Waspada Isi Galon Mudah Dipalsukan, Bisa Rugi Materi dan Kesehatan


Mengkonsumsi air siap minum atau yang kerap disebut sebagai air galon sudah menjadi hal yang biasa bagi kita semua. Air minum dalam bentuk galon ini saat ini sangat mudah ditemukan di mana-mana mulai dari supermarket kecil hingga besar. Sayangnya rupanya sekarang ditemukan beberapa kasus air galon siap minum dengan isi galon palsu. Tentunya hal ini cukup meresahkan karena galon dengan isi galon mudah dipalsukan ini pastinya belum teruji kualitasnya dan bisa jadi malah membahayakan kita yang mengkonsumsinya.

Berbagai air galon siap minum pilihan keluarga



Dalam memilih air minum untuk dikonsumsi keluarga, tentunya kita harus memilih air yang aman untuk diminum. Sebelum tren konsumsi air galon muncul, masyarakat mengkonsumsi air berupa air sumur/tanah atau juga air dari PDAM di tempatnya tinggal. Dalam prosesnya, baik air sumur maupun air PDAM ini biasanya harus direbus terlebih dahulu agar aman dikonsumsi. Bahkan di desa tempat keluarga ibu saya tinggal, air yang dikonsumsi adalah air sungai yang diberi tawas kemudian direbus. Agak ngeri sih kalau menurut saya, mengingat kita tidak tahu keamanan dan kualitas dari air sungai yang diolah sendiri dengan menggunakan tawas tersebut.

Untungnya sekarang sudah ada banyak sekali produsen air siap minum baik skala nasional maupun lokal yang bisa menjadi pilihan air minum bagi keluarga Indonesia. Air galon siap minum ini menjadi pilihan karena praktis dan mengkonsumsinya dan pastinya kualitasnya juga terjamin. Namun tentunya dalam memilih air galon ini kita harus waspada jangan sampai memilih galon palsu.

Terkait jenisnya sendiri, ada 3 macam air galon siap minum yang saat ini beredar di pasaran, yakni:

Air mineral

Air mineral merupakan air yang berasal dari mata air bawah tanah dan dalam proses pembuatannya tidak mengalami proses kimiawi sehingga kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium dan kalium. Air mineral biasanya memiliki pH di antara 6-8,5. Karena memiliki kandungan mineral maka air mineral biasanya memiliki rasa yang sedikit manis dan memberikan efek segar saat diminum. Mineral yang ada pada air mineral juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu contoh dari air mineral adalah air yang diperoleh langsung dari sumber alami seperti mata air atau air yang dibor dari sumur dalam.


Air demineral

Bertolak belakang dengan air mineral, air demineral merupakan air minum yang diproduksi secara buatan melalui proses pemurnian seperti destilasi dan deionisasi dan reverse osmosis (RO). Dengan adanya proses pemurnian ini, maka akan menghilangkan kandungan mineral yang ada pada air tersebut. Air demineral biasanya memiliki pH 5-7,5.


Air alkali

Selain air mineral dan air demineral, ada satu lagi jenis air siap minum yang dijual di pasaran, yakni air alkali. Air alkali merupakan air yang bersifat basa dengan pH 8-9. Dalam proses pembuatannya, air alkali dibuat dengan menggunakan mesin pengion yang dapat meningkatkan pH dengan metode elektrolisis untuk memisahkan air dari komponen asam dan basa. Air alkali ini dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh seperti bersifat anti aging, mendukung daya tahan tubuh hingga membantu menurunkan berat badan.


Waspada beredarnya galon dengan isi galon palsu



Meski mudah didapatkan di berbagai toko dan supermarket, kenyataannya masih banyak ditemukan penjual yang mendistribusikan isi galon palsu kepada konsumen. Jadi tutup galon asli dibuka oleh pelaku, kemudian entah airnya diganti atau ditambahkan dengan air lainnya kemudian ditutup kembali menggunakan tutup aslinya tanpa cacat. Ironisnya, galon dengan isi galon palsu ini juga memiliki ciri-ciri yang sama persis dengan isi galon asli karena memang tutup galonnya asli. Sehingga meskipun ada info tentang ciri-ciri tutup galon asli dari sebuah merek maka informasi tersebut mungkin tidak akan berguna karena isi galon mudah dipalsukan.

