Rekomendasi Supplier Daging Sapi untuk Usaha Restoran Barbeque Korea



Bagi mereka yang suka menonton drama Korea, tentunya hafal dengan beberapa kebiasaan yang hadir dari tokoh-tokoh dalam drama tersebut. Adegan seperti makan mie instan langsung dari pancinya sambil memegang tutup panci, nongkrong di warung tenda sepulang kerja, membuat kimchi hingga makan barbeque bersama teman-teman menjadi beberapa adegan yang sangat familiar kita nikmati. Saking familiarnya, bahkan kadang kita sendiri pun ingin mencoba adegan-adegan yang ada di drama Korea tersebut dalam keseharian kita.

Salah satu efek nyata dari pengaruh drama Korea di Indonesia adalah hadirnya berbagai jenis penganan khas dari negeri Ginseng tersebut. Berbagai produk seperti ramyeon, toppoki hingga kimchi kini bisa dengan mudah kita dapatkan di berbagai supermarket di Indonesia. Tak hanya penganan instan, bentuk lain dari populernya makanan Korea di Indonesia adalah dengan semakin banyaknya muncul restoran maupun gerobak penganan bertema Koreadi berbagai kota di Indonesia. Bagi yang penasaran dengan kuliner Korea, tentunya jadi tak perlu jauh-jauh ke Korea lagi kan ya untuk mengetahui rasa masakan negeri tersebut.


Hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke usaha kuliner makanan Korea

Layaknya usaha kuliner lainnya, bagi mereka yang ingin terjun dalam bisnis kuliner ala Korea, tentunya perlu memperhatikan berbagai hal, diantaranya:

Menentukan konsep usaha kuliner 

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha kuliner Korea adalah menentukan konsep dari usaha kuliner ini. Kita bisa melakukan riset terlebih dahulu kira-kira konsep apa yang ingin dijual. Apakah ingin menjual kuliner berupa jajanan pasar seperti toppoki, corn dog atau penganan lain yang harga jualnya lebih murah atau menyasar kuliner berat seperti ramyeon dan barbeque ala Korea. Selain itu, kita juga bisa memulai bisnis kuliner Korea ini dari rumah dan menjualnya lewat aplikasi ojek online. Tentunya dalam menentukan konsep ini juga bergantung pada budget dana yang dimiliki oleh calon pengusaha.

Menentukan lokasi usaha

Setelah menentukan konsep dari bisnis kuliner yang akan dijalankan, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi dari usaha yang akan dijalankan. Jika ingin menjalankan usaha kuliner dalam bentuk jajanan pasar, mungkin kita bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan tempat nongkrong anak muda sehingga lebih mudah menarik pembeli. Sedangkan jika ingin menjalankan usaha kuliner berupa rumah makan, kita bisa memilih bangunan dengan lokasi strategis yang bisa disewa atau malah memanfaatkan halaman rumah sendiri untuk menghemat biaya.

Memilih supplier bahan baku yang tepat

Tak seperti usaha kuliner lokal yang bahan bakunya mudah didapat, usaha kuliner Korea membutuhkan bahan baku yang mungkin hanya bisa didapat di toko-toko tertentu. Bahan baku seperti daging dalam bentuk slice, nori, aneka bakso ikan, bubuk gochujang dan juga mie ramyeon biasanya hanya bisa didapatkan di supermarket atau supplier khusus. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk bisa memilih supplier yang menyediakan bahan baku yang lengkap, aman dan halal dikonsumsi bagi umat Muslim. 
 

Menentukan strategi promosi usaha

Jika semua hal di atas sudah terpenuhi, hal lain yang penting sekali untuk diperhatikan adalah strategi promosi dari usaha kuliner Korea yang akan dijalankan. Saat ini, hampir semua bisnis dan usaha menggunakan digital marketing sebagai strategi promosi mereka. Karena itulah jika kita ingin memulai usaha kuliner Korea juga harus menguasai digital marketing untuk mempromosikan produk usaha kita. Selain menggunakan digital marketing, strategi promosi dari bisnis kuliner juga bisa berupa promosi harga di waktu-waktu tertentu atau juga mengadakan event di tempat usaha kita untuk lebih menarik pembeli.


