Cara Mudah Bermain Bitcoin untuk Pemula

 
Cara Mudah Bermain Bitcoin untuk Pemula

Dunia investasi sekarang semakin berkembang saja. Kalau dulu jaman orang tua kita investasi mungkin hanya berupa tanah, emas dan rumah, maka di era sekarang investasi yang ramai dibicarakan adalah investasi saham. Memang jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, investasi saham sekarang lebih mudah dilakukan. Bayangkan saja dulu untuk bisa membeli saham sebuah perusahaan kita harus maka sekarang hanya dengan menggunakan handphone kita sudah bisa melakukan jual beli ataupun investasi saham untuk masa depan.

Selain saham, bentuk investasi baru yang juga mulai banyak dilirik adalah bitcoin. Apa sih bitcoin itu? Bitcoin adalah mata uang elektronik baru yang diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Dalam sistem pembayarannya, Bitcoin menggunakan sistem peer 2 peer tanpa melalui perantara bank. Salah satu alasan orang-orang mulai melirik bitcoin sebagai wadah investasi adalah karena nilainya yang cenderung terus naik sehingga memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Langkah awal investasi bitcoin

Sebagai sebuah mata uang pembayaran, ada beberapa langkah yang harus dilakukan buat kamu yang ingin melakukan investasi bitcoin ini. Ada 3 cara untuk bisa mendapatkan mata uang bitcoin di Internet, yakni

  • Membeli bitcoin dengan menggunakan uang
  • Menjual barang dan menerima pembayaran menggunakan bitcoin
  • Menambang bitcoin dengan menggunakan komputer canggih

Bagi mereka yang masih pemula dalam dunia bitcoin, berikut adalah beberapa langkah awal yang dilakukan dalam bermain bitcoin, yakni:

Melakukan pendaftaran

Langkah awal sebelum memulai investasi bitcoin adalah melakukan pendaftaran pada sebuah platform exchange yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti) yang menyediakan bitcoin tersebut. Setelah melakukan pendaftaran kita akan diminta mengunduh KTP, foto dan dokumen lain yang diperlukan. Verifikasi akun akan dilakukan 1x24 jam.

Membeli bitcoin

Setelah akun diverifikasi, maka kamu sudah bisa mulai melakukan deposit agar bisa membeli bitcoin. Untuk proses deposit ini, kita bisa melakukannya dengan mengirimkan uang ke rekening yang sudah disediakan oleh exchange yang dipilih. Setoran bisa dilakukan dengan minimum Rp 30 ribu sampai Rp. 50 ribu. Namun ada juga exchange yang menetapkan saldo minimum Rp. 500 ribu.

Untuk proses pembayaran deposit ini ada beberapa cara yang bisa dipilih seperti transfer ke bank, e wallet, virtual account hingga lewat PPOB seperti alfamart dan yang lainnya. Setelah deposit terisi, kamu sudah mulai bisa membeli bitcoin pertama kamu.

Trading bitcoin

Trading bitcoin adalah kegiatan perdagangan cryptocurency di pasar mata uang kripto. Untuk bisa membeli dan menjual bitcoin, seseorang harus memiliki dompet atau wallet untuk menyimpan bitcoinnya tersebut. Di dalam wallet ini, pemilik bitcoin akan menyimpan private key yang merupakan kode unik untuk bisa mengakses bitcoinnya.

