Payment Gateway Mempermudah Transaksi Belanja Online




Cooler bag saya rusak. Setelah hampir 3 tahun menemani saya menjalani masa pumping akhirnya tas penampung ASIP itu menyerah. Bagian risletingnya sudah tak mau menyatu lagi saat digeserkan. Tampilannya pun sudah buruk sekali membuat orang yang melihat mungkin berjengit. Karena itu mau tak mau saya harus mencari Cooler Bag baru.

Saat jam istirahat kantor saya pun mampir ke salah satu toko perlengkapan bayi yang letaknya tak jauh dari kantor. Saya pilih salah satu cooler bag yang tersedia di toko tersebut dan menanyakan harganya pada pegawai toko. Pegawai itu pergi sebentar ke bagian kasir untuk mengecek harga. "Harganya XXX, Bu," katanya setelah kembali menemui saya.

"Waduh harganya ternyata di luar budget," ujar saya dalam hati.

Sambil berpura-pura mencari produk lain saya pun mencoba mengecek harga cooler bag di beberapa e-commerce. Saya temukan harga Cooler Bag dengan merk sama lebih murah dari yang ada di toko bayi tersebut. Saya cek ongkir dari kota toko online tersebut berada ke Banjarmasin ternyata masih terhitung lebih murah juga ketimbang beli offline. Akhirnya saya pun meninggalkan toko perlengkapan bayi tersebut dan berniat membeli Cooler Bag secara online saja nantinya.

Baca juga : 7 Tips Belanja Online Ala Konsumen Cerdas di Era Digital


***

Saat ini, tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat urusan berbelanja semakin mudah dengan banyaknya e-commerce dan marketplace yang hadir untuk belanja online. Bagi mereka yang tak ingin repot ke pasar, berbelanja online seperti ini merupakan sebuah surga tersendiri. Kita hanya perlu duduk santai sambil memegang handphone, pilih-pilih barang, lalu klik klik sebentar dan dalam hitungan hari barang yang dibeli sudah tiba di rumah.

Tak hanya mudah, promo yang ditawarkan e-commerce dan marketplace ini pun sangat menggiurkan terutama di tanggal-tanggal cantik. Siapa coba yang tidak ngiler dengan diskon 60% untuk sepatu branded kesayangan? Atau diskon separuh harga untuk skincare Korea yang sudah diincar sejak lama? Belum lagi kalau misalnya ada tambahan gratis ongkir. Wah pasti bakal kalap deh jadinya.

Lalu bagaimana jika barang yang dibeli secara online ternyata tidak sesuai gambar dan mengecewakan? Nah, beberapa e-commerce sekarang sudah memberikan layanan pengembalian gratis jika produk yang dibeli tidak sesuai ekspektasinya. Bahkan seorang rekan blogger langganan banget katanya melakukan pengembalian produk ini di e-commerce langganannya. Jadi memang tak salah kalau pelan tapi pasti sistem belanja online ini semakin menggusur belanja offline.



Mengenal Payment Gateway, Aplikasi Pembayaran Online untuk E Commerce

Tak hanya kemudahan dalam bertransaksi dan adanya layanan garansi pengembalian produk, kemudahan pembayaran juga menjadi salah satu alasan belanja online semakin menyenangkan. Untuk urusan pembayaran, belanja online sekarang memiliki banyak sekali pilihan cara pembayaran. Jika awal-awal kemunculannya hanya ada pilihan transfer bank, maka sekarang sudah pilihan bayar dengan debit/credit card, pembayaran di minimarket tertentu, dompet elektronik, Cash on Delivery bahkan bisa kredit juga. Pembeli tinggal pilih mau bayar pakai metode apa.

Untuk bisa memberikan layanan pembayaran dengan banyak pilihan ini, e-commerce menggunakan payment gateway yang merupakan suatu aplikasi yang melayani e-commerce dengan cara kerjanya memproses suatu otorisasi pembayaran seperti kartu debit, transaksi online yang memerlukan pembayaran, dan kartu kredit. Aplikasi payment gateway ini memberikan fasilitas transaksi dengan mengirim informasi yang penting antara bank dan toko online.

Tentunya penggunaan payment gateway dalam belanja online ini memiliki berbagai keuntungan baik di sisi penjual maupun pembeli. Untuk pembeli sendiri keuntungan yang didapat yakni pembeli bisa langsung melakukan transaksi tanpa perlu membuka website penjual ataupun website pihak ketiga. Selain itu, pembeli juga lebih mudah dalam mengakses informasi tagihan pembayaran yang harus dilakukan tanpa harus membuka-buka laman atau situs lainnya. Sebab rangkuman tagihan yang harus dibayarkan sudah tersedia di laman yang sama ketika pembayaran akan dilakukan.

Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan payment gateway ini antara lain:

  • Proses transaksi bisa dilakukan dengan cepat dalam waktu yang singkat, bahkan jika transaksi berjumlah banyak
  • Transaksi jual beli lebih aman karena ada teknologi deteksi fraud untuk menghindari risiko kecurangan pada saat transaksi dilakukan menggunakan kartu kredit
  • Toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak nomor rekening dari berbagai bank karena payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online
  • Mudah digunakan karena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang membantu penjual ataupun pembeli dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan refund (pengembalian dana) transaksi.
Saat ini ada cukup banyak jasa payment gateway yang bisa dipilih untuk para penyedia jasa belanja online. Salah satunya adalah jasa payment gateway ini adalah Prismalink yang menyediakan payment gateway berupa pembayaran dengan kartu kredit, tranfer bank, debit online, over the counter (Indomaret) dan white label app. Prismalink sudah berdiri sejak 2011 dan sudah bekerja sama dengan bank-bank besar di Indonesia yang pastinya akan sangat memudahkan dalam transaksi jual beli.

Demikian informasi yang bisa saya berikan untuk kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Post a Comment

21 Comments

  1. Ini maksudnya penyedia pilihan pembayaran buat dipasang di situs online shop ya mbak?

    ReplyDelete
  2. Semakin memudahkan banget ya khususnya untuk belanja online, biar pembayaran semakin mudah, kadang memang yang bikin bete tuh kalau kita mau belanja online, tapi bayarnya rempong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Dulu kan ribet harus ke atm lah sekarang bisa pakai ovo/gopay bahkan bayar di ind*maret

      Delete
  3. Wah keren ya mbak bisa belaja dan transaksi dalam satu aplikasi. Cuma mau tanya mba ada perbandingan harga produk gak mba di payment gateway ini

    ReplyDelete
  4. Baru dengar ttg payment gateway. Mksh informasi nya mba. Bisa jd referensi pembayaran buat belanja online

    ReplyDelete
  5. Aduh aku malah jadi takut makin khilaf nih klo pakai gateaway karena mempermudah banget pembayaran belanja online 😁

    ReplyDelete
  6. Belanja online saat ini memang sdh jadi kebutuhan. Apalagi saya yg di pelosok ini. Meski belum menggunakan payment gateway tapi belanja transaksi secara non tunai itu memang sangat praktis. Aman pula ya.

    ReplyDelete
  7. Paling sneng deh belanjan bayarnya juga gk ribet mudah bngt bisa payment gateaway gini bawaannya mau belanja online trus heheh abis mudah bngt

    ReplyDelete
  8. Memang ya mba kalau beli online jauh lebih murah, tapi aku juga pasti lakukan kayak yang mba lakukan ke tokonya dulu cek harga hahaha kalau dirasa mahil mendingan online deh..

    ReplyDelete
  9. Wah aku baru tahu jasa payment gateway ini adalah Prismalink yang menyediakan payment gateway berupa pembayaran dengan kartu kredit, tranfer bank, debit online, over the counter (Indomaret) dan white label app ini. Memudahkan kita ya untuk belanja online jadinya, merasa mudah dan aman

    ReplyDelete
  10. Payment gateway, bisa dipakai untuk berbagai macam bank pembayaran ya. Khusus untuk penjual ya ini?

    ReplyDelete
  11. Waduh, jadi makin khilaf aja nih buat belanja online saat ini. Aplikasi all in one untuk seluruh pembayaran, jadi lebih aman dan praktis ya mba.

    ReplyDelete
  12. payment gateaway ini aman kan ya kak kalau dipake untuk pembayaran debit? karena kan kita pasti kasih informasi kartu debitnya di aplikasi ini

    ReplyDelete
  13. gak perlu antri di atm lagi kalau udah pakai payment gateaway. tinggal klik klik aja beres, lebih cepat proses pengecekannya. gak perlu kirim2 bukti transfer dan sebagainya.

    ReplyDelete
  14. oh jadi pembayaran yg ngelink dengan bank kita dalam sebuah e-commerce ini namanya payement gateaway ya mba, baru tauu dan semoga ga makin khilaf nih belanja online nya

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahu mbak tentang payment gateaway. Btw, aku juga lebih suka belanja online mbak, karena pernah punya pengalaman seperti km yang udah muter-muter cari barang secara offline harganya ternyataa lebih murah di online apalagi kalau lagi ada sale

    ReplyDelete
  16. Teknologi memang mempermudah kita banget yaa, pembayaran sekarang bisa dimana saja tanpa harus hadir di lokasi tersebut.. Tapi tetap jaga keuangan kita supaya tidak banyak keluar. Kadang karena udah mudah sampe lupa kalau uangnya hampir habis :D

    ReplyDelete
  17. Makn banyak aja ya cara belanja online yang praktis. Bikin kita jadi suka belanja online. Aku belom pernah nyoba deh Payment Gateaway ini. Mau nyoba ah.

    ReplyDelete
  18. Semenjak ada ecommerce aku lebih suka belanja barang apapun secara online. Selain harganya yang lebih murah, transaksi juga bisa dipantau dan yng terpenting aman.

    ReplyDelete
  19. Enak yah jaman digital kayak sekarang, udah semakin banyak cara pembayaran yang memudahkan kita tanpa keluar rumah.

    ReplyDelete