Wednesday, September 26, 2018

5 Alasan Orang Tidak Berkomentar di Blog Kita



Dalam dunia blog, kita mengenal yang namanya blogwalking. Blogwalking ini merupakan aktivitas mengunjungi sebuah blog untuk membaca postingannya. Zaman saya masih ngeblog di Multiply dulu, blogwalking ini merupakan kegiatan yang sangat seru karena biasanya komentarnya saling berbalas. Ini disebabkan sistem Multiply yang memberikan notifikasi untuk setiap balasan yang masuk di postingan tersebut. Sisi positifnya, ikatan pertemanan di Multiply bisa dibilang sangat akrab satu sama lainnya. 

Blogwalking sendiri memiliki cukup banyak manfaat. Pertama, membuat kita mendapat informasi baru dari postingan yang kita baca, entah itu dari review produk, catatan perjalanan, hingga pengalaman si penulis. Selain itu, blogwalking juga bisa menambah jaringan pertemanan kita di dunia maya. Nah, jika dikaitkan dengan dunia blog sendiri, blogwalking bisa meningkatkan nilai dari blog kita sendiri yang kerap kita sebut dengan Domain Authority (DA). Caranya cukup dengan menanamkan alamat blog kota di kolom komentar yang ada di blog yang kita kunjungi. Trus, apakah blogwalking juga bisa mendatangkan traffic? Bisa juga kalau blog yang kita kunjungi berkunjung balik.

Nah, satu hal yang perlu diketahui, blogwalking nyatanya tak selalu berakhir dengan memberi komentar. Ada tipe-tipe pembaca blog yang doyannya baca doang tanpa meninggalkan jejak alias silent reader. Hal-hal berbau teknis juga bisa menjadi alasan seorang pembaca tidak berkomentar di blog kita. Lalu kira-kira apa saja ya alasan seseorang tidak memberikan komentar setelah mengunjungi sebuah blog? Berikut beberapa yang bisa saya sebutkan :

Baca juga : Ngeblog serius, Jadi Bebankah? 

1. Bingung mau berkomentar apa

Ini mungkin terdengar klise. Namun kadang saya sendiri juga cukup sering meninggalkan begitu saja sebuah blog karena karena bingung mau memberi komentar apa. Entah karena bahasan yang saya baca terlalu rumit atau sayanya yang memang lagi blank. Bahkan kadang kalau sebuah blog komentarnya sudah terlalu banyak saya juga bisa keder buat ngasih komentar. Selain itu, ada beberapa blogger yang tidak menyukai komentar semacam nice post atau terima kasih. Nah, kalau sudah begini ya mending nggak usah komentar, begitu mungkin yang ada di pikiran pengunjung. 


2. Blog yang dikunjungi tidak mobile friendly

Memiliki blog dengan template yang mobile friendly bisa dibilang hal yang wajib di masa sekarang. Ini karena rata-rata pembaca blog sekarang mengakses blog lewat ponsel mereka masing-masing. Jujur saja, kalau blog yang dikunjungi ternyata tidak responsive dan mobile friendly, saya bisa langsung balik kanan karena malas baca tulisan yang kecil-kecil. Kecuali jika blog tersebut diikutkan dalam sharing list sebuah grup barulah saya akan benar-benar membacanya.

3. Lelah dengan captcha yang menyebalkan 

Bagi mereka yang mengunjungi blog dengan platform blogspot pasti pernah merasakan ini. Sudah nulis komentar panjang kali lebar, eh pas giliran mau publish ketemu Captcha untuk membuktikan kalau pengunjung bukanlah robot. Kalau ngekliknya sekali sih nggak masalah. Lah ini kadang sampai harus klik berkali-kali. Mulai dari gambar jembatan, mobil, mobil dan berbagai gambar lainnya yang harus diklik. Kalau sudah begini rasanya ingin langsung nutup artikelnya. Heu.


4. Tidak ada kolom komentar di bawah postingan

Perihal teknis lain yang bisa membuat pengunjung tidak meninggalkan komentar di blog seseorang adalah tidak adanya kolom komentar. Ini mungkin terjadi karena ada kesalahan pada css template yang digunakan. Untuk menyiasatinya sih seharusnya pemilik blog mencari cara agar kolom komentar tersebut bisa muncul lagi dengan menambahkan kode-kode tertentu. 

