Tips Memilih Sandal yang Nyaman untuk Jalan-jalan

Tips Memilih sandal yang nyaman



Saat akan melakukan perjalanan atau travelling, tentunya kita akan mempersiapkan banyak hal mulai dari itinenary perjalanan hingga juga pakaian yang harus dikenakan selama perjalanan tersebut. Tak hanya pakaian, alas kaki juga tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan karena saat melakukan perjalanan karena akan berpengaruh juga pada kenyamanan kita saat berjalan. Apalagi jika traveling yang dilakukan juga termasuk yang banyak mengandalkan aktivitas berjalan tentunya kita tidak boleh sembarangan dalam memilih alas kaki yang digunakan. 

Awal Juni ini, saya dan keluarga melakukan perjalanan ke pulau Jawa. Selama kurang lebih 10 hari kami mengunjungi beberapa kota di Pulau Jawa mulai dari Tangerang, Bogor, Jakarta, Kebumen, Yogyakarta hingga Surabaya. Perjalanan ini sendiri merupakan salah satu impian saya yang memang ingin mengajak anak-anak untuk berlibur dan melihat dunia luar selain kota kecil mereka. Alhamdulillah setelah covid terlewati dan situasi perjalanan sudah kembali normal saya bisa mendapatkan tiket murah untuk bisa mengajak anak-anak liburan sekaligus mengunjungi keluarga kakek nenek mereka dari pihak ayah. 

Saat melakukan perjalanan jauh seperti ini tentunya saya harus memilih alas kaki yang nyaman. Beberapa orang mungkin merasa nyaman menggunakan sepatu saat bepergian. Namun saya selama perjalanan lebih memilih menggunakan sandal karena lebih praktis dalam penggunaannya. Sandal yang saya gunakan selama perjalanan tersebut adalah sandal karet yang ringan sehingga tidak membuat kaki sakit selama perjalanan. Selain itu dengan menggunakan sandal karet saya juga tak perlu khawatir saat mencucinya karena sandal jenis ini sangat cepat kering. 

Tips Memilih Sandal saat jalan-jalan

tips memilih sandal untuk jalan-jalan

Sandal merupakan salah satu jenis alas kaki yang menjadi favorit banyak orang. Alas kaki yang satu ini bisa digunakan dalam berbagai kegiatan mulai dari kegiatan sehari-hari, jalan-jalan ke mall, hingga juga travelling. Sandal sendiri memiliki banyak tipe dan jenis. Ada sandal jepit dan bertali yang biasanya menjadi sandal harian, sandal gunung yang digunakan untuk aktivitas berat seperti travelling atau trekker hingga sandal yang memiliki hak seperti wedges atau selop yang bisa digunakan untuk menghadiri acara formal. 

Dalam hal pemilihan sandal wanita terutama untuk jalan-jalan atau travelling, tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan terkait memilih sandal untuk jalan-jalan:

Pilih sandal dengan bahan yang kuat dan nyaman 

Sebagai alas kaki yang menopang tubuh dan menjadi pelindung kaki saat melangkah, tentunya kita harus memilih sandal dengan bahan yang kuat dan awet. Bahan-bahan seperti karet, Eva (Etilen Vinil Asetat), rubber, PVC dan juga kulit sintetis bisa menjadi pilihan untuk menemani kaki kita selama perjalanan.

Pilih sandal dengan ukuran yang pas di kaki

Tips ke dua terkait pemilihan sandal untuk jalan-jalan adalah memilih sandal dengan ukuran pas di kaki. Selain bisa memberikan kenyamanan selama perjalanan, sandal yang pas di kaki juga bisa menghindarkan kaki kita dari rasa lelah sepanjang perjalanan. Salah satu ciri kalau sandal yang dipilih ukurannya sudah pas adalah sandal tersebut tidak membuat kaki kita menggantung di bagian depan, samping dan belakang solnya.

Untuk area depan sandal, pastikan area tersebut cukup lebar dan pas untuk menopang jari kaki kita. Lalu jika memilih sandal bertali, pastikan tali pengikat tidak terlalu ketat atau longgar agar memudahkan ketika digunakan karena dapat membuat sandal mudah lepas dan membuat kaki cedera.

