Cara Mudah Menemukan Kost yang Nyaman di Reddoorz



Cara Mudah Menemukan Kost yang Nyaman


Cara Mudah Menemukan Kost yang Nyaman - Saat harus berada jauh dari kampung halaman, pastinya membuat kita harus mencari tempat tinggal baru untuk ditempati, apalagi jika harus berdiam cukup lama di kota yang baru ditinggali. Ada beberapa pilihan yang bisa diambil saat harus mulai dari menyewa rumah kontrakan, apartemen hingga tempat kost. Pastinya ada banyak cerita dalam proses pencarian tempat tinggal baru ini. Entah itu dari proses pencariannya hingga mungkin hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih tempat kost untuk ditinggali.

Saya sendiri juga pernah tinggal di kost saat kuliah dulu. Jadi ceritanya beberapa tahun lalu, saya diterima di jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat yang berlokasi di kota Banjarbaru. Sebagai warga kota Banjarmasin, saya memiliki 2 pilihan. Tetap tinggal di Banjarmasin dan kuliah PP dengan jarak 36 km setiap harinya atau menjadi anak kost dengan tinggal di kota Banjarbaru. Tentunya saya memilih opsi kedua karena bagi saya berkendara atau naik angkutan umum ke kota Banjarbaru itu lumayan melelahkan. Apalagi saya orangnya gampang banget ketiduran kalau naik motor. Bahaya banget pastinya kalau harus naik motor setiap hari.

Bersama dengan 2 orang teman SMA yang juga lulus di Unlam (sekarang ULM) saya pun mencari tempat kost yang akan saya tinggali selama kuliah di Banjarbaru. Kebetulan ayah dari salah satu teman saya hari itu sudah menemukan tempat kost untuk kami sehingga kami hanya perlu datang untuk mengecek tempat kost tersebut apakah cocok atau ingin mencari tempat kost lain.

Baca juga : Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas? Yuk Lihat Perbandingannya


Setiba di depan komplek yang disebutkan, kami pun berjalan menuju lokasi tempat kost yang dimaksud. Jalan utama dari kos-kosan yang akan kami datangi sebenarnya berada di depan gerbang Unlam. Namun untuk kost yang akan kami datangi masih harus berjalan sekitar 1 km lagi. Tempat kost yang kami datangi sendiri merupakan sebuah rumah dengan 6 kamar di bagian samping rumah. Kamar mandi disediakan 2 buah untuk dipakai oleh seluruh penghuni kos sementara untuk dapurnya .

Selama beberapa waktu tinggal di kost itu saya dan teman-teman lain cukup merasa nyaman. Namun rupanya ada sedikit masalah yang lumayan mengganggu, yakni air yang kadang tidak mengalir. Posisi rumah yang berada di tanjakan jalan membuat kadang kami tidak kebagian air PDAM terutama jika aliran sedang lambat. Akibatnya kadang kami harus menumpang mandi ke tempat kost teman kuliah deh.

Akhirnya, pelan tapi pasti beberapa dari kami memutuskan untuk pindah dan mencari tempat kost lain. Saya dan 2 orang teman memilih tempat kost baru yang berada 2 gang dari tempat kost lama sedangkan teman kos yang lain ada memilih tinggal di rumah keluarganya ada juga yang pindah ke asrama.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat kos

Memilih tempat kost pastinya tak jauh berbeda dengan memilih rumah tempat kita tinggal. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan sebelum memilih tempat kost. Mulai dari kenyamanan, lingkungan sekitar hingga anggaran yang dimiliki. Biasanya semakin lengkap fasilitas yang dimiliki sebuah tempat kost, maka biaya sewa bulanannya juga semakin mahal. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih kost:

Lokasi kost

Lokasi menjadi pertimbangan pertama dalam memilih tempat kost bagi mereka yang merantau. Sebaiknya pilih tempat kost yang lokasinya tak jauh dari tempat kita bekerja atau kuliah. Tentunya dengan memilih tempat kost yang dekat dengan tempat kerja ini akan mempersingkat waktu tempuh yang harus dilewati saat akan bekerja.

Selain dekat dengan tempat kerja, kost yang dipilih sebaiknya juga berada tak jauh dari fasilitas publik seperti pasar, mal hingga rumah sakit. Kalau bisa juga tempat kost yang di tinggali mudah dicapai dengan menggunakan angkutan kota sehingga kita tak perlu capai jalan kaki atau

Fasilitas Kost

Beberapa fasilitas yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah kost adalah tempat tidur, lemari dan bisa juga AC. Tentunya akan lebih baik jika fasilitas yang diberikan bisa lebih banyak seperti jetersediaan wifi atau kulkas untuk menyimpan bahan makanan. Selain itu kita juga bisa mengecek apakah tempat kost yang dipilih memiliki dapur dan kamar mandi tersendiri atau bergabung dengan penghuni yang lain.