Sebagai konsumen, kita memang harus waspada dengan adanya pemalsuan air galon yang dikonsumsi sehari-hari, terutama air galon berupa air mineral karena galon yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah ada lama di Indonesia. Tentunya ini menjadi sebuah peluang bisnis bagi mereka yang ingin melakukan pemalsuan terhadap isi galon air mineral (yang dipalsukan isi galonnya lho yah bukan tutup galon palsu).

Dengan adanya isi galon palsu pada air minum yang kita konsumsi, tentunya sebagai konsumen kita mendapat banyak kerugian selain kerugian dalam bentuk materi karena membeli air minum biasa dengan harga yang cukup mahal. Beberapa kerugian tersebut diantaranya:

Sumber air minum tidak jelas serta tidak ada kandungan mineral di dalamnya

Kerugian pertama dari kasus isi galon mudah dipalsukan ini adalah konsumen tidak mengetahui sumber air minum yang dikonsumsinya. Air mineral biasanya berasal dari sumber mata air yang jernih dan mengandung banyak mineral. Nah, jika isi dari air galon mineral ini diganti dengan air depo isi ulang biasa pastinya air tersebut tidak lagi memiliki kandungan mineral. Selain itu, konsumen juga tidak mengetahui asal usul air minum yang dikonsumsi tersebut.

Proses pengisian dan pembersihan galon mungkin tidak higienis

Dalam proses pengisian air mineral pastinya menggunakan teknologi tinggi dan terjamin kebersihan serta kehigienisan air tersebut. Sementara air galon palsu yang pengolahannya berasal dari depo rumahan tidak terjamin kebersihan baik itu galon yang digunakan karena proses pembersihan yang mungkin tidak higienis. Proses pengisian dan pembersihan yang tidak higienis ini pastinya bisa mengakibatkan air yang kita konsumsi juga jadi tidak higienis dan bagi mereka yang perutnya tidak cocok bisa mengakibatkan berbagai gejala seperti sakit perut hingga diare.

Peralatan yang digunakan tidak steril

Selain air yang higienis, peralatan yang digunakan dalam proses pengisian air minum juga haruslah steril. Nah, dalam kasus isi galon palsu ini, konsumen tidak mengetahui tingkat kesterilan dari alat yang digunakan untuk mengolah air galon palsu tersebut. Apakah tangki air dan penampungnya rutin dibersihkan? Lalu untuk filter yang digunakan apakah rutin diganti? Tentunya tidak semua depo bisa menjalankan prosedur pembersihan dengan cukup baik dan sesuai standar.


Hal-hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari produk galon palsu



Agar tidak mudah tertipu membeli galon palsu, kita sebagai konsumen haruslah teliti dan kritis dalam membeli air galon ini. Berhubung isi galon mudah dipalsukan, maka mengecek keaslian produk galon isi ulang dengan cara mengecek nomor produksi di galon bisa dibilang sudah tidak efektif lagi. Hal ini mengingat tutup galon bisa dengan mudah diganti dan diganti isinya dengan isi galon palsu. Karena itulah, kita sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut dalam hal membeli air galon untuk keluarga:

Membeli air galon ke distributor resmi

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam upaya terhindar dari membeli galon palsu ini adalah dengan membeli air galon ke distribusi resmi yang sudah ditunjuk oleh produsen air galon mineral. Distributor biasanya akan mendapat pengiriman langsung dari produsen sehingga pastinya sangat kecil kemungkinan distributor tersebut menjual galon dengan isi galon palsu.

