Lagi-lagi Aktor Drama Korea Terseret Skandal

 


Pertengahan Oktober 2021 ini, drama Korea Hometown Cha Cha Cha yang dibintangi aktor Kim Seon Ho menayangkan episode terakhirnya. Drama yang berkisah tentang kehidupan warga Gong Jin ini berhasil meraih rating 12% yang merupakan rating tertinggi dari drama Sabtu Minggu tersebut. Kesuksesan Hometown Cha Cha ini juga semakin menambah kepopuleran Kim Seon Ho yang mulai dikenal sejak memerankan sosok Han Ji Pyeong dalam drama Korea Start Up tahun sebelumnya.

Sayangnya, kesuksesan yang mulai menghampiri Kim Seo Ho si Hong Ban Jang harus ternodai karena tiba-tiba saja muncul rumor skandal tentang dirinya. Rumor tentang aktor yang memaksa mantan pacarnya menggugurkan kandungan ini mulai beredar para 17 Oktober 2021 ketika seorang wanita mengunggah kekecewaannya pada aktor K yang memintanya untuk menggugurkan kandungan dan tidak tidak menepati janji untuk menikahinya. Entah dapat wangsit dari mana media mulai mengaitkan cerita tersebut dengan sosok yang fotonya mirip sekali dengan Kim Seon Ho. Bahkan hanya dalam waktu 1 hari foto yang awalnya diblur malah terang-terangan memperlihatkan sosok Kim Seon Ho sebagai tertuduh.

Kim Seon Ho sendiri hingga saat ini menghilang dan agensi yang menaunginya juga memberikan keterangan untuk mencari lebih jauh kebenaran dari rumor yang beredar. Apakah akhinya rumor tersebut terbukti benar atau merupakan salah satu cara untuk menjatuhkan Kim Seon Ho? Netizen hanya bisa menunggu. Harapannya sih ini semua cuma hoax yang dibuat untuk menjatuhkan nama Kim Seon Ho yang memang lagi naik banget. Meski demikian, dengan adanya skandal yang menyeret namanya, akan sangat berdampak pada kelanjutan karir Kim Seon Ho di masa mendatang. (Kim Seon Ho sudah mengakui skandal ini pada 20 Oktober 2021) 

Skandal yang melanda Kim Seo Ho ini mau tak mau membawa saya menerawang kembali ke beberapa waktu sebelumnya saat beberapa aktor drama Korea juga terseret berbagai skandal. Sebut saja Ji Soo yang dituduh melakukan bullying saat masih di sekolah. Lalu ada Kim Jung Hyun yang perlakuan buruknya saat main drama Time bersama Seo Hyun diungkit lagi berbarengan dengan Seo Yea Ji yang dituduh melakukan manipulasi kepada Kim Jung Hyun yang saat itu masih jadi pacarnya. 

Kasus-kasus yang terjadi pada aktor yang sedang naik daun ini pada akhirnya membuat mereka menghilang dari peredaran untuk introspeksi diri dan menunggu waktu yang tepat untuk kembali. Ironisnya, ternyata belakangan diketahui skandal-skandal yang terjadi tersebut bisa jadi untuk pengalihan publik dan bahkan juga ternyata sebuah kebohongan. Untuk kasus Ji Soo, misalnya, ternyata tuduhan pelecehan seksual yang dilontarkan kepadanya adalah kebohongan semata dari netizen. Sungguh terlalu!

Berbeda dengan di Indonesia, saat seorang aktor di Korea Selatan terjerat kasus dan skandal maka akan sangat berpengaruh pada kelangsungan karirnya. Kontrak iklan bisa dibatalkan, iklan yang sedang berjalan juga bisa diturunkan, dan pastinya juga drama yang rencananya akan dimainkan bisa langsung lepas dari genggaman. Bahkan jika seandainya si aktor terbukti tidak bersalah, untuk bisa kembali ke dunia hiburan dan mengambil hati penonton juga perlu waktu bertahun-tahun. KNetz memang kadang sangat kejam kalau soal sanksi sosial bagi para pesohornya. 

Aktor Drama Korea yang terkena Skandal

Jauh sebelum adanya kasus yang terjadi pada Kim Jung Hyun, Ji Soo dan Kim Seon Ho, sudah ada beberapa kasus aktor yang terkena skandal. Ada yang terkena kasus narkoba ada juga yang terkait skandal pelecehan sesksual. Berikut adalah beberapa aktor yang sempat terkena skandal dalam masa perjalanan karirnya:


Joo Ji Hoon


 

Bagi yang menonton serial Kingdom 1 dan 2 yang ditayangkan di salah satu layanan streaming pastinya tidak asing dengan sosok pangeran yang bertarung melawan zombie di era Joseon. Joo Ji Hoon memulai karirnya lewat drama Princess Hour pada tahun 2006 bersama dengan Yoo Eun Hye. Sayangnya aktor yang satu ini juga terkena skandal narkoba pada tahun 2009 yang membuatnya harus mendekam di penjara selama 6 bulan, 1 tahun masa percobaan dan 120 jam layanan sukarela. 
 