Banda, supplier daging sapi untuk usaha barbeque Korea

Salah satu usaha kuliner Korea yang cukup booming selama 2 tahun terakhir adalah restoran dengan menu barbeque Korea. Biasanya menu barbeque yang ditawarkan ini berupa menu all you can eat dengan harga tertentu atau menu ala carte. Sebagai usaha kuliner yang mengandalkan menu daging-dagingan dalam hidangannya, tentunya pemilik usaha harus memilih supplier yang bisa menyediakan daging sapi dengan kualitas terbaik sehingga memberika rasa yang nikmat juga pada makanan.

Salah satu supplier daging sapi yang bisa dipilih untuk bisnis kuliner Korea ini adalah Banda yang merupakan supplier untuk berbagai jenis daging mulai dari daging ayam, daging sapi, dan aneka ikan laut. Banda berdiri sejak tahun 2019 dan telah dipercaya oleh berbagai UMKM kuliner hingga brand ternama di Indonesia. Dalam kurun waktu 3 tahun, Banda telah menjual lebih dari 250 ribu produk dan juga menjangkau 10 kota di Indonesia termasuk Jabodetabek. 

Nah, buat teman-teman yang sedang merintis bisnis kuliner makanan Korea atau usaha barbeque, Banda ini bisa menjadi yang tepat untuk memulai usahamu!

26 Comments

  1. Usaha yang bagus dan ringan. Mudah dilakasanakan.

    ReplyDelete
  2. lagi jaman korbeq nih, jadi sangat menguntungkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korbeq itu singkatan korean barbeque yaaa... gara2 merasa ga worth it kalau ke resto all you can eat (karena saya ga bisa makan banyak2 sekaligus gitu), akhirnya saya beli grill pan sendiri. Lumayan banget menghemat.. dan setelah baca ini jd terpikir, mana tau barbeq-an di rumah jd modal pengalaman utk kelak bikin usaha. Nih mb ayana sdh kasih info seller daging yh terpercaya.

      Delete
  3. Bener banget nih, buka usaha kuliner dengan bahan daging tuh emang mesti memastikan ada suplier yang bisa memasok persediaan daging segar setiap saat. Soalnya kalau dagingnya nggak segar, rasanya juga pasti beda kan walau sudah berbalut aneka bumbu dan saus.

    ReplyDelete
  4. Wah, jadi tahu informasi supplier daging sapi untuk restoran BBQ nih. Banda ya namanya. Semakin praktis tentunya ya resto2 yang memasak daging. Ga pusing lagi mencari ke mana2. Banda udah jelas kualitasnya terbaik ya. Cocok buat all you can eat nih.

    ReplyDelete
  5. beneer, kita jadi pengen juga barbeque an jadinya tiap kali nonton scene kayak gitu. aku juga pernah BBQan di rumah pakai kompor kecil dan memang punya panggangannya (hadiah pernikahan yang baru terpakai, ahaha). sekarang jadinya makin banyak yaa tempat korean BBQ gini, apalagi suppliernya juga sudah jelas dan mudah dijangkau, bisa makin menjamur deh ya restoran2 korea :D

    ReplyDelete
  6. konsep restoran sekarang ini beragam banget. Ada yang modern dengan menu kekinian, ada yang back to nature, ada yang khas kuliner daerah tertentu. Jadi emang perlu dipilih satu mana yang mau diunggulkan.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya kalau dijadiin usaha kuliner, bisa jadi rekomendasiinya deh. Tapi buat dikonsumsi rumahan mungkin bisa ya mba ? tapi satu sisi berapa minimal paket pembelian ya? Makasih rekomendasinya mbaa

    ReplyDelete
  8. Aku jadi cek website-nya Banda. Ternyata supplier gede ya, dan mitranya juga udah banyak. Kantor pusatnya juga di Jakarta sini.

    Sebetulnya aku udah ada langganan supplier daging di Jkt, meski order bukan untuk usaha, mereka bisa antar ke rumah. Kalau datang tuh pakai mobil dengan freezer besar, jadi terimanya masih segar dan aman.

