Review Novel Kekasih Semusim

Salah satu genre novel favorit saya novel dengan genre romance dan setting di sebuah wilayah tertentu entah itu di dalam negeri atau luar negeri. Saya ingat beberapa tahun yang lalu beberapa penerbit membuat seri novel dengan setting beberapa kota di dunia. Duh, saya benar-benar antusias membaca novel-novel tersebut karena selain mendapat cerita yang menarik, saya juga jadi berasa diajak berjalan-jalan di kota tersebut. 

Setelah sekian lama, akhirnya saya kembali bisa membaca novel dengan setting luar negeri. Kali ini kota yang menjadi seting cerita adalah Praha, ibukota Republik Ceko yang dikenal dengan Jembatan Charles-nya dan termasuk dalam daftar Kota Terindah di dunia. Novel ini ditulis oleh Mbak Dini Fitria, seorang penulis yang sudah menelurkan 3 novel trilogi. Penasaran bagaimana cerita dari novel Kekasih Semusim ini? Yuk baca postingan ini sampai selesai.

Sinopsis Novel Kekasih Semusim






Judul buku : Kekasih Semusim
Penulis : Dini Fitria
Editor : Jia Effendie
Ilustrasi Sampul : Aqsho Zulhida
Penata Letak : Abdul M.
Jumlah halaman : 402 halaman
Penerbit : PT. Falcon
Tahun Terbit : 2021
ISBN : 978-602-6714-63-3
Rating : 3,5/5  

Seumur hidupnya, Kanaya hidup hanya berdua dengan sang ibu dan tak merasakan kasih sayang seorang ayah. Tak hanya itu, Nina sang ibu juga selalu mendoktrinnya untuk tidak percaya cinta dan laki-laki. Padahal jauh di lubuk hatinya Kanaya sangat ingin merasakan memiliki seorang kekasih.

Kehadiran Reno dalam hidup Kanaya kemudian membuat hidup Kanaya berubah. Pria yang 25 tahun lebih tua darinya itu sukses membuat Kanaya jatuh cinta bahkan tergila-gila. Reno pandai mengambil hati Kanaya dengan menghujaninya perhatian dan hadiah-hadiah yang membuat Kanaya merasa dicintai dan ingin segera dinikahi. 

Saat dirinya berada di Praha untuk menemani sang ibu sekaligus membuat konten untuk kanal miliknya, Kanaya memanfaatkan momen ini untuk bertemu secara rahasia dengan Reno. Untuk mendapat izin dari ibunya, Kanaya terpaksa berbohong kalau dia bertemu dengan seorang teman wanita di Praha. Bersama Reno, Kanaya menikmati keindahan kota Praha hingga berkendara bersama hingga ke Austria. 

Sayangnya, meski menunjukkan perhatian dan afeksi yang berlebih pada Kanaya, Reno bukanlah tipe pria yang siap berkomitmen. Bahkan setiap kali ditanya tentang kepastian hubungan mereka oleh Kanaya, Reno selalu berusaha mengalihkan topik pembicaraan yang mau tak mau membuat Kanaya merasa ragu. Apalagi sejak berhubungan dengan Reno, Kanaya juga mulai diterpa gosip kalau dirinya berpacaran dengan Sugar Daddy yang secara tak langsung berpengaruh pada reputasinya sebagai travel vlogger.

Di lain pihak, Nina sang ibu ternyata juga menyimpan rahasia tentang kisah kelam masa lalunya yang membuatnya selalu mengingatkan putrinya agar jangan terlalu mudah jatuh cinta. Pertemuan Nina dengan Eyang Yono kemudian menyadarkan Nina kalau dirinya seharusnya bisa berdamai dengan masa lalunya. Dalam kisah perjalanan mereka di Praha, akhirnya Nina pun menceritakan rahasia besar hidupnya yang pada akhirnya berpengaruh pada keputusan Kanaya akan kisah cintanya.


Mengenal karakter novel Kekasih Semusim

Novel Kekasih Semusim merupakan sebuah novel tentang hubungan antara ibu dan anak yang dibumbui kisah cinta beda usia antara seorang wanita muda dengan pria paruh baya. Dalam menjalin ceritanya, novel ini juga mengajak kita berpetualang menyaksikan keindahan kota Praha yang dikunjungi Nina dan Kanaya dalam rangka wawancara dengan Eyang Yono, seorang mahasiswa Indonesia yang karena peristiwa tahun 1965 harus kehilangan kewarganegaraannya. 

