Meski Pakai Hape Lebih Praktis, Blogger Tetap Perlu Laptop buat Ngeblog



Tak terasa sudah hampir 10 tahun saya ngeblog. Sebuah masa yang cukup lama kalau dibanding teman-teman Blogger yang lain. Ada banyak cerita selama saya aktif ngeblog. Dimulai dari membuat akun di blogspot, trus kepincut Multiply, lalu digusur hingga pindah ke WordPress hingga sekarang menetap kembali di blogspot. Lewat dunia blog ini saya berkenalan dengan teman-teman baru dan mendapat ilmu dan wawasan baru dari tulisan para blogger. Tak hanya itu, ngeblog juga membuat saya terus berusaha meningkatkan kemampuan diri agar tak ketinggalan.

Bicara tentang awal mula ngeblog, saya ingat dulu pertama kali membuat akun blog di sebuah warnet. Maklumlah, ya, kala itu status masih mahasiswa yang punya komputer tapi tak memiliki akses internet di rumah. Kala itu saya juga masih tak terlalu aktif mengisi blog tersebut. Baru kemudian setelah bekerja, saya bisa mulai aktif ngeblog dengan memanfaatkan internet di kantor di sela-sela jam kerja. 

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi handphone, saya pun mulai beralih menggunakan hape untuk ngeblog. Benda mungil ini benar-benar membantu saya menuangkan berbagai ide saat tak di depan komputer. Mau itu pas lagi di jalan atau pas lagi rebahan, saya bisa tetap ngeblog lewat handphone saya. Apalagi sekarang saya juga tak memiliki komputer atau laptop di rumah. Jadilah handphone menjadi satu-satunya amunisi saya untuk ngeblog atau sekadar blogwalking ke rumah teman-teman blogger yang lain.

Meski memiliki berbagai kelebihan, ada kalanya saya merasa perlu memiliki komputer atau laptop untuk menjalankan aktivitas sebagai blogger profesional. Apalagi kalau baterai handphone sudah mau habis dan saya harus menulis karena ada tenggat tulisan atau sedang banjir ide, pastinya saya perlu laptop untuk menampung tulisan saya tersebut. Nah, selain alasan tadi, ada beberapa alasan lain mengapa saya merasa masih memerlukan laptop ini, diantaranya adalah:

Lebih nyaman saat membuat infografis atau coding

Dunia blog saat ini tak melulu berisi tentang curhatan penulisnya. Seiring dengan semakin banyaknya lomba yang diadakan untuk para blogger, maka semakin besar pula tuntutan untuk membuat konten yang berkualitas. Salah satu cara yang kerap dilakukan para blogger untuk meningkatkatkan tampilan kontennya adalah dengan membuat infografis agar informasi lebih mudah disampaikan. Saat ini sebenarnya ada cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat infografis lewat handphone. Namun adakalanya orang merasa lebih nyaman menggunakan aplikasi komputer untuk infografisnya dan pastinya untuk ini diperlukan komputer atau laptop.

Tak hanya soal infografis, blogger juga kadang harus melakukan beberapa pengeditan terkait coding di blognya. Untuk hal ini jelas lebih nyaman menggunakan komputer ketimbang hape dalam pembuatan coding tersebut. Contoh sederhana adalah saat mengganti template blog yang mana kadang memerlukan coding tambahan agar sesuai dengan keinginan kita.

Baca juga : [Review] Aplikasi Blogger Pro untuk Ngeblog

Lebih nyaman dalam mencari dan mengolah referensi tulisan

Untuk membuat sebuah tulisan yang dalam dan informatif, seorang blogger pastinya membutuhkan berbagai referensi entah itu lewat buku atau dari internet. Nah, berdasarkan pengalaman saya pribadi, untuk urusan pengumpulan data dan referensi ini juga lebih nyaman jika menggunakan laptop. Dengan menggunakan laptop, kita pastinya lebih mudah dalam menyimpan data yang ditemukan di internet. Selain itu, laptop dengan keyboard bawaannya pasti lebih memudahkan dalam urusan pemindahan data ini ke dalam bentuk tulisan.

Terlihat lebih profesional  

Alasan terakhir mengapa saya merasa masih memerlukan laptop untuk ngeblog adalah karena laptop membuat blogger terlihat lebih profesional. Apalagi kalau saat melakukan aktivitas blogging ini di sebuah kafe atau untuk keperluan dokumentasi, pastinya akan lebih nyaman dan terlihat profesional jika didamping laptop kan, ya? Untuk pemilihan laptop ini sendiri, pastinya tergantung individu masing-masing. Ada yang suka dengan laptop mahal dengan spesifikasi tinggi, ada juga yang menyukai laptop ramah di kantong dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Intinya sih disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong kita.

Saya sendiri saat ini masih menggunakan laptop keluaran lama milik suami saya. Padahal rencananya awal tahun ini saya ingin membeli laptop baru. Namun setelah melakukan berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan menggunakan laptop suami yang lama tidak dipakai karena layarnya bermasalah. Bermodal uang 300 ribu rupiah, saya membeli layar LCD baru dan suami memasangkannya ke laptop miliknya. Alhamdulillah setelah diganti layar LCD-nya laptop bisa dipakai kembali dan saya bisa lebih leluasa ngeblog tanpa harus terus bergantung pada handphone.

