Berbagai Ide Cerita untuk Menulis Novel Cinta


Sebagai seorang pecinta fiksi, novel bergenre romance atau yang lebih fokus ke hubungan percintaan merupakan genre favorit saya. Novel cinta atau romance ini bagi saya sangat relate dengan kehidupan saya sebagai wanita dan pastinya juga memberi banyak insight baru perihal hubungan dengan lawan jenis. Apalagi kalau penulisnya memilih profesi yang khusus dalam penokohan novelnya. Bagi saya ini memberi nilai tambah tersendiri karena saya jadi dapat ilmu perihal profesi tersebut. 

Cerita cinta dalam novel sendiri sebenarnya merupakan tema yang sangat universal. Kita bisa menemukannya dalam novel fantasy, komedi, horor bahkan juga thriller. Tentunya porsi dari cerita cintanya tidak sebanyak dalam novel yang memang bergenre romance karena sifatnya memang sebagai pendamping cerita. Kalau berdasarkan beberapa webinar kepenulisan yang saya ikuti, unsur cinta memang wajib diselipkan dalam dalam sebuah novel atau cerita karena merupakan salah satu bumbu yang membuat novel jadi lebih sedap . 

Dalam sebuah novel cinta sendiri, ada banyak tema yang bisa dijadikan ide menulis novel. Saya sendiri sih tidak terlalu pilah-pilih dalam membaca novel cinta ini asal ceritanya bagus dan bahasanya tidak terlalu vulgar. Lalu tema cerita apa saja yang biasanya ada dalam sebuah novel cinta? Berikut yang bisa saya tuliskan terutama untuk kamu yang sedang mencari ide menulis novel cinta:

Cerita tentang perjodohan

Meski sekarang sudah bukan zaman Siti Nurbaya lagi, cerita tentang perjodohan masih bisa ditemukan dalam berbagai novel romance. Tentunya ceritanya bukan tragedi seperti Siti Nurbaya ya, karena biasanya cerita perjodohan di novel cinta sekarang akan berakhir happy ending sesuai dengan prinsip witing tresno jalaran soko kulino yang artinya cinta bisa hadir karena terbiasa bersama. Biasanya, hal yang paling menarik dari membaca cerita cinta dengan tema perjodohan ini adalah bagaimana proses pasangan dalam cerita mulai jatuh cinta setelah tinggal bersama. 

Hubungan cinta di dunia kerja

Tema berikutnya yang juga bisa kita temukan dalam novel cinta adalah hubungan asmara di dunia kerja atau lebih tepatnya di kantor yang sama. Dalam kehidupan nyata, kita pastinya juga sudah cukup sering bertemu dengan kisah cinta seperti ini. Intensnya pertemuan dan kerja sama dengan rekan kerja bisa menumbuhkan benih cinta di dunia kerja. Nah, biasanya untuk cerita seperti ini konfliknya ada pada peraturan perusahaan terkait pernikahan rekan sekantor yang mungkin mengharuskan salah satu pihak harus mengundurkan diri. 

Cerita cinta lama bersemi kembali

Cerita tentang mantan yang kembali dalam hidup seseorang juga bisa menjadi tema yang diangkat dalam novel cinta. Biasanya kehadiran mantan dalam hidup seseorang merupakan hal yang dihindari karena siapa yang tahu perasaan yang lama akan muncul kembali. Nah, kadang konfliknya bisa berupa dilema dari kedua belah pihak apakah akan balikan lagi atau memang kehadiran sang mantan ini cuma sebagai ujian bagi mantan yang ditemuinya yang mungkin sudah menjalin hubungan dengan orang lain. 

Cerita cinta segitiga 

Kalau di drama Korea, tema cinta segitiga termasuk yang bisa membuat kubu penonton terpecah antara pria utama atau pria yang datang belakangan. Bagaimana dengan novel cinta? Dalam novel cinta, pemilihan tema cinta segitiga juga cukup banyak dilirik penulis karena biasanya konfliknya bisa lebih berasa. Kalau cinta segitiga ini biasanya nggak jauh-jauh dari sahabat yang diam-diam mencintai sahabatnya yang sedang sibuk dengan pacar atau mencari belahan jiwanya. 

Kadang sebagai pembaca saya jadi greget sendiri karena dari gelagatnya juga sudah ketahuan ya si sahabat ini mencintai sahabatnya itu. Entah yang dicintai ini beneran nggak tahu atau sebenarnya tahu tapi tidak mau merusak hubungan persahabatan mereka. Menariknya dari cerita cinta segitiga ini, pembaca akan dibuat penasaran sampai akhir pada siapakah hati tokoh utamanya berlabuh. 

Membaca novel cinta dengan berbagai tema di GoodDreamer



Saat saya masih berstatus pelajar dan mahasiswa, untuk bisa membaca novel cinta kesukaan pilihannya hanya membeli atau menyewa buku tersebut di perpustakaan dan taman bacaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang saya bisa membaca berbagai novel lewat aplikasi baca buku baik yang gratis maupun berbayar. Tentunya ini sangat membantu sekali bagi saya yang suka membaca tapi tak ingin menumpuk banyak buku di rumah.

Selain aplikasi baca buku, ada juga webnovel yang memang khusus menyediakan novel yang ditulis secara online oleh para penulis. Tak hanya untuk membaca novel, web novel juga bisa menjadi wadah bagi penulis pemula untuk mempublikasikan karyanya dan bahkan mendapatkan penghasilan dari novel yang ditulisnya tersebut. 

Saat ini ada cukup banyak website yang memberikan akses untuk membaca aneka genre novel. Salah satu web novel tersebut adalah GoodDreamer. GoodDreamer merupakan platform web novel yang dirilis pada awal November 2022 lalu. Di platform ini kamu bisa membaca novel-novel cinta terbaru secara gratis baik lewat website maupun aplikasi di handphone. 

Selain itu bagi para penulis juga dapat mengirimkannya tulisannya ke GoodDreamer minimal 5000 kata untuk naskah yang dikirimkan. Naskah yang sudah dikirim akan diseleksi dan jika lulus seleksi pihak editor akan mengirimkan kontrak lengkap dengan konpensasi yang akan didapatkan dari penerbitan novel kamu di GoodDreamer. Nah, buat teman-teman yang sudah penasaran dengan novel-novel yang ada di GoodDreamer bisa langsung instal aplikasinya atau kunjungi alamat https://gooddreamer.id/novel_romantis ya. 

5 Comments

  1. Novel dengan cerita cinta itu hiburan. Meski ya kadang nggak semuanya bisa terjadi di dunia nyata, tetap saja ceritanya menghibur

    ReplyDelete
  2. Gitu ya kalo film korea..cinta segitiganya lebih greget wkwkwk.. mungkin kisah cinta di sana lebih kompleks hehe

    ReplyDelete
  3. Aku pernah nulis novel. Butuh waktu setahun! Dan pas temenku baca, katanya cuma semalam langsung tamat ūüė≠

    ReplyDelete
  4. Ide novel romance itu beragam ya, bisa berdasarkan pengalaman cinta si penulis juga.

    ReplyDelete
  5. Mmg genre romance paling byk peminatnya, the legend sepanjang zaman.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post