Perawatan Sepeda Motor yang Harus Dilakukan oleh Para Bikers




Sepeda motor banyak dijadikan alat transportasi harian banyak orang sebab dinilai lebih gesit dan efisien, apalagi jika Anda sering melewati jalur kota yang padat dan terkenal macet. Naik sepeda motor bisa jadi solusi sebab Anda bisa selap selip dan menerobos macet sehingga aktivitas Anda tidak terganggu.

Agar sepeda motor Suzuki Anda tetap dalam kondisi prima, tentunya Anda harus merawatnya dengan baik. Inilah perawatan sepeda motor yang wajib dilakukan oleh para bikers agar performa dan kondisi sepeda motor kesayangan tetap terjaga:

Ganti oli sesuai jadwal

Saat mesin sepeda motor bekerja, beberapa komponen saling bergesekan. Karenanya perlu keberadaan pelumas untuk melindung bagian-bagian tersebut agar terhindar dari keausan dan tetap awet. Selain itu oli juga berfungsi sebagai pembersih mesin dari sisa-sisa deposit atau kotoran yang menempel pada komponen mesin. 

Karena keberadaan oli sangat penting bagi sepeda motor Suzuki Anda, pastikan untuk selalu mengganti oli sesuai dengan jadwal. Sebab oli yang kualitasnya sudah kurang baik, akan mempengaruhi performa kendaraan Anda. Umumnya penggantian oli sepeda motor bisa dilakukan setiap jarak tempuh 500 km, namun ini juga bergantung pada seberapa sering Anda berkendara. Setidaknya lakukan penjadwalan ganti oli setiap 2 minggu sekali, jika intensitas berkendara Anda cukup tinggi.


Periksa kondisi aki


Sumber kelistrikan pada sepeda motor Anda adalah aki. Jika aki motor mulai soak atau bermasalah bisa menimbulkan sepeda motor jadi mati total. Aki motor yang mulai bermasalah biasanya memiliki gejala seperti suara klakson yang mulai lemah, lampu yang mulai redup hingga motor yang sulit distarter. Periksalah aki Anda secara berkala untuk mengantisipasi gejala tersebut, karena bisa jadi ini merupakan gejala aki yang berkurang daya listriknya dan butuh segera dicas. 

Aki yang soak biasanya permukaan atau casing aki akan terasa menonjol. Ini biasanya disebabkan karena panas yang disebabkan oleh elektrolit yang ada di dalam aki. Cara lain yang lebih akurat adalah menggunakan volt meter untuk mengetahui voltase pada aki, biasanya aki normal memiliki 12,4 volt. Namun jika setelah dicas masih timbul masalah dari aki Anda, ada baiknya untuk mempertimbangkan mengganti aki dengan yang baru. Terlebih jika aki sepeda motor Anda sudah melewati masa pakai, yaitu sekitar 2 tahun.


Gunakan BBM yang sesuai


Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis bahan bakar yang tepat untuk sepeda motor Suzuki Anda. Dengan bahan bakar yang tepat performa sepeda motor Anda akan semakin meningkat. Untuk mengetahui BBM yang paling tepat adalah dengan mengenali nilai satuan oktan atau RON pada BBM yang akan digunakan. BBM yang beredar di Indonesia memiliki nilai terendah RON 88 hingga tertinggi RON 98. BBM dengan RON yang semakin tinggi memiliki tekanan yang lebih tinggi juga, selain itu proses pembakarannya juga jadi lebih lama.



Periksa ban sepeda motor


Ban sepeda motor adalah komponen penting dari sepeda motor yang setiap hari permukaanya harus berjibaku dengan medan jalanan yang tidak menentu. Jalanan berbatu, lumpur, kerkil, hingga ancaman ranjau paku menjadikan ban motor adalah salah satu bagian yang paling riskan terkena gangguan.

Karenanya penting bagi Anda untuk selalu memeriksa kondisi ban sepeda motor sebelum melakukan perjalanan. Pastikan tekanan anginnya sudah sesuai, tidak terlalu kempes atau terlalu keras. Pastikan juga ketebalan permukaan ban, jika tonjolan Thread Wire Indicator mulai menipis segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.


Service rutin di bengkel Suzuki


Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan para pemilik kendaraan adalah mengabaikan servis rutin atau servis berkala. Banyak yang menyepelekan hal ini dan baru melakukan perawatan sepeda motor jika sudah mengalami gejala atau gangguan saja. Padahal servis rutin bisa membantu untuk mengantisipasi dan mengetahui gangguan yang ada pada sepeda motor Suzuki Anda. 

Jika ada kerusakan, Anda bisa langsung memperbaikinya tanpa harus menunggu kondisinya semakin parah dulu. Hal ini akan membantu agar aktivitas Anda tidak terganggu dan juga terhindar dari pembengkakan biaya perbaikan komponen sepeda motor yang rusak parah. Selalu ingat untuk meluangkan waktu servis rutin sepeda motor di bengkel Suzuki langganan Anda. Klik https://www.suzuki.co.id/services/motorcycle untuk booking jadwal servis Anda!

8 Comments

  1. Suamiku nih rutinitas sama motornya. Apalagi di bawa sebagai kendaraan kerja, jadi harus rajin perawatan sepeda motornya.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget, perawatan motor secara rutin itu penting agar motor awet dan tentunya aman saat digunakan berkendara. Suami saya biasanya sih yang pergi ke bengkel kalau urusan perawatan motor, yang penting bengkelnya harus yang resmi ya. Eh baru tahu lho kalau bengkel servis Suzuki bisa booking online. Praktis ya.

    ReplyDelete
  3. Selama ini emak2 dituduh cuma bisa makai motor tapi gak bisa merawatnya, ayok buktikan bahwa itu salah haha :P
    Iya minimal lha ganti oli kita yaa, kalau soal yang lain2 yawda serahkan ke bengkel syukur2 bengkel resminya yaa. Kalau Suzuki mudah ya ditemukan bengkel2 resminyaa.

    ReplyDelete
  4. Halo mba. Aku pengguna motor dan bersyukur baru beberapa hari lalu servis motor. Itu pun karena direminder ama suami. Hehee. Padahal emang penting motor dilakukan perawatan termasuk servis ganti oli. Jadi nggak sekedar makai saja

    ReplyDelete
  5. Punya motor di ibukota seperti Surabaya ini seolah menjadi suatu hal yang wajib. Saya setuju sih misal punya motor jgn sampai lupa ganti olie dan servis rutin ke bengkel.

    ReplyDelete
  6. Pemilihan BBM nih salah satu hal yang penting dan masuk dalam anggaran rumah tangga. Apalagi zaman sekarang pas harga BBM baru naik. jadi bisa pertimbangkan pilih BBM yang harganya nggak terlalu mahal tapi masih bagus di mesin.

    ReplyDelete
  7. Iya banget ya, kak Antung.
    kalau motornya sudah waktunya service, sebaiknya sesegera mungkin dibawa ke bengkel terpercaya deh.. Ini penting untuk lifetime sebuah kendaraan.

    ReplyDelete
  8. Motor - mobil pokoke kendaraan bermesin harusnya memang cek mesin - air - dll secara berkala

    tetangga rumah sebelah persis - pulang kampung dan ... kebakar dong ya mobilnya di jalan hiks hiks

    gara gara sepele : dia tidak cek air radiator!

    ReplyDelete
Previous Post Next Post