    Kalau ada Banda gini, bisa jadi alternative buat belanja berikutnya. Tapi ga tahu deh melayani perorangan juga apa gak. Mau chat adminnya ah. Makasih mbak udah share infonya

    ReplyDelete
  9. Aku penasaran dengan kota mana aja yang udah dilayani oleh Banda. Dan ternyata nggak hanya daging sapi, ada juga ayam, seafood, bahkan salmon, banyak juga ya pilihannya. Ada call center via Whatsapp juga ya untuk nanya produk

    ReplyDelete
  10. iya bener seperti yang dikomen mba alida, bisa jadi usaha juga nih kayak daging rendang gitu ya beli dagingnya di sini eh tapi ini restoran barbeque ya, gapapa lah bikin resto bakar2an ala korea heheheh

    ReplyDelete
  11. Catet. Kalau di sini daging sapi kayanya gak semahal kaya di Korea ya. Lumayan kalau buat bisnis kuliner meski aku sendiri jarang makan daging. Btw, BBQ-an tahun baru, boleh juga ya

    ReplyDelete
  12. Aku tadi cek website-nya Banda, ternyata dia vendor banyak resto terkenal dan nggak hanya daging aja ada ayam dan seafood juga. Wiihh keren banget. Jujur, candu emang kalau lihat orang Korea di drakor makan daging barbeque gitu.

    ReplyDelete
  13. wah emang mending ada supplier gini biar pasti dan kualotasnya kan bisa milih yang terbaik

    ReplyDelete
  14. Daging yang segar dimasak apapun enak...nah perlu banget suplier daging berkualitas..

    ReplyDelete
  15. Belanja di Banda khusus untuk supplier/ umum ya kak? Aku biasanya bakar-bakaran daging sapi untuk barbeque menjelang New Year

    ReplyDelete
  16. Aku sampai buka websitenya lhoo.. asyik banget selain daging juga ada ikan dan ayam ya. Usaha kuliner mang butuh banget bahan segar berkualitas. Ini ada di Jaksel, nggak terlalu jauh berarti dr tempat tinggalku.

    ReplyDelete
  17. Banda,dengan pengalaman sejauh ini dan banyak customer loyal produk terbaik,berarti emang ga salah,banda menjadi the best suplier ini mah. Yang mau mencoba usaha dan memerlukan suplier terbaik,ini kudu dicoba fix :)

    ReplyDelete
  18. Keluargaku menjadi salah satu yang terpengaruh sama kuliner Korea ini. Kadang kami barbeque party di rumah kakakku, ramai-ramai heboh sekali. Seru banget, seseru kalau orang Korea lagi acara makan-makan seperti yang kita lihat di film atau drama, haha. Buat restoran barbeque wajib banget sih milih daging yang kualitasnya paling baik supaya pelanggannya bisa menikmati barbeque seperti keluargaku dan keluarga-keluarga di Korea :)

    ReplyDelete
  19. Wah iya tempat makan daging ala Korea emang lagi happening
    Pasti akan sangat membantu jika bertemu supplier daging seperti ini

    ReplyDelete
  20. Aku jadi ngiler pengen makan steak sapi niiih haha.
    Baru tau soal Banda ternata nyetok daging2 apa aja buat usaha kuliner ya mbak. Wah bisa dicatat ini kali suatu saat menggeluti usaha kuliner siapa tau kan bisa dapat daging berkualitas dgn harga bagus TFS infonya

    ReplyDelete
  21. Seru banget ya Mencoba bisnis baru apalagi daging sapi tidak semahal Di Korea tapi barbeque-an itu Emang seru banget. Kan jadi pengen karena selama liburan kami di rumah aja

    ReplyDelete
  22. Udah mau tahun baru, biasanya dicari nih supplier daging sapi buat bakar-bakaran makan bersama keluarga atau kerawabt. Untuk usaha daging sapi menarik juga ya tapi sebaiknya memilih suppier yang baik, lengkap, aman dan yang utama ada halal untuk umat muslim. jadi pingin cek di daerah rumahku ada gak ya suppliernya

    ReplyDelete
  23. Proteees! Antung, kuliner Korea itu gak booming selama 2 tahun terakhir loh, udah dari jaman mbiyen kan kita tahu ada Bibimbap - Chunggiwa - Gamagol Korean BBQ and Grill - Pop Korean Resto - nah loh!

    Tapi bener sih, sejak anak anak kenal K pop dan idola mereka, keknya makanan - sampu budaya mereka serap abiiissss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya sih. kayaknya sudah 5 tahun lebih ya, mbak. cuma kalau yang bbq itu yang booming banget sekarang

      Delete
  24. Nah, cocok nih bagi yang mau merintis usaha BBQ atau bakar-bakaran hehe. Secara, supplier daging yang bagus dan berkualitas juga penting agar kelangsungan bisnis berjalan dengan lancar.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post