Metode Online Payment Populer di Indonesia

 

Metode Online Payment Populer di Indonesia

Perkembangan bisnis e-commerce terjadi secara signifikan di Indonesia. Adapun kenaikan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang berubah dalam memakai metode online payment. Pastinya teknologi canggih seperti saat ini memang memberi peranan besar untuk menjaga keamanan masyarakat dalam bertransaksi.

Online payment merupakan sistem pembayaran digital serta dilakukan secara online menggunakan koneksi internet. Sistem pembayaran ini umumnya memakai fasilitas dari bank serta tempat tujuan pembayaran misalnya e-commerce atau yang lain.

Nah, di bawah ini kami akan membahas mengenai metode pembayaran online yang populer digunakan di Indonesia.

Metode Online Payment Populer di Indonesia

 
Metode Online Payment


Ada cukup banyak metode online payment yang digunakan di berbagai marketplace di Indonesia. Berikut adalah beberapa metode online payment yang populer di Indonesia:

Virtual Account

 

Metode Online Payment Populer di Indonesia

VA (Virtual Account) merupakan rekening buatan yang virtual atau tidak nyata. Umumnya pada akun tersebut ada nomor ID customer yang dibuat oleh pihak bank. Adapun pembuatan akun bisa dilakukan berdasarkan permintaan pihak perusahaan untuk melakukan transaksi.

Dalam setiap transaksi, customer akan memperoleh satu ID akun dan dikenal dengan VA number. Berikutnya, tiap-tiap customer akan diberikan VA berbeda, unik, dan bisa diatur berdasarkan kebutuhan.

Mayoritas orang yang memilih memakai VA adalah dengan alasan tidak harus mendaftarkan nomor rekening penerima dan lebih praktis. Ini tentu berbeda dengan sistem transfer antar bank yang membuat pelanggan harus mendaftarkan nomor rekening penerima terlebih dahulu untuk melakukan transaksi.


E-Wallet

Dompet digital atau e-wallet merupakan layanan elektronik yang dapat membantu pengguna untuk melakukan transaksi digital. Dompet digital bekerja seperti “dompet” pada umumnya, yang mana pengguna dapat menyimpan uang serta melakukan transaksi melalui ponsel secara cashless.

Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan dana serta memperoleh rekap data setiap transaksi yang menjadikan aktivitas belanja menjadi lebih nyaman. Sistem operasi yang cepat dan mudah menjadikan dompet digital banyak dijadikan opsi metode online payment oleh customer.

Beberapa e-wallet di Indonesia yang banyak digemari pelanggan antara lain Dana, OVO, ShopeePay, LinkAja, GoPay, Doku dan lainnya. Umumnya, mayoritas customer memakai metode pembayaran ini sebab terdapat beragam penawaran promo menarik dari perusahaan yang menyediakan e-wallet tersebut.


Kartu Kredit

Merupakan sebuah metode online payment yang memungkinkan pelanggan membeli maupun membayar sesuatu pada waktu tertentu atau dengan mencicil berdasarkan opsi tenor kredit yang diinginkan.

Sistem pembayaran online ini cukup populer dikalangan masyarakat sebab dianggap praktis serta menyediakan fasilitas tambahan untuk pengguna. Sejumlah keuntungan yang ditawarkan antara lain diskon tambahan, poin serta kegiatan keanggotaan yang menjadi salah satu daya tarik metode pembayaran kartu kredit dibandingkan dengan metode lainnya.

Hampir seluruh online shop mempunyai opsi metode pembayaran lewat kartu kredit. Adapun alasan utama yang mendasarinya adalah jangkauan pembayaran metode ini yang luas hingga lintas negara. Dengan demikian, pemilik bisnis pun juga dapat mengekspansi bisnis yang dijalankan tanpa batasan wilayah pembayaran.


Pay Later

Apabila diamati, saat ini banyak aplikasi yang menyediakan online payment lewat sistem Pay Later. Pay Later atau kredit tanpa kartu adalah fasilitas kredit yang dapat dipakai untuk berbagai pembayaran di online shop.

