Memilih Produk Polytron untuk Melengkapi Rumah Impian




Sepasang suami istri terlihat memasuki pintu masuk sebuah toko elektronik di kotanya. Sebut saja namanya Ana dan Budi. Mereka adalah pasangan yang sudah menikah selama 1 tahun dan berniat untuk membeli beberapa peralatan elektronik untuk rumah baru mereka. Setelah selama beberapa waktu numpang tidur di rumah orang tua suami, akhirnya impian pasangan ini untuk memiliki rumah sendiri terwujud. 

Memiliki rumah baru artinya pasangan ini juga harus mengisinya dengan berbagai perabot. Ana sudah membuat daftar barang-barang yang harus mereka beli untuk mengisi rumah barunya. Tak harus beli sekaligus, yang penting beberapa perlengkapan utama tersedia. Toh mereka masih memiliki banyak waktu untuk melengkapi rumah tersebut dengan peralatan yang lainnya. Selain itu mereka juga bisa membawa barang dari rumah orang tua seperti tempat tidur dan lemari yang memang dibeli sebelum menikah. Ada juga barang yang merupakan hadiah perkawinan mereka dan belum pernah digunakan. 

"Jadi kita mau beli apa hari ini?" Tanya Budi kepada istrinya.

"Ehm, kayaknya kulkas sama mesin cuci dulu. Soalnya itu penting banget buat sehari-hari," jawab Ana.

"Oke, deh. Kita lihat-lihat dulu," Budi kemudian menggandeng tangan Ana memasuki toko elektronik tersebut.

"Bagusnya merk apa ya, Kak?" tanya Ana lagi pada Budi.

"Gimana kalau coba produk dari Polytron?" 

"Polytron? Itu merk Jepang?" 

"Bukanlah. Polytron ini produk asli Indonesia lho, Dik dan umurnya sudah 47 tahun. Produknya banyak dan bagus-bagus kualitasnya."

"Wah, kok aku baru tahu, ya?"

"Iya, kamu sukanya produk luar terus, sih. Padahal produk elektronik lokal juga sudah banyak yang bagus," sindir Budi pada istrinya.

"Yee. Bisa aja. Gini-gini aku juga cinta produk dalam negeri, kok," Ana membela dirinya.

"Ya, sudah. Sini aku jelasin dulu sejarah berdirinya Polytron dan kenapa kita sebaiknya membeli produk-produknya, ya," kata Budi lagi sembari menggandeng lengan istrinya menuju 


Sejarah berdirinya Polytron dan Inovasi yang dilakukan

Polytron merupakan salah satu anak perusahaan yang didirikan oleh pengusaha rokok PT. Djarum Kudus pada 16 Mei 1975 di Kudus, Jawa Tengah. Perusahaan ini sempat mengalami beberapa kali pergantian nama mulai dari PT. Indonesian Electronic & Engineering, lalu berganti menjadi PT. Hartono Istana Electronics pada 18 September 1976 dan pada tahun 2000 berganti lagi menjadi PT Hartono Istana Teknologi. 

Saat ini Polytron memiliki 3 pabrik dengan total luasan 69 hektar dan 10.000 karyawan. Pabrik pertama berlokasi di Desa Krapyak yang memproduksi TV, handphone, AC, audio, dispenser dan DVD Player. Luas pabrik di Desa Krapyak ini adalah 109.000 m2. Pabrik kedua Polytron berlokasi di wilayah Sidorekso, Kudus seluas 130.000 m2 dan hanya memproduksi speaker sementara untuk pabrik terakhir berlokasi di Sayung, Kudus yang merupakan pabrik terbesar dengan luas 450.000 m2 dan memproduksi kulkas dan mesin cuci. 
.
Pada masa awal pendiriannya, Polytron melakukan kerja sama Phillips dan Samora dalam bentuk transfer teknologi. Dengan menggunakan komponen dari Belgia, Polytron kemudian menghadirkan produk televisi pertamanya yang sayangnya gagal di pasaran karena ukurannya yang terlalu besar dan masih memerlukan speaker tambahan. Tentunya hal ini sangat tidak praktis bagi para konsumen. 