Setelah menjalani hukumannya, Joo Ji Joon menjalani wajib militer dan kembali ke dunia akting pada tahun 2012 lewat film dan drama. Dengan skandal yang menimpanya, tentunya tidak mudah bagi Joo Ji Hoon untuk bisa mengembalikan karirnya. Namun bisa kita lihat sekarang sepertinya keadaan sudah baik-baik saja bagi Joo Ji Hoon karena setelah Kingdom, kita akan bisa menonton aktingnya lagi dalam drama Jirisan bersama Jeon Ji Hyun.
  
 

Park Shi Hoo


 

Pada tahun 2013, aktor Park Shi Hoo dituduh melakukan pemerkosaan kepada seorang aktor muda di kediamannya. Tuduhan ini kemudian dibantah oleh pihak Park Shi Hoo dengan menyebutkan kalau tidak ada paksaan dalam hubungan tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan, memang tidak ditemukan bukti kalau aktor muda ini dipaksa untuk berhubungan dengan Park Shi Hoo. 
 
Tak lama kemudian, aktor yang menuduh Park Shi Hoo melakukan pelecehan seksual kepadanya mencabut tuntutannya. Sayangnya akibat dari pemberitaan dan tuduhan yang diterimanya terlanjur membuat karir Park Shi Hoo berantakan. Selama beberapa tahun, Park Shi Hoo harus hiatus dari dunia akting dan kembali ke dunia hiburan pada tahun 2016 lewat drama berjudul Local Hero.  

 

Park Yoo Chun


 

Sebelum terjun ke dunia akting, Park Yoo Chun atau Micky Yoo Chun adalah member dari JYJ, pecahan dari grup TVXQ yang sangat populer di tahun 2000-an. Sebagai idol yang menjajal dunia akting, Yoo Chun termasuk memiliki akting yang sangat baik dan bahkan menyabet banyak penghargaan dari drama yang dibintanginya seperti Sungkyunkwan Scandal, Rooftop Prince dan I Miss You. 

Sayangnya kesuksesan karirnya harus berakhir ini dengan adanya kasus narkoba yang menjeratnya di tahun 2019. Yoo Chun harus menjalani hukuman penjara selama 10 bulan dan bahkan keluar dari grup JYJ. Meski demikian, Park Yoo Chun  masih berusaha untuk kembali ke dunia hiburan Korea dengan merilis sebuah film independen. Untuk Park Yoo Chun ini, masih belum diketahui apakah kembalinya ke dunia hiburan akan diterima penonton Korea.

 

Kim Hyun Joong 

Nama Kim Hyun Joong dikenal sejak membintangi drama Korea Boys Before Flower sebagai salah satu pentolan dari grup F4 yang dipimpin Gu Jun Pyo yang diperankan Lee Min Ho. Selain berakting, Kim Hyun Joong juga dikenal sebagai member dari idol grup bernama SS501. Di tengah kepopulerannya, di tahun 2015 Kim Hyun Joong tersandung skandal penganiayaan terhadap mantan kekasihnya bahkan juga menghamilinya.
 
Setelah melalui berbagai persidangan dan proses melelahkan, akhirnya di tahun 2018 diketahui kalau tuduhan yang dilayangkan pada Kim Hyun Joong adalah palsu dan wanita yang menuduh Kim Hyun Joong dikenakan denda atas laporan palsunya tersebut. Bahkan tuduhan tentang aborsi dan kehamilan juga tidak terbukti. Meski demikian, tetap saja saat skandal ini terjadi Kim Hyun Joong sudah terlanjur jadi bulan-bulanan Knets dan kehilangan popularitas yang dibangunnya selama bertahun-tahun. 
 

Itulah dia beberapa aktor Drama Korea yang pernah terkait skandal dan tetap berusaha untuk kembali ke dunia hiburan. Ada yang berhasil mengembalikan popularitasnya ada juga yang masih terseok-seok bahkan masih ditolak. Bisa dibilang entah itu benar atau tidak, sebuah skandal akan sangat mempengaruhi keberlangsungan karir seorang pesohor di Korea Selatan sana. Karena itulah mengapa penting sekali bagi seorang aktor untuk menjaga reputasinya di depan publik. Namun tentunya hal tersebut tidak hanya berlaku bagi artis namun juga bagi kita sebagai pribadi yang pastinya memiliki brandingnya sendiri di depan orang-orang yang kita kenal.

15 Comments

  1. Ji Soo kalau yang bully itunkatanya sih benar, yg pelecehan yang hoax... Aku sebenarnya dulu menanti drama baru Seo Ye Ji, eh malah ada skandal dan ternyata pengalihan isu... Semoga rumor Kim Seon Ho segera terselesaikan, masih pengen lihat dia main drama
    Indonesia kena skandal malah tambah naik ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo yang pelecehan ya yang bohong? Tapi ya itu karirnya sudah terlanjur berantakan ya gara-gara skandal ini

      Delete
  2. aku lama nggak update berita artis korea, dan nggak nyangka kalau joo ji hoon pernah kena skandal sampe di penjara. nggak nyangka banget
    dan band SS501 pas awal awal dulu suka dengerin, dan nggak nyangka juga kalau membernya juga pernah ada skandal

    media korea emang kejam ya, aku tau nya juga baca berita akhir akhir ini, kalau di indo malah jadi bintang tamu dimana mana

    ReplyDelete
  3. Sebenernya bagus juga kalo artis yg terkena skandal, langsung redup kena sanksi sosial. Tapi repot dan kasihan kalo ternyata gosip yg telanjur dihembuskan ternayta bohong ya :(. kok kayak merampas piring makan orang lain .