Adapun tokoh-tokoh dalam novel ini antara lain:

Kanaya

Tokoh utama dalam novel adalah Kanaya, seorang mahasiswa tingkat akhir yang juga berprofesi sebagai travel vlogger. Pertemuannya dengan Reno yang merupakan bos tempat Kanaya magang membuat Kanaya berani melanggar perintah ibunya untuk tidak berpacaran dan mudah percaya pada laki-laki. Kanaya bahkan ingin menjadikan Reno sebagai pelariannya dari kekangan ibunya selama 20 tahun hidupnya. 

Nina 

Tokoh sentral kedua dalam Nina, ibu Kanaya yang berprofesi sebagai penulis yang memiliki kisah pahit dalam hal percintaan. Nina menikah muda namun sayang pernikahan tersebut kandas hingga membuat Nina harus membesarkan Kanaya seorang diri. Nina sempat menjalin cinta lagi beberapa tahun kemudian namun berakhir dengan kekecewaan yang sama dengan pernikahanny Tak ingin Kanaya bernasib sama seperti dirinya membuat Nina selalu mengingatkan putrinya itu untuk tidak percaya pada sosok laki-laki. 

Reno

Tokoh utama ketiga dalam novel ini adalah Reno, seorang pria paruh baya yang memiliki usaha di bidang advertising. Dengan wajah tampan dan kemampuan memikat wanita yang baik membuat Reno bisa dengan mudah mendapatkan hati Kanaya. Sayangnya Reno bukanlah pria yang bisa berkomitmen. Trauma masa lalu yang dialaminya membuat Reno lebih senang mengambil peran sebagai "hero" kepada wanita yang pernah didekatinya.

Eyang Yono

Eyang Yono merupakan eksil yang harus tinggal di Praha sejak Orde Baru didirikan. Dulunya beliau adalah mahasiswa penerima beasiswa di masa presiden Soekarno. Setelah pemberontakan PKI terjadi dan Orde Baru berdiri, Eyang Yono memilih untuk tidak mengakui kekuasaan tersebut hingga akhirnya statusnya sebagai warga negara Indonesia dicabut. Dengan pengalaman hidup yang dimilikinya, Eyang Yono membuat baik Nina dan Kanaya bisa melihat permasalahan hidup mereka dengan lebih jernih.

Kesan setelah membaca novel Kekasih Semusim 

Sebagai sebuah novel romance, Kekasih Semusim mungkin menawarkan kisah yang agak beda karena usia kedua tokohnya yang terpaut lumayan jauh. Seingat saya, dari sekian  banyak novel romance yang saya baca belum menemukan tema seperti ini (oke, bacaan saya memang kurang jauh. hehe). Adanya perbedaan usia yang cukup jauh pada tokoh utamanya ini membuat cerita terasa lebih dewasa. 

Selain alur cerita yang terasa cukup dewasa, novel ini juga mengajak pembaca menikmati keindahan kota Praha yang menjadi setting cerita. Deskripsi yang ditulis oleh Mbak Dini Fitria benar-benar detail hingga membuat saya merasa benar-benar diajak berwisata di Praha juga Autria. Bisa dibilang latar belakang penulis yang pernah menjadi jurnalis televisi menjadi salah satu pendukung bagaimana detailnya setting kota Praha ini digambarkan.

Dalam menghantarkan pembaca pada konflik dan rahasia yang terdapat pada novel ini, penulis juga melakukannya dengan cukup baik. Saya dibuat gemas dengan kelakuan Kanaya yang agak dibutakan oleh cinta dan begitu keras kepala. Namun di lain pihak saya juga menaruh simpati pada dirinya yang tak pernah merasakan kasih sayang orang tua dengan lengkap. 

Adapun dengan Nina, sosoknya yang terlihat keras namun menyimpan luka juga digambarkan dengan cukup baik. Nina juga bisa jadi menggambarkan orang tua kita di tahun 90-an yang kerap melarang anaknya untuk melakukan sesuatu namun tak menjelaskan alasannya. Lalu untuk Reno, yah, sebagai pembaca yang menjadi orang luar dari kisah ini sejak awal saya sudah bisa melihat kalau sosoknya ini termasuk dalam kategori laki-laki PHP jadi saya tak terlalu simpati pada sosoknya ini. Hehe. 

Karakter yang paling bijaksana dalam novel ini tentunya jatuh kepada Eyang Yono. Sebagai side story, karakter Eyang Yono bisa dibilang menjadi penyejuk atas konflik yang terjadi antara Nina dengan Kanaya. Melalui sosok Eyang Yono, pembaca juga diajak untuk kembali menyusuri sejarah kelam bangsa kita dari sudut pandang yang berbeda.  

Unuk pesan moralnya sendiri, novel Kekasih Semusim memberi beberapa pesan tentang memaafkan kesalahan di masa lalu serta untuk tidak mewariskan dendam dan impian kita kepada anak kita. Dari sosok Kanaya kita juga bisa belajar untuk tidak buta saat jatuh cinta pada seseorang sampai tak mencari tahu latar belakang pria tersebut. 