Berkaca dari kegagalan produk pertamanya ini, Polytron kemudian kembali melakukan riset. Jika sebelumnya mereka mengadopsi teknologi Eropa untuk produknya, maka kali ini Polytron memilih menggunakan teknologi dan peralatan dari Hongkong. Hasil akhir dari riset dari perubahan teknologi ini kemudian menghadirkan produk televisi hitam putih 20' pada tahun 1978 dan setelahnya Polytron pun semakin mengepakkan sayapnya hingga menjadi salah satu perusahaan elektronik terbesar di Indonesia.

Untuk bisa bersaing dengan pasar dunia elektronik yang dikuasai oleh produk Korea dan Jepang, Polytron melakukan berbagai inovasi terhadap produk-produk andalannya serta juga strategi marketing yang juara. Salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh Polytron agar produknya dilirik adalah dengan memproduksi televisi dengan merk Digitech yang di-branding sebagai televisi dari Jepang.  Generasi 90-an pastinya tidak asing dong dengan televisi yang iklannya sumo ini. Seperti yang kita tahu bersama di tahun 90-an dunia elektronik dikuasai oleh produk dari Jepang. Dengan strategi marketingnya ini, Polytron sukses menggaet pembeli lokal dengan produk yang berkualitas.   

Sedangkan untuk inovasi terbaru yang dilakukan oleh Polytron adalah adanya teknologi berbasis Intenet of Things (IoT) yang menjadikan perabot rumah tangga kita bisa diatur dan diakses melalui smartphone dari area manapun. Selain teknologi Internet of Things, inovasi juga dilakukan terhadap berbagai produk terbaru yang dipasarkan seperti televisi Mini LED Qantum 85' dengan teknologi Mini LED yang membuat televisi menghasilkan gambar yang lebih jelas, tajam dan warna hitam yang lebih pekat. 

Selain televisi, inovasi terbaru juga disematkan pada produk kulkas Belleza Varia yang memiliki desain unik dan mewah berupa gambar berbagai bunga indah yang terinspirasi dari alam. Bicara soal teknologi, Belleza Varia memiliki teknologi berupa vacuum Compartement yang belum dimiliki oleh merk kulkas lainnya. Vacuum Compartement ini bekerja dengan cara menghisap kadar oksigen yang ada dalam kompartemen sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur akan terhambat. Hal ini akan membuat sayur dan buah yang ada dalam kulkas bisa awet hingga 21 hari dan pastinya menghemat listrik hingga 30% dengan adanya teknologi inverter. 

Bicara soal layanan purna jual, konsumen juga tidak perlu khawatir karena Polytron memberikan layanan terbaik untuk setiap produknya. Untuk memberikan pelayanan purna jual terbaik ini, Polytron memiliki lebih dari 58 pusat layanan pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk memudahkan konsumen dalam terkait informasi setiap produk dan layanan purna jual, Polytron memberikan fasilitas berupa pengajuan layanan service lewat website mereka. Layanan service juga bisa dilakukan lewat media sosial berupa twitter, facebook, whatsapp hingga instagram.

Dengan layanan purna jual yang dimilikinya ini, Polytron diganjar penghargaan Service Quality Award 2019 untuk produk kulkas, mesin cuci dan AC. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi pada layanan purna jual suatu produk.  



Produk Polytron untuk melengkapi rumah impian

Hingga tahun 2021, Polytron telah memproduksi berbagai produk rumah tangga dengan teknologi dan inovasi terbaru. Desain dari produk-produk Polytron juga mewah dan sangat cocok untuk melengkapi rumah impian. Bagi Ana sendiri, rumah yang diimpikannya selain nyaman haruslah juga memiliki berbagai produk yang bisa membantunya bisa mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan efisien. 

Setelah selesai menjabarkan sejarah dan kelebihan produk Polytron pada istrinya, Budi kemudian mengajak Ana melihat-lihat produk rumah tangga yang dimiliki oleh Polytron. Penasaran dengan produk apa saja yang dihadirkan Polytron untuk melengkapi rumah impian? Berikut sedikit ringkasannya. 

