Ketika Aktor Korea Terjebak Toxic Relationship

Dunia selebritis Korea selama beberapa bulan terakhir sedang gonjang-ganjing. Berbagai kasus dan skandal bermunculan entah terkait artisnya maupun dramanya. Mulai dari kasus bullying, drama yang harus distop karena dinilai menghina sejarah hingga yang terbaru hubungan toxic relationship yang sempat dijalin dua artis yang sedang naik daun yakni Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji.

Cerita ini bermula dari munculnya kabar kalau Kim Jung Hyun terlibat cinta lokasi dengan Seo Ji Hye, lawan mainnya di drama Crash Landing On You yang sukses besar tahun 2019 lalu. Awalnya kabar ini dibantah oleh agensi Seo Ji Hye namun kemudian Dispacth membeberkan foto-foto bukti kencan keduanya. Belakangan berita malah tambah melebar ke masalah kontrak Kim Jung Hyun dengan agensinya. Jadi ceritanya Kim Jung Hyun ingin pindah ke agensi Seo Ji Hye namun agensi Kim Jung Hyun tidak menyetujui hal tersebut karena Kim Jung Hyun masih ada hutang kontrak 11 bulan karena dirinya pernah disebutkan mengalami gangguan kesehatan mental di tahun 2018.

Nah, dari masalah kontrak ini, bola salju semakin membesar ke drama yang pernah dibintangi Kim Jung Hyun tahun 2018 lalu bersama member SNSD, Seo Hyun berjudul Time. Drama ini sempat menjadi pembicaraan karena Kim Jung Hyun bersikap dingin kepada Seo Hyun di konferensi pers drama dan malah kemudian mundur dari drama dengan alasan kesehatan mental. Dan ternyata terkuaklah kalau perubahan sikap Kim Jung Hyun saat drama Time itu katanya karena permintaan sang pacar yang tak lain adalah Seo Ye Ji yang mulai dikenal sejak memerankan sosok Go Moon Young dalam drama It's Okay To Not Be Okay. Wow banget ya ceritanya.

Ketika Aktor Korea Terjebak Toxic Relationship

Berdasarkan bocoran percakapan chatting yang dibagikan Dispatch, terlihat bagaimana Seo Ye Ji melarang Kim Jung Hyun untuk melakukan adegan skinship dengan lawan mainnya bahkan juga ke staff drama. Hal inilah yang kemudian membuat Kim Jung Hyun meminta perubahan skrip naskah dan menolak semua adegan skinship sehingga cerita yang semula bergenre romantis malah nggak ada adegan romantisnya sama sekali. Bahkan kata staff di drama tersebut, Seo Hyun sering menangis selama drama akibat perlakuan Kim Jung Hyun dan setelah drama berakhir Seo Hyun hiatus selama 2 tahun sebelum membintangi drama baru.

Perkembangan terakhir dari kasus ini, Kim Jung Hyung akhirnya menuliskan permintaan maafnya kepada seluruh staf drama Time dan juga Seo Hyun. Di lain pihak, agensi Seo Ye Ji juga telah mengeluarkan pernyataan yang secara tidak langsung membenarkan hubungan Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji di masa lalu. Entah bagaimana kelanjutan dari kasus ini ke depannya, namun pastinya hal ini akan mempengaruhi karir baik Kim Jung Hyun maupun Seo Ye Ji. Apalagi seperti yang kita tahu dunia entertaimen Korea Selatan itu keras banget. Kena skandal sedikit saja bikin artisnya hiatus bahkan mundur dari dunia hiburan. Tidak seperti dunia entertaimen kita yang makin banyak skandal malah makin eksis artisnya.

Saya sendiri secara pribadi sangat menyayangkan skandal yang terjadi antara 2 aktor yang sedang naik daun ini. Baik Seo Ye Ji maupun Kim Jung Hyun memiliki kemampuan akting yang baik. Saya bahkah jatuh cinta sama akting Seo Ye Ji di drama It's Okay To Not Be Okay yang kemudian membuatnya mendapat nominasi Baeksang Award 2021 untuk pemeran utama wanita terbaik. Yah, mari kita berharap skandal ini cepat selesai, ya. 

