5 Penyakit yang Bisa Membuat Bau Mulut Tak Sedap


sumber : pixabay


"Rafi kok nggak mau sih dicium nenek?" tanya seorang ibu kepada anaknya yang ngambek karena dipaksa untuk salim tangan dan dicium neneknya. 

"Habis nenek mulutnya bau," dengan jujurnya sang anak mengungkapkan jawabannya.

Entah bagaimana perasaan sang nenek mendengar jawaban cucunya tersebut. Namun dia hanya hanya bisa tertawa mendengarnya. Dalam hatinya mungkin berkata, "Ah, aku harus segera ke dokter gigi nih biar nggak bau mulut lagi."

Selain bau badan, bau mulut memang merupakan hal yang cukup mengganggu dari penampilan seseorang. Bayangkan jika sudah berdandan maksimal namun mendapat nilai minus dari lawan bicara karena bau yang menguar dari mulut kita. Pasti jadi pengalaman yang tidak menyenangkan, bukan? 

Ironisnya, kadang kita sendiri bisa tidak sadar kalau memiliki masalah dengan bau mulut. Hal ini karena setiap orang sudah beradaptasi dengan bau mulutnya sendiri, sehingga tidak menyadari hal tersebut. Untuk itu, sebaiknya kita perlu melakukan pengecekan terhadap bau mulut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara menjilat pergelangan tangan pada nadi, diamkan beberapa saat sampai mengering, kemudian cium bau pada bekas jilatan tersebut. Itulah bau dari mulut kita.

Penyakit yang membuat bau mulut tidak sedap

Permasalahan bau mulut sendiri bisa dikategorikan dalam 2 kondisi, yaitu kondisi wajar dan kondisi tidak wajar. Kondisi wajar misalnya bau mulut yang disebabkan setelah mengkonsumsi makanan tertentu seperti bawang putih, petai atau durian yang memiliki bau khas atau saat kita sedang berpuasa di mana sistem pencernaan kita mengalami perubahan akibat pola makan. Bau mulut yang dihasilkan dalam kondisi ini biasanya bersifat sementara dan bisa dihilangkan dengan cara menyikat gigi atau menggunakan mouthwash.

Untuk kondisi bau mulut yang tidak wajar, biasanya bau mulut yang dialami bersifat tahan lama hal ini bisa disebabkan oleh permasalahan yang lebih berat entah itu di rongga mulut kita atau juga terkait penyakit yang diidap pemilik bau mulut. Adapun beberapa penyakit dan permasalahan tubuh yang bisa menyebabkan bau mulut ini antara lain:

Gigi berlubang dan permasalahan pada gusi dan mulut

Salah satu penyakit utama yang menyebabkan bau mulut adalah permasalahan pada gigi dan gusi entah itu gigi berlubang, radang pada gusi atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan mulut. Sisa makanan yang tertinggal pada gigi dalam waktu cukup lama akan berpotensi membuat gigi berlubang dan membuat mulut mengeluarkan bau tak sedap. 

Penyakit Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada lapisan sinus akibat virus atau alergi. Peradangan ini membuat sinus memproduksi banyak lendir sehingga terjadi penyumbatan. Mereka yang memiliki penyakit sinusitis umumnya mengalami pilek berkepanjangan, nyeri pada bagian wajah, hidung tersumbat, hingga sakit kepala. Bau mulut yang ada pada penderita sinusitis dapat terjadi karena lendir yang mengandung bakteri di hidung turun ke tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis ini biasanya berbau seperti kotoran. 

Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung atau dikenal juga dengan nama GERD adalah kondisi di mana terjadi iritasi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung sehingga membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini memiliki gejala nyeri dada yang disertai dengan rasa terbakar (heartburn). Gejala lain dari penyakit asam lambung adalah:
  • Sering bersendawa
  • Mengalami batuk dan cegukan yang datang dan pergi, 
  • Suara menjadi serak dan parau
  • Nafas tidak sedap
  • Mual dan muntah
  • Kesulitan menelan makanan
  • Mulut terasa asam dan penuh dengan air ludah
Bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung, bau mulut yang dimiliki cenderung berbau asam karena asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau asam pada mulut.

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Beberapa gejala awal dari penyakit ini adalah penderitanya sering merasa haus, sering buang air kecil di malam hari, sering merasa lapar hingga mengalami penurunan berat badan yang signifikan tanpa alasan yang jelas. 

Bau mulut pada penderita diabetes sendiri muncul ketika jumlah insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi. Oleh karena itu, tubuh kemudian mengambil energi dari pembakaran lemak sebagai gantinya. Pembakaran lemak ini menghasilkan asam keton yang menimbulkan bau mulut seperti aroma buah bagi penderita diabetes.

Penyakit ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi menyaring racun pada tubuh kita. Gangguan pada ginjal tentunya dapat berakibat buruk bagi tubuh bahkan menimbulkan berbagai penyakit baru di tubuh kita. Bau mulut yang dialami penderita penyakit ginjal sendiri memili bau seperti urine atau berbau amis. Hal ini karena racun dan sisa metabolisme tubuh yang lain tidak bisa dikeluarkan lewat urine. Racun dan zat sisa ini kemudia menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dikeluarkan oleh mulut kita. 