Pilih sandal dengan tumit empuk dan sol kuat

Sandal dengan tumit empuk dapat membantu mengurangi rasa sakit pada bagian tumit dan juga mencegah kapalan yang disebabkan oleh hentakan saat berada di jalan. Selain itu, sandal dengan sol yang kuat dan ringan juga menjadi pilihan saat melakukan perjalanan karena pastinya akan membuat kaki lebih ringan saat melangkah.

Sesuaikan dengan medan perjalanan

Selain memperhatikan bahan dan ukuran tentunya kita juga harus menyesuaikan sandal yang digunakan dengan medan perjalanan yang dilakukan. Jika pergi ke pantai atau hanya berjalan-jalan di kota kita bisa menggunakan sandal jepit sandal jepit yang memang paling nyaman digunakan untuk sehari-hari. Lain halnya jika perjalanan dilakukan ke pegunungan atau medan yang berat, maka sandal gunung bisa menjadi pilihan untuk perjalanan kita.

Memilih sandal dari brand terpercaya

Sandal buttonscarves


Tips terakhir yang bisa saya berikan terkait memilih sandal untuk jalan-jalan adalah dengan memilih produk sandal dari brand yang sudah terpercaya dan teruji kualitasnya. Salah satu merk sandal yang bisa dicoba untuk jalan-jalan adalah Buttonscarves yang kini sudah melebarkan sayapnya ke berbagai lini produk termasuk alas kaki. Ada banyak pilihan sandal dari Buttonscarves yang bisa dipilih dengan material berkualitas seperti kulit sapi dan juga kulit kambing yang pastinya juga nyaman dipakai untuk jalan-jalan. Kamu bisa memilih sandal sesuai dengan kebutuhan dan gaya pribadimu.

Demikian sedikit tips yang bisa saya berikan terkait memilih sandal untuk jalan-jalan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian!

22 Comments

  1. sandal nyaman nih penting banget buat aku yang masih sering gendong anak kalau jalan-jalan. terima kasih rekomendasinya, ya

    ReplyDelete
  2. Kalau sandalnya nyaman jalan-jalan jadi menyenangkan...apalagi produknya Buttonscarves yang ga cuma punya hijab berkualitas tapi kini sudah melebarkan sayapnya ke berbagai lini produk termasuk alas kaki yang keren ini.

    ReplyDelete
  3. Betul banget, pemilihan sandal untuk jalan2 mesti disesuaikan sama medan yang akan dikunjungi. Dan aku juga termasuk yang memilih alas kaki dengan sol yang kuat serta tumit yang empuk. Ada banyak pilihan ya di Button Scarves. Jadi mau nyari2 ah sandal buat nge-mall :)

    ReplyDelete
  4. Sendal untuk traveling emang kudu yang nyaman, terutama solnya yang lembut tapi kokoh agar bisa menopang telapak kaki agar tidak cidera. Sendal juga mudah dipasang dan lepas, jadi kalau mau masuk masjid tinggal copot. Kekuarangan sendal cuma sedikit, kalau gak pakai kaus kaki, kulit kita cenderung terpapar angin dan debu :)

    ReplyDelete
  5. kalau aku paling cocok pake sendal karet-karet gitu mak, selain nyaman dipakai, perawatannya juga gampang, dan mudah banget diselipin kalau lagi di mobil wkwkwk. pokoknya kalau jalan2 aku lebih mementingkan kenyamanan banget dibanding estetika, soalnya masih rempong banget sama anak2

    ReplyDelete
  6. Aku sekarang ini juga lumayan sering keluar jalan pakai sendal, sekarang banyak model sendal karet empuk yang modelnya lucu² juga. Tapi memang sih kalau untuk jalan pilih sendal harus enak dan pas biar kita nyaman pakainya, pokoknya setuju semua dengan tips dari dirimu mbak

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk sering gunakan sandal untuk jalan mba. Termasuk buat ke kantor. Tapi memang cari yang ukuran pas ama aku juga tak mudah. Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  8. Alas kaki tuh memang kudu punya yang nyaman sih kalau aku, terutama sandal dan sepatu ya. Bukan lagi soal gaya, tapi lebih kenyamanan sih kalau aku, karena kalau dipakainya saja gak enak bisa bete juga kitakan.