Kebersihan dan kenyamanan

Hal lain yang pastinya juga menjadi pertimbangan dalam memilih tempat kost adalah kebersihan dan kenyamanan tempat kost yang ditinggali. Kebersihan ini bisa pada kamar mandi bersama yang digunakan juga lingkungan tempat kost. Akan lebih bagus lagi jika pemilik kost menyediakan jasa kebersihan untuk tempat kost yang ditinggali.

Lingkungan sekitar kost

Lingkungan sekitar tempat kost pastinya juga menjadi pertimbangan dalam menentukan tempat kost yang akan kita tinggali. Jika kita berstatus mahasiswa, pastinya akan lebih nyaman jika lingkungannya berada dekat kampus dan sesama mahasiswa. Sedangkan jika berstatus karyawan mungkin bisa lebih fleksibel dalam memilih lokasi tempat kost. Namun satu hal yang pasti kita harus memastikan lingkungan sekitar tempat kost adalah lingkungan yang aman.

Budget sewa kost

Hal terakhir namun bisa menjadi penentu dalam pemilihan tempat kost adalah budget yang dimiliki. Tentunya sebagai perantau kita harus bisa menyesuaikan biaya sewa kost dengan gaji bulanan atau uang bulanan yang dimiliki.

Baca juga : Mau Cari atau Jual Rumah Murah di Bandung? Ini Informasinya

Berbagai cara menemukan tempat kost idaman

Jaman saya masih kuliah dulu, menemukan tempat kost bisa dilakukan dengan melakukan survey langsung ke lapangan, informasi dari teman atau saudara yang pernah tinggal di daerah tersebut atau bisa juga melalui iklan di media cetak. Bagi mencari kost dengan survey langsung ke pastinya cukup melelahkan karena kita harus mendatangai tempat kost satu persatu dan mengeceknya sebelum akhirnya bisa cocok dengan salah satu tempat kost.

Untungnya, seiring dengan perkembangan teknologi kini lebih mudah bagi kita untuk bisa menemukan tempat kost sesuai dengan keinginan. Ada cukup banyak website dan aplikasi yang menyediakan jasa pencarian tempat kost di berbagai daerah. Tinggal di kolom pencarian maka website tersebut akan memunculkan tempat kost yang bisa kita pilih untuk

Beberapa website penyedia jasa pencari tempat kost antara lain

1. www.yukstay.com

Yukstay merupakan website yang menyediakan tempat kost berupa apartemen. Karena yang disediakan adalah apartemen, bisa dibilang fasilitas yang disediakan lebih lengkap mulai dari perabotan dalam apartemen hingga pastinya fasilitas apartemen itu sendiri seperti kolam renang, playground, gym dan fasilitas apartemen lainnya.

Lewat Yukstay ini kita bisa memilih kost dengan sistem whole unit atau dengan sistem co-living. Sistem sewa whole unit yakni sewa apartemen seluruh ruangan alias satu unit dengan fasilitas full furnished atau sudah terisi perabotan. Sedangkan sistem co-living adalah konsep tinggal di apartemen dengan sharing dengan penyewa yang lain.

Sharing yang dimaksud yaitu penyewa bisa tinggal di kamar private lengkap dengan segala perabotan di dalamnya. Namun untuk kamar tamu, dapur, kamar mandi (tergantung jenis unit, ada yang private bathroom dan shared bathroom) dan balkon bisa dinikmati seluruh penyewa yang ada dalam satu unit. Untuk sistem pembayaran, penyewa cukup membayar harga satu kamar.

Selain berkunjung lewat websitenya, kita juga bisa mendownload aplikasi yukstay untuk bisa menemukan tempat kos yang diinginkan.


2. www.infokost.id

Website www.infokost.id menyediakan jasa sewa kost, apartemen dan villa yang tersebar di berbagai kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan kota lainnya. Di infokost.id kita bisa memilih tempat kost sesuai dengan kriteria yang dimiliki mulai dari budget, lokasi, hingga fasilitas tempat kost. Pada setiap lokasi yang kita pilih akan diberikan foto dari kamar yang disewakan, keterangan ukuran kamar, fasilitas tempat kos hingga fasilitas publik terdekat.

3. www.cari-kos.com

Website lain yang bisa menjadi pilihan dalam mencari kost adalah www.cari-kos.com. Di cari-kos.com kita bisa mendapatkan tempat kost mulai dari harga 500 ribu - 2 juta rupiah. Pada setiap tempat kos yang dipilih kita bisa mendapat informasi berupa foto dari tempat kost, fasilitas yang disediakan, fasilitas publik terdekat.


Baca juga : Sewa Apartemen di Jakarta Lebih Mudah Lewat Yukstay

Lebih mudah cari kost lewat Reddoorz Kost



Bagi mereka yang kerap bepergian pastinya tidak asing dengan Reddoorz, sebuah jaringan penyedia hotel dengan harga yang terjangkau dan terbesari di Indonesia. Nah, selain hotel, Reddoorz kini juga mulai merambah ke dunia kost dengan fitur baru di aplikasinya yakni Rumah Kost. Dengan menggunakan fitur Kost di Reddoorz ini pastinya sangat memudahkan bagi mereka yang ingin mencari tempat kost di berbagai tempat di Indonesia.