Konsep pembayaran serta cicilan pada Pay Later hampir sama seperti Kartu Kredit. Namun, metode pembayaran ini tidak harus memakai kartu fisik. Selain itu, proses pendaftarannya pun lebih cepat dari pada menggunakan Kartu Kredit. 

Customer juga dapat memilih tenor kredit sesuai keinginan serta rekomendasi dari sistem yang tersedia. Pelanggan bisa memilih pembayaran cicilan dengan tenor mencapai 12 bulan maupun pembayaran sekali jatuh tempo selama 30 hari.
Umumnya, pilihan cicilan akan berbeda untuk masing-masing pelanggan serta toko. Hal tersebut disesuaikan dengan ketersediaan limit pada Pay Later dan nominal transaksi pelanggan.

Direct Debit

Merupakan metode pembayaran digital yang mana customer perlu mendaftarkan kartu debit mereka pada marketplace atau web belanja sebagai sumber dana transaksi pembayaran. Untuk menautkan kartu debit tersebut pada platform pembayaran, customer dapat mendaftarkan kartu debit dan nomor rekening secara langsung berdasarkan petunjuk yang tertera.

Kemudian, customer akan memperoleh one time password yang digunakan untuk one time authorization dalam menautkan akun. Adapun proses penautan ini hanya membutuhkan waktu singkat hingga akhirnya customer dapat melakukan transaksi terintegrasi secara langsung dengan bank pilihan. Aktivitas ini hanya membutuhkan satu kali klik saja sehingga sangat memudahkan para pengguna.

Nah, itulah ulasan mengenai metode online payment yang populer digunakan di Indonesia. Dengan adanya banyak opsi metode pembayaran online, diharapkan para pebisnis memahami masing-masing metode tersebut beserta cara kerja. Sebab pelanggan mempunyai preferensi berbeda untuk memilih metode pembayaran secara online yang sesuai bagi mereka.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyediakan beragam metode online payment tersebut untuk mengembangkan bisnis anda.

Faspay Online Payment merupakan solusi yang bisa menjawab keperluan bisnis anda. Kami menawarkan beragam channel pembayaran terintegrasi dengan mudah. Sistem pembayaran yang kami tawarkan juga mempunyai keamanan transaksi yang akan menjamin bisnis anda bisa berjalan lancar.

Akses laman faspay.co.id untuk keterangan lebih lanjut.






65 Comments

  1. andalanku sekarang ini lebih banyak e-wallet hehehe. karena potongannya ga ada sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak, saya pun sering pakai e wallet dan transfer antar bank lewat ATM juga. Yang lainnya belum pernah mencobanya

      Delete
    2. Kalau saya paling sering pakai virtual acoount. Sepertinya harus coba e-wallet deh, saya ini tipenya nggak bisa mudah berubah dari kebiasaan lama. wkwk

      Delete
  2. aku tuh suka bete nih mba kalo mau belanja online eh metode pembayarannya ribet banget hiks

    ReplyDelete
  3. Yang paling banyak selain pakai kartu kredit saat kita melakukan pembayaran biasanya tuh virtual account ya. Kalau belum terbiasa mungkin agak ribet, terutama bagi lansia yang jarang membayar2 dan hal keuangan kayak gini. Tapi buat kamu milenial dan sebagainya, udah gampang dan terbiasa sekali ya.

    ReplyDelete
  4. Sejak ada banyak metode transaksi online, kadang sampai kelupaan gak pegang cash sama sekali, wkwkw. keren yaaa ini terobosan baru.

    ReplyDelete
  5. Aku cuma nyobain metode VA sama e-wallet sih. Enak ya sekarang bisa serba digital yang cashless. Eh Faspay juga bisa bikin invoice online ya?