Mengetahui cara membedakan galon asli atau palsu berdasarkan fisik galon

Cara berikutnya untuk menghindarkan diri dari membeli galon palsu adalah dengan mengetahui cara membedakan galon asli atau palsu berdasarkan fisik galon. Untuk hal ini kita perlu sangat teliti karena dalam kasus galon palsu, bisa jadi tutup galonnya masih yang asli namun ternyata isinya sudah diganti dengan air biasa. Hal ini bisa terjadi karena saat ini ternyata ada alat yang bisa digunakan untuk membuka dan menutup kembali tutup galon tanpa merusaknya. Ini pastinya mengakibatkan kita sebagai konsumen tidak akan bisa membedakan apakah isi air dalam galon asli atau tidak.

Ada juga yang menyarankan untuk menyamakan kode galon di web resmi dan juga kode di tutup galon dan di galon. Ini juga bisa dilakukan namun mengingat kode tersebut biasanya ukurannya sangat kecil, samar dan tidak terbaca sehingga mungkin akan sulit dilakukan. Lagipula jika tutup galon sudah dibuka dan dipasang kembali dengan alat khusus tentunya akan tetap membuat konsumen. Untuk mengantisipasi hal ini, kita bisa membeli galon yang tutupnya benar-benar tersegel dan juga memilih kemasan bening yang isinya terlihat secara jelas sehingga kita bisa melihat kejernihan air galon tersebut.

Mengecek warna air dalam galon

Sebelum mengkonsumsi air galon pastinya kita juga harus mengecek terlebih dahulu air dalam galon tersebut. Jika dilihat dari warnanya, air galon palsu memiliki warna agak keruh sementara air galon yang asli berwarna bening. Untuk bisa membedakannya, kita bisa mengeceknya dengan mengocok air galon tersebut dan jika warnanya berubah menjadi keruh bisa jadi air galon yang kita beli adalah palsu.

Mengecek rasa air dalam galon

Ada sebagian orang yang sangat sensitif lidahnya terkait air galon ini. Jika ada perubahan sedikit saja dari air yang biasa diminumnya, pastilah orang tersebut sadar kalau air yang diminumnya bukan air galon yang asli. Lalu bagaimana mengetahui kalau air galon yang kita beli adalah palsu? Air galon palsu biasanya rasanya lebih kesat dan memberikan kesan ada yang menempel di langit-langit mulut setelah diminum.

Mengecek bau air di galon

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengecek air galon palsu adalah dengan mengecek bau pada air galon tersebut. Air galon palsu pastinya tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap sementara air galon palsu bisa jadi memiliki bau yang tengik dan bahkan mungkin busuk.

Dengan adanya kasus isi galon mudah dipalsukan tentunya membuat kita sebagai konsumen harus lebih teliti dalam membeli galon untuk konsumsi sehari-hari. Semoga saja dengan tips yang saya bagikan di atas bisa menjadi acuan bagi pembaca sekalian dalam memilih galon.

38 Comments

  1. Iya nih aku pernah baca juga ttg galon yg isinya dipalsuin atau dicampur mba ­čśö. Ngeri bacanya. Ga tau ada kandungan apa di dalam yg bisa bikin penyakit nantinya.

    Aku sendiri selalu beli dr distributor resmi. Ga berani beli dari tempat ga jelas. Apalagi isi ulang sendiri yg banyak tuh tempatnya di Deket rumahku.

    Padahal dulu zaman aku kecil, pas di Aceh airnya yg dari keran masih bagus, tapi ttp hrs dimasak. Cuma kandungan dalamnya aman.

    Kalo airku yg di rumah skr, itu ada kandungan kapur mba. Makanya ga bisa dimasak atau buat minum. Hrs beli galon dari brand yg aku percaya.

    ReplyDelete
  2. Wah, air galon dipalsukan, serem juga ih skrg. harus hati2 bgt memilih air galon. Membeli galon ke distributor resmi memang salah satu langkah terbaik agar tidak tertipu , terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  3. Kebetulan saya tinggal bersama beberapa anak kos. Penting nih artikelnya, mereka soalnya kan sering pesan air galon untuk minum sehari-hari. Terima kasih sharingnya, kak.

