[Review Novel] Cinta Segala Musim



Judul buku : Cinta Segala Musim
Penulis : Maya Lestari GF
Penyunting bahasa dan Penyelaras akhir : Muridatun Ni'mah
Desain Isi : Dyah Ayuning Tyas
Desain Sampul : Andhi Rasydan
Penerbit : Indiva
Tahun Terbit : 2016
Jumlah Halaman : 224 halaman
Rating : 3,5/5


Dalam pernikahan kadang suami istri harus melewati titik terburuk yang bisa berakhir pada 2 kemungkinan, menguatkan pernikahan atau sebaliknya. Setelah 6 tahun menikah, Rae dan Rampak harus melalui masa terpuruk setelah bisnis yang dibangun Rampak hancur lebur dan membuat mereka harus kembali ke titik yang bahkan jauh lebih buruk dari nol. Rampak adalah seorang developer sukses. Namun kesalahan dalam memilih rekanan membuat namanya tercoreng dan kehilangan kepercayaan dari banyak orang.

Rae sendiri terlalu mencintai Rampak untuk bisa meninggalkannya. Padahal sebelum menikah dia adalah putri seorang pengusaha yang bahkan tak pernah merasakan kekurangan. Bersama Rampak, kini Rae harus tinggal di rumah kontrakan seadanya dengan penghasilan yang entah dari mana. Orang tua Rae awalnya memaksa Rae untuk tinggal di rumah mereka. Mereka bahkan sempat menawarkan untuk membantu Rampak melunasi hutang-hutangnya, yang ditolak oleh Rampak.

Dalam menjalani kehidupan di titik terendah, sebuah harapan sempat hadir saat Rae hamil dan ia mulai berjualan kue. Namun hanya sekejap, harapan tersebut sirna saat Rae keguguran. Ini sempat membuatnya membenci Rampak dan ingin pergi darinya. Namun lagi-lagi Rae terlalu mencintai Rampak hingga akhirnya Rae kembali ke rumah kontrakan mungil mereka dan melanjutkan usaha kuenya yang kemudian menjadi salah satu sumber penghasilan mereka.

Satu hari, Rae meminta Rampak untuk memperbaiki rumah Imul, salah satu warga kampung yang membantunya berjualan. Rampak adalah seorang arsitek hebat. Dengan bahan seadanya ia berhasil membuat sebuah rumah yang nyaman untuk Imul dan keluarganya. Siapa sangka di sinilah awal dari kebangkitan Rampak yang terpuruk. Ia pun mengungkapkan keinginannya untuk memperbaiki kawasan perumahan di sekitar rumah mereka. Rae sempat gamang karena proyek Rampak adalah proyek sosial yang memerlukan dana besar. Kali ini lagi-lagi Rae diuji sebesar apakah dia akan mendukung Rampak sebagai seorang istri.

***

Novel Cinta Segala Musim merupakan novel kedua dari Maya Lestari GF yang saya baca. Sebelumnya, saya sukses dibuat terpesona oleh tulisan Mbak Maya dalam novel Love, Interrupted yang merupakan seri Metropop Gramedia. Novel ini sendiri merupakan pemenang unggulan III Lomba Novel Inspiratif Indiva.

Sebagai sebuah novel pemenang lomba, tentunya ada berbagai kelebihan yang dimiliki novel ini. Dari segi cerita, novel ini ditulis dengan rapi dan sangat mudah dicerna. Selain itu, penulis juga menyisipkan beberapa teori arsitektur yang cukup menambah wawasan pembacanya. Ada pembahasan tentang fungsi sebuah rumah hingga sosok arsitek muslim yang menjadi panutan Rampak di kemudian hari. 

Novel ini juga memberikan pesan yang cukup mendalam seputar dunia rumah tangga. Sebagai seorang istri, saya jadi bertanya pada diri sendiri apa yang akan saya lakukan jika berada di posisi Rae? Seumur hidup tak pernah susah lalu tiba-tiba harus hidup dari nol dengan suami yang keras kepala dan menolak dibantu bahkan oleh mertuanya. 

Untuk karakter tokohnya sendiri, jujur awalnya saya kurang suka dengan karakter Rae yang terkesan sangat pasif dan hanya menjadi pendengar bagi segala keluh kesah suaminya. Untungnya seiring berjalannya cerita, karakter Rae mulai memperlihatkan kekuatannya. Dia memang terlihat pasif namun sebenarnya memiliki kemauan yang keras dan tak mudah menyerah. Tambahan lagi, ternyata Rae memiliki bakat di bidang memasak kue. 

Untuk Rampak, karakter pria ini termasuk keras kepala dan sangat idealis. Ini membuatnya menolak bantuan dari siapapun saat namanya tercoreng karena salah memilih rekanan. Hal ini juga membuatnya kesulitan mendapatkan proyek kembali karena orang-orang sudah menilai buruk akan dirinya. Bahkan sang mertua kecewa dengan sikap Rampak ini. Namun ternyata ada alasan di balik penolakan Rampak akan bantuan dari mertuanya tersebut. 

Tak banyak konflik berat yang ada di novel ini. Meski begitu, novel ini sangat layak dinikmati dan sesuai judulnya, novel ini mengajarkan kita bagaimana sebuah cinta bisa bertahan di segala musim.

Post a Comment

5 Comments

  1. Wah kayanya menarik nih novel soal rumah tangga, biasanya byk sekali cerita moral yg bisa di ambil ya

    ReplyDelete
  2. sepertinya menarik ya buku nya, apalagi soal rumah tangga. kadang kita perlu belajar dari pengalaman orang ataupun sebuah buku,

    ReplyDelete
  3. Mbak Maya Lestari GF ini penulis favoritku sejak lama. Tulisan2 beliau memang apik. Sayang, belum sempat baca novel Mbak Maya yang ini.

    ReplyDelete
  4. Wah keren ya penulisnya dan bukunya. Jadi kepo ttg karakter Rae aku pas diceritakan sedikit-sedikit gini, udah lama rasanya ga baca novel eh.

    ReplyDelete
  5. Sepertinya menarik novel tentang rumah tangga, biar aku bs belajar wkwk

    Duh, dah lama gak baca novel lagi. Akhir akhir inj baca buku motivasi biar gak stress saat pandemi gini huhu

    ReplyDelete