Peralatan memasak



Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting keberadaanya. Di area ini, berbagai aktivitas terkait memasak dan persiapan makanan dilakukan. Agar bisa menghasilkan makanan yang sehat untuk keluarga, tentunya diperlukan berbagai peralatan mulai dari kompor gas, kulkas dan juga pastinya magic com atau rice sooker. Untuk urusan dapur, Polytron memiliki berbagai varian produk yakni:

  • Vacuum blender, blender yang dapat mempertahankan nutrisi jus dengan vacuum travel cup dan electromagnetic sensor click untuk memastikan wadah terpasang dengan baik
  • Rice Cooker Donabe yang menggunakan teknologi terbaik Donaheat 3D sehingga pemanasan bisa lebih merata secara 3 arah. Rice Cooker ini memiliki kapasitas 2 liter dengan material Inner pot Ceramic Coating Donabe lebih kuat dan lebih tahan lama dari rice cooker lainnya
  • Tiarapot Pro yakni smart rice cooker yang memiliki 12 fungsi memasak mulai dari pressure cooker hingga slow cooker
  • Flexible Air Fryer, merupakan sebuah alat yang dapat mengubah rice cooker Tiarapot Pro di rumah menjadi air fryer. Kita hanya perlu mengganti tutup Tiarapot Pro dengan Flexible Air Fryer ini dan rice cooker sudah bisa digunakan untuk menggoreng tanpa minyak 
  • Dispenser Hydra yang memiliki teknologi UV-C Light sehingga dapat membunuh 99,9% kuman, virus dan bakteri
  • Berbagai pilihan kulkas mulai dari 1 pintu, 2 pintu hingga 4 pintu dengan desain yang mewah dan teknologi terkini  


Peralatan mencuci



Saat ini, mesin cuci juga merupakan salah satu perabot rumah tangga yang sangat diperlukan dan membantu dalam pekerjaan rumah tangga. Jika dulu para ibu harus mencuci secara manual, maka berkat kehadiran mesin cuci mereka bisa lebih menghemat waktu bahkan juga mendelegasikan pekerjaan ini pada suami karena memang sangat praktis. Polytron sendiri memiliki berbagai jenis mesin cuci yang bisa dipilih bagi pasangan yang ingin melengkapi isi rumah mereka.  

  • Mesin cuci 2 tabung Primadona Samba Series, mesin cuci ini memiliki mode hijab yang dapat digunakan untuk mencuci kain hijab dengan lembut dan efektif sehingga dapat mengurangi kerusakan serat kain. Mesin cuci ini memiliki teknologi magic gear sehingga membuat konsumsi listriknya 30% lebih rendah.
  • Mesin cuci 1 tabung Zeromatic Series, dilengkapi dengan teknologi Smart eco system, mampu mendeteksi penggunaan air, detergen, dan listrik secara akurat sehingga anda bisa hemat hingga 30%
  • Mesin cuci 1 tabung Zeromatic Laguna Series dengan fitur komplet memastikan pencampuran deterjen bubuk dan cair tercampur sempurna dengan air. Mesin cuci ini juga dapat mengatur pengeluaran softener secara efisien hanya pada proses pembilasan 
  • Mesin cuci front loading Wonderwash Series dengan teknologi steamwash yang dapat membunuh 99 bakteri dan virus dengan uap panas 90’C. 


Pendingin Ruangan



AC atau juga pendingin ruangan juga merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang cukup penting dimiliki terutama jika tinggal di daerah tropis. Beberapa pilihan AC dari merk Polytron antara lain:
  • AC Smart Neuva Pro Series, merupakan AC denngan 
  • AC Neuva Pro Series dilengkapi dengan teknologi High Cooling Capacity yang membuat kapasitas pendinginan setara 6000 BTU/h*. Hal ini membuat proses pendinginan 40% lebih cepat dari AC lain di kelasnya. AC ini juga memiliki teknologi Soft Start 450VA dengan sirkuit pengendali arus listrik, sehingga tidak membutuhkan daya listrik besar saat AC Neuva Pro dinyalakan.
  • AC Deluxe 2 Series yang dilengkapi dengan refrigerant R32 untuk pendinginan yang lebih optimal dan ramah lingkungan. AC ini juga lebih hemat energi 15% dibandingkan AC generasi sebelumnya
  • AC Casette Neuva
  • AC Floorstanding Neuva


Televisi dan speaker

Dalam sebuah rumah, kehadiran televisi menjadi sebuah sarana yang dapat mendekatkan keluarga lewat acara nonton bersama yang dilakukan oleh anggota keluarga. Lewat produk-produk televisi dan juga speaker yang dimiliki oleh Polytron, kita bisa menghadirkan suasana nonton layaknya di bioskop sehingga tak perlu lagi ke luar rumah. 

