah niat utama dari ngeblog yang saya jalani ini. Sejak awal ngeblog tujuan saya sederhana ingin membagikan tulisan kepada orang-orang. Memang kadang ada masanya saya malas dan merasa tidak ada yang dibagi. Namun entah mengapa hadir juga keresahan jika blog dibiarkan tak terisi dalam waktu yang lama. Hal inilah kemudian yang kemudian membuat saya memaksa diri untuk kembali menulis di blog.

Tanggung jawab

Faktor ke dua yang membuat saya masih bisa bertahan di dunia blog adalah rasa tanggung jawab. Kepada siapa? Kepada pemberi job yang telah membantu blog saya menjadi salah satu ladang penghasilan. Selain itu saya juga merasa memiliki tanggung jawab untuk merawat blog karena setiap tahun harus membayar domainnya. Sebenarnya biaya domain ini tidaklah besar ya tapi tetap saja bisa menjadi faktor penyemangat saya untuk tetap terus ngeblog. 

Cuan

Nah, untuk faktor ke tiga masih ada hubungannya dengan faktor ke dua yakni cuan. Meski mungkin pendapatan yang saya dapatkan lewat blog ini masih terbilang sedikit, namun saya tetap bersyukur karena lewat uang yang saya hasilkan dari blog saya bisa membeli barang-barang keperluan pribadi tanpa mengganggu uang bulanan rumah tangga.

Ngeblog-ku nggak bakalan lancar kalau tidak ada mereka

Selai 3 faktor yang saya sebutkan di atas, tentunya kegiatan ngeblog saya tidak akan bisa lancar tanpa dukungan dari pihak luar. Kegiatan ngeblog sendiri sekarang bukan sekadar nulis curhat aja lho ya namun juga meliputi serangkaian kegiatan lainnya mulai dari pemilihan template blog, SEO, menghadiri event, membuat desain infografis dan juga melakukan riset. Jadi memang sekarang itu ngeblog memerlukan banyak support system agar pemiliknya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk saya sendiri, beberapa support system yang selalu membantu saya dalam aktif ngeblog diantaranya: 

Handphone dan laptop untuk menulis

Perangkat pertama yang penting sekali harus dimiliki bagi mereka yang ingin ngeblog pastilah handphone atau komputer yaa. Dulu waktu awal-awal ngeblog saya masih setia dengan komputer untuk menulis. Namun karena sekarang handphone sudah semakin canggih saya bisa menulis di mana saja menggunakan handphone di tangan. 

Koneksi internet

Support system ke-dua adalah koneksi internet. Namanya ngeblog kan artinya tulisan kita akan dipublikasikan dong, ya. Makanya koneksi internet penting sekali bagi para blogger dan juga konten kreator. Lewat internet saya bisa melakukan berbagai riset terkait tulisan yang akan ditayangkan dan juga membuat desain infografis secara online. Koneksi internet sendiri juga tidak harus memasang wifi namun bisa juga dengan memanfaatkan internet dari provider yang ada di handphone kita. 

Aplikasi edit foto dan desain

Seperti yang saya sebutkan di atas, aktivitas ngeblog sekarang tidak hanya sebatas menulis namun juga aktivitas lain seperti mengedit foto dan infografis untuk tulisan kita. Sebenarnya ini tidak wajib namun jika artikel yang diposting mengandung informasi bermanfaat pastinya akan lebih menarik pembaca jika ada infografis di dalamnya. Pun mengenai foto akan sangat membantu dalam memberi informasi terkait sebuah tempat yang kita kunjungi. 

Komunitas

Di era blogger profesional seperti sekarang, keberadaan komunitas juga bagi saya merupakan salah satu support system yang membantu saya dalam membangun blog yang saya miliki. Komunitas tak hanya mempertemukan saya dengan banyak teman blogger di berbagai daerah, namun juga membantu dalam memberikan berbagai ilmu baru terkait dunia blogger seperti SEO, Google Analytic dan tentunya juga job untuk blog saya. 

Keluarga

Keluarga juga pastinya menjadi salah satu support system untuk blog saya. Meski sebenarnya saya memulai blog ini sendiri (soalnya kan memulainya dari sebelum nikah), mulai dari membeli domain, mengisinya dan juga membayarnya, tetap saja ada dukungan-dukungan dari anggota keluarga yang bisa membuat saya tetap bisa ngeblog dengan lancar. Bahkan anggota keluarga juga termasuk salah satu inspirasi saya dalam mengisi blog ini. 

Itulah dia beberapa alasan dan support system saya dalam menjalani aktivitas ngeblog selama belasan tahun terakhir. Saya selalu berharap kegiatan saya ngeblog ini bisa terus berlanjut bahkan hingga saya tua nantinya. 




Baca Juga
Reactions

Post a Comment

8 Comments

  1. Legacy atau warisan/peninggalan. Mikirnya ya selama blog wordpress nggak bangkut atau menghilang, tulisanku akan abadi walau akunya udah nggak ada di dunia ^^ Ya minimal nanti ponakan bisa baca-baca perjalanan dan kepingan kisah hidup omnya dari blog.

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sih sederhana : Aku suka nulis, jadi blog adalah tempat semuanya... ya curhat, ya naro prestasi, ya buat rekam jejak!

    Semoga saja blogspot masih bertahan sehingga rekam jejakku pun bisa sampe hingga anak cucu aamiin

    ReplyDelete
  3. Kangen Multiply kakk Antung 😢 beeneran cinta pertama ngeblog di sana. Sedihnya sekarang banyak ex mp yg gak tau kabarnya padahal dulu akrab banget.

    Samaa kalo ga ada internet ya mana bisa ngeblog.

    ReplyDelete
  4. Niat buat curhat dan cuan yang masih menjadi alasan tetap aktif ngeblog. Sayang aja moment yang ingin diceritakan tapi ngga tersampaikan.

    Seru aja gitu, kalau bisa dibaca ulang beberapa puluh tahun ke depan.

    Sementara masih sering curhat sama Blog.

    ReplyDelete
  5. Dukungan keluarga dan perangkat handal, serta koneksi internet yang keren adalah support system terbaik. Tanpa mereka, mana bisa kita ngeblog dengan nyaman dan tenang.

    ReplyDelete
  6. Keren banget, ka Antung uda mulai nge-blog sejak 2009.
    Dan konsisten hingga kini.
    Jadi kerasa anget perbedaan nge-blog zaman dulu dan zaman sekarang ya.. Alhamdulillah, didukung banget sama support system yang bikin nge-blog bisa lancar.

    ReplyDelete
  7. Sangat senior dan menginspirasi 14 tahun berkarya di blog sangat istimewa saya jadi ingin konsisten juga nih sama biarpun penghasilan masih kecil

    ReplyDelete
  8. aku banget tulisan ini mbak
    dulu awal ngeblog memang sebatas diary online aja, nggak nyangka bertahan sampe sekarang dan ketemu via online sama banyak temen blogger. Gitu aja udah seneng aku, udah termasuk prestasi juga buatku. disaat temen temenku dulu udah berhenti ngeblog

    trus kalau ga apdet tulisan, kayak merasa bersalah aja sama diri sendiri dan sama blogku haaha, ga mau rugi intinya karena udah bayar domain juga

    ReplyDelete