 

Tentang toxic relationship 


Kembali lagi ke cerita toxic relationship yang kabarnya sempat dialami oleh Kim Jung Hyun. Saat ini bisa dibilang toxic relationship ini sudah cukup sering dibahas di berbagai media entah itu portal berita hingga blog pribadi. Sesuai dengan sebutannya, toxic relationship merupakan sebuah hubungan tidak sehat sebagai akibat dari dominasi salah satu individu yang bisa berakibat pada terganggunya kesehatan seseorang baik fisik maupun mental. Toxic relationship ini bisa terjadi pada pasangan kekasih, suami istri, keluarga dan juga pertemanan.

Ironisnya,orang-orang yang menjalani sebuah toxic relationship kadang tidak sadar kalau mereka terjebak dalam sebuah hubungan yang tidak sehat. Hal ini disebabkan kuatnya dominasi dari si toxic ini sehingga membuat mereka merasa perlakuan yang diberikan kepadanya merupakan hal yang normal. Kalaupun mereka sadar dengan hubungan tidak sehat yang dijalaninya, mereka kadang kesulitan keluar dari hubungan karena sudah terlalu bergantung dengan pasangannya.

Beberapa tanda bahwa seseorang terjebak dalam toxic relationship antara lain:

Selalu dikontrol oleh pasangan

Salah satu tanda yang bisa dikenali dari sebuah toxic relationship adalah adanya dominasi salah satu pihak sehingga bisa membuatnya mengontrol pasangannya. Dalam hal mengontrol pasangan ini bisa dalam bentuk larangan untuk berteman atau melakukan kegiatan hingga paksaan untuk mengikuti kemauan pasangannya ini. Dalam kasus Kim Jung Hyun bisa dilihat Seo Ye Ji mengontrol pasangannya dengan melarang Kim Jung Hyun melakukan adegan skinship dengan pasangan di drama.

Sulit menjadi diri sendiri

Mereka yang terjebak dalam toxic relationship biasanya sulit menjadi dirinya sendiri karena hidupnya sudah dikontrol pasangannya. Setiap tindakan yang dilakukan akan diawasi dan diatur oleh pasangan yang mendominasi. Bahkan untuk menyampaikan pendapat saja mungkin tidak akan mudah bagi mereka yang terjebak toxic relationship ini. 

Tidak mendapat dukungan dan selalu direndahkan

Dalam hubungan yang sehat, biasanya pasangan akan saling mendukung. Kalaupun ada perbedaan pendapat di antara pasangan, akan bisa diselesaikan dengan baik. Sayangnya mereka yang terjebak dalam toxic relationship biasanya tak mendapat dukungan atas tindakan yang dilakukannya. Alih-alih mendukung, malah pasangan yang toxic akan merendahkan pasangannya yang pastinya akan membuat mereka yang terjebak dalam hubungan ini merasa kehilangan kepercayaan diri.

 

Curiga berlebihan dan posesif

Ciri lain dari toxic relationship adalah adanya curiga yang berlebihan dan sifat posesif dari salah satu pasangan. Dalam sebuah hubungan, rasa cemburu sebenarnya merupakan hal wajar bahkan kadang diperlukan. Namun jika rasa cemburu sudah mengarah ke posesif sehingga membuat pasangan tak nyaman itu artinya hubungan sudah tak sehat lagi. 


Adanya kekerasan fisik

Pasangan suka memukul? Fix banget hubungan tersebut adalah toxic relationship yang harus segera diakhiri kalau mau selamat. Banyak sekali cerita tentang kekerasan dalam sebuah hubungan yang berakhir dengan salah satu pasangan menjadi korban fisik bahkan jadi meninggal.


Mengenal ciri-ciri orang toxic


Orang-orang dengan bakat toxic bisa kita temukan di mana saja. Entah itu di lingkungan pertemanan, lingkungan kerja hingga di lingkungan keluarga. Ironisnya, kadang sifat toxic yang dimiliki seseorang tidak langsung muncul ke permukaan. Kadang sifat toxic itu baru dirasakan setelah sebuah hubungan terjalin dan si korban sudah terjebak didalamnya.

Meski demikian setidaknya ada beberapa tanda yang bisa kita lihat dari orang-orang yang memiliki sifat toxic. Lalu bagaimana caranya kita mengetahui kalau kita sedang berinteraksi dengan orang yang toxic? Berikut beberapa tandanya:

Jika kita terlibat perbincangan dengan orang tersebut, kita merasa tak nyaman, lelah, takut hingga pesimis

Orang-orang yang memiliki bakat toxic biasanya memiliki sifat-sifat yang tidak menyenangkan seperti suka memanipulasi orang, merendahkan dan hingga menjelek-jelekkan orang lain. Bayangkan jika kita terlibat perbincangan dengan orang seperti ini, pastinya akan merasa tak nyaman dan lelah mendengar ocehannya.