    Kecuali kalo udah bener2 terbukti, ya silahkan diksh sanksi sosial. Aku sendiri Krn jarang bisa ngefans bener2 Ama aktor / aktris, jadinya pas ada berita begini, tetep biasa aja, ga kecewa ATO gimana. Jujur akupun tetep msh ga nolak utk nonton drama2 lawas si aktor. Krn selama ini toh aku melihat aktingnya, bukan orangnya.

    Berharap yg terbaik ajalah buat aktor K.

    ReplyDelete
  4. Sebagai veteran penggemar drakor sejak 2003, saya udah kebal sama kejadian-kejadian kayak gini. Saya selalu tanamkan prinsip, I am a woman before oppa's fan. Hehehe. Jadi, kalo ada aktor yang kayak begini nih attitudenya, mau seganteng apapun langsung saya skip.

    ReplyDelete
  5. Agak sebel juga sih sama budaya cancel culture disana. Okelah, memang kesalahan yang dibuat itu harus dipertanggungjawabkan. Tapi kalo sampe jadinya penghakiman sepihak, lalu dilanjut dengan pembatalan berbagai kontrak... sementara kasusnya sendiri belum ditentukan bersalah atau tidak. Ini sudah kelewat bias.

    Lagipula, saya percaya bahwa tiap orang harusnya punya kesempatan untuk memperbaiki diri. Sedih, kalo karir yang nanjak harus hancur karena dosa masa lalu yang belum selesai.

    ReplyDelete
  6. Korea tu ya benar-benar berat sangsi sosialnya. Ada skandal, nggak perduli sedang naik daun atau apa langsung bisa hilang. Jadi efek jeranya tu ada.

    Yah, mesti kadang ada lagi dan lagi. Tapi ya gitu. Langsung ilang jejak ketenarannya. Bakal susah buat naik ke puncak lagi.

    ReplyDelete
  7. Ndak ngikutin drama korea, pas kemarin berseliweran berita skandal Kim Seon Ho ngga ngikutin sampai selesai, pas juga hari ini BW ke blognya mbak Antung. Terjawab sudah deh alur berita skandalnya. Duh kah ya, kalau sudah terkenal memang terpaan anginnya kencang juga. Jadi kudu hati-hati dalam bertindak.
    Thanks for sharing mbak Antung ^^

    ReplyDelete
  8. Aku sedih banget denger KSH kena skandal krna yg aku tktkan dia gak akan main film lagi. Padahal aku suka sekali aktingnya dan parasnya wkwkwkw
    Diantara aktor yg disebut diatas memang mnrtku yg punya look perfect itu KSH wkwkwk.

    ReplyDelete
  9. Sanksi sosial di Korea itu memang sadis
    Aku setuju sih kalau salah harus bertanggung jawab, tapi di sisi lain ya kasihan juga kalau sampai langsung tamat karirnya pas lagi naik daun. Khusus untuk KSH aku pikir ya salah dua-duanya, Sayangnya jalur yang ditempuh sama si cewek malah yang begini, padahal mungkin kalau dibicarakan baik-baik masih bisa. Toh sama-sama orang dewasa yang melakukan dengan penuh kesadaran

    ReplyDelete
  10. Aku yang masih sayang banget aktor kena skandal tuh Jo Ji Hoon. Keliatan bangetttt anak baik. Tapi setelah cb di Item dan cakep banget actingnya di Kingdom.

    Tapi emang, knetz tuh.. Aduh, kejam rekasinya kalau soal pelecehan seksual, narkoba, sama bully. Tp ya, bisa dibenarkan. Ngaish efek jera

    ReplyDelete
  11. Ramai banget ya skandal ini. Semua pada komentar. Pada bikin konten yang nyangkut ini. Sayang banget nama besarnya Kim Seo Ho ternodai skandal di tengah drakornya yang meroket.

    ReplyDelete
  12. Di Korea itu ya, kalau aktor atau aktrisnya terserer skandal langsung hilang dari peredaean. Benar-benar sanksi yang kuat di sana. Gak ada tempat lagi untuk orang-orang yang memiliki kasus berat gitu.

    ReplyDelete
  13. Kenapa pas udah terkenal banget yaa baru terungkap semuanya, gak dari dulu aja gitu.. Bahkan kejadian yang udah berpuluh-puluh tahun baru ketahuan sekarang misalnya.. Serasa kariryang udah dibangun baik-baik hancur seketika..

    ReplyDelete
  14. Wah sudah ada beberapa nama juga ternyata sebelumnya ya. Masyarakat Korea cukup kritis dan anti ya kalau ada aktor yang kena skandal gini, bisa langsung blacklist gitu mereka.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post