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya Faspay ini, kita jadi memiliki pilihan yang makin beragam untuk pembayaran online. Kemudahan hidup di zaman now yang harus disyukuri ^_^

    ReplyDelete
  7. Kalo gak e wallet, aku memilih VA mba, soalnya gak ada biaya admin kalo lewat VA hehe

    ReplyDelete
  8. Dari kesemuanya hanya e wallet yg saya pakai. Itu pun cuma satu dan biasa saya pakai virtual akun nya juga aja

    ReplyDelete
  9. Aku paling akrab sama metode payment online yang virtual account dan e-wallet kayak DANA, Shopeepay dan lain-lain itu. Kalau kartu kredit mah pernah pinjem punya teman. Gegara pas beli buku di periplus. Kata temanku ada diskon gitu. Makanya aku pake kartu kredit dia. Hehehee

    ReplyDelete
  10. Aku biasanya selalu pilih metode Virtual Account. Sesekali pakai e-wallet kayak OVO dan Gopay. Yang lainnya aku hindari. Kalau bisa jangan pernah kredit walau mampu bayar. Selama bisa bayar lunas, lunas saja.

    ReplyDelete
  11. Penjelasan mengenai online payment yang kini semakin banyak digunakan dan semakin mudah juga.. Paling seneng sebenernya direct debit ya.. Jadi tinggal verifikasi 2 langkah dan voila.. gak rempong klik klak klik lainnya.

    ReplyDelete
  12. Aku paling sering menggunakan pembayaran e-wallet atau virtual account. Yang paling aman dan nyaman menurut ku, hehehe

    ReplyDelete
  13. Zaman sekarang makin dimudahkan ya customer yang mau melakukan transaksi. Di antara yang sudah disebutin di atas, saya familiar menggunakan Gopay, OVO, Shopeepay, LinkAja.

    ReplyDelete
  14. aku paling demen sih sama metode pembayaran sekarang tuh, apalagi aku anaknya selalu cashless jadi terbantukan sekali kalau jajan atau bebelian tinggal scan, virtual account dan lainnya.

    ReplyDelete
  15. Senangnya ada faspay yang memiliki beragam channel pembayaran terintegrasi dengan mudah dengan keamanan transaksi yang akan menjamin bisnis bisa berjalan lancar.

    ReplyDelete
  16. Segala yang kredit, sudah sekitar 3-4 tahunan saya hindari. Tapi, tetap punya kartu kredit untuk berjaga-jaga. Lebih suka VA sama e-wallet. Tapi, gak semua produk e-wallet saya pakai. Hanya 1-2 produk aja

    ReplyDelete
  17. Dan yang selalu kuandalkan tentunya E-Wallet, dan Virtual Account. Belanja apa aja mudah dan gak ada biaya transfer.

    Eh, virtual account kadang ada ding. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem kak, keduanya tuh simple buat urusan checkout di e-commerce hehe. Cuss disiapkan buat harbolnas hhahah

      Delete
  18. aku kalau gak direct debit, selalu pakai e-wallet deh (baca: Ovo lebih tepatnya, wkwkwk). tapi terkadang kalau gak bisa kedua ini dan pakai virtual account jadinya, hehe

    ReplyDelete
  19. Sekarang paling nyaman bayar2 pakai saldo yang ada di e-wallet. Aoalagi skrg banyak cashback. Hahaha

    ReplyDelete
  20. Metode pembayaran online gini jadi memudahkan berbagai pihak ya ketika melakukan transaksi. Tinggal mana yang nyaman aja bagi usernya ya itu yang disediakan oleh pebisnis.

