Pengalaman dan Cara Refund Tiket Pesawat di Travel Agen Online


Pengalaman Refund Tiket Pesawat di Travel Agen Online



Pertengahan April kemarin, seharusnya saya dan keluarga bertolak menuju Surabaya untuk mengunjungi keluarga suami yang berada di Kebumen. Tiket pesawat pulang pergi sudah saya beli sejak bulan Februari. Alhamdulillah kala itu saya berhasil mendapatkan tiket murah dengan rute pergi lewat Surabaya dan pulang lewat Yogyakarta. Dalam rencana saya, kami akan bisa berjalan-jalan di 3 kota sekaligus dengan memilih rute ini. Sungguh menyenangkan!

Kenyatannya, awal Maret, virus Corona akhirnya sampai di negara kita. Saya pun mulai bimbang apakah rencana liburan ini akan diteruskan atau dibatalkan saja. Seiring waktu berjalan, dengan cepatnya virus Corona menyebar di berbagai kota di Indonesia. Dari 2 kasus awal di Jakarta menjadi hingga menjadi ribuan pada awal April kemarin. Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan saya pun memutuskan untuk membatalkan tiket pesawat yang sudah dibeli sebelumnya. 

Saat membeli tiket secara online sekitar bulan Februari, saya memilih opsi tiket anti galau yang menjamin uang tiket akan kembali 100% jika terjadi pembatalan dengan alasan apapun. Tentunya ada biaya tambahan jika memilih opsi Tiket Anti Galau ini. Saat itu dalam pertimbangan saya siapa tahu perjalanan saya batal dilakukan karena berbagai alasan. Eh, ternyata betulan liburan saya terancam batal karena Corona. 



Perlu waktu beberapa hari bagi saya untuk memutuskan apakah harus refund tiket atau reschedule saja. Pada akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan perjalanan dan mengajukan refund ke travel agen online yang saya pilih . Adapun cara refund tiket pesawat yang sudah dibeli di travel agen online sendiri langkahnya sangat mudah, yakni:

  1. Pilih tiket yang sudah kita beli pada bagian My Order, kemudian klik pada bagian titik tiga dan pilih refund tiket
  2. Pilih tiket mana saja yang akan direfund
  3. Isi alasan merefund tiket
  4. Selanjutnya tinggal tunggu kabar selanjutnya dari travel agen online 

Setelah menunggu kurang lebih 1 minggu, saya pun mendapat email yang berisi pemberitahuan kalau proses refund tiket pesawat saya pesan telah dilakukan. Saya langsung cek ke rekening bank saya. Benar saja ada sejumlah uang masuk dan jumlahnya sama dengan jumlah pembayaran saya saat pembelian tiket. Artinya saya benar-benar mendapat pengembalian 100% untuk pembatalan tiket pesawat saya. Alhamdulillah

Cara refund tiket pesawat di masa Corona


Sekedar informasi, saya melakukan proses refund untuk tiket pesawat yang sudah dipesan di akhir bulan Maret. Saat itu virus Corona baru 1 bulan masuk ke Indonesia dan beberapa travel agen online masih menyediakan fitur seperti tiket anti galau ini di aplikasi mereka. Dengan menggunakan fitur ini, pembeli bisa mendapatkan pengembalian hingga 100% jika melakukan pembatalan penerbangan dengan persyaratan tertentu. 

Nah, beberapa waktu setelah berhasil melakukan refund untuk tiket pesawat yang sudah saya beli, saya membaca beberapa tuitan kalau beberapa travel agen online mulai melakukan refund dalam bentuk travel credit atau voucher kepada customernya. Tentunya ini bukan hal yang menyenangkan bagi mereka yang berharap uangnya bisa kembali saat melakukan pembatalan penerbangan karena Corona. Namun mau bagaimana lagi? Kondisi pandemi Corona yang menimpa memang sangat berimbas ke berbagai bidang salah satunya dunia penerbangan dan agen penjualan tiket.

