Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat Secara Alami




Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat Secara Alami - Berbagai permasalahan wajah pastinya sangat mengganggu penampilan, khususnya bagi para kaum hawa, terutama para remaja. Salah satunya yaitu masalah jerawat. Jerawat ini dapat muncul ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati. Kondisi ini mengakibatkan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung dan dada.

Nah, setelah muncul jerawat maka timbul bekas jerawat hitam yang sangat mengganggu penampilan, apalagi jika bekas jerawat itu ada di wajah. Saya sendiri saat masih remaja dulu juga pernah bermasalah dengan jerawat ini. Karena tangan gatal jerawat yang muncul dipencet trus dikelupasin. Eh tahunya tambah besar itu jerawat hingga akhirnya meninggalkan bekas yang cukup besar di wajah saya. Perlu waktu lama hingga akhirnya noda bekas jerawat itu menghilang dari wajah saya. Untungnya sih bekasnya bukan bentuk bopeng gitu jadi masih bisa hilang.

Saat ini, sudah banyak bermunculan kosmetik atau obat kecantikan yang mengklaim bisa menghilangkan bekas jerawat. Namun ada kalanya kosmetik atau obat yang dijual dipasaran rata-rata mengandung bahan kimia yang dalam jangka panjang memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh terutama wajah. Apalagi kalau yang dipakai produk abal-abal, ngeri banget efek buruknya. Kita pastinya tidak mau dong wajah kita mengalami kerusakan karena kosmetik abal-abal ini.

Baca juga : Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Para Pria


Selain menggunakan kosmetik pabrikan, teman-teman juga bisa loh menggunakan bahan-bahan alami yang ada di alam yang ternyata cukup ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat secara alami. Jika teman-teman rutin dan sabar melakukan rangkaian perawatan dengan bahan alami ini bukan tidak mungkin bekas jerawat akan memudar dan hilang hanya dengan waktu kurang dari satu minggu. Yuks intip beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang telah dikutip dari laman http://realfood.co.id/ ini.


1. Madu 

 

Berdasarkan hasil penelitian, madu memiliki kandungan antibiotic dan penyembuh yang mujarab. Selain itu madu memiliki kandungan antioksida, vitamin dan asam amino. Dengan adanya beberapa macam kandungan yang ada di dalamnya, madu dapat menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai perawatan rutin sehari-hari agar wajah tampak bersih dan sehat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan madu?

Caranya, oleskan madu pada malam hari sebelum tidur (lebih baik menggunakan madu murni) pada bekas jerawat lalu tutupi dengan kain kasa atau perban kemudian biarkan semalaman, agar madu meresap ke dalam kulit. Paginya bersihkan wajah dengan air hangat menggunakan handuk kecil atau tisu dengan menepuk-nepukkan pada wajah.


2. Kunyit 



Kunyit diperkaya dengan kandungan curcumin yang dinilai mampu mempercepat proses penyembuhan kulit yang meradang akibat jerawat. Selain itu juga, kunyit juga memiliki kandungan inflamasi. Dengan kandungan curcumin ini di dalamnya, kunyit ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Caranya tumbuk 1 batang kunyit atau haluskan menggunakan blender, kemudian campurkan dengan sedikit perasan lemon aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada noda bekas jerawat dan diamkanlah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilaslah menggunakan air hangat. Ladies bisa melakukan ini tiap 2 hari sekali, agar hasilnya maksimal.

Baca juga : Pola Diet Sehat Untuk Wanita Berusia 30 Tahun



3. Kentang 

 

Bahan alami lain yang mudah sekali didapatkan di rumah adalah kentang. Kentang memiliki kandungan dapat menyerap minyak berlebih pada wajah, selain itu kentang juga kaya akan vitamin A, B, dan C yang dipercaya dan diyakini memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dan noda pada kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan kentang, langkah-langkahnya seperti ini: parutlah 1 buah kentang kemudian saring menggunakan kain bersih untuk mendapatkan ekstrak sari kentangnya. Kemudian oleskan perasan ekstraks sari kentang pada noda bekas jerawat. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.


4. Cuka Apel 

 

Cuka apel selain digunakan debagai bahan makanan, juga dapat digunakan sebagai penghilang bekas jerawat karena kandungan yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian, cuka apel diyakini dapat merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel, dan mengangkat sel-sel kulit mati, serta dapat memperlambat pigmentasi kulit.

Untuk menggunakan cuka apel ini sebagai bahan alami penghilang bekas jerawat yaitu cukup campurkan cuka apel secukupnya dengan air dengan jumlah yang sama dengan jumlah cuka apel. Kemudian oleskan pada noda bekas jerawat menggunakan kapas bersih. Diamkan selama 5 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukanlah cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


5. Lidah buaya 

 

Lidah buaya sejak zaman dahulu memang dikenal sebagai obat kecantikan alami para kaum hawa. Knadungan anti bakteri dan anti inflamasi yang ada di dalamnya sangat baik untuk dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Caranya, siapkan lidah buaya lalu kupas hingga mendapatkan gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang memiliki bekas jerawat kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilaslah menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali tiap hari agar noda bekas jerawat segera memudar.

Cara lain menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami lidah buaya ini yaitu dengan mencampurkan 1 ssendok makan lidah buaya dengan 2 tetes minyak esensial tea tree. Oleskan pada noda bekas jerawat, diamkan selama 15 menit. Lalu cuci dengan air dingin. Lakukanlah secara rutin tiap hari sekali.

Nah, itu adalah beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Praktikkan sekarang dan segera lihatlah hasilnya. Selamat mencoba, ya, teman-teman.