    ReplyDelete
  4. setelah baca tulisan ini saya jadi tahu bedanya air mineral, air demineral sama air alkali. Dan tuk kasus isi galon yang mudah dipalsukan bikin ngeri juga ya mba. Semoga segera ada solusi soalnya air minum kan dikonsumsi setiap hari

    ReplyDelete
  5. Jaman sekarang semua serba diakalin. Namanya juga warga plus enam dua gitu loh...
    Tapi saya sendiri biar lebih aman, belinya ya mending langsung ke agen resmi.

    ReplyDelete
  6. Beneran mesti waspada ya apalagi sekarang banyak banget tukang galon keliling yang kita gak tau dia ngambil air dimana.beneran dek dek an

    ReplyDelete
  7. Walah. Bahkan air galon juga bisa jadi jembatan untuk berdagang secara curang ya, Kak. Emang sih air sudah jadi kebutuhan primer. Makanya, bahayanya bisa sangat fatal kalau kita dapat air galon palsu. Emang sebaiknya belinya di distributor resmi aja deh. Biar aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagian selama ini aku tahunya cuma air mineral doang. Ternyata ada jenis air galon lainnya ya. Kayak air demineral dan air alkali.

      Delete
  8. sekarang tu dasar harus teliti banget. sampai ke galon galon yg isi nya air aja bisa di palsukan bahaya banar sekrang tu. bagus nih tips ny mba biar lebih teliti lagi beli air galon

    ReplyDelete
  9. Banyak isi galon ulang yang ternyata dipalsukan ya mba. Khawatir banget ini jadi bahaya buat tubuh, apalagi kalau diminum tiap hari ya

    ReplyDelete
  10. Daripada sibuk nyalahin, kita konsumen memang kudu aware sih, tahu dan bisa bedain. Paling aman emang beli dari distributor resmi biar gak was-was

    ReplyDelete
  11. Menurut saya pemalsuan galon ini paling susah dideteksi jika hanya sekilas, paling bakalan terdeteksi nanti setelah airnya sudah sampai di gelas, mungkin dari bau air dan rasanya akan ketahuan

    ReplyDelete
  12. Wah, ngeri juga ya kalau kita sampai menerima air galon dan galon yang palsu. Karena tentu saja kualitas yang kita dapatkan jauh dari kualitas produk aslinya. Thanks infonya sangat membantu mbaa

    ReplyDelete
  13. yang paling aku takutkan adalah tercium bau dan rasa airnya beda :(

    ReplyDelete
  14. Gak kebayang misal saya gak sengaja beli air galon palsu, pastinya kesehatan sekeluarga akan terganggu. Kita sebagai masyarakat harus pintar-pintar memilih produk yang asli ya mbak

    ReplyDelete
  15. Cara tahu kita beli di distributor resmi atau enggak itu gimana ya? Apa harus ke minimarket? Kalau beli di bapak-bapak yang keliling gitu gimana, soalnya lebih mudah juga kalau beli di orang yang lewat depan rumah.

    ReplyDelete
  16. Aku gk bisa bayangin deh kalau smpe air galon aja dipalsukan trus kita minum air palsu itu aduh jngan smpe deh..aku waspada bngt kalau soal air yg dikonsumsi makanya aku selalu psen di agen langganan aku supaya tepercaya

    ReplyDelete
  17. Memang ngeri sih ya kalau sampai terminum.
    Jadinya kudu kitanya pinter-pinter melihat galon dan isinya sebelum membeli

    ReplyDelete
  18. Ngeri banget sama penipuannya, karena itu kan bisa banget menimbulkan bahaya besar bagi kesehatan. Oke fix dari sekarang harus mulai waspada dan ga sembarangan beli air minum galonan.

    ReplyDelete
  19. Duh, air mineral merk terkenal yang di oplos itu aku juga pakai mba. Jadi bikin khawatir karena aku dan keluarga minumnya air itu.