Beberapa cara mengatasi bau mulut tidak sedap

Saat menyadari kalau kita memiliki bau mulut tidak sedap, tentunya kita harus segera mengatasinya. Jika bau mulut disebabkan oleh gigi yang berlubang, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk melakukan tambal gigi atau cabut gigi sesuai dengan saran yang diberikan dokter. Dan jika permasalahan bau mulut tidak sedap disebabkan oleh penyakit kronis, tentunya kita juga harus menghubungi dokter untuk melakukan pengobatan.

Selain melakukan pengobatan, beberapa cara lain untuk mengatasi bau mulut tak sedap ini adalah:
  • Rajin sikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi
  • Menyikat lidah dengan menggunakan sikat lidah berbahan lembut
  • Jika menggunakan gigi palsu, maka sebaiknya gigi palsu dilepas di malam hari dan bersihkan secara menyeluruh sebelum digunakan kembali
  • Minum air putih minimal 8 gelas per hari
  • Menggunakan mouthwash saat berkumur-kumur
  • Secara rutin melakukan perawatan gigi ke dokter

Itulah dia sedikit informasi yang bisa saya berikan terkait penyakit yang bisa membuat bau mulut menjadi tak sedap. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Oya, jangan lupa mampir juga ke tulisan www.ayanapunya.com lainnya yaa.

29 Comments

  1. Molly dulu waktu kecil mulutnya bau. Pas dicek mama ternyata giginya berlubang. Otw di bawa ke dokter, terus sembuh deh. Pengalaman tante lain lagi. Ternyata tante sinusitis

    ReplyDelete
  2. betul itu, terutama gigi yang berlubang yang ada di mulut jelas sekali

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya, mbaak. Problem bau mulut ni memang nggak nyaman banget deh.
    Dulu suamiku juga pernah ngalamin. Ternyata karena giginya yang udah bolong parah. Akhirnya langsung ke dokter gigi buat scaling dan setelah itu cabut gigi

    ReplyDelete
  4. aku ada baca tentang ginjal, diibaratkan kayak toilet harus di flush dengan air putih supaya bersih dan gak jadi penyakit. mungkin ya kalo ginjalnya gak sehat jadi ya bau deh bau mulutnya karena jarang minum air putih tadi

    ReplyDelete
  5. Aku kapan hari enggak percaya diri, bau mulut terasa sekali...Memang ada lubang di geraham belakan. Terus ke dokter gigi dan ditambal. Setelahnya jaga bener kebersihan gigi dan mulut. Syukurlah bau mulut terhempas

    ReplyDelete
  6. Perlu banget rutin merawat dan membersihkan karang gigi setiap minimal 6 bulan sekali. Karena aku baru tahu kalau karang gigi bila dibiarkan bisa membuat gigi berlubang. Dan kalau sudah terlanjur, selain sakitnya menyiksa, bau mulutnya pun auto dijauhin orang.

    Sediihh~

    ReplyDelete
  7. Nah jadi sangat penting ya menjaga kesehatan gigi dan mulut nih, apalagi yg punya penyakit seperti yg disampaikan di atas karena memang bau mulut bikin org2 sekitar kta tidak nyaman dan menghindar ya Mbak. ~Ulfah Aulia

    ReplyDelete
  8. Penting sekali untuk melakukan perawatan gigi dan mulut, walaupun gigi itu kuat tapi tentu ada batas kekuatannya juga dan perlu perhatian.

    Selain itu juga mesti lebih maksimal merawat kalau menderita salah satu penyakit diatas ya

    ReplyDelete
  9. Ternyata jika mulut punya bau yang tidak sedap, bukan karena tidak menjaga kebersihan mulut saja ya mbak tetapi juga ada kaitannya dengan penyakit penyakit tertentu
    Termasuk diabetes ya, baru tahu aku

    ReplyDelete
  10. Aku sepertinya lebih ke gigi berlubang sih, kalau soal penyakit yang disebutkan diatas belum pernah dan semoga saja tidak terjadi. Akhirnya dari kecil diajarin gosok gigi setelah maem atau minum yang manis manis baik setelah bangun tidur atau saat mau tidur.

    Sampai sekarang udah gak ada lagi berlubang jji

    ReplyDelete
  11. Jujur aja yaaaa aku orang yang sangat peka pada bau-bauan

    itu sebabnya selalu ga nyaman kalau ada list : - sikat gigi - kumur - makan permen mint (kalo ada meeting atau ketemu orang) dan aku akhirnya terkenal si tukang bawa permen di tas!

    puasa gimana neng?
    puasa aku sedia siwak dari kayu itu, insya Allah sih ga dipake ya kalo ga kephepheeet

    ReplyDelete
  12. Waahhh, ternyata ada banyak penyakit yg bisa terdeteksi dengan kondisi bau mulut ini yaaa.