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk yang suka rewel juga soal sandal nih dan milih2 soalnya alas kaki kan buat kenyamanan, jadi kalo beli itu emang nyari2 yang nyaman di kaki dan kantong, hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu brand ini mbak... Bisa nih tengok2 koleksinya. Pergi jarak jauh dan lama emang buth banget bawa sandal. Even kita pergi pakai sepatu, tetap harus ada bawa sandal. Kalau pergi lama kan pasti ada tuh nginep, ke kamar mandi, atau kluar bentar yang butuh sandal. Trus sandal yang berkualitas dan bagus juga nyaman buat jalan-jalan.

    ReplyDelete
  11. memilih alas kaki itu memang harus teliti biar bisa dapatkan sandal yang nyaman. apalagi buat jalan-jalan jauh, kalau alas kakinya keras duh bisa lecet kaki. aku lebih suka sandal yang empuk dan nyaman digunakan seharian. btw aku baru tau bran buttonscarves, warna sandalnya cantik dan keliatan nyaman dipake

    ReplyDelete
  12. berhubung aku sekarang jarang pakai sandal, paling sandal jepit sih buat ke warung, tapi setuju untuk bisa memilih sandal yang nyaman dipakai

    ReplyDelete
  13. Kalau saya biasa memilih ukuran lebih besar sedikit (satu nomor) dari ukuran saya. Soalnya sering pakai kaos kaki jadi kalau ngepas malah terasa sesek

    ReplyDelete
  14. Sandal yang nyaman versi saya, yang flat (tanpa heels) dan solnya empuk, bisa untuk out door dan indoor.

    Apalagi kalau sandal brandnya BS, wahhh....bakal lebih nyaman bangettt ini. Etapi saya baru tahu kalau BS sekarang merambah hingga produk sandal juga ya....topp

    ReplyDelete
  15. Aku lebih suka pakai sandal daripada sepatu. Jadi memang milih yang nyaman banget apalagi untuk daerah tertentu. Kaya ke gunung, ya pilih sandal gunung biar aman. Kalau yang medannya becek, cari yang kuat dan agak tinggi, bukan flat

    ReplyDelete
  16. Aku suka sendal yang canci di kakiku.. karena sesungguhnya, kakiku gak gampang nemu sandal yang pas karena model kaki bebek.
    Huhuhu.. Jadi suka banget kalo ada yang nyaman sekligus awet seperti sandal dari Buttonscarves.

    ReplyDelete
  17. Kalau traveling gtu aku lebih suka sandal gunung. Tapi kalau utk beraktivitas aku pilih sandal wanita yang nyaman. Biasanya yang flat2 gitu deh. Kalau dipakai ke acara resmi misal terpaksa pakai sandal aku pilih sandal yang hiasannya agak ramean dikit tapi tetep flat hehe. Eh Buttonscarves punya sandal? Kepoin aaah

    ReplyDelete
  18. Menggunakan sandal di saat bepergian tuh menyenangkan sekali, simple mudah pakai dan lepas, aman kalau terkena air, akupun selalu bawa sandal mak..

    ReplyDelete
  19. Yaa ampun sandalnya cakep banget mak. Ini kalau aku beli anak gadis bakalan minta dibeliin juga. Mana nyaman banget lagi keliatannya

    ReplyDelete
  20. Untuk jalan-jalan selain pakai sepatu, aku dan keluarga biasanya selalu bawa sandal. Apalagi untuk liburan menginap, pasti butuh banget bawa sandal yang nyaman dipakai. Soalnya perkara sandal yang nggak nyaman bisa bikin acara jalan-jalan jadi berantakan. Sepenting itu sih sandal yang nyaman di kaki.

    ReplyDelete
  21. Sendal traveling kudu nyaman, karena banyak dipakai wara- Wiri, sandal nggak nyaman jalan-jalan bisa end secepatnya

    ReplyDelete
  22. Plus, sendalnya ga boleh licin kalau versi aku bahahaha. Ada pengalaman ga enak sama sendal licin soalnya huhu. Penting untuk cek juga solnya, biar tahan lama dan ga gampang jebol

    ReplyDelete
Previous Post Next Post