5. Terdistraksi kegiatan lain

Ini berlaku bagi mereka yang suka melakukan kegiatan multitasking. Saya, misalnya. Kadang sambil mengerjakan tugas kantor saya juga blogwalking. Nah, kadang setelah postingannya diklik eh saya malah nggak sempat baca karena sibuk dengan kerjaan. Tahu-tahu hari sudah sore dan saya harus pulang. Jadilah blog tersebut ditutup tanpa sempat dibaca apalagi dikomentari.

Itu dia 5 alasan kenapa orang tidak berkomentar di blog kita versi saya. Teman-teman mungkin ada yang bisa menambahkan?

58 comments:

  1. Ke 5 nya sudah sering terjadi ke saya mba, tapi karena udah komit, pasti saya cari caranya biar bisq komen.

    Yang poin 4 itu sering banget, biasanya kalau sudah gitu saya klik home dulu, trus masuk lagi dengan mengklik komentar langsung.

    Kalau blank sih dulu pernah, tapi semakin sering BW semakin terlatih cara komen di postingan orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku komitnya kalau pas share link sih. Kalau bw secara organik aku kadang masih jadi silent reader

      Delete
    2. klo aku paling sering bw dan ninggalin jejak di blog mba rey soalnya storynya enak dibaca..

      Delete
  2. alasan aku biasanya ga komentar adalah ga ada kolom komennya mba wkwkwk..iyasih sama kalau bingung ga ngerti bahasannya biasanya kusiasati dengan baca komen2 dulu hahaha akhirnya ikut2an deh komen samain kayak komen lain daripada sekedar TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kolom komentarnya nggak ada memang nggak bisa siapa-apaan lagi ya. Heu

      Delete
  3. Kalau saya sih sebisa mungkin berkomentar apalagi jika pos-nya sangat bermanfaat. Komentar itu, menurut saya, merupakan apresiasi paling tinggi pada si penulis/pemilik blog. Bayangkan saja, ada orang yang susah-susah mau menulis untuk dibaca gratis sama orang lain hahaha :D Selalu itu yang menjadi acuannya :) Kalau soal chapta ya diikuti saja ...

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya kalau semua pembaca kayak, mbak :)

      Delete
    2. *kibas jilbab* :p hahaha. Insha Allah semua pembaca seperti itu. Amin.

      Delete
  4. Captcha paling ngeselin... tema blog juga jadi alasan malas atau bingung mau coment apa,

    ReplyDelete
  5. Yak! Lelah dengan Captcha! Hahaha..menyebalkan! Tapi kalo aku sih diusahakan sebisa mungkin berkomentar. Bukan demi DA juga tapi tanda kalo tulisan yg kubaca menarik. Hehehe. Oiya,,yg paling nyebelin bagi penulis adalah komentar seadanya dan kdg suka nanyain sesuatu yg udah ditulis. Haha.

    ReplyDelete
  6. Hahhaha, bener banget ini, menarik bgt tulisannya mbak.
    Aku tuh paling sebel kalau udh baca tulisan bagus, udah semangat bgt mau komen, eh ternyata ga ada kolom komentarnya, huh, gregetan rasanya hahaa

    ReplyDelete
  7. Wah aku sih dulu lebih karna bingung mau komentar apa haha, sama ga berani juga, gatau kenapa. Kalo sekarang udah biasa bw, biasa komentar, jadi yaa kalo baca postingan orang ya biasanya komentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku dulu malah silent reader banget anaknya. Hihi

      Delete
  8. Kalau saya kadang bw nggak komen karena cuman pengin baca-baca aja sih

    ReplyDelete
  9. biasanya aku lelah jg tuh klo ada capchaayy ,, apa lg klo mesti klik klik bikin siwer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya. Mana kadang harus berkali-kali ngekliknya

      Delete
  10. lima2 nya iyah... tp paling sering sih yg terakhir hehe

    ReplyDelete
  11. captcha emang paling nyebelin, klik klik teruus tapi gak dapet hadiah piring *ehhh