Sering mengeluh bikin capek yang mendengar

Mengeluh atas sesuatu mungkin hal yang wajar. Namun jika semua hal dikeluhkan alangkah menyebalkannya bukan mendengarnya? Orang yang memiliki sifat optimis takkan menghabiskan waktu mereka untuk mengeluhkan berbagai hal. Alih-alih mereka akan mencari solusi dari permasalhan yang dihadapi.

Suka mendramatisir dan membesar-besarkan masalah kecil hingga memicu konflik?

Ciri lain dari orang yang toxic adalah suka mendramatisir masalah yang kecil hingga berpotensi menjadi konflik. Masalah kecil seperti air keran yang lupa dimatikan bisa menjadi masalah besar yang memicu pertengkaran. Padahal jika kita hanya perlu mematikan keran air tersebut dan mendiskusikannya belakangan di saat yang lebih nyaman.  


Kerap mencari-cari kesalahan dalam diri orang lain

Siapapun takkan senang jika dirinya disalahkan atas sebuah kejadian. Tanpa disalahkan pun, seseorang yang melakukan kesalahan pasti akan merasa tak nyaman dan bersalah. Nah, bagaimana jika ada yang selalu sengaja mencari-cari kesalahan dalam diri kita hingga membuat kita merasa down dan depresi? Pastilah orang ini bukan orang yang baik untuk menjalin hubungan karena akan mengganggu kesehatan mental kita.  


Sebuah hubungan seharusnya memberikan kebahagiaan bagi mereka yang menjalaninya. Jika dalam sebuah hubungan dirasakan ada ketidaknyamanan, maka perlu dilakukan evaluasi dalam hubungan tersebut agar mereka yang menjalaninya bisa memperbaiki diri. Tentang toxic people sendiri, saya tidak tahu apakah mereka ini bisa sembuh dari sifatnya itu dan menjalani hubungan yang lebih sehat. Agar tak terjebak dalam sebuah hubungan toxic, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah sebisa mungkin menghindari berhubungan dengan orang toxic apalagi jika kita memiliki kepribadian yang rentan dimanipulasi. Teman-teman sendiri, ada cerita tidak tentang orang-orang toxic atau toxic relationship?

 

Sumber :

https://www.alodokter.com/hati-hati-ini-tanda-kamu-terjebak-dalam-toxic-relationship

https://www.sehatq.com/artikel/ini-dia-ciri-ciri-toxic-people-yang-harus-anda-hindari

Baca Juga

Post a Comment

23 Comments

  1. Aku juga ngikutin masalah ini Mba, kalo dipikir-pikir kan kita ga tau ya yang bener yang mana soalnya simpang siurnya banyak banget dan sampe dispatch bisa dapet isi chat-an para aktor-aktris itu hebat banget deh kekuatannya mereka. Ngeri banget....

    Terlepas dari itu toxic relationship tuh terkadang terlambat untuk disadari deh Mba kayaknya. Kadang kita sendiri ga sadar kalo terjebak di toxic relationship, pas baca ciri2 yang Mba share kayaknya kok pernah ngalamin ya tapi ga sampe kekerasan juga untungnya dan bisa lepas karena belum terlalu "bucin" itu kali ya... tapi banyak juga yang tetep ga bisa melepas pasangannya hanya karena "udah terlanjur"

    ReplyDelete
  2. Oh, jd jelas skr cerita Kim Jung Hyun ini. Aku sempet baca selintas, jd ga terlalu ngerti kronologinya. Semoga bisa cepet selesai yaaa. Akupun ngefans bgt Ama mereka berdua mba.

    Toxic relationship, aku prnh ngalamin ini dulu. Sebelum Ama suami. Jadi si ex super duper posesif, cemburuan dan maunya full control. Tp ga prnh main fisik. Awal2 aku seneng, Krn mikirnya itu tanda sayang. Lama2 capeek mba. Bahkan kami sdg naik motor, aku dibonceng belakang, trus dia bisa2nya nuduh aku ngeliat cowo di jalanan yg kami lewati . Kliatan dr spion katanya. Cowo yg mana yg dimaksud aja, aku ga tau mba. Ya namanya naik motor, kita pasti ngeliatin jalanan, tp cm sekedar liat, bahkan kdg ga tau yg diliat apa aja.