    Padahal niatnya beli merk itu meski agak mahal biar sehat gitu, tapi malah bikin takut sekarang. Huhu

    ReplyDelete
  20. Wah ngeri betul ya. Isi galon bisa dipalsukan. Dampaknya rugi ke materi lebih ngeri jika sampai merugikan kesehatan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya kak,
      Dampak besar ini jadi sebisa mungkin kitanya cerdas memilih sebelum beli. Ceki-ceki dulu

      Delete
  21. Sebagai konsumen cerdas kudu banget mempelajari keaslian produk yang biasa kita beli. biasanya paling tidak ada 3 ciri yang bisa dikenali. Jangan tergiur harga murah dan kita kudu bijaksana dalam memilih produknya

    ReplyDelete
  22. Sebagai konsumen jadi kudu teliti sebelum minum dari galon ya..
    Semoga dengan menerapkan tips membedakan isi galon asli dan tidak, kita semua bisa terhindar dari penyakit akibat air yang tidak sesuai standar kesehatan.

    ReplyDelete
  23. Urusan air minum kita kudu waspada banget. Jangan sampai isi ulang air minumnya dg galon palsu. Apalagi sampai isi airnya abal-abal.

    Di daerah saya ada kasus gitu dulu. Isi ulang air minum galon, pas diperhatikan airnya kurang jernih dan kotor.

    Ngeri bangett ..

    ReplyDelete
  24. Pernah ada yg menawarkan galon air Mineral baru dan isinya murah banget, jauh dari harga toko. Saya curiga jangan-jangan palsu

    ReplyDelete
  25. Ngeri banget dengan isi galon palsu
    Nggak hanya kerugian secara material saja, tapi juga berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita

    ReplyDelete
  26. Jaman now, apa-apa dipalsukan sampe isi galon lho,,alamak....jaman makin menyedihkan...selayaknya kita harus makin waspada dan perkuat pengetahuan.

    ReplyDelete
  27. Isi air galon yang dipalsukan ini bener-bener bahaya banget lho, karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan juga. Aku kalau untuk air galon, belinya memang yang sudah terpercaya dan beli langsung di distributornya saja biar makin aman.

    ReplyDelete
  28. Mulai sekarang perlu jadi konsumen yang lebih selektif ya memilih air galon yang benar-benar sehat. Tips di atas sangat membantu sekali dalam mengetahui air galon yang akan dikonsumsi

    ReplyDelete
  29. Akuu pernah mbaa beli galon brand terkenal yang sudah lama kalau di rasa2 kok airnya ga seger, berasa aneh gitu....habis itu ganti merk soalnya anak2 juga merasakan dan gak mau meminumnya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  30. saya sebagai salah satu pengguna air galon sering merasa khawatir sih apalagi banyak yang dipalsukan ya belakangan ini, maka dari itu wajib banget membeli air galon dari agen atau tempat yang terpercaya serta kita paham mana galon asli mana yang palsu

    ReplyDelete
  31. duh ngeri memang yaa kita sebagai konsumen yg sekarang kayanya dimana-mana pakai air minum galon jadi was2 denger ada isi galon palsu yang entah kebersihannya terjaga atau gak, hrs lebih teliti dan waspada yaa

    ReplyDelete
  32. Aku deg-degan lho baca info kayak gini
    Secara kami mengkonsumsi air galon sudah sejak dulu banget
    Sekarang jadi lebih waspada dan memeriksa setiapkali beli air galon

    ReplyDelete
  33. Ya ampun kok makin ngeri ya sekarang.. kita nggak tahu nih mana galon asli apa bukan kalo tutup aslinya aja bisa dibongkar..

    ReplyDelete
  34. Sekarang memang kita harus makin peduli sama hal2 kayak gini ya mbak, apalagi galon huhuhu kebetulan suami selama ini memang beli di distribuutor atau swalayan sih mbak kalau beli galon gitu

    ReplyDelete
  35. ngeselin banget loh air galon yang dipalsukan ini.. soalnya jadi menimbulkan rasa was2 yang besar. jadi sekarang saya cuma beli di distributor resmi aja deh

    ReplyDelete
  36. Sekarang apa apa dipalsukan. Sekarang air galon aja juga ada yang palsu. Makin gila aja nih oknum yang gak bertanggung jawab. Thanks tipsnya kak buat melihat galon asli apa palsu. Penting ini biar gak ketipu.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post