Berbagai jenis televisi yang diproduksi oleh Polytron antara lain 4K UHD TV, Smart TV, Digital TV, TV box dan juga Digital Sigange. Sementara speaker ada 3 pilihan speaker yang bisa dipilih yakni bluetooh speaker multimedia, bluetooth speaker active dan soundbar.

Peralatan kesehatan



Setelah berhasil melewati era pandemi yang cukup panjang, akhirnya kita bisa mulai bernapas lega dan bebas ke luar rumah lagi. Meski demikian, kebiasaan yang dilakukan di masa pandemi rasanya tak mudah untuk dihilangkan. Jika dulu masker hanya digunakan hanya saat sakit, sekarang rasanya aneh jika ke luar rumah tanpa menggunakan masker. Polytron sebagai brand elektronik lokal ternyata juga memproduksi barang-barang yang bisa membantu kita menjaga kesehatan keluarga, yakni:

  • Air Purifier with HEPA 13 filter, memiliki 6 langkah penyaringan partikel kuman dan bakteri sehingga menjadikan udara lebih bersih. Air purify ini juga memiliki indikator replace filter yang secara otomatis akan memberitahukan waktu penggantian filter setelah lebih dari 4000 jam pemakaian
  • Personal air purify with HEPA 13 filter, merupakan portable air purify yang Bisa dibawa ke mana saja dengan 5 langkah penyaringan partikel, kuman dan virus yang menjadikan udara di sekitar kita lebih bersih 
  • Multipurpose sterilitizer box, merupakan alat sterilisasi botol dengan sistem waterless heater dan lampu UV-C sterilizer di rekomendasikan untuk menghancurkan hingga 99,99% bakteri & virus mikroskopik termasuk virus penyebab Corona, SARS, MERS. Alat ini bisa digunakan untuk mensterilkan botol susu anak dan peralatan lainnya mulai dari dompet hingga masker
  • Masker medis kesehatan 3 Ply dan masker medis kesehatan KF94 Hana 4 Ply

Alat transportasi



Tak hanya memproduksi barang keperluan rumah tangga, Polytron rupanya juga mulai melebarkan sayapnya ke bidang transportasi dengan menghadirkan motor listrik bernama Polytron EVO yang dibanderol dengan harga Rp. 28.000.000,00. Di tengah semakin naiknya harga BBM, saat ini motor maupun sepeda listrik mulai dilirik oleh penduduk Indonesia karena dinilai bisa lebih hemat dan tentunya juga ramah lingkungan. 

Motor listrik Polytron EVO memiliki power maksimal 3000 watt dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan penggunaan baterai 1740 wh. Motor listrik ini memiliki 3 mode pemakaian yakni mode eco dengan kecepatan maksimal 30 km/jam, mode regular dan juga mode sport dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Untuk saat ini, motor listrik Polytron EVO ini masih melayani wilayah Jakarta, Tangerang, Kudus, Pati, Demak & Semarang.

***

"Wah, keren ya, Kak inovasi yang dilakukan Polytron ini selama 40 tahun lebih. Jadi selain selalu melakukan riset dan pengembangan untuk produk-produknya, mereka juga memiliki strategi marketing yang bagus plus layanan service yang lengkap, yaa," komentar Ana setelah mendengar penjelasan suaminya sambil melihat-lihat produk Polytron yang ada di toko elektronik yang mereka datangi. 

"Yup, makanya, Dik. Kita tidak perlu khawatir kalau produk Polytron kita bermasalah karena service centernya tersebar di seluruh Indonesia. Garansinya juga ada yang sampai 5 tahun, lho," Budi menutup penjelasannya. 

"Oke, deh kalau begitu kita mesin cuci dan kulkas Polytron aja yaa. Nanti kalau ada uang lagi bisa beli produk lainnya," kata Ana kemudian. 

"Sip. Kamu mau yang mana?" Jawab Budi sambil menyiapkan dompetnya. 