Selama masa pandemi Corona sendiri, berbagai maskapai penerbangan dan travel agen online telah membuat beberapa kebijakan terkait proses reschedule dan refund tiket pesawat yang dibeli. Saya lihat fitur tiket anti galau yang menjamin pengembalian dana 100% sudah tidak ada lagi di beberapa travel agen online. Alih-alih para penyedia jasa tiket ini memberikan beberapa panduan terkait proses refund dan reschedule jika terjadi perubahan rencana penerbangan. Berikut adalah beberapa kebijakan untuk proses refund di di beberapa travel agen online:


Tiket.com

  • Jika jadwal keberangkatan di tiketmu kurang dari 72 jam, maka permohonan kamu akan diproses maksimal dalam 72 jam.

  • Jika jadwal keberangkatan di tiketmu masih lebih dari 72 jam, maka permohonan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan tersebut.

  • Untuk pelanggan yang sudah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang sudah berlalu, pihak tiket.com akan tetap memproses pengajuan refund. Pelanggan akan dihubungi kembali melalui email dalam waktu 72 jam.

  • Refund akan diproses maksimal 30 hari kerja setelah pengajuan diterima atau ditentukan lain menurut kebijakan maskapai.

  • Refund dapat berupa cash, travel credit, voucher, point, atau kombinasi dari semuanya.


Traveloka

  • Untuk perjalanan terjadwal di bawah 7 hari, permohonan Anda akan diselesaikan paling lambat dalam 2 hari.
  • Untuk perjalanan terjadwal di atas 7 hari, permohonan Anda akan direspons 3 hari sebelum tanggal keberangkatan.

  • Proses refund memerlukan waktu hingga 90 hari kerja atau bahkan lebih karena dibutuhkannya koordinasi menyeluruh antara Traveloka dengan pihak maskapai.


Pegi pegi

1. Sangat disarankan untuk mengajukan refund tidak lebih dari 7 hari sebelum keberangkatan

2. Pengajuan refund dan reschedule akan dikerjakan berdasarkan skala prioritas tim kami.

3. Syarat dan nominal refund tiket pesawat akan mengikuti kebijakan pembatalan yang berlaku di masing-masing maskapai, kecuali maskapai memberikan kebijakan khusus akibat:

  • Pembatalan penerbangan dari pihak maskapai tanpa alternatif penerbangan lain karena alasan operasional
  • Kota tujuan secara resmi ditutup oleh pemerintah setempat

  • Kejadian luar biasa lain sesuai kebijakan maskapai

4. Seluruh refund di tahun 2020 akan dikembalikan dalam bentuk kupon Pegipegi atau voucher airlines (EMD)


Saat ini, New Normal telah diberlakukan di berbagai negara dan juga Indonesia meski sebenarnya wabah Corona masih membahayakan penduduk. Maskapai penerbangan juga sudah mulai beroperasi secara normal dengan prosedur dan kebijakan yang baru. Saya berharap semoga saja wabah Corona ini segera berakhir dan kita bisa kembali menjalani aktivitas dengan aman dan pastinyabisa meuwujudkan rencana perjalanan saya yang tertunda ini.

Demikian sedikit info yang bisa saya berikan terkait pengalaman refund tiket pesawat di travel agen online. Semoga bermanfaat buat teman semua.

Post a Comment

17 Comments

  1. Pengalamannya sangat berharga sekali ya kak untuk pribadi, sekaligus buat para pembaca blog ini

    ReplyDelete
  2. untungnya tripku yang masih blm bisa diapa2in, itu belinya dari travel agent lgs. kepastian mau dikasih juli ini, apa akan dicancel ato ttp lanjut.. kemungkinan besar sih pasti cancel, apalagi ini ke Iran, yg mana negaranya aja masih tertutup dan tinggi rate covidnya :(.

    dari semua OTA di atas, aku prnh ngalamin cancel dan refund dari traveloka doang. lumayan gampang dan cepet juga prosesnya.. tp waktu itu aku refund bukan krn pandei ini sih mba... sebelum pandemi lah ceritanya... beberapa temenku yg minta refund gara2 pandemi ada bbrp yg ngalamin lama dan ribet prosesnya.. ntahlaaah.. mungkin krn yg cancel pasti banyak bgt yaaa, jd wajar kalo aku bilang agak makan waktu dari biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Aku kemarin seandainya refund tiketnya awal april kayaknya bakal lama juga nunggunya soal pas bulan April itu mulai banyak yang protes soal refund yang nggak diganti pakai uang tapi jadi travel kredit gitu.