23 Comments

  1. Pake bahan bahan seperti ini apa ga justru bakal nambah masalah kulit baru? Cuka apel terlalu asam di kulit, malah bisa pH kulit berantakan dan merusak skin barrier. Lidah buaya juga getahnya bisa bikin gatel banget di muka :( Ibarat mau pake bunga mawar buat dijadikan skincare, pasti kan ga semua bagian dari mawar diolah, bagian seperti batang dan durinya akan dibuang, nanti dipisahkan mana yang aman buat kulit, mana yang engga. Dan ini udah di tingkat molekul, jadi cuma bisa dilakuin di lab.

    Saranku sih lebih baik percayakan sama produk yang memang udah diformulasikan buat kulit aja, karena pakai yang "alami" itu benefitnya ga seberapa dibanding sama masalah kulit ke depannya.

    ReplyDelete
  2. Yang dicari selama ini akhirnya ketemu juga, terima kasih ya

    ReplyDelete
  3. aku kebetulan pakai cuka apel sebagi toner. memang awal agak aneh rasanya, tapi setelah tahu hasilnya udah jadi rutinitas.

    ReplyDelete
  4. kalau saya masih takut mbak pakai bahan" yg alami. dulu muka saya sempet breakout parah setelah berhenti karena produk skincare yg saya pake ngga cocok, pake saran ini itu bikin makin parah. akhirnya menyerah dan ke dokter spkk, setelah setahun pakai obat dokter kemudian berhenti, baru saya menemukan produk skincare korea yg bener" cocok di muka saya, dan nggak berani ganti hehe. walau emang agak susah menyamarkan bekas jerawat, tapi alhamdulillaah yg penting tidak gampang jerawatan atau breakout lagi.
    tapi terima kasih banyak sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Pernah nyoba madu, cuma aku nggak telaten saja. Kalau lainnya belum. Lidah buaya aku pakai buat rambut saja. Ternyata banyak juga.

    ReplyDelete
  6. Pernah make cuka apel..tapi perih2 dikit..

    ReplyDelete
  7. Setau aku banyak bgt nih rekomend cuka apel buat ngatasin jerawat.. cuma harus diliat cocok atau nggaknya ke kulit. Kalau cocok jadi bersih bgt kulitnya, kalau gak cocok malah makin parah

    ReplyDelete
  8. Saya pernah nih bekas jerawat di mana-mana. Sampai gregetan banget. Soalnya lama aja hilangnya. Pakai cara ini lebih aman ya karena alami

    ReplyDelete
  9. Kalau aku sih cocoknya pakai madu. Pokoknya kalau udah muncul jerawat, biasanya langsung diolesi madu, nggak perlu nunggu lama, biasanya hilang deh tuh jerawat.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah menghilangkan jerawat pakai kunyit mbak dan langsung diolesi madu hasilnya keren banget. Jerawat kempis dan juga wajah lebih halus.

    ReplyDelete
  11. Dulu zaman masih abege jerawatan aku pake kentang mba. Emang bener ampuh banget . Bekas jerawat dan flek hitam langsung beres.

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat pas masih lajang, hobi banget bikin masker dari bahan bahan alami spt yg ditulis disini..
    Dan memang ampuh

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kalau kentang bisa buat ngobatin jerawat. Beruntung dulu jarang jerawatan, kulitnya cenderung normal dan kering sih kalau saya.

    ReplyDelete
  14. Wah, boleh-boleh nih aku referensikan tulisan ini ke anak gadisku. Selama di rumah aja kayak sekarang, wuih break out wajahnya. Penuh jerawat. Sampe aku bingung bantuin ngilangin jerawatnya gimana. Sekarang mending sih berkurang. Bekasnya yang sayang bikin wajah hitam-hitam.

    ReplyDelete
  15. Makasi sharingnya Mba, aku ada bekas jerawat udah agak menghitam dan gak hilang huhu manti coba kasi kentang

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah so far terhindar daru jerawat Mbak tapi tipsnya boleh banget ak save kalo sewaktu waktu terjadi hehe semua bahannya mudah2an didapatkan yah

    ReplyDelete
  17. Kebetulan di rumah ada Madu. Jadi pengen coba mengaplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat yang mba saranin deh. Makasih banyak infonya ya mba.

    ReplyDelete
  18. Ini perlu banget dibaca, terutama bagi yang memiliki kulit wajah berjerawat, siapa tahu dengan rutin mencoba menggunakan bahan-bahan alami jerawat bisa dibasmi

    ReplyDelete
  19. Semua bahan diatas kecuali kentang (karena belum pernah nyoba) malah bikin aku breakout mbak :(

    ReplyDelete
  20. Ngilangin noda bekas jerawat emang gampang-gampang susah ya mbak. Pake cara alami bagus nih asal kita tau dulu kira-kira kulit kita bakal cocok sama bahan alaminya apa engga, dan yang pasti takaran dan cara ngolahnya harus bersih dan sesuai yang dianjurkan.

    ReplyDelete
  21. Pakai bahan alami buat ngilangin bekas jerawat yah... Aq sih blm pernah coba. Aq mau referensi tulisan mu ah ke ponakan banyak jerawat nya dia.

    ReplyDelete
  22. ternyata kunyit gak cuma bisa mencerahkan warna kulit tapi juga bs bikin mulus tanpa jerawat ya. woaaaa...saya baru tahu dan bs banget saya coba nig

    ReplyDelete
  23. Aku baru tahu madu bisa mba mantap nih jadi kalau jerawatan bisa pake bahan alami inu

    ReplyDelete
Previous Post Next Post