Sebagai penutup, saya ingin mengutip salah satu dialog dari Eyang Yono untuk Kanaya 

"Banyak orang tua yang ingin menitipkan mimpi-mimpi mereka kepada anaknya, tetapi lupa kalau anaknya bukan mereka. Kita hanya bisa mengantarkan mereka kepada versi terbaik sebagai manusia. Selebihnya biar mereka yang memilih." (hal. 376)

Gimana? Sudah penasaran dengan cerita Kanaya dan ibunya? Buat kamu yang penasaran dengan novel ini bisa membelinya di toko buku atau marketplase kamu atau contact langsung ke IG penulisnya di @Diary.Dinifitria.

Baca Juga

Post a Comment

17 Comments

  1. Penasaran, tokohnya tidak terlalu banyak jadi mungkin alurnya tidak bercabang banyak ya mba. Gimana ya akhirnya si Kanaya, tetep jalan terus atau pisahan nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih tahu nggak, ya? hehe. iya alurnya nggak bercabang, mbak cuma memang ada rahasia yang terkuak tentang masa lalu mama Kanaya

      Delete
  2. aku suka banget dengan novel Kekasih Semusim ini mbak
    settingnya membuat aku berasa ikutan jalan jalan ke Praha, seperti Kayana
    hehe

    ReplyDelete
  3. Penasaran ending ceritanya. Saya menebak sih Reno itu ayahnya Kanaya. Orang yang mengecewakan Nina di masa lalu...

    ReplyDelete
  4. Review dan buku yang keren...
    Aku merasa dialog Eyang Yono dan Kanaya related banget dengan saat ini ya. Aku merasa apalagi ketika anak makin dewasa. Godaan mewujudkan impian kita yang kandas lewat anak makin besar..duh! Pdahal kan mereka punya kehidupan sendiri. Tak heran kenapa Kanaya merasa tersiksa dengan trauma Nina dan melanggarnya

    ReplyDelete
  5. Wah menarik ya. Selalu bikin gemas hubungan yang diambang-ambang, tidak mau diresmikan

    ReplyDelete
  6. Walaupun belum membaca versi bukunya, saya suka dengan novel ini. Kutipan dialog Eyang Yono dan Kanaya sangat menyentak. Ada rasa bersalah. Karena sering nyinyirin anak. Hehe hehe .... Selamat malam, Mbak antung.

    ReplyDelete
  7. Saya belum baca bukunya, nih. Tapi selalu suka sama cerita yang ngasih gambaran tempat detail, jadi berasa ikut ada disana gitu ya..

    ReplyDelete
  8. Pesannya dalem banget nih. Memang benar ada jenis orangtua yang begini. Yang menitipkan kehendak mereka pada anak2nya. Bagus kalau anaknya juga suka, tapi kalau tidak bakal runyam.

    ReplyDelete
  9. Banyak yang baca dan rekomendasikan novel ini yaaa, jadi ikut penasaran juga nih apalagi diceritakan secara detail begini..

    ReplyDelete
  10. Novelnya menarik nih Mam. Aku udah lama ga baca novel fiksi. Malah kemarin nyobain mulia cerpen fiksi. Pengen sih belajar mulia novel. Seru. Baca novel pacar semusim kayaknya bisa jadi opsi menambah wawasan ya

    ReplyDelete
  11. wah penasran cerita tentang vloger nih, jangan2 reno bapaknya kanaya lagi? duh salah deh itu mah sinetron ya, "pacarku ternyata ayah kandungku"

    ReplyDelete
  12. Kalo Reno lebih tua 25 tahun dari Kanaya, aku jadi nebak Reno ini ayahnya Kanaya mbak, hihi.. Jadi penasaran sama endingnya

    ReplyDelete
  13. Hi hi.. kalau baca ini bikin penasaran. Apalagi reviewnya lengkap kayak gini.. mupeng

    ReplyDelete
  14. Ide cerita dari novel Kekasih Semusim unik yaa..
    Bener-bener membuka mata pembaca mengenai kehidupan cinta itu ada beragam. Lika-liku kehidupan manusia yang penuh pelajaran hidup.

    ReplyDelete
  15. Penasaran ama endingnya. Tapi sempet kepikiran apakah sugar daddynya ini adlh daddy kanaya yg sesugguhnya ya? Duhhh pengen baca bukunya wiken ini

    ReplyDelete
  16. Novel terkeren Bulan ini yang Aku baca nih mbak kekasih semusim... Keren ya settingnya jelas banget menggambarkannya berasa banget Kita berada disana

    ReplyDelete