    Itu awal aku ngerasa mulai capek. Krn tuduhannya makin lama makin sinting. Dibuat2. Aku sedang ujian, jd hp ga aku hidupin. Dia nelpon ternyata, eh marahnya luar biasa pas aku ga jawab. Lgs aja main maki sembarangan, aku cewe ga bener yg sdg bareng cowo lain. Lebih kasar lagi makiannya , itu aku perhalus :p.

    pertama kali denger dia maki aku, lgs saat itu aku tau kami hrs pisah. Ga bagus trus2an gitu. Akunya tersiksa juga hrs setiap saat mikirin dia, ngutamain dia, tanpa boleh mikirin urusanku.

    Ga lagi2 terjebak Ama hubungan gitu. Buat wanita yg ngalamin hubungan ga sehat, mnding berani deh utk akhirin hubungan. Apalagi kalo pasangan mulai kasar, secara verbal ato non verbal, ga worth it yg begitu kita pertahankan. Kalo di awal dia mulai maki, ga nutup kemungkinan dia bakal berani main fisik.

    ReplyDelete
  3. aku jadi tim penyimak dulu dari pusaran skandal ini...Kalo dari Kim Jung Hyun sendiri sudah minta maaf ke semua pihak, dari Seo Ye Ji pun agensi sudah angkat bicara, walaupun begitu testimoni aktrisnya masih ada saja baik dengan berita negatif maupun positif.


    Tapi benar sih, dari kejadian ini, kita bisa belajar tentang toxic relationship. Bisa terjadi di antara pasangan, teman, maupun keluarga. Untuk keluar memang awalnya susah, tapi mau ga mau ya harus berani mencoba keluar dari lingkungan tersebut....

    ReplyDelete
  4. Waktu awal skandal ini terkuak aku rada bingung apakah drama TIME ini lagi on going atau enggak. Eh ternyata udah dari tahun 2018. Terus mikir lagi kok baru sekarang viralnya? Eh ternyata gara-gara masalah sama agensi juga ya. Ngeri juga ya dunia entertainment di Korea. Kalau salah sekali langsung dicari-cari kesalahan lainnya.

    Aku pun baru ngefans sama Seo Ye Ji pas drama IONTBO dan cukup syok pas tau berita ini. Semoga skandalnya cepat selesai.

    Kalau soal toxic relationship pernah ngalamin pas SMA. Dan langsung putusin wkwkwk.

    ReplyDelete
  5. Saya nggak ngerti apa-apa soal skandal ini, tapi dari sisi toxic relationship, menurut saya dari pengalaman pribadi, itu karena diri sendiri yang kurang tegas dan terlalu memberi ruang bagi orang lain yang mengambil alih.

    I've been there, dan seperti berada di zona nyaman aja ketika ada orang yang memberi tahu what we should do. Padahal, belum tentu itu benar.

    Takes a while sampai saya menyadari kalau, hei, this is my life & I must take full responsibility of it. Nggak mudah awalnya untuk membiasakan tegas sama diri sendiri. Sampai sekarang pun masih belajar dan terus belajar.

    ReplyDelete
  6. Duh dulu belum ngerti namanya toxic relationship. Tapi setelah baca ini dan ingat-ingat kembali, paling sering ngalamin yang namanya masalah kecil didramatisir dan dibesar-besarkan.

    Seperti nggak nanya kabar sehari saja dianggap selingkuh. Padahal dia tahu saya sedang dinas ke luar kota, dan sudah dibilang susah sinyal.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget bahwa Toxic Relationship kerap tidak disadari oleh sang korban.
    Tapi aku tetap salut dengan si pengendali. Bagaimana ia bisa mengambil kendali sepenuhnya atas diri orang lain (dalam hal ini pasangan) yaa..?

    Berarti hidupnya 24/7 untuk fokus memperhatikan seseorang tersebut yaa..
    Jadi mirip stalker, tapi ini uda resmi jadi pacar.

    Aku sakit hati pas di kasus ini karena menyeret nama Yunho dan Kim Seon Ho siih..
    Masalah ini lebih menyakitkan hatiku karena gara-gara 1 perempuan, persahabatan mereka sempat terancam.
    Huhuu...sedihsedihsedih.