Selain memiliki wallet, untuk melakukan transaksi bitcoin pemilik juga harus memilih pair (pasangan) bitcoin yang dimilikinya. Untuk Indonesia, biasanya pair yang dipilih adalah bitcoin ke rupiah. Tentunya untuk melakukan Trading bitcoin ini memerlukan strategi agar tidak rugi. Beberapa strategi yang bisa digunakan dalam Trading bitcoin ini antara lain :

  • Hold, yakni menyimpan bitcoin setelah membelinya untuk investasi jangka panjang
  • Day Trading yakni melakukan jual beli koin di hari yang sama. Dalam melakukan Day Trading ini kita harus terus memantau pergerakan harga agar tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual coin
  • Pump and dump yakni membeli bitcoin dalam jumlah yang sangat banyak untuk mempengaruhi harga bitcoin dan menjualnya lagi saat harganya naik

Adapun dalam hal jual beli bitcoin juga ada beberapa jenis pembelian atau order yang bisa dilakukan yakni:
  • Limit (maker) yakni memasang harga yang tidak ada pada harga di pasar atau exchange. Pada transaksi ini misalnya kita ingin menjual bitcoin maka harga yang dipasang di atas harga yang ada di pasaran sementara jika ingin membeli maka harga yang dipasang di bawah pasaran. Order yang dibuat akan masuk dalam antrian dan akan tereksekusi juga harga pasar mendekati harga yang dibuat. Untuk transaksi jenis ini tidak dikenakan biaya oleh exchange
  • Maker (target/instan) yakni memasang harga mengikuti harga pasar yang ada. Jenis order ini bisa langsung dieksekusi sesuai dengan harga yang ada saat itu. Order jenis ini dikenakan biaya fee oleh exchange sebesar 0,1% sampai 0,3% dari nilai transaksi
  • Order book yakni harga yang disediakan oleh exchange di aplikasi yang menunjukkan urutan order yang sedang terjadi di aplikasi saat ini. Jika satu order sudah dieksekusi maka akan keluar dari order book. Order book sangat bermanfaat untuk mengetahui harga pasar sehingga kita juga bisa mempertimbangkan harga yang akan dipasang untuk order.

Mendapat bitcoin gratis

Selain dengan Trading, bitcoin juga bisa didapat dengan menambang bitcoin. Menambang bitcoin ini merupakan sebuah proses memecahkan sebuah permasalahan matematika yang rumit sehingga sering diibaratkan dengan proses menambang emas. Proses permasalahan matematika ini merupakan upaya untuk membentuk blok baru dalam sistem transaksi crypto yang disebut sebagai Blockchain.

Beberapa cara melakukan penambangan mata uang crypto antara lain:

  1. Penambangan crypto di mining pool yakni bergabung dengan penambang lain dalam 1 pool untuk melakukan mining crypto. Nantinya penambang akan berbagi imbalan untuk hasil yang didapat dari mining crypto tersebut.
  2. Melakukan mining crypto di cloud mining. Cara ini tidak memerlukan alat komputasi canggih dan bisa menggunakan layanan penyedia cloud mining
  3. Solo mining berarti melakukan sendiri proses penambangan dengan peralatan komputer yang canggih.


Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum investasi bitcoin

Meski merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dilirik di masa sekarang, tentunya ada hal-hal yang perlu kita ketahui terkait mata uang elektronik bitcoin ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Berinvestasi dan Trading bitcoin Indonesia antara lain:

Bitcoin masih belum memiliki payung hukum sebagai mata uang baru

Sebagai sebuah alat pertukaran baru, bitcoin tidak memiliki payung hukum dalam peredarannya. Selain itu, belum ada juga badan yang akan bertanggung jawab jika terjadi penyalahgunaan terhadap transaksi bitcoin ini seperti pencurian, money laundry, penipuan dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, penggunaan crypto sebagai mata uang juga masih belum diizinkan melainkan hanya sebagai Komoditi.


Dalam Islam penggunaan bitcoin sebagai investasi masih belum jelas halal haramnya

Sebagai umat muslim, tentunya kita juga harus berpegang pada kajian agama dalam hal investasi. Berhubung bitcoin ini merupakan hal yang baru dalam sistem transaksi mata uang, maka masih belum ada hukum yang jelas terkait penggunaan bitcoin sebagai mata uang maupun investasi.