    ReplyDelete
  12. Kalau saya biasanya karena udah banyak komentar serupa, jadi ya udah ga usah komen, toh udah ada yang ngomen gitu. Hehe. Lagian, seperti yang udah disampaikan di atas, komentar "nice post" gak begitu penting (dalam seo?) wkwk. Hm, apa bu Antung juga gak begitu mau dengan komentar semacam "nice post"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kadang suka gimana gitu baca komen yang cuma bilang "nice post". Heu. Tapi saya tetap menerima kok

      Delete
  13. Bener banget nih mba. Intinya kalau nggak karena lima poin di atas biasanya saya selalu meninggalkan komentar ^_^

    ReplyDelete
  14. semua poin di atas saya ngalamin mbak, tapi yang lebih sering bingung sama bahasannnya terus ga fokus mau baca jadi gatau mau komen apa wkwkwk
    tapi selalu pengen komentar, soalnya kalo ada yg nulis komentar di blog sendiri rasanya seneng betuuul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa rasanya senang ya..kalau ada yang meninggalkan komentar :(

      Delete
  15. Pengunjung blog saya sih kebanyKan silent reader..99% tidak ad komentar apapun.#sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mungkin perlu dipromosikan lagi tulisannya. He

      Delete
  16. iya benar sih terkadang bingung juga mau kasi komen apa hehehe

    ReplyDelete
  17. Alasan nomor 5 yang sering terjadi sama saya. Udah baca pas mau komentar, trus mendadak ngerjain yang lain. Trus lupa.. 🤦

    ReplyDelete
  18. Captcha itu memang nyebelin. Suka muncul kalau ingin publish dengan name/url biasanya hahaha tapi alasan lain yang biasanya bikin aku nggak berkomentar, saking bingungnya mau ngomong apa, udah ketik panjang lebar, dihapus lagi. Hahahaha. Makanya setiap kali nulis artikel, aku membiasakan untuk open discussion supaya menarik orang berkomentar (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Yang open discussion itu lebih mengundang komentar katanya

      Delete
  19. 1, 3, 4 itu alasan aku sering males nulis komen. Kadang2 itu balik ke aku juga, "apakah tulisan aku bikin orang males komen?"

    ReplyDelete
  20. baru kemarin saya sadar, karena ada yang bertanya bagaimana cara berkomentar di blog saya, ternyata setting komentar di blog saya semuanya don't allow comment :(

    ReplyDelete
  21. Captcha itu yang menjengkelkan ya. Dan ternyata di blogku juga aktif. Untung ada yang bilang dan memberi tahu cara mengatasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kah Mba dihilangkan? Tlg bisiki caranya Mba Rindnag lah. Xixii

      Delete
  22. bener bgt, tapi paling menyebalkan yang no 3. asli menyebalkan..udah tau kita bukan robot, masih dikira robot. udah gt berkali di klik tetap salah juga. haduhhh parahhh...kalau gak kewajiban blog kayak gt pasti udah aku tingggalin mbak hahaha

    ReplyDelete
  23. Benar semua kelimanya. Dan no.3 itu memang kadang menguji kesabaran banar. Wkwkk

    ReplyDelete
  24. Ku teringat dengan blogku yang harus minta tumbal di komentar pertama haha
    Tapi setelah berkutat dengan kode-kode cantik sekarang sudah baik-baik saja dia.

    Kalo aku komen emang sukanya lewat pc sih mbak, rada ribet kalo lewat hp jadi kalo baca artikel di hp sering gak komen huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu juga pernah gitu. Waktu itu langsung ganti template. Hihi

      Delete
  25. semua point betul sekali, dan paling benar nomor lima. pas mau klik link orang yang dibagikan pasti ada saja kegiatan yang mendadak dikerjakan. alhasil tidak jadi berkomentar deh huhu

    ReplyDelete
  26. Aku lebih sering bw tanpa komen walau sudah tau itu rugi secara DA, se-mood nya jari aja karena kadang nulis blogpost sendiri udah panjang banget jadi kaya ga pengen keluar kata2 lagi, hihi... Aneh kedengerannya ya

    ReplyDelete
  27. wah, iya betul mbak. saya kadang bingung mau komen di blog seseorg

    ReplyDelete
  28. Captcha yang berkali kali kadang bikin megurungkan niat ninggalin komen :")

    ReplyDelete