    ReplyDelete
  8. Kaget banget awal baca berita tentang Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji ini, soalnya belum lama baca kabar kalau Kim Jung Hyun terlibat cinta lokasi dengan Seo Ji Hye, eeh kok muncul nama Seo Ye Ji. Semoga kasus ini berakhir baik yaa, dan gak ada yang karirnya jatuh karena masalah ini

    ReplyDelete
  9. Sering baca tentang toxic relationship dan geleng geleng kepala kok orang bisa bertahan di kondisi hubungan nggak sehat begitu.. traumanya lama sembuhnya.. everyone deserve to be happy.. so akhiri deh hubungan gak sehat kayak gini..

    ReplyDelete
  10. orang yang toxic aja akan buat orang lain gak nyaman ya, apalagi punya pasangan atau menjalani hal seperti itu ya.
    yang ada tiap hari makan hati jadinya ya.

    ReplyDelete
  11. Baca ini saya jadi pengen bilang kalau misal mbak lihat tingkah saya seperti toxic, maka segera tegur. Karena bisa saja saya tidak menyadarinya juga.
    Saya jadi flashback kalau dulu calon saya pergi karena mungkin saya mengatur ini itu padahal belum menikah, haha

    ReplyDelete
  12. Dewi baru ngikutin mbak kalau artis korea. Ternyata mereka yang sedang naik daun mengalami toxic relationship ya...

    ReplyDelete
  13. Mungkin ga sih orang itu cuma toxic pada pasangannya tapi selalu tampil positif di depan teman dan rekan kerjanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, mbak. soalnya kan kadang baru ketahuan ketika sudah menjalin hubungan

      Delete
  14. Kalau sudah masuk ke toxic relationship sebenernya sulit untuk keluar, terutama untuk si yang di gituin mba. walau sadar tapi kalau cewek dengan "main perasaan dan sifat superhero"nya muncul ya udah :))) hehehe

    yg jelas kasus ini banyak banget sih tertuama anak2 muda, yaa yg dewasa jg ada. makanya perlu dikasih semangat untuk bisa move on nih untuk yg mengalami

    ReplyDelete
  15. berita ini asli bikin aku penasaran karena rame banget di sosmed
    ternyata sampe segitunya ya, kalau menjalin hubungan dengan sesama pekerja seni atau dibidang yang sama, apalagi jadi artis, pasti ada sikut sikutannya atau saling menjatuhkan
    nnah apalagi yang berpasangan atau ada hubungan pacaran kayak gini,sikap cemburu pasti ada aja
    ngeri juga ini beritanya

    ReplyDelete
  16. sedih banget ya bacanya?

    konon Kim Jung Hyun mau bunuh diri waktu diputusin Seo Ye Ji

    segitunya pengaruh toxic relationship

    ReplyDelete
  17. Toxic relationship ini bisa mencapai level ekstrim. Tapi masih banyaknyang kadang sulit untuk mengakhiri. Hingga akhirnya merugikan diri sendiri. Kalau hubungan sudah nggak sehat, lebih baik segera akhiri. Krn kl makin lama dibiarkan, memang makin sulit lepas. Aku pernah mengalaminya. Alhamdulillah sekarang sdh bebas.

    ReplyDelete
  18. Duh kok aku jadi kasian sama yg disebut toxic yaa kak. Dia butuh terapi banget ya ituu. Kasian kalau ditinggalin terus sama orang2 yang disayanginyaa. Dia butuh mengekspresikan sayangnya dengan wajar ya ngga sih

    ReplyDelete
  19. Betapa berbahayanya toxic relathionship ya ehhehe aku sendiri pilih mengakhiri, Tapi asli artis sana Korea itu kok gampang banget pada stress dan depresi ya banyak pula cerita drakor yang bunuh diri gitu-gitu.

    ReplyDelete
  20. Sayang banget neh ama karier Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji, kebetulan aku juga akting Seo Ye Ji di It's Okay To Not Be Okay karena totalitas banget. Tapi katanya sih ini belum terbukti kebenarannya.

    ReplyDelete
  21. toxic relationship ini mesti banget dideteksi dr awal emang ya, biar ga merugikan ke depannya. TFS mbak

    ReplyDelete
  22. wahh iya, aku sedih banget baca berita ini
    kasiahan Kim Jung Hyun, padahal karirnya lagi bersinar terang
    nggak nyangka klo SYJ bisa seeprti itu

    ReplyDelete