    ReplyDelete
  21. Direct debit aku belum pernah pakai. Juga, faspay ini. Ternyata sangat memudahkan ya

    ReplyDelete
  22. Saya pake VA sama E wallet, praktis tanpa biaya admin. Apalagi sekarang memang hampir semua pembayaran online memakai ini, jadi lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  23. aku sering pakai mobile banking dan internet bankin mba. Walaupun sudah ngga di Indonesia, tapi saya masih banyak transaksi di tanah air dan berbagai online payment ini memang membantu sekali

    ReplyDelete
  24. Online payment tuh ngemudahin banget, praktis, instan, hemat waktu pula

    ReplyDelete
  25. Pembayaran online sekarang memang lebih simpel gak harus bawa cash. Dan banyak pilihan mana yg memudahkan pelanggan

    ReplyDelete
  26. Makin memudahkan urusan bayar²an apalagi dengan e-wallet sama VA, soalnya gak pakai ribet sih ya

    ReplyDelete
  27. Sekarang serba online termasuk pembayaran dan pembelian.. selama ini aku belum pernah coba semua sih paling virtual lwt mbanking aja

    ReplyDelete
  28. Transaksi online memang lebih praktis kita gak perlu datang atau isi isi blanko cukup tap tap di hp aja

    ReplyDelete
  29. Sekarang itu zamannya tidak takut ketinggalan dompet lagi, takut kalau ketinggalan hp kan ya, Mbak Antung? Kemanapun kalau sudah bawa hp, tetap tenang karena ada uang digital, nah kok uang digital sih *plak. Pembayaran serba digital yang bisa diakses lewat hp, eaaaa

    ReplyDelete
  30. Semudah itu ya . Berbagai pilihan transaksi membuat kita makin gampang memenuhi kebutuhan kita sehari-hari apalagi kebutuhan rumah tangga.

    ReplyDelete
  31. Wah, enak nih kalau ada payment gateway kaya faspay gini. Bayar-bayar jadi lebih mudah dan aman

    ReplyDelete
  32. Virtual account sama e-wallet sih yang saat ini aku sering pakai. Udah jarang ke atm kecuali buat ambil uang aja

    ReplyDelete
  33. Fitur Virtual account, direct debit, credit card, hingga e-wallet masih jd beberapa yang populer ya Mbak sepertinya. Memang semakin ke sini, semakin kita berubah ke arah digital ya. Aplikasi seperti fastpay pun bisa jadi alternatif solusi untuk generasi digital zaman sekarang.

    ReplyDelete
  34. salah satu yang jadi pertimbangan buat belanja online adalah di pembayaran, kalau ribet biasanya ku cancel, hahahaha edisi gagp teknologi, sejauh ini lebih paklai yang e wallet

    ReplyDelete
  35. Semua mencakup hal yang memudahkan pembeli dan penjual dalam skala bisnis online
    Jadi penasaran mau coba pakai juga

    ReplyDelete
  36. Enaknyaaaa hidup d era digital
    Banyak bgt fasilitas yg bs kita manfaatkan yah.
    Termasuk payment ini

    ReplyDelete
  37. Makin ke sini, metode pembayaran yang tersedia di Indonesia tuh makin banyak aja yaa. Jadi gak perlu lagi selalu bawa sejumlah uang tunai ke mana-mana. Tinggal bawa kartu aja, atau gak, siapin smartphone yang selalu on.

    ReplyDelete
  38. Metode pembayaran yang beragam dan juga mudah, bisa banget di zaman digital ini dilakukan. Tetap aman menggunakan faspay gateway.

    ReplyDelete
  39. Secara personal suka banget pake e wallet Mak karena lebih ringkes dan sering ada cashback juga

    ReplyDelete
  40. e wallet kayaknya produk payment paling menguntungkan deh....banyak cashbacknya

    ReplyDelete
  41. Nah.. Benar nihh beberapa payment online sehingga memudahkan customer dalam memilih transaksi pembayaran... Aku paling sering bayar dompet digital atau vo

    ReplyDelete
  42. Gampang ya hidup di masa sekarang. Asalkan punya jaringan internet dan saldo aja bisa tap-tap bayar tagihan dan beli online

    ReplyDelete
  43. Ngerasain banget terbantunya dengan pembayaran online ini. Apalagi pas pandemi dan semua pembatasannya kemarin. Yang penting ada saldo dan sinyal internet bersahabat aja.