      Delete
  3. Untungnya ya Mbak masih dapat fitur tiket anti galau masih untung juga bisa refund gitu dan belum berangkat. Kalau kayak ortu saya mereka malah terjebak dan belum bisa pulang ke Papua karena pandemi ini.

    Yah semoga saja virus corona bisa benar-benar hilang dari muka bumi.

    ReplyDelete
  4. Waw rezeki banget ya Bun bisa mengajukan pengembalian uang dan ternyata pengembaliannya sampai 100 % gitu dikembalikannya. Biasanya kan kalau pengembalian-pengembalian gitu suka dipotong. Walau sedih juga ya ngagk bisa silahturahmi dan ga bisa liburan karena corona ini. Semoga vaksinnya segera ditemukan ya Bun. Aduh nggak enak banget lama-lama kayak gini

    ReplyDelete
  5. untung saja di di suport via online ya, kalau tidak bisa berabe ini harus keluar rumah

    ReplyDelete
  6. Suami aku juga punya pengalaman dalam hal ini Mbak. Tapi dia waktu itu memutuskan ganti jadwal sih. Dan waktu itu rugi lumayan banyak. Apa tergantung maskapai juga ga sih mbak ketentuannya itu? Misal walaupun kita sama mesen tiket di Traveloka, tapi misal ketentuan refund dan pindah jadwal akan beda karena maskapai beda? Itu mbak untung banget ih bisa kembali 100%.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di jadwal baru harga tiketnya beda, ca makanya harus nambah

      Delete
  7. Pandemi ini membuat berbagai rencana tertunda, terutama yang berhubungan dengan bepergiaan ke berbagai tempat. Moga Kita bisa bersabar menunggu pandemi berlalu. Trims sharingnya jadi tahu berbagai cara buat refund tiket dari beberapa aplikasi.

    ReplyDelete
  8. Biasanya kami mudik pake pesawat dan sudah pesan melalui salah satu aplikasi di atas. Tapi syukurnya tahun ini berencana mudik pake mobil dan tertunda karena corona. Kalau gak pasti dah pusing ngurusin refund tiket ini. Btw artikelny manfaat banget mbak, semoga teman-teman yang sedang membutuhkan bisa terbantu dengan artikel ini.

    ReplyDelete
  9. Wah beruntung bisa di refund ya, baca ini jadi kangen jalan jalan

    ReplyDelete
  10. Selama ini sih ga pernah refund tiket pesawat, etapi tulisan ini aku simpan ya ... siapa tahu bermanfaat buat yang aka datang. Thank you infonya

    ReplyDelete
  11. Dari semuanya saya pernah refund traveloka mbak, lebih mudah memang sih sedikit lebih lama dari ekspetasi. Tapi akhirnya bisa kembali dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Wah, enak ya kalau bisa kembali 100%. Penting banget nih informasinya buat saya yang merantau. Meskipun selama ini nggak pernah refund tiket pesawat sih.

    ReplyDelete
  13. Memang saat ini refund tiket airlines jadi isu yang paling hangat dibicarakan di kalangan traveler ya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya mba masih bisa refund uang 100%, jadinya nggak berasa gitu kecewa batal traveling, moga pandemi segera berakhir dan kegiatan berjalan normal kembali

    ReplyDelete
  15. jujur aja aku kasian sih sama agen travel online karena kolom komentarnya banyak diserbu ama netijen. semoga lancar semuanya deh ya urusan refund selama pandemi. mana kebanyakan maskapai ngerefundnya pakai poin dan reschedule pula

    ReplyDelete