 
***
Sumber tulisan:
www.polytron.co.id
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/05/073900026/polytron-penguasa-elektronik-indonesia-dari-desa-krapyak
https://mediaindonesia.com/teknologi/487750/inovasi-jadi-kunci-polytron-untuk-kembangkan-produk-sesuai-kebutuhan-pasar
https://eksposisinews.com/layanan-purna-jual-polytron-diganjar-penghargaan


19 Comments

  1. Ana tuh mirip aku banget, begitu menikah dan tinggal jauh dari rumah ortu, barang elektronik rumah tangga yg pertama kami beli lemari es dan mesin cuci. Hihi
    Polytron memang andalan ya, banyak inovasi dan produk yg kece2

    ReplyDelete
  2. Waooo, saya baru tau kalau Polytron juga ada produk motornya.
    kalau saya dulu pertama beli barang elektronik kayaknya lemari es deh, emang kursial sih punya lemari es itu, biar ga ribet belanja bahan makanan mulu.
    Btw, Polytron mah emang keren produknya, paling terkenal tuh kalau beli speaker, kalau polytron suaranya membahana :D

    ReplyDelete
  3. Merk paporit ibu saya ini mba. Apa2 mau nya polytron. Tapi saya baru tau loh ada motor listriknya juga. Semakin keren nih Polytron.

    ReplyDelete
  4. Mesin cuciku Polytron juga nih yang pintu depan. Dan baru tau juga ada motor dari Polytron. Makin inovatif produk Polytron

    ReplyDelete
  5. produk Polytron yang pertama kali aku beli itu vcd atau dvd, trus beli sound system yaa.. eh ternyata Polytron asli buatan Indonesia

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat waktu remaja dulu, berasa keren banget kalau punya radio merk Polytron. Dan sekarang Polytron terus berinovasi, malah udah bikin motor juga. Keren banget.

    ReplyDelete
  7. Kulkas dan mesin cuci emang wajib punya sih, apalagi kalau udah punya baby biar lebih praktis dan meringankan kerjaan Ibu ini.
    Produk Polytron lengkap ya, bahkan sampai alat transportasi juga udah ada, keren nih Polytron, bangga dong dengan karya anak bangsa.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu Polytron didirikan pengusaha Djarum. Sejauh pemakaian, produknya emang cukup awet sih. Senang karena punya lokalan bisa sebagus ini

    ReplyDelete
  9. Inovasi Polytron mantap ya, tidak hanya memenuhi kebutuhan perlengkapan rumah tangga saja, tapi melebarkan sayap juga ke alat transportasi. Jadi tahu kalau ada motor listrik Polytron.

    ReplyDelete
  10. Ya ampun, Mbak, aku pikir Polytron itu merek luar, lo. *duhhh Gak nyangka kalau ternyata produk dalam negeri. Mantap soalnya produknya. Dulu punya tape recorder merek Polytron yang speakernya oke punya.

    ReplyDelete
  11. Yang paling baru tau banget tuh Polytron EVO, kak.
    Rasanya kita begitu familiar dengan Polytron untuk alat-alat rumah tangga sampai gak sadar juga ada motor listrik yang kini menjadi kendaraan masa depan nih..

    ReplyDelete
  12. Antuuuung! Serius itu Poytron mengeluarkan motor listrik juga!?
    Tuh kan jadi tanda tanya dan tanda seru deh...

    Ya kalo cuman sekedar microwave - mesin cuci - vacuum - rice cooker dll aku mah ga amazing ya emang dari dulu Polytron udah diakui kehebatannya. tapiii motor listrik?

    ReplyDelete
  13. Udah tau sih kalo Polytron itu brand lokal. Tapi baru tau kalo sekarang ngeluarin produk motor listrik, Keereen euuy.

    ReplyDelete
  14. Gagal fokus dengan inovasi Polytron akan produk Motor Listrik, sehebat itu ya komitmen nya untuk memberikan produk terbaik dan berkualitas bagi masyarakat

    ReplyDelete
  15. Brand lokal yang sudah kenal lama nih. Kayanya sejak kecil aku sering lihat merek polytron ini deh. Semua rumah temen aku ada barang merek ini.

    ReplyDelete
  16. Polytron ini brand elektronik lokal yang sudah ada sejak dulu
    Terbukti kualitasnya
    Di rumah, kulkas dan mesin cuci ku pakai Polytron

    ReplyDelete
  17. Saya pakai Kulkas Polytron mbak sudah tahunan masih awet. Apalagi untuk pemakaian keluarga pasti tahan lama.

    ReplyDelete
  18. Beberapa perabotan elektronik pakai Polytron seperi TV dan Kulkas. baru tahu kalau ternyata Polytron tidak hanya dalam urusan elektronik, tapi juga merambah ke transportasi

    ReplyDelete
  19. Dari dulu paling suka dengan televisi merk Polytron, gambarnya tajam, suaranya keras dan awet.
    Nggak pernah nyesel pakai produk Polytron, harganya pun recomended.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post