Nilai uang crypto fluktuatif

Sebagai sebuah investasi, nilai aset crypto terbilang fluktuatif dan tidak terkendali sehingga bisa naik dan turun dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, sebelum bergabung dengan para pengguna crypto yang lain, kamu harus siap dengan segala risikonya.

Kesimpulan

Dengan semakin canggihnya teknologi dan berkembangnya dunia investasi semakin memudahkan masyarakat dalam hal investasi. Tentunya sebelum memilih sebuah produk investasi kita harus benar-benar mempelajarinya agar tidak kecewa di kemudian hari. Selain itu, yang paling penting dalam investasi adalah pakailah uang dingin yang tidak mengganggu keuangan kita jika uangnya hilang.

9 Comments

  1. Oh bitcoin itu mata uang baru ya, berarti more or less kaya main forex gitu dong mbak?

    Tampaknya kok ruwet bin ribet ya? Tapi mungkin karena belum memahami kali ya..kan katanya tak kenal maka tak sayang.

    Pertimbangan dasar hukum agama itu juga perlu banget dipikirin kayanya. Jangan sampai udah asyik main bitcoin dan untung besar, tapi ternyata ga sesuai syariat. Kan jadi dilematis.

    Ditinggal kok ya eman, ga ditinggal dosa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. tapi ini mata uang dalam bentuk krypto gitu dan belum sah jadi mata uang jual beli. Bisanya buat trading kayak saham gitu aja. iya nih sampai sekarang masih belum ada kejelasan tentang hukum kryptocurrency ini karena masih baru juga produknya

      Delete
  2. Kalau liat temen-temen "pamer" perolehan dari bitcoin ini, aku kepincut buat coba. Tapi pas ada yang share kalo lose dana yang lumayan, jadi mikir-mikir lagi hahaha. Anaknya konvensional banget soalnya aku ini. Ntah ke depan, mungkin akan coba sedikit biar paham.

    ReplyDelete
  3. aku pernah dengar ada yang untung sampai M-M an dari bitcoin ini. tapi ga sedikit juga yang boncos. Pas banget mbak antung bilang hukum di islam ternyata masih abu-abu, aku jadi mundur dulu dari yang penasaran jadi cari yang jelas halalnya saja ya mbak

    ReplyDelete
  4. Aku pernah punya bitcoin, jumlahnya waktu itu kalo dikurskan rupiah sekitar 500ribuan. Dapat dari menulis, jadi member salah satu grup gitu. Harusnya masih tapi aku lupa password nya, panjang dan gak bisa dihapal.

    Nggak sedih sih meski ada yang bilang nilainya sekarang udah naik. Karena aku juga ragu-ragu dengan hukumnya yang masih belum jelas dalam agama Islam

    ReplyDelete
  5. Aku udah dengar tentang bitcoin ini dari setahun yg lalu. Tapi belum memahami betul, apa itu investasi pakai bitcoin. Tapi memang pahamnya, bahwa bitcoin ini seperti saham, cm belum banyak yg berani pakai krn belum ada payung hukumnya

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget tulisannya.. bisa memandu orang buat join bitcoin.. cuman saya blom tertarik karena blom ngerti.. mau baca baca dulu soal bitcoin biar lebih ngerti

    ReplyDelete
  7. Sejujurnya saya masih belum begitu paham dengan alur kerja bitcoin ini. Cuma denger denger banyak anak muda jadi kaya mendadak karena bitcoin. Apa benar mba ? Sayang banget belum ada legalitasnya ya mba bitcoin ini

    ReplyDelete
  8. Saya melihat harga bitcoin per kepingnya itu sampai geleng-geleng kepala, bentuk kepingannya seperti uang receh tapi nilainya sangat fantastis.. Seandaikan memilikinya satu saja sudah bisa beli banyak hal hha, tapi tetap harus dipelajari dengan baik dan apakah aman dan diperbolehkan.. Takutnya nanti malah berakibat fatal seperti pada kasus yang sebelumnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post