    Sip, sipp, ini semoga bisa menjadi warning buat kita semua.

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, ternyata penyebab bau mulut Tak sedap nggak hanya dari rongga mulut aja ya. Tapi bisa juga ada penyakit penyakit lain yang efeknya ke bau mulut.

    ReplyDelete
  14. Wah, ternyata penyakit diabetes juga merupakan penyebab bau mulut ya. Tetapi bau mulut bisa diobati dan diatasi kok :D Bikin ga nyaman ketika kita berbicara dengan orang lain face to face hihihi :D Jangan lupa menggosok gigi malam sebelum bobo :D

    ReplyDelete
  15. anakku punya gigi bolong dan mulutnya jadi bau setelah ditambal dan ke dokteri gigi akhirnya ga bau lagi memang berpengaruh ya gigi bolong itu. Aku sendri biasanya bau yg wajar krn suka makan sate pake bawang merah mentah hahaha anak2 pasti lgsg kabur kalau aku udah makan itu

    ReplyDelete
  16. Aku juga bermasalah ama bau mulut bun. Karena mungkin aku pemakan segalanya hahaha 😂. Maklum busui *alah ngeles 😂. Nah, kayaknya aku perlu tambahan perawatan lagi. Kayaknya sehabis gosok gigi aku perlu kumur kumur juga kali ya ama obat kumur buat buang sisa sisa kotoran di mulut ama rajin ke dokter gigi. Perawatan gigi 😊

    ReplyDelete
  17. Iya ya, bau mulut gak selalu karena gangguan mulut ya. Bisa juga karena penyakit lain yang ada di tubuh. Orang-orang di rumahku paling sering karena sakit lambung dan panas dalam nih. Salah satu cara untuk sembuhnya ya dengan mengobati sakit tersebut.

    ReplyDelete
  18. Ternyata yang menyebabkan bau mulut tak sedap itu banyak juga ya mak, memang deh kita tuh harus menjaga kesehatan gigi dan mulut, mengajarkan ke anak-anak sejak dini juga. Agar mereka juga terbiasa melakukan kebersihan gigi dan mulut.

    ReplyDelete
  19. wah ternyata bau mulut tidak sedap bisa dipengaruhi banyak faktor ya mba, dan bisa jadi tanda penyakit dalam juga. Makanya aku juga rajin minum mouthwash setiap hari. Thank you infonya ya Mba

    ReplyDelete
  20. Kudu teliti dan aware dengan kondisi diri dan orang-orang sekitar yaa.. Bahwa sebuah pertanda yang dikeluarkan oleh tubuh adalah warning bahwa tubuh perlu pemeriksaan lebih lanjut. Ada apa dan semoga dapat ditangani dengan tepat sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak nyaman lagi, seperti bau mulut.

    ReplyDelete
  21. Bener banget tuh masalah bau mulut tuh emang bikin keki yaa. Saya juga punya asam lambung nih kudu diterapin nih tipsnya. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  22. Wah aku baru tahu, ternyata bau mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit dalam seperti diabetes dan asam lambung

    ReplyDelete
  23. Aku pernah merasa nggak enak dengan bau mulut sendiri jadi suka nya makan permen mint biar pede ketemu dan ngobrol dengan orang lain

    ReplyDelete
  24. Pernah banget mengalami bau mulut seorang teman saat ada pelatihan. Ternyata tak lama ini dapat info dia kena penyakit cukup parah. Baru tahu indikasi penyakit ginjal, lambung dll bisa dari bau mulut. Aku sendiri pernah banget menghilangkan bau mulut pakai mouthwash soalnya abis makan jengkol hahaha...

    ReplyDelete
  25. Saya Jadi tau, ada banyak penyakit yang bisa terdeteksi dari bau mulut ya mbak.. Anakku ini lagi males malesnya gosok gigi, bau mulutnyaaa... >,<.

    ReplyDelete
  26. Penyebab bau mulut ini ternyata ngga cuma masalah gigi dan mulut aja, banyak ya sebabnya.
    Nah, pentingnya cek ke dokter gigi ini kerasa banget. Bisa langsung ketahuan kalau ada gigi bolong.

    ReplyDelete
  27. Wah aku baru tahu kalau cara ngecek nya dengan menjilat nadi. Hehe. Efektif jadi tahu aroma mulut kita. Bener banget bisa jadi ada infeksi di gigi atau penyakit lainnya ya

    ReplyDelete
  28. Baru tahu ada penyakit yang menyebabkan mulut bau ya kukira hubungannya hanya karena gigi sakit atau lubang saja jadi nambah wawasan nih makasih banyak ya

    ReplyDelete
  29. iya nih gigi berlubang seringkali jadi pe er dimana bisa bikin bau mulut, udah sering ke dokter gigi juga buat benerin tembelan yang akhirnya kebuka lagi, kalo kebuka dan kotor dahlah mulut bau jadi insecure terutama sama suamik huhuhu

    ReplyDelete
Previous Post Next Post