    ReplyDelete
  44. Online payment memberikan banyak kemudahan, apalagi yang paylater, bikin semua orang bisa belanja kebutuhan kapanpun. paling banyak dipakai sih selama ini e-wallet, kalau paylater lum pernah pakai

    ReplyDelete
  45. Sebagai orang yang merasa sudah uzur, belajar uang elektronik ini bikin malas juga. Tapi gimana pun, zaman sudah berubah. Dan memang pembayaran lewat e-wallet itu memudahkan sekali.

    ReplyDelete
  46. sampai sekarang aku menghindari banget sih yang namanya Pay Later. takut aja gitu kek kebayang-kebayang punya utang. tapi kalau kartu kredit tentu aja emang gak punya haha

    ReplyDelete
  47. Kemudahan soal pembayaran membuat kita tidak perlu ke ATM pas cuaca panas.tinggal ketak ketik langsung sampai uang transferan

    ReplyDelete
  48. Di zaman digital seperti sekarang ini memang sangat menguntungkan banyak pihak. Sekarang jika dompet tertinggal di rumah, tak perlu khawatir lagi, karena ada e-money (kalau di sini) sama kayak e-wallet kalau di Indonesia.

    ReplyDelete
  49. yess, jaman sekarang, apalagi di kota-kota besar, ketersediaan online payment tuh wajib banget buat pelaku usaha ya, biar memudahkan konsumen dan jadi langganan juga, faspay bisa jadi solusi buat pelaku usaha yaa

    ReplyDelete
  50. Virtual account dan e-wallet sekarang jadi idola, saya pun juga suka, karena gak perlu repot-repot lagi dah ketikkan jumlah yang harus dibayarkan, minim kesalahan juga jadinya ya.

    ReplyDelete
  51. sering juga nih aku mba, sering bayar pakai online payment. lebih gampang soalnya dan yang penting ga kena charge juga bagi pembelinya

    ReplyDelete
  52. Banyak juga metode online payment di Indonesia ya mbak
    Semua ini memudahkan kita dalam melakukan transaksi keuangan ya

    ReplyDelete
  53. jujur emang online payment tuh memudahkan banget ya jadi gak perlu repot repot harus selalu bawa cash gitu

    ReplyDelete
  54. Aku juga pengguna online payment untuk berbagai macam transaksi. Selain lebih mudah juga simpel digunakan, serta cepat tanpa ribet. Transaksi beres dan semua berjalan dengan sukses

    ReplyDelete
  55. makin mempermudah proses transaksi ya, jadi gak repot harus selalu bawa cash

    ReplyDelete
  56. Beberapa kali justru terselamatkan karena metode pembayaran zaman sekarang yang memudahkan, hanya menggunakan alat bayar elektronik. Faspay Online Payment bisa menjadi salah satu yang terpercaya.

    ReplyDelete
  57. Baru tahu dong faspay online payment boleh dicoba buat pembayaran makin praktis dan ga ribet apalagi jaman sekarang

    ReplyDelete
  58. Cashless sekarang emang udah jadi primadona pembayaran² digital. Online payment bikin hidup semakin simple

    ReplyDelete
  59. Setahun terakhir, gaya hidupku berubah banget eh. Transaksi apa pun lebih memilih cashless atau malah online payment saja. Rasanya lebih save dan pencatatan keuangannya pun jadi lebih mudah ketimbang bawa-bawa cash. Ini malah nambah satu layanan lagi nih, Faspay, next time mesti dicoba

    ReplyDelete
  60. Memang sekarang semua serba canggih ya, menurut aku jadi simle ajah sih dan juga aman

    ReplyDelete
  61. Faspay ini semacam e-wallet atau aplikasi yang bisa pakai berbagai macam metode pembayaran online ya Mbak?

    ReplyDelete
  62. Banyak banget pilihannya online payment ini, jadi praktis dan irit waktu.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post