20 Comments

  1. Ngeblog pakai hape memang praktis, bener kata mbak apriana. Tapi kalau pengalaman saya (yang belum seberapa ini) ngeblog lewat laptop lebih kaya fitur sehingga lebih kita bisa lebih kreatif dalam mengolah konten.

    Selain itu kalau pakai hape, rasanya udah nulis lamaa...tapi ternyata jumlah kata belum ada 500 ­čśů

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...saya setuju, saya juga punya pengalaman nge-blog sejak tahun 2009. Memang lebih nyaman memakai laptop atau dekstop karena mudah dalam mengetik di keyboard, daripada keypad.

      Delete
  2. jujur ya mba, aku belum pernah ngeblog pakai HP. hehehe
    selama ini selalu pake laptop.
    biar enak gt nambah infografis dan lebih puaaaas lebarnya. hehehe
    btw aku mau ganti laptop nih. buat memenuhi kebutuhan grafis ku

    ReplyDelete
  3. Heran deh, kalau terpaksa nulis pakai hp itu kayaknya lama dan jumlah karakternya dikit. Beda banget sama nulis di laptop. Emang aliran laptop alias pemakai laptop kali ya

    ReplyDelete
  4. Pas banget aku di rumah juga pake lenovo, iya bener juga sih seenak2nya pake hp tetep juga kadang butuh laptop

    ReplyDelete
  5. Dulu, pas masih menyusui , ngeblog lewat hp lebih sering, karena cuma ada hp di tangan. Setelah sapih, rasanya gak bisa lagi lewat hp wkwkw. harus pakai laptop kalau nulis hihi. Kalau coding emang bener harus pakai laptop sih

    ReplyDelete
  6. Betul sekaliiii. Aku prefer pake lapi aja kalo ngeblog. Ya maklum mata yang udah dimakan usia, walopun pakai kacamata tetep aja berasa enak kalo blogging pake lapi.

    ReplyDelete
  7. Klo sudah banyak materi yang dikuasai dalam kepala, atau menulis tentang pengalaman pribadi misalnya, pakek hape tentu lebih praktis dan bisa dilakukan kapan aja.

    Tp klo masih harus mengumpulkan materi, penguasaan atas materi masih kurang, saya lebih memilih untuk bloging pakek laptop. Katena lebih mudah untuk mencari materi di internet sambil langsung dituangkan di dalam tulisan..

    ReplyDelete
  8. Memeng benar klw pake hp lebihvpraktis, cmn kadang fiturnya tidak slengkap di laptop atau pc

    ReplyDelete
  9. Kalau untuk urusan nge-blog saya juga lebih senang di laptop. Serasa lega saja dengan ukuran layarnya. Terus ya bisa lebih multitasking terutama saat riset. Kalau hape biasanya saya gunakan saja untuk catatan-catatan kecil kalau tiba-tiba terdapat ide sebuah tulisan. Jadi biar nggak lupa, saya selalu mencatatnya di notes hape. Entah ke depannya itu akan jadi tulisan atau sekadar notes, tapi yang penting apa yang hinggap di pikiran dicatat terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  10. Selama ini aku ngeblog pake leptop mba belum bisa pake HP hehehe kayaknya sulit bener apalagi aku bilor banget kalau liat tulisan rekep gitu :p

    ReplyDelete
  11. Jujur saya salut dengan blogger yang bisa ngeblog pake hp. Saya sendiri selama ini ngeblog menggunakan laptop karena lebih nyaman. Dan sesekali menggunakan hp untuk urusan editing saja (pas kepepet kalo lagi males buka laptop) hehe.

    ReplyDelete
  12. Memang betul mba. Untuk menulis saja masih nyaman, tapi ketika harus edit2 lebih advance dan perintilan lainnya, memang lebih nyaman di laptop

    ReplyDelete
  13. Setuju, aku juga lebih nyaman ngeblog dengan laptop. Emang sih aku pernah nulis artikel ngeblog dengan HP tapi kondisi mataku yang minusnya makin nambah ini, kasian jika aku paksa mengetik dan membaca tulisan yang kecil-kecil.

    ReplyDelete
  14. Aku sejujurnya sangat suka sama laptop dibandingkan HP. Kalau gak kefefet, aku jarang banget BW apalagi menulis pakai HP. Mungkin karena aku minus yaa... Jadi kalau kepaksa banget, pernah sekali waktu itu, nulis pakai HP, nanti aku edit lagi kalau sudah pegang laptop.

    ReplyDelete
  15. Walau laptop dibutuhkan untuk ngeblog tapi saya lebih suka nulis dengan hape..karena bisa sambil rebahan hehehe

    ReplyDelete
  16. untuk ngeblog, saya masih suka pakai laptop. Walau banyak teman blogger bilang ngeblog via handphone lebih praktis tapi saya masih lebih nyaman pakai laptop

    ReplyDelete
  17. Selama ini aku klo buat artikel dan desain pakai canva lebih nyaman pakai hp
    Jarang banget aku pake laptop kecuali klo buat edit edit yang lebih serius gitu
    tapi emang yang namanya blogger ya butuh laptop dan hp , ya kan mbak,?

    ReplyDelete
  18. Kenapa mbak alasannya balik lagi pake blogspot, ga tetap di wordpress. Penasaran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kehabisan memori, mas. trus self hosting juga lebih mahal. hehe

      Delete
Previous Post Next Post