Untuk tempat kost-nya sendiri, Reddoorz menyediakan berbagai tipe tempat kost mulai dari rumahan hingga apartemen co-living dan hotel. Reddoorz juga memiliki ratusan daftar tempat kos di 20 kota di Indonesia dengan range harga 400 ribu - 3 jutaan. Pastinya ini membuat kita memiliki banyak pilihan dalam menentukan tempat kost yang dingin ditinggali.

Selain jaringannya yang luas, beberapa keuntungan menggunakan Reddoorz untuk menemukan tempat kos antara lain:

Lokasi kost yang ditawarkan dekat dengan kampus/kantor

Bagi para perantauan, salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih kost adalah lokasi kost sebisa mungkin dekat dengan kantor atau kampus. Di Reddoor, kita bisa memilih tempat kos di lokasi yang terdekat dengan kantor atau kampus tempat kita kuliah sehingga proses pencarian bisa lebih efektif.

Fitur lengkap mulai dari foto, fasilitas yang disediakan

Layaknya aplikasi pencarian hotel dan tempat kost lainnya, Kost di Reddoorz juga menyediakan fitur lengkap mulai dari foto kost yang ditawarkan, fasilitas yang diberikan tempat kost, fasilitas publik terdekat. Tentunya ini juga mempermudah kita dalam melakukan penyaringan daftar tempat kost yang ingin ditinggali

Harga transparan, tanpa biaya ekstra

Mencari kost di Reddoorz, kita juga tak perlu takut bakal ada biaya tambahan saat menempati tempat kost. Harga yang tertera di Kost Reddoorz merupakan harga yang tetap dan transparan. Kita tidak perlu takut bakal ada biaya tambahan selama tinggal di kost yang sudah dipilih.


Cara memesan Kost di Reddoorz


Untuk bisa menemukan tempat kost di aplikasi Reddoorz caranya sangat mudah. Berikut beberapa langkah yang dilakukan:

  1. Pada aplikasi Reddoorz teman-teman tinggal pilih fitur rumah kost kemudian pilih lokasi tempat kost yang dicari dan jangka waktu menginap
  2. Reddoorz akan merekomendasikan tempat kost yang terdaftar dalam jaringannya. Teman-teman tinggal pilih tempat kost yang sesuai dengan kriteria dan budget yang dimiliki.
  3. Jika ingin melakukan survey ke tempat kost, buat janji temu untuk melihat sendiri kondisi tempat kost yang dipilih
  4. Selanjutnya jika sudah oke dengan teman-teman dapat mengkonfirmasi pemesanan dengan melakukan pembayaran 10% dari harga sewa kost. Untuk metode pembayaran ini, Reddorz menerima pembayaran dalam bentuk ATM/transfer bank, kartu kredit, Alfamart, Indomaret, Kredivo, GoPay dan OVO.





Nah, pastinya sekarang teman-teman tidak bingung lagi ya kalau harus mencari tempat kost saat harus berada di perantauan. Dengan memesan Kost di Reddoorz pastinya urusan menemukan kost jadi lebih nyaman.

Post a Comment

8 Comments

  1. Wah, kak Antung, aku baru tahu kalau Reddoorz sekarang merambah ke dunia kost-kost'an juga, selama ini aku cuma tahu dia menyediakan penginapan aja 😁
    Sekarang nyari kost-kost'an udah enak ya, mudah banget tinggal lihat lewat aplikasi aja walaupun tetap harus survey lokasi tapi setidaknya lebih banyak pilihan kan. Teknologi membuat semua serba nyaman kalau dari sisi positif 🤭

    ReplyDelete
  2. Ini yg dicari mahasiswa dan para perantau ya Mba.
    Memang kos2an itu sesuatu yg signifikan bgt dalam hidup

    Senaaangg deh RedDoorz memfasilitasi

    ReplyDelete
  3. Wah asyik, cari kost sekarang begitu mudahnya
    Dulu saya harus berkeliling ngetokin rumah satu persatu 😀😀😀

    ReplyDelete
  4. Baru tau saat ini RedDoorz bisa melakukan transaksi secara cashless.
    Makin canggih niih...
    Aku juga sering banget ketiduran di motor. Bahkan kondisi aku yang nyetir.
    Huhuu...aku pernah jatuh karena ketiduran pas nyetir loo..
    Allahu Akbar.

    ReplyDelete

  5. Aku dulu sering nyoba reddoorz mba hehehe penasaran nginepnya. Sekarang keren ya ada kostannya juga. Enak kalau mau ada gawean keluar kota bisa mesen ya ini.

    ReplyDelete
  6. Wah makin dipermudah teknologi nih kita ya..dulu mah cari kost2 an hrs keliling2..hehe

    ReplyDelete
  7. Wah reddoorz juga bisa buat cari koskosan ya?Semoga banyak yang terbantu...karena masa seperti sekarang banyak yang kos2annya gak diperpanjang..

    ReplyDelete
  8. Wahh jadi lebih gampang nih buat nyari kostan Klo sudah ada di reddoorz gini mah

    ReplyDelete